Ngarai Sianok merupakan lembah curam atau jurang dengan pemandangan sangat indah berada di perbatasan Bukittinggi dan Agam, Sumatera Barat. Bentang alam yang terbentuk karena pergerakan lempeng Sumatera dan menarik untuk dieksplor pesonanya.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.00 – 17.00, Alamat: Taman Panorama, Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Di Indonesia ternyata terdapat sebuah ngarai yang menampilkan keindahan bentangan alam nusantara. Sebuah lembah cantik dengan segala panorama indahnya terdapat di daerah utara Pulau Sumatera. Tempat tersebut begitu memukau hingga membuatnya layak untuk diabadikan melalui uang kertas resmi Indonesia, yaitu Rupiah, pada pecahan 2000 di bagian belakangnya.

Destinasi apik yang tak kalah dengan berbagai tempat serupa yang ada di luar negeri tersebut bernama Ngarai Sianok. Secara administratif, tempat tersebut termasuk bagian dari Provinsi Sumatera Barat. Melihatnya dari gambar-gambar yang beredar di Internet saja akan membuat takjub semua orang. Apalagi, jika memiliki kesempatan untuk secara langsung mendatanginya pasti akan sangat seru.

Lokasinya berada tidak terlalu jauh dari pusat keramaian. Hal tersebut menambah minat orang-orang untuk mendatanginya. Berbagai hal bisa didapatkan oleh masyarakat yang datang ke sana. Tidak hanya panorama alamnya saja, namun luasnya area Ngarai Sianok membuat pengunjung bisa dengan leluasa melakukan bermacam aktivitas yang seru dan membuat pengalaman yang tak terlupakan.

Daya Tarik yang Dimiliki Ngarai Sianok

Daya Tarik Dimiliki Ngarai Sianok
Image Credit: Google Maps (Mang Iyus)

1. Pemandangan Apik Perbukitan

Mengunjungi tempat tersebut maka para wisatawan akan disajikan sebuah pemandangan apik yang menampilkan susunan bukit-bukit yang berdiri secara rapi. Ketika pertama kali menginjakkan kaki di sana, pasti pengunjung akan ternganga dengan pesona alamnya. Bentukan dari ngarai tersebut memanjang akan tetapi berkelok-kelok pada bagian sisi kanan dan kirinya.

Hal itulah yang membuat tampilannya menjadi semakin unik dan istimewa. Pemandangannya akan bertambah apik berkali-kali lipat tatkala melihatnya dari sebuah ketinggian. Terdapat banyak titik pada perbukitan yang ada di sana, sehingga hal tersebut bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan bagi para wisatawan. Inilah salah satu pemikat paling jitu dari tempat tersebut untuk menarik turis datang ke sana.

Di Kawasan Ngarai Sianok juga terdapat sebuah sungai yang mengalir seolah menambah keistimewaan dari tempat tersebut. Tak jauh dari lokasinya, ada sebuah taman yang pas untuk melakukan pengamatan ke objek tersebut. Tempat tersebut bernama Taman Panorama. Seperti namanya, tempat ini menyajikan panorama yang sungguh cantik dan membuat hati dan pikiran menjadi segar kembali.

2. Bentangannya yang Panjang

Jika diukur, objek wisata alam tersebut membentang sejauh lebih dari 10 kilometer. Begitu panjangnya, tempat tersebut seolah tidak memiliki ujung terutama karena berbagai perbukitan yang menghalangi penglihatan para pengunjung terhadap ujung dari tempat ini. Dari atas perbukitan, ngarai tersebut juga mempunyai kedalaman yang lumayan jauh ke bawah.

Ngarai Sianok dikelilingi oleh tanah-tanah yang menjulang tinggi ke atas. Dari permukaan bagian bawahnya, bukit yang menjulang tersebut memiliki ketinggian kurang lebih 100 meter. Angka tersebut memang terkadang membuat takut pengunjung yang memiliki phobia terhadap ketinggian. Namun, semua itu akan terbayarkan lunas dengan apa yang menanti untuk diamati.

3. Bagian Apik Bukit Barisan

Di Pulau Sumatera, terdapat suatu daratan yang menonjol ke atas dan berdiri berderet membentuk suatu barisan. Itu merupakan rangkaian pegunungan barisan yang membentuk pulau yang satu ini. Di dalam ngarai yang indah tersebut, pegunungan barisan dapat dilihat dengan apik dan tentunya ini menambah keunikan tersendiri dari tempat tersebut.

