Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 07.00-22.00 WIB, Alamat: Sukamaju, Kec. Telukbetung Timur, Kota Bandar Lampung, Lampung; Map: Cek Lokasi

Pantai Tirtayasa Lampung memang tidak begitu terkenal dibandingkan dengan pantai lain yang ada di wilayah yang sama. Namun hal ini bukan berarti tidak ada pesona yang layak dijadikan alasan untuk mengunjunginya. Keindahan pantai ini cukup terlihat dengan adanya pohon rindang yang tumbuh subur hampir di semua titik bibir pantai.

Lokasinya yang berada di pinggir kota Bandar Lampung menjadikannya sunyi, cocok dijadikan tempat melepas penat dari aktivitas sehari-hari. Hamparan pasir putih kecokelatan memenuhi semua bibir pantai. Dilengkapi batu karang halus berbagai ukuran, pemandangan di sini cukup mengagumkan dan memanjakan mata.

Masih tergolong pantai aktif, Pantai Tirtayasa menjadi tempat berlabuhnya perahu nelayan setelah melakukan pekerjaan sehari-hari menangkap ikan di laut. Adanya perahu ini menjadikan pemandangan begitu berbeda dengan pantai pada umumnya. Bentuknya yang khas dengan cat warna-warni memberikan kesan hidup yang berwarna.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tirtayasa Lampung

Daya Tarik Pantai Tirtayasa Lampung
Image Credit: Google Maps Bagus Tri Pamungkas

Pantai Tirtayasa Lampung termasuk salah satu pantai luas dan memiliki garis pantai yang cukup panjang. Wisatawan yang datang tidak lepas dari adanya daya tarik yang dimiliki, sebagaimana objek wisata pada umumnya. Di sini, ada beberapa hal yang menarik perhatian dan seolah menjadi magnet bagi wisatawan.

1. Pemandangan Pantai Tirtayasa Lampung

Berkunjung ke alah satu pantai di Lampung ini tidak ada ruginya. Banyak pemandangan alam yang dapat disaksikan dan pastinya memanjakan mata. Pasir putih yang tampak sedikit berkilau ketika terkena pancaran sinar matahari menjadi awal mula keindahan yang didapatkan. Di seberang lautan, terdapat sebuah pulau kecil dengan bentuk eksotis.

Daratan kecil tersebut dikenal dengan Pulau Permata dan hingga saat ini tidak berpenghuni. Tidak hanya dapat disaksikan pesonanya, namun wisatawan dapat menuju ke pulau tersebut menggunakan perahu. Perbukitan pun tidak mau kalah menampilkan pesonanya, salah satunya adalah Muncak Tirtayasa yang sekaligus menjadi objek wisata terbaik di Lampung.

2. Air Laut Jernih Dihiasi Batuan

Air laut yang jernih menjadi daya tarik Pantai Tirtayasa Lampung selanjutnya. Warnanya hijau dan seolah sinkron dengan pohon perdu yang menghiasi garis pantai. Pantai cantik ini memiliki ombak yang relatif tenang dengan angin berhembus perlahan membelai kulit. Kondisi ini dimanfaatkan wisatawan untuk aktivitas air, seperti mandi dan berenang.

Kejernihan air laut semakin mempesona ketika batu berbagai ukuran menghiasi. Tampak jelas bahwa sepanjang bibir pantai dipenuhi oleh batu khas yang ada di lautan. Batu ini memiliki ukuran yang bervariasi dan tersebar merata seolah menghiasi kejernihan airnya. Eksotisme nya pun semakin tampak ketika pantulan langit cerah terlihat di permukaan air.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Tirtayasa Lampung
Image Credit: Google Maps zhafran afif syahmenan

3. Suasana Alam Asri

Tidak seperti pantai pada umumnya yang terkesan kering, Pantai Tirtayasa Lampung memiliki suasana alami dan asri. Ini dikarenakan banyaknya pohon rindang yang menutupi hampir semua bibir pantai. Pemandangan yang hijau pun didapatkan dengan kondisi udara yang sejuk. Wisatawan tidak lagi perlu payung ketika berkunjung ke sini, pohon ini dirasa cukup meneduhkan.

