Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Top Selfie Pinusan, Area Kebun/Hutan, Pogalan, Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Banyak tempat wisata yang layak dikunjungi ketika hari libur tiba. Di Indonesia, hampir setiap daerah mempunyai destinasi wisata yang menyajikan panorama alam. Seperti di Magelang dengan Hutan Pinus Kragilan yang setiap hari selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun dari luar kota. Bukan hanya panorama alam dari jajaran hutan pinus yang menjadi alasan, namun juga berbagai spot foto menarik yang sengaja dibangun di dalam lokasi.

Diresmikan pada tahun 2015, hutan pinus yang ada di lereng Gunung Merbabu ini mendapat sambutan baik oleh para pelancong, khususnya warga lokal. Meskipun wilayahnya masih masuk dalam kawasan Perhutani daerah setempat, namun pihak pengelola diserahkan kepada warga sekitar. Dengan tangan kreatif dan ide cerdas, hutan yang dulunya hanya ditumbuhi pohon pinus ini, kini menjadi salah satu ojek wisata andalan bagi penduduk lokal.

Konsep yang diambil memang cukup kreatif dengan kolaborasi desain modern dan alam. Pemandangan sekitar lokasi tidak dapat diabaikan, begitu pula spot foto yang menjadi tujuan utama bagi kebanyakan wisatawan. Tidak dapat di pungkiri bahwa objek wisata dengan konsep perpaduan alam dan bangunan khusus untuk spot foto saat ini semakin ramai diperbincangkan. Apalagi keberadaan media sosial mendukung penuh setiap objek wisata yang dimaksud, termasuk Hutan Pinus Kragilan.

Daya Tarik yang Dimiliki Hutan Pinus Kragilan

Daya Tarik Hutan Pinus Kragilan Magelang
Image Credit: Google Maps Nature Lover

Pastinya ada sesuatu yang membuat wisatawan rela berkunjung meskipun jarak yang harus ditempuh cukup jauh. Daya tarik, itulah yang menjadi alasan utama bagi mereka. Bagi anda yang belum pernah berkunjung ke lokasi dan masih penasaran apa saja yang dapat memikat pengunjung, ulasan berikut mungkin bisa membantu anda mendapatkan jawabannya!

1. Keindahan Hutan Pinus Kragilan

Setiap wisatawan yang datang berkunjung dipastikan ingin menikmati keindahan alam yang disajikan. Deretan hutan pinus yang berdiri rapi menampakkan keindahan tersendiri. Dari sudut pandang yang tepat, anda bisa mendapatkan sensasi keindahan yang tidak kalah menarik dari objek wisata alam lainnya.

Panorama alam semakin lengkap dengan adanya hiasan Gunung Merbabu. Meskipun tampak jauh, setidaknya ada pemandangan lain yang menghiasi, selain pohon pinus tentunya. Hutan Pinus Kragilan dibangun diatas lahan cukup luas, namun ada titik tertentu yang paling utama dengan keindahan alam menakjubkan. Di lokasi wisata ini juga terdapat jalan setapak yang biasanya dilalui wisatawan. Di sisi kanan dan kiri jalan, tampak dengan jelas pohon berbaris rapi seperti pasukan sedang upacara.

2. Suasana yang Masih Asri

Selain keindahan, suasana objek wisata yang berada di Jawa Tengah ini juga masih asri sehingga bisa dijadikan daya tarik bagi pengunjung. Apalagi bagi mereka yang tinggal di perkotaan dengan cuaca panas dan polusi padat. Lokasinya yang masih berada di lereng gunung membuat udaranya sejuk dan asri, sangat baik untuk program rehabilitasi kesehatan.

Tidak ada polusi di Hutan Pinus Kragilan, baik polusi kendaraan bermotor atau pabrik. Jarak dari pusat perkotaan boleh dibilang cukup jauh, jadi masih minim polutan. Selain itu, banyaknya pohon rindang juga mampu menyerap polusi kendaraan jika seandainya sampai di lokasi wisata tersebut. Suasana semakin asri dengan pohon pinus yang membentang luas sehingga pemandangan tampak hijau menyegarkan.

3. Berbagai Spot Foto Menarik

Daya tarik berikutnya adalah adanya spot foto yang menjadikan tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Lebih dari puluhan spot yang menarik dengan pemandangan utama hutan pinus. Setiap spot memiliki desain tersendiri yang dibangun khusus bagi wisatawan. Sebagai contoh adalah spot awan dengan bangunan dari papan yang diberi serpihan kapas atau kapuk berwarna putih. Spot ini bukan menampilkan pemandangan hutan pinus dari bawah, melainkan dari atas.