Selain itu, sebenarnya bukit-bukit yang ada di sana merupakan salah satu dari sekian banyak dataran tinggi yang ada di pegunungan barisan. Namun terlihat begitu berbeda dan unik karena memang lembah ini memberikan sudut pandang lain dari rangkaian bentangan alam tersebut.

Daya Tarik Ngarai Sianok
Image Credit: Twitter.com @indonesia_place

4. Vegetasi Hijau yang Menghiasinya

Penampilan ngarai indah tersebut menjadi semakin indah lantaran pada permukaannya ditumbuhi berbagai macam tanaman sehingga membuat penampilannya semakin apik. Beberapa titik yang ada di lembah tersebut, baik pada bagian yang jauh ke dalam maupun di dekat permukaan, ditemui vegetasi alami yang menghiasi.

Hal tersebutlah yang menjadikannya sebagai salah satu surga tersembunyi nusantara yang patut untuk menjadi salah satu tujuan wisata. Selain itu, dengan hadirnya berbagai macam varietas tumbuh-tumbuhan itu juga membuatnya menjadi titik yang semakin indah sebagai latar belakang potret foto yang diambil.

5. Bukti dari Pembentukan Pulau Sumatera

Banyak ahli geologi yang berpendapat bahwa lembah yang diselingi oleh perbukitan ini merupakan bentuk indah dari patahan lempeng pada jaman dahulu. Dua lempeng yang ada di sana bergeser saling bertolak belakang sehingga muncullah daratan rendah yang ada di bagian tengahnya. Seiring berjalannya waktu, lembah tersebut berkembang menjadi tempat yang mempesona dan begitu elok.

6. Lokasi yang Cocok Melakukan Berbagai Kegiatan Menarik

Meskipun berada di salah satu destinasi alam yang tidak akan habis membuat takjub, tempat ini juga bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Tidak hanya berjalan-jalan guna menjelajahi area di sekitarnya saja ataupun berpotret ria mengabadikan suasana di sana, para pengunjung yang datang ke sana juga bisa melakukan kegiatan lebih dari pada itu.

Berbagai macam olahraga bisa dipraktekan di setiap sudut ngarai tersebut. Inilah salah satu aktivitas favorit bagi penduduk sekitar untuk menghabiskan waktu pada akhir pekan. Medannya yang terbilang ekstrem, layak dijajal untuk menjadi lokasi bersepeda gunung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Ngarai Sianok

Alamat Ngarai Sianok
Image Credit: Twitter.com @RadioElshinta

Lembah yang fenomenal tersebut berada di dekat kawasan Bukittinggi, tanah Minangkabau. Secara terperinci, tempat ini ada di Kabupaten Agam yang ada di Provinsi Sumatera Barat secara administratif. Lokasinya terpaut kurang lebih satu kilometer jauhnya pada sisi barat daya Kabupaten yang sangat populer dari provinsi tersebut, yakni Bukittingi.

Waktu yang harus ditempuh oleh pengunjung yang baru saja menaiki pesawat, yaitu sekitar lebih dari dua jam dari Bandara Minangkabau. Tetapi, tidak perlu risau karena normalnya perjalanannya tidak akan melebihi tiga jam lamanya. Dari tempat tersebut, wisatawan bisa memakai berbagai jenis moda transportasi. Jika ingin praktis, maka bisa menyewa mobil ataupun kendaraan lainnya.

Cara meraihnya dari kawasan Padang yaitu dengan menuju ke arah Padang Panjang terlebih dahulu. Setelah itu, ikuti petunjuk jalan yang mengarah pada Panyalaian lalu berpindah ke kawasan Koto Baru. Sesudah itu, pastikan perjalanan tersebut melewati tempat bernama Amor kemudian Cingkariang. Jika sudah, maka wisatawan akan tiba di lokasi Padang Luar.

Ikuti jalanan yang mengarah pada lokasi bernama Jambu Air hingga menuju ke Bukittinggi. Jika sudah berada di sana, maka bukan perkara yang sulit untuk mencapai Ngarai Sianok. Semua jalur menuju ke tempat tersebut memang harus melewati Bukittinggi terlebih dahulu, walaupun secara teknis ngarai ini sudah tidak lagi menjadi bagian dari kabupaten itu.

Harga Tiket Masuk Wisata Ngarai Sianok

Harga Tiket Ngarai Sianok
Image Credit: Google Maps (Adrian Risza Firlana)

Untuk memperoleh akses menjelajahi kawasan ini, maka pengunjung harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk membeli tiket masuknya. Karena kawasan ini memang sudah tidak dapat diragukan lagi keelokannya, maka tidak hanya masyarakat yang berasal dari dalam negeri saja yang berkunjung. Ada juga turis asing yang tertarik berada di sana.

