Harga Tiket: Rp 25.000, Jam Operasional: 07.00 – 17.00 WIB, Alamat: Bandar Baru, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Berlibur ke destinasi Air Terjun Dua Warna di Sibolangit Deli Serdang memang menjadi hal yang menyenangkan. Wisata ini terbentuk karena adanya letusan gunung Sibayak ratusan tahun silam. Memiliki tinggi sekitar 75 meter dan berada di atas 1475 mdpl permukaan air laut. Air terjun yang bersumber dari pegunungan ini masih sangat alami dan terasa dingin saat Anda menyentuhnya.

Di area lokasi air terjun tidak hanya ada 1 air terjun saja, tetapi terdapat beberapa sumber air yang tidak terlalu tinggi. Air yang turun langsung menapak ke arah bak penampungan yang ada di bawah. Suara gemericiknya ditemani dengan panorama alam yang terpampang mampu membuat wisatawan yang datang merasa rileks. Turis dari luar negeri pun tak terhitung jumlahnya yang pernah kesini.

Air terjun dua warna yang bersembunyi di balik hutan hujan tropis sangat cocok didatangi saat cuaca cerah. Udara sejuk akan didapatkan disini karena letaknya jauh dari pemukiman. Hal ini membuat area sekitarnya tidak terkena polusi. Pengelola bersama masyarakat sekitar Sibolangit akan terus mengembangkan tempat ini dan menjaga keasriannya.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Dua Warna

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Dua Warna
Image Credit: Facebook Baritana Medan

Sama halnya seperti pariwisata lain, air terjun dua warna tentunya memiliki ciri khas yang unik. Daya tarik inilah yang memikat hati pengunjung untuk datang berlibur. Beragam keunikannya yang membedakan pariwisata ini dengan air terjun lain.

1. Dikelilingi Pepohonan Hijau

Letak wisata yang berada di antara hutan membuat areanya dikelilingi nuansa hutan yang hijau. Ketika wisatawan datang, yang dilihat pertama kali adalah jernihnya air dengan pepohonan yang lebat. Warna biru dan hijau inilah menjadi ciri khas tempat pariwisata alam. Nuansa asri tersebut jarang ditemui apalagi di daerah perkotaan.

Pada siang hari saat cuaca panas, banyak yang menjadikan pepohonan sebagai tempat berteduh. Penghijauan ini tumbuh baik karena mendapat penyiraman langsung dari sumber air mengalir. Sejauh mata memandang akan merasa takjub saat melihat kecantikannya. Para pelancong yang datang diharapkan tetap menjaga kebersihan sekitar.

2. Memiliki 2 Warna

Sesuai namanya wisata ini memiliki 2 perbedaan warna. Pada bagian atas akan terlihat biru cerah dan sangat jernih, senada dengan langit saat cerah. Namun meskipun jernih, tetapi tidak boleh diminum karena mengandung zat kimia berbahaya di dalamnya. Airnya memiliki temperatur dingin dengan dikelilingi tebing-tebing berlumut.

Sedangkan yang berada di bawah nampak berwarna putih keabu-abuan. Sumber airnya terasa hangat dan langsung menuju ke arah penampungan. Warna yang timbul diakibatkan adanya belerang dan fosfor dari letusan Sibayak. Gradasi itulah yang membuat pengunjung kagum ingin berdatangan dengan mengajak kerabatnya.

3. Tempat yang Nyaman Dikunjungi

Destinasi alam banyak dimanfaatkan untuk menenangkan pikiran di sela-sela padatnya aktivitas sehari-hari. Air terjun dua warna menjadi salah satu pariwisata dengan nuansa natural dan cocok untuk bersantai. Traveller dapat memanjakan mata melihat sekeliling ditemani dengan suara kicauan burung. Tak heran, saat hari libur banyak yang berbondong-bondong kesini.

Wisatawan dapat duduk di bebatuan cadas sambil bercengkrama bersama keluarga. Tempatnya yang jauh dari jalan raya membuatnya nyaman untuk dikunjungi karena tidak ada suara bising. Perkampungan penduduk juga berada di wilayah lain sehingga liburan Anda tidak akan terganggu dengan hiruk pikuk sekitar.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Dua Warna
Image Credit: Facebook VISIT SUMUT

Tempat berlibur air terjun dua warna tepat berada di daerah Bandar Baru, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara. Aksesnya bisa dibilang lumayan menguras tenaga karena harus melewati lebatnya hutan hujan tropis. Wisatawan bisa mengendarai sepeda motor atau mobil untuk sampai kesana. Namun, tersedia travel bagi yang ingin langsung menuju ke arah Sibolangit tanpa takut tersasar.

Dari arah pusat kota, pengunjung harus melalui Jl. Guru Patimpus. Selanjutnya lurus Jl. Iskandar Muda sampai menemukan daerah Bandar Baru. Rute yang berkelok-kelok dan menanjak akan dilalui saat menuju lokasi. Di sekeliling pengunjung akan menikmati keindahan sehingga perjalanan jauh jadi tidak terasa melelahkan.

Jarangnya papan penunjuk jalan, mengharuskan pelancong untuk bertanya ke penduduk sekitar agar tidak tersasar. Berjarak 100 meter dari tempat parkir Anda akan melewati lebatnya hutan. Dari sini diharapkan berhati-hati saat berjalan karena banyak bebatuan terjal. Setelah sampai, perjalanan jauh akan terbayarkan dengan panorama air terjun yang menampakkan kecantikannya.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Air terjun Dua Warna
Image Credit: Instagram Suryadi Tjia

Sebelum menikmati pemandangan air terjun dua warna petugas akan mengarahkan pengunjung ke loket. Tarif karcisnya lumayan murah hanya Rp 25.000 untuk anak-anak dan dewasa. Namun tempat berlibur ini hanya buka sampai jam 5 sore saja. Hal ini karena letaknya yang di belakang hutan tidak memungkinkan untuk membuka wisata sampai malam.

