15 Tempat Wisata di Tawangmangu Karanganyar yang Paling Hits

 

15 Tempat Wisata di Tawangmangu Karanganyar

Temukan Tempat Wisata Favorit di Tawangmangu, Karanganyar. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Layak Dikunjungi Saat ingin Menghabiskan Liburan.

Tawangmangu, merupakan nama kecamatan di wilayah kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jika dibandingkan dengan kecamatan lainnya Tawangmangu mempunyai beberapa keistimewaan yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Salah satunya yakni destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Bukan hanya itu saja jika Anda berada di daerah ini hawa sejuk nan dingin akan sangat terasa, mengingat kawasannya masih di sekitar Gunung Lawu. Sementara itu, untuk tempat wisata yang ada disana cukup beragam dengan berbagai kelebihan masing-masing. Oleh karena itulah jangan heran ketika Anda berkunjung mendapati banyak turis yang lalu-lalang.

Nah, pastinya Anda semakin dibuat penasaran lagi bukan? Tentang apa saja tempat wisata yang bisa memanjakan mata di Tawangmangu? Untuk mendapatkan jawabannya silahkan Anda menyimak penjelasan di bawah ini.

1. Gunung Lawu

Gunung Lawu

Image Credit: Kompas.com

Jika Anda termasuk orang-orang yang menyukai pendakian, alternatif yang bisa dikunjungi adalah Gunung Lawu. Lokasinya masih ada di Tawangmangu. Yang ketinggiannya mencapai 3.265 mdpl, dijamin Anda pasti puas untuk menaklukan rintangan yang ada di perjalanan pendakian.

Gunung Lawu menjadi satu-satunya yang dibanggakan oleh masyarakat area Jawa Tengah. Alasannya pemandangan di sana sangatlah indah, dengan 3 puncak yang bertengger di atasnya. Nama-nama puncak itu ialah Hargo Dumiling, Hargo Dalem, dan yang paling tinggi adalah Hargo Dumilah.

Sebenarnya Gunung Lawu sendiri masih tergolong dalam kategori gunung berapi. Hanya saja untuk saat ini masih dalam fase istirahat, yang artinya pengunjung tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu ada erupsi ketika melakukan pendakian.

Lokasi: Kab. Karanganyar, Jawa Tengah dan Kab. Magetan, Kab. Ngawi.

2. Agrowisata Amanah

Agrowisata Amanah

Image Credit: Travelerbase.com

Berbicara tentang Gunung Lawu ternyata di bawah kakinya juga dimanfaatkan penduduk sekitar untuk menjadi destinasi wisata yang unik. Namanya Agrowisata Amanah, Lokasinya ada di Karangpandan, Karanganyar Tawamangu. Di destinasi ini Anda dapat merasakan semilir hawa dingin dan sangat asri.

Meskipun ada di kaki gunung nyatanya masih ada beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjungnya. Seperti kebun sayur, area peternakan, kolam ikan, dan sawah. Ada juga ruangan yang cukup kecil dengan tatanan bangunan sederhana yang cukup unik.

Pengunjung bahkan bisa belajar tata cara beternak yang baik disana, dan diperbolehkan untuk berinteraksi secara langsung dengan hewan-hewannya. Jika ingin bermain di wahana yang lebih memacu adrenaline maka bisa langsung mencoba beberapa permainan seperti wall climbing, Flying Fox, ATV, dan lain-lain.

Lokasi: Jl. Raya Solo, Kec. Karangpandan, Kab. Karanganyar.

3. Bukit Sekipan

Bukit Sekipan

Image Credit: Brobali.com

Bukit Sekipan merupakan tempat wisata terpadu dengan berbagai macam fasilitas dan permainan yang menarik. Disana Anda bisa menikmati wahana air, outbound, rumah Halloween, dan area play ground yang dikhususkan untuk anak-anak. Bahkan ada juga lokasi khusus berfoto dengan background yang kekinian.

BACA:  11 Wisata Pantai di Semarang Favorit Dikujungi Para Wisatawan

Berkunjung ke Bukit Sekipan tak akan membuat kantong Anda bolong, karena hanya dengan membayar Rp 60.000 untuk tiket per orangnya, sudah bisa menikmati fasilitas yang tersedia. Untuk lokasinya berada di Kalisoro, Tawangmangu.

Lokasi: Jl. Sekipan, Desa Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar.

4. Candi Cetho

Candi Cetho

Image Credit: Travelingan.net

Liburan hanya mengenal destinasi modern saja memang tak akan cukup bagi Anda yang menyukai peristiwa sejarah. Salah satunya dengan mengunjungi Candi Cetho yang ada di Kecamatang Jenawi, Karanganyar rasa penasaran Anda tentang mitos akan terjawab.

Sebab selain menawarkan keindahan akan bangunan candi serta pemandangan sekitar di tempat wisata ini Anda akan menemukan misteri yang menyelimuti, beserta mitos yang berkembang. Konon katanya pembangunan candi didasari adanya pemanfaatan untuk perayaan ruwatan atau upacara penyucian diri.