Bahkan untuk tujuan menghasilkan foto menarik, jalan setapak yang telah disebutkan tadi juga tidak kalah indahnya. Spot foto ini biasanya digunakan sebagai pembukaan dalam menghasilkan jepretan indah. Lebih menarik lagi jika di hutan pinus ini juga menyediakan fotografer profesional. Jadi tidak perlu bersusah payah atau berpikir keras dalam pengambilan sudut gambar. Cukup serahkan semuanya kepada fotografer tersebut dengan membayar sesuai ketentuan harga yang berlaku.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Hutan Pinus Kragilan Magelang
Image Credit: Twitter Yopie Pangkey

Secara administratif, Hutan Pinus Kragilan berada di Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Magelang, Jawa Tengah. Hingga saat ini, masih belum ada akses untuk angkutan umum, jadi disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Dari pusat kota Magelang, jarak yang harus ditempuh sekitar 26km dengan perkiraan waktu sekitar 50 menit. Akses jalan memang cukup baik dengan kondisi yang beraspal, namun tikungan dan kontur khas lereng gunung membuat anda mengharuskan untuk menggunakan kendaraan dalam kondisi prima.

Rute yang paling mudah dan tercepat adalah dengan mengambil jalur Salatiga yang mengarah ke daerah Kopeng. Selalu perhatikan jalan, karena tidak jauh dari lokasi terdapat papan petunjuk yang mengarahkan anda ke tempat tujuan. Tidak jauh dari Jalan Ketep Kopeng, ada sebuah papan petunjuk yang mengharuskan anda untuk mengambil jalur kiri. Ikuti petunjuk tersebut karena lokasinya sudah dekat.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Hutan Pinus Kragilan Magelang
Image Credit: Twitter AirAsiaGO Indonesia

Sebelumnya, tidak ada biaya khusus sebagai syarat anda masuk ke Hutan Pinus Kragilan. Namun kali ini pihak pengelola yang merupakan warga setempat mewajibkan anda membayar retribusi sebagai tiket masuk. Terdiri dari dua bagian, yaitu 10.000 rupiah pada hari aktif senin sampai sabtu. Sedangkan pada hari minggu dan libur nasional dikenakan biaya sebesar 12.000 rupiah dengan jam operasional yang sama, yakni pukul 07.00 – 18.00 waktu setempat.

Harga diatas bukan hanya satu-satunya, melainkan ada biaya lain yang harus dikeluarkan. Biaya yang dimaksud adalah parkir kendaraan, motor sebesar 3.000 dan mobil 10.000 rupiah. Bagi yang ingin menggunakan jasa fotografer profesional juga dikenakan tarif tersendiri. Untuk satu file nya dikenakan tarif 2.500 rupiah, cukup murah tentunya dibandingkan hasil foto yang didapat.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Hutan Pinus Kragilan

Aktivitas Hutan Pinus Kragilan Magelang
Image Credit: Twitter Jogja24Jam

Berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan setelah anda tiba di lokasi wisata Hutan Pinus Kragilan. Tentu saja bukan hanya aktivitas pasif seperti menikmati keindahan alam hutan pinus, melainkan jauh lebih banyak dari itu. Memang perlu diakui bahwa kebanyakan aktivitas tidak lepas dari panorama alam yang disajikan. Supaya lebih jelas, berikut rangkuman aktivitas menarik yang biasanya dilakukan wisatawan ketika berkunjung!

1. Berkeliling Menyusuri Hutan Pinus

Ketika anda baru datang ke lokasi, ada baiknya untuk menyusuri kawasan hutan pinus ini. Siapa tau ada beberapa hal yang membuat anda tertarik, seperti menemukan spot foto liar degan keindahan mengagumkan. Berkeliling ke lokasi memang dibutuhkan kondisi tubuh prima karena kawasan ini masih termasuk dalam hutan lindung.

Akan tetapi tidak perlu khawatir karena setiap kali anda melangkah, ada pemandangan alam yang siap menanti. Dengan demikian, rasa lelah mungkin bisa sedikit diabaikan. Perlu menjadi perhatian, selama melakukan aktivitas tracking ini diharapkan selalu berhati-hati. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada di lereng gunung sehingga mungkin saja ada sebuah jurang yang tidak anda ketahui.