Pada area sekitar tidak ada pedagang yang berjualan kuliner. Jadi diharapkan tamu yang datang membawa makanan sendiri dari rumah. Dapat pula membeli di beberapa rumah penduduk yang berjualan di pinggir jalan raya sebelum masuk. Harganya tidaklah mahal, biasanya hanya berkisar Rp 10.000 sudah mendapatkan nasi.

Sebelum melewati hutan, akan terlihat tempat parkir yang lumayan luas. Biasanya akan dikenai karcis Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Anda tidak perlu cemas, kendaraan akan aman disini karena terdapat petugas penjaga. Semua biaya itulah yang membuat air terjun Sibolangit banyak dijadikan pariwisata keluarga.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Dua Warna

Kegiatan Seru di Air Terjun Dua Warna
Image Credit: Facebook Indonesian Photography

1. Bermain air

Air yang mempunyai suhu dingin dan hangat ini banyak digunakan pengunjung untuk bermain air di sekitarnya. Anda bisa berdiri langsung di bawah air yang jatuh maupun berenang di penampungannya. Aktivitas tersebut sangat seru jika dilakukan beramai-ramai bersama kerabat. Hal terpenting tetap berhati-hati karena banyak bebatuan di sekitarnya dan air nya tidak boleh ditelan.

2. Berkemah

Wisatawan yang ingin berkemah dapat mendirikan tenda di bumi perkemahan Sibolangit. Kegiatan tersebut biasanya banyak dilakukan oleh anak muda terutama saat hari sabtu dan minggu. Jauhnya lokasi dari warung, membuat traveller harus menyiapkan beberapa makanan sendiri dan tempat masak dari rumah. Saat malam hari terlihat beberapa pengunjung ada yang menyalakan api unggun.

3. Hiking

Setelah camping, saat hari sudah mulai pagi Anda dapat beranjak untuk hiking. Rutenya bisa dimulai dari hutan dan menjadikan Air Terjun Dua Warna Sibolangit sebagai rute terakhir. Sebelum melakukannya persiapkan terlebih dahulu sepatu hiking, tali, dan bawa air minum secukupnya. Sepanjang jalan traveller akan melewati beberapa pohon yang rapat di hutan.

Kegiatan di Air Terjun Dua Warna
Image Credit: Instagram MEDAN TRAVELLERS

4. Menjepret foto

Tidak afdol rasanya bila berlibur ke tempat alam tetapi tidak mengambil foto. Disini pengunjung bisa memotret dengan background air terjun atau di sekitar pepohonan. Tak hanya itu, membuat video pun bisa dilakukan karena banyaknya spot menarik. Hasil foto akan terlihat estetik karena nuansanya terlihat alami.

5. Bersantai

Suasana Air Terjun Dua Warna memang dikenal sejuk dan menenangkan. Traveller bisa bersantai di bebatuan atau duduk di gazebo. Saat cuaca cerah akan terlihat sangat bagus pemandangannya diterangi dengan sinar matahari. Disinilah Anda akan mendapatkan suasana hening dan nyaman.

6. Berpetualang Melewati Hutan

Lokasi air terjun yang berada di kawasan hutan akan memicu adrenalin pengunjung yang melewatinya. Jalan yang masih tanah dengan rimbunnya pohon hijau berada di sepanjang perjalanan. Maka dari itu saat cuaca hujan disarankan tidak berlibur kesini. Pelancong yang datang juga tidak boleh mengotori area hutan untuk tetap melestarikan penghijauannya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Air Terjun Dua Warna
Image Credit: Google Maps Ageng Raditya

Kawasan air terjun dua warna memiliki beberapa fasilitas pendukung. Namun tidak terlalu banyak seperti halnya destinasi alam lain. Saat sudah bermain air, wisatawan dapat membasuh diri di kamar mandi kecil pada sudut wisata. Tidak terdapat petugas penjaga disana sehingga fasilitas ini gratis, tetapi harus tetap menjaga kebersihannya.

Gazebo tersedia di beberapa tempat, persis di dekat pepohonan. Pengunjung bisa duduk atau istirahat disini untuk melepas penat sambil ditemani suara gemericik air mengalir. Jumlah gazebo tidak terlalu banyak, hanya sekitar 4-5 buah. Maka dari itu para pelancong ada yang membawa karpet atau tikar sendiri dari rumah.

Meskipun tempat sampah yang tersedia hanya beberapa, diharapkan orang yang berlibur tidak membuang sampah sembarangan. Disarankan membawa plastik besar agar sebelum pulang, sampah dikumpulkan terlebih dahulu agar tidak tercecer. Lahan parkir juga lumayan luas di dekat pemukiman warga. Pada hari libur akan dipadati oleh kendaraan yang berbaris disini.

Itulah beberapa hal menarik tentang Air Terjun Dua Warna yang bisa dikunjungi saat hari biasa maupun hari libur di Sibolangit, Deli Serdang. Persiapkan energi dan bekal yang cukup karena letaknya yang jauh dari pemukiman penduduk. Ajak keluarga dan nikmati keseruan saat bermain di kawasannya.