15 Tempat Wisata di Bukittinggi Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Bukittinggi

Kota Bukittinggi menyimpan sejuta pesona alam dan panorama  alam yang tersembunyi serta menakjubkan untuk Anda dinikmati yang sedang berkunjung. Banyak sekali situs budaya yang bernilai sejarah. Selain itu tempat-tempat alami, spot foto kekinian dan objek wisata yang belum banyak diketahui oleh banyak orang juga tidak kalah menariknya.

Karena kota ini adalah kota wisata, maka tak heran jika tempat wisata yang satu dengan yang lainnya saling berdekatan. Tempat wisata di kota ini sangat cocok dijadikan tujuan liburan keluarga Anda. Dengan kekhasan kota yang sejuk, tentunya liburan bersama dengan keluarga Anda semakin menyenangkan dan berkesan.

Berwisata di Bukittinggi tidak butuh waktu lama serta tenaga yang banyak untuk mengunjungi tempat-tempat yang menjadi tujuan Anda, karena letaknya begitu berdekatan. Nah, mari kita simak beberapa rekomendasi tempat wisata di Bukittinggi di bawah ini.

1. Jam Gadang

Jam Gadang

Lokasi: Benteng Pasar Atas, Kec. Guguk Panjang, Kab. Bukittinggi. – Image Credit by Airyrooms.com

Jam gadang merupakan satu di antara ikon provinsi di Sumatra Barat. Jam gadang adalah penanda atau markah tanah kota Bukittinggi. Jam yang memiliki desain yang unik dengan bentuknya yang bulat berdiameter 80 centimeter ditopang oleh lantai dasar berukuran 13×4 meter sehingga bentuknya nampak seperti tugu atau monumen.

Jam ini didirikan pada tahun 1926 oleh arsitek Yazin dan Sutan Gigi Ameh yang merupakan hadiah dari Ratu Belanda kepada Rook Maker. Pada jam gadang ini Anda juga dapat menikmati keindahan panorama alam yang ada di kota ini.

2. Lembah Ngarai Sianok

Lembah Ngarai Sianok

Lokasi: Jl. Panorama, Bukit Cangang Kayu Ramang, Kec. Guguk Panjang, Kab. Agam. – Image Credit by Pegipegi.com

Lembah ngarai sianok adalah lembah curam yang berada di tengah kota Bukittinggi. Lembah ini panjang dan berkelok-kelok dengan kedalaman 100 meter dan mempunyai panjang kurang lebih 15 kilometer dengan lebar 200 meter.

Objek wisata yang masih terbilang masih alami ini, sangat cocok untuk Anda yang suka dengan penjelajahan dengan jalan kaki. Anda juga dapat melihat banyak binatang liar seperti monyet dan burung yang berlompatan ke satu pohon dengan pohon yang lain.

BACA:  20 Makanan & Minuman Khas Padang yang Terkenal Enak

3. Lobang Jepang

Lobang Jepang

Lokasi: Jl. Panorama, Bukit Cangang Kayu Ramang, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi. – Image Credit by Wikipedia.org

Lobang Jepang merupakan salah satu peninggalan bangsa Jepang. Lorong ini menyimpan kenangan masa lalu Indonesia.  Lorong dengan panjang 1,47 kilometer ini terdapat 21 lorong kecil yang digunakan untuk menyimpan amunisi, bilik serdadu Jepang, ruang rapat.

Jika Anda sudah berkunjung ke lembah ngarai sianok, tak ada salahnya jika Anda mampir kesini. Nantinya Anda akan dipandu bila memasuki lubang ini, kemudian akan menuruni tangga sejauh 64 meter untuk sampai ke pusatnya.

4. Bukit Ngarai Takuruang

Bukit Ngarai Takuruang

Lokasi: Jl. Panorama, Bukit Cangang Kayu Ramang, Kec. Guguk Panjang, Kab. Agam. – Image Credit by Ohelterskelter.com

Bukit ngarai takuruang ini adalah bukit yang menjadi satu dengan lembah ngarai sianok. Bukit ini terletak di hamparan sawah sehingga dinamakan bukit ngarai takaruang. Di sekitar bukit ini juga terdapat aliran sungai yang tidak begitu deras.

