Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 09.30-17.30 Alamat: Jl. Yos Sudarso, Benteng Ps. Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata bangunan bersejarah yang unik dan menarik untuk Anda kunjungi, serta guna untuk mengetahui sejarahnya. Salah satunya yaitu Benteng Fort de Kock di Kota Bukittinggi. Benteng yang satu ini merupakan salah satu bangunan peninggalan Belanda di Sumatra Barat. Benteng ini kini menjadi salah satu destinasi wisata bersejarah yang ramai dikunjungi.

Awalnya benteng ini bernama Sterreschans yang memiliki arti benteng pelindung, kemudian diubah menjadi Fort de Kock sesuai dengan nama Baron Hendrick Merkus de Kock, yang pada saat itu menjabat sebagai Komandan De Roepoen dan wakil Gubernur Jenderal Pemerintahan Hindia Belanda. Benteng yang dibangun pada tahun 1825 tersebut, digunakan sebagai benteng pertahanan terhadap musuh.

Benteng bersejarah ini didesain oleh Kapten Beaur dengan tinggi 20 meter, memiliki warna putih dan hijau, ditambah dengan meriam kecil di setiap sudutnya. Sejak dibangun, benteng ini mengalami renovasi pada 2002 dan berubah nama menjadi Taman Burung Tropis dan Taman Kota Bukittinggi.

Daya Tarik yang Dimiliki Benteng Fort de Kock

Daya Tarik Benteng Fort de Kock
Image Credit: Google Maps (Ruang Reaction)

Apa aja sih daya tarik objek wisata ini? Tentunya setiap objek wisata memiliki saya Tarik tersendiri. Dan ini beberapa ulasan yang bisa menjadi alasan untuk berkunjung di objek wisata ini.

1. Belajar Tentang Sejarah

Disini para pengunjung dapat berwisata sekaligus mengenal sejarah tentang berdirinya benteng tersebut, sebagai bukti tentang rakusnya dan angkuhnya para penjajah. Jika kalian adalah salah satu pecinta sejarah Indonesia, maka tempat ini rekomendasi selanjutnya yang wajib dikunjungi.

Melihat langsung kondisi Benteng Fort de Kock dan merasakan perjuangan pahlawan kita Imam Bonjol untuk melawan penjajah. Jadi selain wisata, disini juga akan menambah wawasan pengunjung.

2. Memiliki Banyak Wahana

Di sana, para pengunjung akan disajikan berbagai macam wahana yang menarik. Seperti Playgrond yang disediakan untuk anak-anak kecil dan sepeda gantung yang menguji adrenalin para pengunjung.

Dengan menaiki sepeda gantung tersebut maka pengunjung dapat melihat luasnya alam yang terpampang nyata di depan mata. Jadi, tentunya sangat menarik jika kesini dan menikmati berbagai wahana yang tersedia.

Daya Tarik Dimiliki Benteng Fort de Kock
Image Credit: Google Maps (On The Bike BMW R1200GS ADVENTURE)

3. Suasana yang Alami, Sejuk dan Asri

Saat berkunjung, para pengunjung akan disuguhkan dengan suasana yang asri dan sejuk. Disertai dengan pemandangan yang indah Ngarai Sianok, gunung Singgalang, gunung Pasaman, dan Kota Bukittinggi dari atas jembatan Limpapeh.

4. Dekat dengan Objek Wisata Lain

Keberadaan Benteng Fort de Kock cukup strategis yakni berada di kawasan Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan atau yang sering disebut dengan Kebun Binatang Bukittinggi, memberikan banyak pilihan hiburan bagi pengunjung. Benteng ini berada dekat dengan Museum Adat Baanjuang serta kebun binatang Bukittinggi.