Entah benar atau tidaknya mitos tersebut, namun pada kenyataannya masyarakat masih menghormati dan melestarikan keberadaannya. Untuk saat ini Candi Cetho memiliki beberapa fungsi yakni sebagai destinasi wisata, tempat untuk ibadah umat Hindu, tempat bersemedi, dan menjadi lokasi pagelaran upacara di 1 syuro.

Harga tiket masuknya hanya dibandrol Rp 7.000 saja, dan jam operasionalnya diantara pukul 07.00-17.00. Jadi jika Anda ingin berwisata di tempat ini maka luangkanlah waktu di jam-jam itu.

Lokasi: Desa Gumeng, Kec. Jenawi, Kab. Karanganyar.

5. Taman Ria Balekambang

Taman Ria Balekambang

Image Credit: Jejakpiknik.com

Siapa bilang patung-patung raksasa yang besar nan megah hanya ada di taman luar negeri saja. Karena pada kenyataannya di Indonesia pun ada, tepatnya ada di Tawangmangu, Karanganyar. Nama obyek wisatanya adalah Taman Ria Balekambang.

Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000-50.000 saja, Anda sudah bisa merasakan sambutan dari landmark-landmark dunia yang cocok untuk dijadikan spot foto. Disana ada patung naga , sandal raksasa, dan dinosaurus raksasa. Di awal pintu masuk pun Anda akan disambut dengan pemandangan tumbuhan segar.

Ada juga beberapa fasilitas lain seperti kolam renang, waterboom, high rope, paint ball, dsb. Keindahan dari desain di Taman Ria Balekambang memang tidak ada yang menandinginya. Oleh karenanya tak heran jika banyak turis yang ikut menikmati destinasi buatan ini.

Lokasi: Jl. Balekambang, Desa Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar.

6. Kebun Teh Kemuning

Kebun Teh Kemuning

Image Credit: Puromangkunegaran.com

Budget minim, tapi pengen liburan? Kebun Teh Kemuning menjadi jawaban yang tepat untuk Anda. Tanpa harus mengeluarkan uang Anda sudah bisa masuk ke lokasi pariwisata. Di dalamnya ada hamparan kebun teh yang sangat luas dengan kondisi yang bersih, asri dan sejuk karena lokasinya yang dekat dengan gunung.

BACA:  11 Wisata Kuliner di Tegal yang Enak & Wajib Anda Coba

Namun jika Anda ingin mencoba adrenalin lain di tempat ini, ada beragam jenis permainan yang sudah tersedia. Anda harus membayar jika ingin bermain dengan salah satunya. Tapi tenang semua dibandrol dengan harga yang terjangkau sehingga tak menyulitkan. Lokasinya ada di Ngargoyoso, Karanganyar.

Lokasi: Desa Kemuning, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar.

7. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan

Image Credit: Travelspromo.com

Nama wisata ini adalah Telaga Sarangan. Ketinggiannya mencapai 1200 mdpl dengan luas sekitar 30 ha dan kedalaman airnya berkisar 28 meter. Meskipun hanya sebuah pemandangan air, namun telaga ini menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan. Sebab disana bisa menyewa perahu dengan tarif Rp 50.000/orang.

Anda akan diajak berkeliling Selama 2 putaran saja, namun dengan kecepatan yang fantastis. Sehingga akan memicu keseruan tersendiri bagi Anda dan menciptakan ombak-ombak yang mengesankan. Tak sampai situ saja Anda juga bisa sewa kuda untuk berkeliling telaga. Tempat Telaga Sarangan ada di 5 km dari Tawangmangu.

Lokasi: Desa Sarangan, Kec. Plaosan, Kab. Magetan.

8. Air Terjun Pringgodani

Air Terjun Pringgodani

Image Credit: Pegipegi.com

Air Terjun Pringgodani sebenarnya bukan merupakan destinasi wisata alam biasa, melainkan tempat sakral untuk penganut kepercayaan tertentu. Namun, pemandangannya yang indah dan kondisi airnya yang sejuk membuat orang-orang berdatangan untuk mengunjunginya.

Air Terjun Pringgodani mempunyai 2 tingkatan yang unik, di dekatnya ada juga rumah joglo yang biasa dikunjungi orang-orang tertentu. Lokasi destinasi alam ini ada di Blumbang Tawangmangu dan jika Anda datang kesana tidak perlu membayar biaya masuk.

Lokasi: Desa Blumbang, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar.

9. Air Terjun Parang Ijo

Air Terjun Parang Ijo

Image Credit: Okezone.com

Memiliki keindahan dari pemandangan atas bukit yang indah, membuat siapapun yang berlibur ke Air Terjun Parang Ijo akan betah berlama-lama disana. Selain itu, udara di sekitarnya pun sangat sejuk. Di sekelilingnya terdapat situs kuno berupa patung Arca Dwarapala dan Lingga Yoni.

