Harga Tiket: Rp 25.000, Jam Operasional: 09.30 – 17.30, Alamat: Jl. Cindua Mato, Benteng Ps. Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Kebun Binatang Bukittinggi ialah sebuah objek wisata edukasi dan asri yang wajib dikunjungi di Provinsi Sumatera Barat. Kebun binatang ini termasuk yang tertua yang ada di Sumatera. Lokasinya yang hijau nan asri sangat mengundang pengunjung untuk datang. Tak hanya itu, lokasinya yang bersih dari sampah pun menjadi nilai tambah untuk kebun binatang satu ini.

Pemandangan yang disuguhkan menghadirkan suasana sejuk pepohonan serta berbagai binatang, tidak sedikit pengunjung yang merasa betah berlama-lama disini. Sangat direkomendasikan juga untuk pengunjung yang berniat datang dengan membawa keluarga, karena objek wisata ini menyuguhkan suasana asri serta ilmu yang pastinya bermanfaat.

Wisatawan yang mengunjungi Kebun Binatang ini difasilitasi oleh beragam fasilitas yang lengkap. Beragam fasilitas yang disediakan bertujuan untuk menunjang kegiatan wisatawan yang datang. Fasilitas yang lengkap juga menjadi faktor mengapa taman margasatwa ini menjadi favorit. Jadi, untuk pengunjung yang berniat kesini, tidak perlu khawatir akan fasilitas yang minim.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Binatang Bukittinggi

Daya Tarik Kebun Binatang Bukittinggi
Image Credit: Twitter.com @Official_NasDem

Sesuai namanya, Kebun Binatang berlokasi di Kota Bukittinggi tepatnya di atas Bukit Cubadak Bungkuak. Banyak pengunjung yang datang berasal dari dalam maupun luar daerah. Mulai dari suasana yang sejuk serta kebersihan yang terjaga ada disini. Dengan semua daya tarik yang dimilikinya, pantas saja kalau kebun binatang ini dikunjungi oleh berbagai wisatawan dari berbagai daerah.

1. Keragaman Hewan yang Ada

Jika membahas mengenai keragaman hewan, lokasi wisata ini tidak perlu diragukan lagi banyaknya jenis hewan yang dilindungi. Mulai dari hewan-hewan bertaring tajam hingga beragam jenis ikan, reptil dan burung. Tidak hanya keragaman hewannya saja yang menjadi daya tarik pengunjung, kandang tempat hewan-hewan ini dilindungi pun dibuat sangat indah dan bersih.

Keberagaman hewan yang ada disini didukung oleh faktor pertukaran koleksi hewan dengan kebun binatang yang berada di Surabaya. Tepatnya pada tahun 1993, taman margasatwa ini melakukan pertukaran hewan yang ada disini dengan hewan yang ada di Kebun Binatang Surabaya. Dengan adanya kegiatan pertukaran itu, spesies hewan Indonesia Timur pun juga dapat ditemui disini.

2. Suasana yang Asri dan Bersih

Lokasinya yang berada diatas bukit membuat tempat ini hampir dipenuhi oleh pepohonan. Walaupun tempatnya banyak ditumbuhi pepohonan, banyak pengunjung yang merasa nyaman berada disini. Berpadu dengan suara hewan-hewan yang bersautan juga semakin membuat suasana natural sangat kental. Areanya pun bersih dari sampah, sangat cocok sebagai tempat liburan untuk sekeluarga.

Pepohonan yang tumbuh banyak di sekitar area ini terjadi karena tempatnya yang berada di atas bukit sehingga tak heran kalau banyak pepohonan walaupun lokasinya berada dekat dengan pusat kota. Namun tempatnya yang bersih sedikit mengherankan mengingat tempatnya berada di kota. Tugas kita selanjutnya ialah menjaganya agar tetap bersih.