Tidak hanya itu, disini juga terdapat banyak objek foto yang instagramable bagi para kaum milenial. Posisi yang strategis ini membuat pengunjung mudah untuk mendatangi obek wisata ini. Bahkan Anda bisa berkeliling dengan berjalan kaki, sembari menikmati pemandangan dan suasana alam.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Benteng Fort de Kock

Alamat Benteng Fort de Kock
Image Credit: Google Maps (Tiza Nasution)

Jika ingin berkunjung ke Benteng Fort de Kock, Anda bisa datang ke Bukittinggi, Sumatra Barat. Lokasi tepatnya berada di jl. Yos Sudarso. Cara menuju ke objek wisata ini juga cukup mudah. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi dan bus atau angkutan umum.

Jika anda ingin menggunakan kendaraan pribadi, anda dapat menyewa di tempat rental yang tersebar di daerah Bukittinggi, dengan harga yang terjangkau dan sopir yang ramah. Untuk angkutan bus, perjalanan anda dapat dimulai dari SMAN 3 Bukittinggi, dengan mengambil bus jurusan Pasar Bawah – Simpang Aur. Lalu, anda akan melewati sebanyak 7 pemberhentian sebelum turun di RSUD Dr. Achmad Mochtar.

Kemudian anda dapat berjalan kaki sejauh 200 meter, maka anda akan menemukan titik objek wisata tersebut. Estimasi biaya yang dikeluarkan untuk bus antara 4 hingga 6 ribu rupiah, dan membutuhkan kurang lebih 32 menit untuk sampai di titik lokasi. Cukup terjangkau dan tidak sulit untuk ditempuh.

Harga Tiket Masuk Benteng Fort de Kock

Harga Tiket Benteng Fort de Kock
Image Credit: Google Maps (Umi Muniroh)

Untuk bisa menikmati wisata di benteng ini, wisatawan diwajibkan membayar biaya tiket masuk. Untuk wisatawan anak-anak biaya masuknya Rp 10.000, untuk dewasa Rp 15.000, dan untuk wisatawan mancanegara Rp 20.000. Harga tiket tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan bagi Anda yang membawa kendaraan.

Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu terutama ketika musim liburan. Selain untuk berwisata, ternyata area taman dapat disewa untuk acara-acara penting dengan harga yang terbilang cukup murah, yakni sekitar 2 jutaan. Jam operasional objek wisata ini dimulai pukul 09.30 sampai 17.30 dan khusus hari jum’at libur.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Benteng Fort de Kock

Kegiatan Menarik di Benteng Fort de Kock
Image Credit: Google Maps (Abdul Aziz)

1. Menunggangi Kuda dan Gajah

Hal lain yang dapat dinikmati yaitu menunggangi kuda dan gajah. Kuda dan gajah yang tampil terawat dapat menemani pengunjung mengelilingi taman di sekitar benteng.

Wahana ini hanya tersedia untuk anak-anak yang akan ditemani langsung oleh pemandu khusus. Jadi, tidak perlu takut karena ada pemandu yang siap menemani. Untuk menikmati wahana ini tentunya Anda harus menyiapkan budget tersendiri.

2. Piknik Bersama Keluarga

Benteng Fort de Kock terkenal dengan udara yang sejuk dan memiliki banyak ojek wisata yang dapat menghilangkan penat. Suasana yang teduh cocok untuk para pengunjung yang ingin melakukan piknik bersama keluarga. Tidak jarang pengunjung yang datang ke wisata ini dengan berbekalkan tikar sebagai alas duduk.

Selain dapat menikmati Suasana alami yang sejuk dan bercengkrama dengan keluarga, para pengunjung dapat mendengar kicauan burung. Terdapat playground yang dapat menjadi hiburan tersendiri bagi anak-anak. Di dalam playground terdapat sebuah istana yang berisi perosotan, ayunan, dan jungkat jungkit yang siap dinikmati anak-anak.

3. Museum Rumah Adat Baanjuang

Setelah puas melihat berbagai macam hewan, para pengunjung dapat mengunjungi Museum Rumah Adat Baanjuang. Sebuah bangunan rumah tradisional yang memiliki anjuan kiri dan kanan, dengan gaya Rumah Gadang Bagonjong Gajag Maharam.