2. Jalan-Jalan di Taman Bunga Matahari

Tidak banyak pengunjung Hutan Pinus Kragilan yang tau bahwa tidak jauh dari lokasi utama juga dibangun Taman Bunga Matahari. Mungkin saja mereka tau namun kurang begitu menarik jika dibandingkan dengan tujuan utama mereka, yakni berburu spot foto. Meski demikian, setidaknya taman tersebut menjadi pelengkap dari destinasi wisata yang anda lakukan. Apalagi jika lokasi dibangunnya taman dengan hiasan bunga matahari tersebut cukup luas.

Bagi anda yang berniat atau penasaran ingin mengunjungi taman tersebut, ada baiknya jika berkunjung pada pagi atau sore hari. Bukan tanpa alasan, karena kedua waktu tersebut merupakan dimana bunga sedang bermekaran. Untuk dijadikan latar belakang foto, tentunya hal itu lebih menarik dan juga lebih menawan.

Aktivitas Seru Hutan Pinus Kragilan Magelang
Image Credit: Twitter @infoseni_

3. Bersantai di Hammock

Aktivitas yang wajib anda lakukan ketika berada di Hutan Pinus Kragilan adalah dengan bersantai. Tentunya bukan bersantai biasa, namun sambil bergelantungan diatas hammock. Tidak perlu membawa hammock sendiri karena pihak pengelola sudah menyediakan banyak tempat tidur gantung tersebut di salah satu titik. Dengan ragam warna yang ada, aktivitas santai anda semakin menyenangkan.

Menariknya, tidak hanya satu hammock yang ditautkan di dua pohon, melainkan dibuat dengan cara bersusun. Artinya, dalam dua pohon pinus yang dijadikan tempat mengikat tempat tidur tersebut terdapat lebih dari satu. Anda bisa mencapai hammock paling tinggi dengan cara mulai menaiki bagian yang paling bawah. Cukup seru dan menantang tentunya bagi mereka yang suka dengan aktivitas memacu adrenalin.

4. Berburu Spot Fotografi

Demi menarik perhatian banyak wisatawan, pengelola Hutan Pinus Kragilan memberikan berbagai spot foto unik. Spot pertama yang langsung membuat banyak pengunjung jatuh hati adalah sepeda gantung. Di spot ini, anda bisa mengambil gambar cantik dengan berbagai sudut padang. Meskipun sepeda diletakkan tali yang terbuat dari besi, namun keamanannya terjamin sehingga anda tidak perlu khawatir.

Spot foto lain yang tidak kalah menarik adalah telepon umum yang didesain khusus dengan balutan warna merah. Bagi yang ingin bernostalgia dengan zaman sebelum teknologi berkembang pesat, spot ini layak menjadi pilihan utama. Berbagai gardu pandang juga cocok dijadikan spot yang mampu menghasilkan jepretan indah. Ayunan, meja billiard, rumah pohon, monas bambu, jembatan gantung, adalah beberapa spot lain yang bisa anda pilih.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Hutan Pinus Kragilan Magelang
Image Credit: Google Maps Prabowo Hs

Sebagai objek wisata yang ayak dikunjungi, Hutan Pinus Kragilan memberikan berbagai fasilitas penunjang yang cukup lengkap. Bagi wisatawan yang ingin menunaikan kewajibannya, ada mushola yang nyaman digunakan. Meskipun di beberapa titik diperbolehkan masuk menggunakan motor, namun tetap saja ada tempat parkir khusus yang cukup luas dengan keamanan terjamin.

Selain kedua fasilitas tersebut, masih ada lagi yang bisa anda gunakan, yaitu toilet. Kondisinya yang bersih dan terawat membuat banyak pengunjung menjadikannya tempat utama untuk membersihkan diri. Tidak jauh dari lokasi wisata, ada warung yang menyediakan berbagai makanan nikmat dengan harga murah. Sayangnya, masih belum ada tempat penginapan di sekitar lokasi, karena memang jaraknya cukup jauh dari pusat perkotaan.

Hutan Pinus Kragilan memberikan sensasi berbeda dalam hal wisata alam. Bagi anda yang tertarik dan segera ingin mengunjungi lokasi wisata ini, ada baiknya jika membuat palnning terlebih dahulu. Alasannya tidak lain adalah jarak yang lumayan dengan kondisi jalan kurang bagus. Kondisi kendaraan dan tubuh prima menjadi hal yang harus diperhatikan sebelum pergi ke lokasi.