3. Wahana yang Beragam

Daya tarik lainnya adalah menawarkan beragam wahana. Jadi, bukan hanya keberagaman hewannya saja yang dilirik oleh calon pengunjung, keberagaman wahana yang tersedia pun turut menjadi daya tarik dari kebun binatang ini. Banyak wahana yang tersedia, seperti contohnya rumah adat Minangkabau. Wahana ini berbentuk seperti aslinya dan digunakan seperti halnya museum.

Di dalam wahana rumah adat Minangkabau ini terdapat banyak benda peninggalan zaman dahulu yang tentunya bermanfaat untuk menambah ilmu bagi pengunjung. Tidak hanya itu, banyak juga pengunjung yang datang untuk berfoto dengan background rumah adat Minangkabau. Pantas saja kalau kebun binatang ini dilirik oleh banyak calon pengunjung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Kebun Binatang Bukittinggi

Alamat Kebun Binatang Bukittinggi
Image Credit: Twitter.com @infosumbarnet

Kebun Binatang termasuk obyek wisata yang cukup digandrungi di Kota Bukittinggi, buktinya tiap tahun banyak sekali pengunjung yang datang entah itu dari dalam maupun luar daerah. Lokasi kebun binatang ini berada 2,7 km dari pusat Kota Bukittinggi. Akses jalan menuju lokasi sudah terbilang mudah, mengingat tempatnya yang tidak jauh dari pusat kota.

Waktu tempuh yang diperlukan untuk mengunjungi obyek wisata ini kurang lebih 15 menit dari pusat Kota Bukittinggi. Namun, pada tanggal-tanggal liburan sekolah ataupun cuti kerja biasanya jalan menuju lokasi sedikit ramai. Suasana natural serta bersih yang disuguhkan oleh kebun binatang ini menjadi faktor banyaknya pengunjung yang hendak menghabiskan liburannya disini.

Pengunjung dapat memulai perjalanan dari arah barat laut Jalan By Pass menuju Jalan Anak Air. Lalu belok ke kiri menuju Jalan Situpo Raya. Selepasnya, ke Jalan Lubuk Sabarih dengan berbelok ke kanan dari Jalan Situpo Raya. Lalu menuju ke Jalan Dr. Hamka dan Jalan Soekarno Hatta. Kemudian belok ke kiri menuju Terminal Tipe-C Pasar Banto, lurus hingga menemui obyek wisata.

Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Bukittinggi

Harga Tiket Kebun Binatang
Image Credit: Google Maps (Steven Van Valen)

Obyek wisata yang asri dengan dominan warna hijau ini memiliki tarif bagi wisatawan yang hendak memasukinya. Untuk menyambangi lokasi wisata sarat manfaat ini, pengunjung akan dikenakan tarif Rp 25.000, untuk anak-anak dikenakan tarif Rp 20.000 sedangkan untuk wisatawan asing akan dikenakan tarif sebesar Rp 40.000.

Kebun Binatang Bukittinggi ini juga mengusung kemajuan digital, ditandai dengan pembayaran tiket masuknya menggunakan e-money Brizzi. Namun, bagi pengunjung yang tidak mempunyai kartu ataupun saldo Brizzi tidak perlu khawatir mengenai pembayaran tiket masuk karena petugas pengelola juga menyediakan tiket masuk dengan pembayaran cash.

Ternyata kebun binatang ini tidak hanya memasang tarif yang cukup terjangkau namun juga fasilitas pembayaran e-money yang sangat bagus dalam mendukung perkembangan teknologi di negara tercinta kita Indonesia. Sudah tidak heran lagi bukan, kalau obyek wisata satu ini menjadi favorit dikalangan pecinta wisata.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kebun Binatang Bukittinggi

Kegiatan di Kebun Binatang Bukittinggi
Image Credit: Twitter.com @KabaSumbar

1. Memperkaya Ilmu dari Beragam Hewan

Kebun binatang atau taman margasatwa ialah tempat bagi hewan-hewan yang dipelihara serta dilindungi di dalam habitat buatan. Secara umum, tempat ini berfungsi sebagai wadah bagi beragam penelitian serta berfungsi juga sebagai tempat konservasi bagi hewan-hewan yang terancam punah. Kebun binatang juga kerap kali difungsikan sebagai obyek wisata rekreasi yang ramah bagi keluarga.