Bagi Anda yang menyukai camping, tempat ini sangat cocok. Selain karena berupa bukit yang di lengkapi lembah, bukit ini jika di malam hari dapat dipakai sebagai tempat untuk melihat pemandangan langit di malam hari.

5. Benteng Fort de Kock

Benteng Fort de Kock

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Benteng Ps. Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi. – Image Credit by Travelingyuk.com

Benteng ini dibangun pada tahun 1830 oleh Pemerintah Kolonial Hindia Belanda. Benteng yang dibangun di atas bukit ini dapat secara leluasa mata pengunjung mengamati sekeliling tanpa terhalang sesuatu. Selain sebagai tempat bersejarah, benteng ini sekarang juga digunakan sebagai kebun binatang.

Bagi Anda yang liburan bersama anak-anak, tempat ini adalah tempat yang paling recommended. Selain sebagai tempat bersejarah, anak-anak juga bisa dikenalkan dengan aneka ragam binatang di tempat ini.

6. De Kock Café

De Kock Café

Lokasi: Jl. Teuku Umar No.18B, Benteng Ps. Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi. – Image Credit by Facebook.com @De Kock Cafe Bukittinggi

Cafe yang berada di benteng fort de cock ini menyajikan aneka makanan khas Bukittinggi dengan perpaduan ala-ala Belanda. Kontur-kontur yang disajikan membuat Anda betah untuk duduk bersantai.

BACA:  14 Tempat Wisata di Pariaman Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Cafe ini juga menyediakan spot selfi. Spot selfi yang disajikan juga kekinian. Sehingga bagi Anda yang mudah lapar atau lelah dan ingin beristirahat, tentu bisa mampir di sini.

7. Janjang Saribu

Janjang Saribu

Lokasi: Bukit Apit Puhun, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi. – Image Credit by Oomph.co.id

Disebut dengan janjang saribu karena jumlah anak tangganya ada seribu. Janjang saribu merupakan objek wisata yang menyajikan pesona yang masih alami. Tempat ini berliku-liku dan menelusuri celah tebing.

Janjang ini biasa digunakan oleh masyarakat sekitar untuk mengambil air minum yang di dapat dari lembah ngarai. Dari sini kita bisa menikmati pemandangan gunung Merapi dan Singgalang yang indah dan mempesona.

8. Museum Rumah Adat Baanjuang

Museum Rumah Adat Baanjuang

Lokasi Jl. Cindur Mato No.94, Benteng Pasar Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi. – Image Credit by Pinterest.com @Mahdi_W

Destinasi wisata yang bergenre tradisional suku Minangkabau ini disebut dengan rumah adat Banjuang. Rumah adat ini melestarikan budaya Minangkabau. Terdapat berbagai macam budaya adat Minangkabau serta alat tradisional disini disajikan.

Lokasinya yang sangat strategis berada di pusat kota, maka kita mudah menemukan rumah adat ini. Peminat museum rumah adat Minangkabau ini sangat banyak. Sehingga bagi kita yang ingin liburan sekaligus menambah ilmu, disinilah tempat yang paling cocok.

9. Museum Tri Daya Eka Dharma

Museum Tri Daya Eka Dharma

Lokasi: Jl. Panorama No.24, Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi. – Image Credit by Jamgadang04.com

Museum tri daya eka dharma merupakan museum yang diresmikan oleh Bung Hatta. Di dalamnya kita dapat menemukan ratusan senjata zaman perang. Nama museum yang sangat filosofis ini begitu unik. Dari kata “tri daya eka dharma” yang artinya unsur kekuatan satu pengabdian, yang dikaitkan dengan falsafah Minang.

Museum ini didirikan sebagai sarana komunikasi antara generasi dan sebagai pewaris semangat juang dan nilai-nilai kepahlawanan. Benda-benda berupa senjata lengkap terpajang di tempat ini.

BACA:  10 Tempat Makan di Sawahlunto Favorit Wisatawan

10. Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta

Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.37, Campago Ipuh, Kec. Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi. – Image Credit by Kemlu.go.id

Tempat wisata ini adalah tempat bagi Anda yang merindukan sosok Bung Hatta. Bangunan yang terdiri dari dua lantai ini memiliki desain denah jajaran genjang. Bangunan ini memiliki nilai arsitektur yang tinggi. Sebagian besar bahan bangunan ini adalah kayu jati.