Untuk Anda yang suka memotret ada juga spot yang digunakan untuk tempat foto dan cukup kekinian. Namun, Anda harus membayar Rp 5.000 jika ingin mengambil gambar. Gardu yang ada di puncak bukit bisa Anda gunakan untuk melihat keindahan kota Karanganyar. Lokasi air terjun ini ada di Ngargoyoso, Karanganyar.

Lokasi: Desa Girimulyo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar.

10. Telaga Madirda

Telaga Madirda

Image Credit: Joss.co.id

Telaga Madirda, berlokasikan di Barjo, Karanganyar Tawangmangu dengan kondisi air sejernih kaca menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata yang rekomendasi. Kejernihan air itu membuat seluruh spesies yang hidup di dalamnya seperti lumut dan ganggang laut terlihat jelas oleh mata pengunjung.

Di Telaga Madirda ini juga menyimpan kisah sejarah yakni legenda Cupu Manik Asta Gina yang menjelma menjadi telaga itu. Bahkan di samping telaga ini juga ada Petilasan dari Cupu Manik yang semakin memperkuat keberadaan legenda. Percaya atau tidak percaya yang penting Anda bisa menghargainya.

BACA:  15 Tempat Wisata di Pemalang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Desa Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar.

11. Museum Purbakala Dayu

Museum Purbakala Dayu

Image Credit: Karanganyarkab.go.id

Berlibur bersama anak-anak akan semakin seru jika mengunjungi spot Musem Purbakala Dayu. Disana ada beragam replika dari makhluk-makhluk pada jaman dahulu. Khususnya adalah manusia purba yang berasal dari Jawa. Berkunjung ke tempat ini bisa juga menjadi ajang pembelajaran tentang sejarah.

Karena di setiap replika ada penjelasan secara rincinya terkait jejak kehidupan dari manusia purba dan juga struktur lapisan tanah yang berumur jutaan tahun. Harga untuk masuknya berkisar Rp 5.000 saja dengan lokasi di Gondangrejo, Karanganyar Tawangmangu.

Lokasi: Desa Dayu, Kec. Gondangrejo, Kab. Karanganyar.

12. Sekipan

Sekipan

Image Credit: Wisatakaka.com

Sekipan merupakan tempat wisata yang sering digunakan untuk acara perkemahan. Lokasinya ada di Kalisoro, Tawangmangu. Bahkan di destinasi ini sering juga digunakan berbagai kegiatan seperti organisasi mahasiswa, instansi pemerintahan, dan lain-lain

Di komplek sekitar Sekipan terdapat air terjun yang cukup cantik bernama Curug Kenthongan. Jika ke lokasi ini Anda bisa menyewa camping ground dan menikmati beberapa wahana lain.

Lokasi: Desa Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar.

13. Agrowisata Sondokoro

Agrowisata Sondokoro

Image Credit: Agronet.co.id

Berwisata di daerah karanganyar, Tawangmangu tidak lengkap tanpa berkunjung di Agrowisata Sandokoro. Banyaknya fasilitas yang tersedia dengan beragam wahana permainan membuat tempat ini selalu ramai akan pengunjung. Terutama mereka yang membawa anak-anak.

Bukan itu saja, Anda juga bisa menikmati terapi kaki di kolam ikan. Bahkan jika mau, Anda dapat berkeliling Argowisata Sondokoro menggunakan kereta api tua yang sudah tersedia disana.

Lokasi: Jl. Mangkunegara Bojonegara, Kec. Tasikmadu, Kab. Karanganyar.

14. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu

Image Credit: Pariwisataku.com

Grojogan Sewu adalah air terjun yang ada di Tawangmangu dan menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup ramai pengunjung di setiap harinya. Keunikan air terjun ini terdapat pada jumlah tangga yang digunakan untuk jalur melintas menuju lokasi yakni ada 1250 anak tangga.

Di sekitarnya ada juga beberapa fasilitas menarik seperti kolam renang yang bisa membuat Anda rileks saat berenang disana. Namun yang selalu menjadi andalan adalah keindahan dari air terjun Grojogan Sewu itu sendiri.

Lokasi: Jl. Raya Tawangmangu, Kec. Tawangmangu, Kab Karanganyar.

15. Desa Nglurah

Desa Nglurah

Image Credit: Trubus.id

Tempat wisata terakhir yang sangat cocok untuk dikunjungi adalah Desa Nglurah, terutama bagi Anda pecinta tanaman. Anda akan menemukan berbagai macam bunga, karena memang menjadi lokasi penghasil bunga.

Anda juga bisa memiliki bunga-bunga yang ada di sana dengan budget menyesuaikan jenisnya. Bahkan Desa Nglurah menjadi salah satu pemasok terbesar di beberapa wilayah Indonesia.

Lokasi: Desa Nglurah, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar.

Demikianlah penjelasan dari beberapa tempat wisata di Tawangmangu Karanganyar yang sangat rekomendasi bagi Anda. Tidak ada salahnya mengunjungi salah satunya, karena hal itu akan memberikan kesan tersendiri bagi Anda.