Fungsinya yang dimanfaatkan sebagai area rekreasi keluarga dilandaskan pada beragam manfaat baik dari segi pendidikan yang bisa didapat jika mengunjungi kebun binatang. Seperti halnya Kebun Binatang Bukittinggi yang menghadirkan hewan bertaring serta ada hewan yang terancam punah seperti Harimau Sumatera yang dapat memberikan ilmu bagi tunas bangsa dalam menjaga habitat dan populasi hewan.

2. Menikmati Nyamannya Bersantai

Taman margasatwa ini dibuat mirip seperti halnya habitat yang asli dari hewan yang dilindungi. Pepohonan yang menjulang tinggi, irama sautan hewan satu sama lain, serta sejuknya udara dapat juga ditemui di dalam kebun binatang. Ini berfungsi supaya hewan yang dilindung tidak akan merasa stress walaupun mereka sedang berada di dalam habitat buatan.

Jika wisatawan mengunjungi wisata edukasi ini, suasana yang sama seperti halnya hutan asli pun dapat terasa kental disini. Tidak hanya suasananya yang memikat banyak pengunjung, tempatnya yang bersih dari sampah juga menjadi nilai tambah dari kebun binatang ini. Wisatawan yang datang dapat bersantai sembari menyantap makanan yang disajikan oleh pemilik warung di sekitar lokasi.

Kegiatan di Kebun Binatang
Image Credit: Google Maps (Nayya Family Channel)

3. Berfoto di Wahana Kece

Kebun binatang satu ini memang tergolong unik karena disini juga terdapat wahana rumah adat Minangkabau. Tidak seperti kebun binatang lainnya yang hanya menghadirkan beragam hewan serta rimbunnya pepohonan, tempat ini seakan memberi kesan yang berbeda dari tempat lain. Dengan adanya wahana tersebut membuat kunjungan wisatawan semakin meningkat.

Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang rumah adat Minangkabau yang terkenal megah dan indah. Di dalam rumah adat ini pun tersimpan rapi pernak-pernik peninggalan zaman dahulu. Jadi, selain bisa menghasilkan foto yang kece, adanya wahana ini pun berdampak sangat baik dalam penyebaran ilmu pengetahuan sejarah. Sangat disarankan bagi wisatawan yang ingin membawa keluarga.

Fasilitas yang Tersedia di Kebun Binatang Bukittinggi

Fasilitas di Kebun Binatang
Image Credit: Twitter.com @infoSumbar

Letaknya yang tidak jauh dari kota membuat fasilitas yang tersedia di obyek wisata ini tergolong lengkap. Satu hal yang paling menarik dari fasilitas yang disediakan ialah adanya pembayaran tiket masuk menggunakan e-money. Karena selain menyajikan kebun binatang yang asri dan bersih, tempat ini juga mendukung perkembangan teknologi di negara kita dan hal tersebut merupakan hal yang bagus.

Taman margasatwa yang buka tiap hari dari jam delapan pagi hingga enam sore ini menyediakan fasilitas umum layaknya obyek wisata lainnya. Seperti contohnya toilet umum serta warung makan yang dapat wisatawan manfaatkan untuk bersantai sembari menyantap makanan. Disini pun terdapat wahana yang juga bermanfaat dalam segi pendidikan.

Demikianlah beberapa hal mengenai Kebun Binatang Bukittinggi yang sudah dirangkum diatas. Seakan tidak ada habisnya jika membahas indahnya kebun binatang ini. Untuk Anda yang berada di Bukittinggi tidak ada salahnya mengunjungi obyek wisata satu ini. Selain mendapatkan ketenangan dalam bersantai, wisatawan pun dapat mendapatkan ilmu bermanfaat mengenai hewan dan sejarah.