Jika Anda adalah tipe orang yang sangat memperhatikan artistik rumah, desain rumah seperti pada museum ini sangat cocok untuk ditiru. Sekaligus kita dapat mengingat sosok Bung Hatta sebagai bapak proklamator kita.

11. Jembatan Limpapeh

Jembatan Limpapeh

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No.77-117, Benteng Ps. Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi. – Image Credit by IndonesiaKaya.com

Jembatan limpapeh adalah jembatan gantung di atas jalan. Jembatan ini menghubungkan taman margasatwa dan budaya kinantan dengan benteng fort de kock. Jembatan yang satu ini memiliki panjang 90 meter. Ornamen pada jembatan ini berwarna kuning hijau.

Jika kita liburan ke Bukittinggi, kita bisa melewati jembatan ini. Sensasi saat melewatinya terasa sangat nyaman. Namun, ada sedikit getaran dan ayunan yang menyenangkan.

12. Batu Kurai Limo Jorong

Batu Kurai Limo Jorong

Lokasi: Jl. Kurai, Parit Antang, Kec. Aur Birugo Tigo Baleh, Kota Bukittinggi. – Image Credit by Agamvanminangkabau.blogspot.com

Disebut dengan batu kutai limo jorong. Artinya tempat musyawarah adat dengan lima suku. Mereka duduk bersAndar pada batu itu. Situs ini terdiri dari lima buah batuan alam yang ditata melingkar.

Batu yang sekarang dijadikan monumen ini, menjadi daya tarik para pengunjung. Para wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal datang silih berganti. Adanya sejarah yang unik dan berbau budaya, situs ini sangat ramai didatangi.

13. Tabiang Takuruang

Bukit Ngarai Takuruang

Lokasi: Sianok Anam Suku, Kec. IV Koto, Kab. Agam. – Image Credit by Pegipegi.com

Tempat wisata ini adalah tempat wisata yang terbilang masih baru. Pemandangan yang disajikan di baluri dengan aliran air yang jernih. Tempat ini terbentuk karena gempa besar ribuan tahun.

Uniknya tempat ini yaitu pada bagiannya terdapat bongkahan tanah besar. Para penikmat traveller saentoro jagad tentu sudah tidak asing ke tempat ini. Tempat ini di desain dengan perawatan yang canggih. Tempat ini bisa jadi opsi Anda jika bepergian.

14. Taman Margasatwa / Kebun Binatang Bukittinggi

Taman Margasatwa Kebun Binatang Bukittinggi

Lokasi: Jl. Cindua Mato, Benteng Ps. Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi. – Image Credit by Khairunnisa627.wordpress.com

Siapa sih yang tidak suka dengan binatang.  Salah satunya adalah taman margasatwa bukittinggi. Kebun binatang ini adalah kebun binatang tertua di Indonesia. Disini kita bisa melihat koleksi binatang yang lengkap.

Bersama dengan anak-anak ataupun dengan murid, tempat ini cocok buat mereka saat kunjungan. Dengan berbagai binatang dari berbagai marga, kebun ini dapat menjadi wahana bagi anak-anak untuk belajar mengenal binatang.

15. Makam Tuanku Syekh Imam Jirek

Makam Tuanku Syekh Imam Jirek

Lokasi: Jl. Veteran, Kubu Gulai Bancah, Kec. Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi. – Image Credit by Kemdikbud.go.id

Salah satu destinasi wisata kesukaan umat Islam adalah berziarah. Makam Tuangku Syekh Imam Jirek bisa menjadi salah satu opsinya. Makam yang nisannya berbentuk pipih di kedua ujungnya. Bentuknya pun cukup unik yaitu berbentuk bujur sangkar.

Jika Anda belum pernah berziarah ke tempat ini. Makam ini sangat cocok, karena suasananya yang sejuk dan nyaman. Berdoa pun bisa khusyuk.

Nah, itulah 15 tempat wisata di Bukittinggi yang recommeded untuk Anda kunjungi. Berbagai tempat yang memiliki makna filosofis, budaya, seni dapat kita nikmati. Tak kalah pula dengan keindahan pemandangannya yang sejuk dan bisa dijadikan tempat langganan bagi Anda.