Sambil menikmati suasana pantai yang sejuk dan menyegarkan, adanya pohon rindang ini menjadi alternatif bagi pengunjung yang tidak ingin berubah warna kulitnya. Apalagi angin yang berhembus kebanyakan tidak terlalu kencang, jadi suasana semakin syahdu. Objek wisata bahari ini pun cocok dikunjungi pasangan pemuda yang memadu asmara.

4. Spot Sunset Terbaik

Termasuk salah satu spot terbaik untuk berburu sunset, wisatawan yang mengunjungi Pantai Tirtayasa Lampung lebih memilih datang di sore hari. Berburu keindahan matahari terbenam memang jauh lebih indah jika memilih pantai. Pasalnya, tidak ada pembatas yang menghalangi panorama nya.

Langit yang awalnya biru cerah perlahan berubah menjadi jingga karena cahaya matahari yang juga berubah. Dihiasi dengan gumpalan awan putih, pemandangan semakin cantik dan mengesankan. Perlahan namun pasti, cahaya jingga yang mempesona hilang bak tenggelam di dasar lautan yang dalam.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Tirtayasa
Image Credit: Google Maps Philippe Lefevre

Pantai Tirtayasa Lampung tergolong jauh dari hiruk pikuk kota, alamatnya berada di Sukamaju, Kecamatan Telukbetung Timur, Kota Bandar Lampung, Lampung. Meski demikian, lokasinya masih cukup strategis dan dapat ditemukan melalui aplikasi Google Maps. Jarak dari Bandar Lampung cukup dekat, sekitar 14 kilometer ke arah selatan.

Jarak tersebut dapat ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit sesuai dengan kecepatan kendaraan. Dari Bandar Lampung, rute terbaik adalah dengan melewati Jalan Pajajaran, kemudian menuju ke Jalan Teuku Umar. Selanjutnya menuju ke Jalan kartini dan terus lurus hingga tiba di Jalan Wolter Monginsidi.

Rute berikutnya yakni mengarahkan kendaraan ke Jalan Basuki Rahmat dan Jalan W.R. Supratman. Dari titik ini, anda akan melewati beberapa jalur utama, diantaranya adalah Jalan DR. Setia Budi dan Jalan Laksamana R.E. Martadinata. Lanjutkan perjalanan ke Pantai Tirtayasa mengikuti petunjuk jalan yang tersedia.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Tirtayasa
Image Credit: Google Maps Rizal Harits

Menjadi pantai yang cantik bukan berarti mengharuskan wisatawan untuk mengeluarkan banyak budget. Berkunjung ke sini hanya memerlukan biaya tiket masuk sebesar 10.000 rupiah per orang. Tambahan biaya hanya untuk parkir kendaraan bermotor, mobil 10.000 rupiah dan sepeda motor 5.000 rupiah.

Total biaya yang dikeluarkan di Pantai Tirtayasa Lampung masih sangat terjangkau dan tidak menguras kantong. Apalagi wisatawan diperbolehkan membawa perbekalan sendiri dari rumah sehingga lebih irit. Dengan biaya yang murah, pemandangan alam yang mempesona dari lautan lepas dan deretan perbukitan indah didapatkan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Tirtayasa Lampung

Aktivitas Menarik Pantai Tirtayasa Lampung
Image Credit: Google Maps Philippe Lefevre

Banyak aktivitas yang dilakukan di sini, mengingat bibir pantai yang luas membentang. Mulai dari aktivitas yang berhubungan dengan air atau kegiatan santai dapat dilakukan di Pantai Tirtayasa Lampung. Untuk lebih lengkapnya, silahkan anda simak beberapa poin menarik berikut!

1. Mandi dan Bermain Air

Dengan karakteristik ombak yang tenang, aktivitas yang menarik di sini tidak lain adalah mandi atau bermain air. Bagi yang hobi berenang dan yakin akan kemampuannya, silahkan berenang di pantai penuh pesona ini. Akan lebih aman jika aktivitas ini didampingi profesional atau orang tua yang mendampingi anaknya.