Tujuan didirikannya museum ini sebagai tempat pelestarian peninggalan sejarah dan kebudayaan Minangkabau. Di dalam museum, para pengunjung dapat menyewa busana pengantin Minang di pelaminan. Terdapat beberapa koleksi seperti binatang yang diawetkan, numismatika, kelompok etnografika dll.

4. Berfoto Ria

Hal yang satu ini, layaknya tidak dapat dilupakan oleh setiap orang untuk mengabadikan moment yang menyenangkan agar tetap terkenang. Para pengunjung dapat berfoto dengan memperlihatkan pemandangan yang indah dan luas.

Karena banyak sekali spot foto yang unik dan instagramable. Jadi, tidak perlu khawatir bagi pengunjung yang mencari spot foto yang menarik.

Kegiatan di Benteng Fort de Kock
Image Credit: Google Maps (Ilham Innallah)

5. Mengunjungi Taman Burung Tropis

Ketika memasuki area benteng, para pengunjung akan disambut dengan berbagai macam burung yang berada di dalam sangkar-sangkar besar. Beberapa burung yang terdapat disana yakni burung kakak tua, burung nuri, dan burung jalak yang dapat dinikmati.

Kicauan burung disana akan menambah suasana alami saat memasuki area benteng. Berbagai burung juga terlihat terawat, baik dalam makanannya dan kebersihan sangkarnya. Jadi jangan menarik untuk dijadikan wisata keluarga, bukan?

6. Mengunjungi Kebun Binatang

Lokasi Benteng Fort de Kock juga masih berderet dengan beberapa objek wisata lainnya. Dari Benteng pengunjung dapat menggunakan akses jembatan gantung Limapeh sebagai akses menuju area kebun binatang dan rumah adat.

Kebun binatang Bukittinggi merupakan kebun binatang tertua di Indonesia. Beberapa koleksi binatang disana merupakan yang terlengkap di Pulau Sumatra. Berkunjung disana menawarkan pengetahuan, nilai sejarah serta pemandangan indah Bukittinggi.

7. Wahana Sepeda Gantung

Untuk memanjakan para wisatawan yang datang, dan untuk meningkatkan layanan dan fasilitas wisata, Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatra Barat menambahkan wahana baru, yakni sepeda gantung yang sedikit memacu adrenalin.

Sepeda gantung yang melintas di atas taman meningkatkan daya Tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung. Tidak perlu khawatir untuk mencoba wahana yang satu ini, karena faktor keselamatan tetap menjadi prioritas utama dan telah disediakan peralatan lengkap khusus untuk menjaga keselamatan pengunjung.

Fasilitas yang Tersedia di Benteng Fort de Kock

Fasilitas di Benteng Fort de Kock
Image Credit: Google Maps (Abdul Malik Zaky Repdemen)

Selain beberapa objek wisata yang disajikan, ada beberapa fasilitas yang telah tersedia untuk para pengunjung. Diantaranya yaitu kursi taman yang nyaman untuk merasakan kesejukan udara. Serta jangan lupa untuk menikmati masakan khas dan berbagai macam kuliner yang berada tidak jauh dari lokasi benteng.

Disediakan pula Musholla bagi umat Muslim untuk beribadah. Dan tersedia toko sebagai oleh-oleh yang menawarkan berbagai macam makanan ringan dan souvenir sebagai cindera mata yang dapat dijadikan sebagai buah tangan. Jadi, sebelum pulang, Anda bisa membawa oleh-oleh untuk keluarga yang ada di rumah.

Nah, itu dia sedikit gambaran tentang Benteng Fort de Kock di Bukittinggi, benteng yang menarik dan wajib dieksplor pesonanya. Serta abadikan moment istimewa saat berkunjung di lokasi tersebut. Yuk, Langsung masukkan saja pada list destinasi wisata yang akan dikunjungi di Kota Bukittinggi. Selamat menikmati hari libur yang telah dinanti.