Itulah sebabnya terdapat perbedaan harga antara wisatawan lokal dan juga asing. Agar bisa melewati salah satu dari 3 pintu masuk yang tersedia, maka orang Indonesia yang berwisata ke sana perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp 15.000 untuk orang dewasa, dan juga Rp 10.000 saja untuk anak-anak.

Sementara itu, pengunjung asing harus mengeluarkan biaya sejumlah Rp 25.000 bagi segala usia yang hendak ke sana. Tempat ini mulai bisa dinikmati sejak pukul 8 pagi dan berakhir pada jam 5 sore. Bagi wisatawan yang hendak bermalam di sekitar sana, ada beberapa penginapan ataupun losmen dan juga homestay kecil yang dapat digunakan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Ngarai Sianok

Aktivitas di Ngarai Sianok
Image Credit: Twitter.com @oaseminang

1. Berfoto Ria

Mengunjungi destinasi indah tersebut tidak akan puas bila tidak melakukan kegiatan tersebut. Para pengunjung bisa memotret area sekitar ngarai di berbagai titik. Pemandangan yang tersaji pasti akan membuat gambar hasil jepretan pribadi menjadi semakin indah dan layak menjadi salah satu unggahan pada media sosial pribadi.

Tidak hanya pada lembah ataupun perbukitan di dalamnya saja, taman yang ada di dekat sana juga menyuguhkan panorama eksotis seperti halnya namanya. Di sana juga dibuat titik-titik foto khusus untuk mempercantik hasil jepretan dan juga sebagai ajang seru-seruan saja.

2. Berkunjung ke Beberapa Spot Unik

Spot pertama yang pasti diketahui oleh turis yang ada di Ngarai Sianok yaitu Taman yang berada di bagian atas perbukitan di sana. Di sana terdapat fasilitas yang lengkap sehingga pengunjung tidak akan kesulitan dalam melakukan aktivitas untuk menikmati alam di sana.

Bahkan, sebuah pengalaman makan tak terlupakan bisa dilakukan karena ada tempat makan yang menyajikan menu spesial yang lezat. Selain itu, ada sisi lain dari tempat yang nampaknya indah ini. Kawasan tersebut ternyata menyimpan sebuah bukti sejarah, yaitu goa yang dibangun pada jaman pendudukan Jepang di Indonesia.

Goa tersebut sejatinya adalah sebuah bunker yang terbentuk dari lorong yang memanjang sejauh beratus-ratus meter. Tempat edukatif ini bisa diakses dengan gratis karena termasuk tiket yang sudah dibayar.

Aktivitas Menarik di Ngarai Sianok
Image Credit: Google Maps (Galih Wardana)

3. Singgah ke Batang atau Sungai

Pada lembah bagian tengahnya, ada sebuah sungai yang memiliki air yang cukup bersih. Ramai pengunjung bermain-main airnya yang segar. Alirannya sebenarnya tidak deras, namun jika musim hujan debitnya menjadi naik dan arusnya pun bisa dipakai untuk bermain arung jeram.

4. Menjelajahi Setiap Sudut Lembah

Ini merupakan sesuatu yang pastinya tidak akan membuat pengunjung bosan. Banyak hal bisa ditemukan ataupun dinikmati oleh wisatawan sehingga penjelajahan pada setiap spotnya menjadi pengalaman indah sebuah rekreasi.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Ngarai Sianok

Fasilitas di Ngarai Sianok
Image Credit: Instagram.com @irvan_6789

Lembah curam nan indah ini menawarkan berbagai hal yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Jika merasa lapar, maka bisa mampir ke restoran yang ada di sana. Berbagai menu masakan, terutama khas suku Mingangkabau, bisa dipesan.

Ada juga lahan parkir yang memadai jika ke sana memakai kendaraan yang dijalankan secara pribadi. Terdapat pula penginapan dan toko yang menjual beragam suvenir unik.

Wisata alam di sana memang akan memberikan sentuhan istimewa sebuah pengalaman berlibur terutama di daerah Bukittinggi, tanah Andalas. Dengan lengkapnya fasilitas di sana, pengunjung pun juga tidak perlu khawatir akan hal apapun ketika berwisata di lokasi yang mengagumkan tersebut. Ngarai Sianok adalah tujuan wajib ketika memutuskan untuk berlibur di daerah Sumatera Barat.