Jika perlu, silahkan sewa ban karet atau pelampung yang disediakan pengelola. Mandi air laut dipercaya dapat menghilangkan berbagai penyakit kulit. Ini dikarenakan kandungan garamnya yang cukup baik. Namun pastikan berhati-hati, karena batuan yang tersebar sebagian besar tajam seperti halnya batu karang.

2. Bermain Pasir

Pantai Tirtayasa Lampung memiliki pasir putih yang lembut dan halus. Tidak ada salahnya jika anda mengajak anak-anak bermain pasir untuk menghabiskan waktu liburan. Ini dilakukan jika tidak yakin dengan aktivitas berenang, atau bisa juga setelah berenang. Yang jelas, aktivitas sederhana ini mampu mempererat hubungan keluarga dan lebih harmonis.

3. Mengunjungi Pulau Permata

Tidak hanya aktivitas seputar air laut atau pasir, mengunjungi pulau yang terlihat eksotis dari bibir Pantai Tirtayasa seperti wajib dilakukan. Untuk menjangkau pulau yang dimaksud, pastinya anda harus menyewa transportasi air berupa perahu. Sebagian nelayan yang libur dari pekerjaan melaut biasanya menyewakan perahu nya untuk mengantar wisatawan.

Harganya sendiri bervariasi karena tidak ada patokan resmi, sesuai dengan kesepakatan. Semakin banyak penumpang yang dibawa sekali jalan, biasanya harganya lebih murah. Selama perjalanan, anda pun mendapatkan sensasi naik perahu dengan gelombang air laut yang tenang. Kondisi ini sepertinya tidak terlalu mengkhawatirkan bagi yang mabuk laut.

Aktivitas Menarik di Pantai Tirtayasa Lampung
Image Credit: Google Maps Fatimah Azzahra

4. Bersantai di Bawah Pohon Rindang

Aktivitas di Pantai Tirtayasa Lampung selanjutnya adalah bersantai di bawah pohon rindang. Tidak semua pantai memiliki deretan pohon yang berjejer rapi sebagai peneduh alami. Biasanya, wisatawan butuh payung untuk menikmati pesona alamnya. Namun hal itu tidak berlaku di sini, pohon perdu sudah cukup meneduhkan dan membuat suasana asri.

5. Menikmati Indahnya Sunset

Seperti yang sedikit dibahas sebelumnya, pantai cantik di Lampung ini cocok dijadikan sebagai spot untuk melihat keindahan matahari tenggelam. Wisatawan yang rela menunggu keindahan dari pancaran sinar jingga matahari biasanya dari kalangan pemuda. Sambil duduk santai, mereka biasanya menunggu sunset sembari bercanda riang gembira.

6. Berburu Spot Foto

Selain aktivitas yang telah disebutkan diatas, pesona Pantai Tirtayasa Lampung pastinya tidak boleh hanya dipandang mata. Sebab itulah perlu kamera terbaik untuk aktivitas fotografi, baik berupa video maupun foto. Spot yang paling banyak diminati yaitu latar belakang laut lepas yang dihiasi Pulau Permata dan perbukitan di tengahnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Tirtayasa
Image Credit: Google Maps Gua maun

Objek wisata yang layak dikunjungi bukan hanya memiliki daya tarik, namun juga fasilitas penunjang untuk kenyamanan wisatawan. Seperti halnya di Pantai Tirtayasa Lampung, ada banyak fasilitas yang ditemui di sini sehingga tetap layak dikunjungi. Fasilitas yang dimaksud adalah area parkir luas bagi yang membawa kendaraan pribadi.

Fasilitas berikutnya adalah toilet, yang mana kondisinya rapi dan selalu terjaga kebersihannya. Bagi umat Muslim, tersedia mushola yang siap digunakan jika sudah masuk waktu solat. Warung makan, gazebo kecil mirip balai, dan penyewaan ban merupakan fasilitas umum lain yang dapat ditemui di sini.

Demikian ulasan singkat namun padat mengenai salah satu objek wisata bahari yang dikenal dengan nama Pantai Tirtayasa Lampung. Adanya penjelasan mengenai daya tarik dan aktivitas hanya sekedar gambaran singkat, lebih lengkapnya silahkan menuju ke lokasi. Pastikan datang ramai-ramai, karena pesonanya sayang jika hanya dinikmati sendirian.