Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Ujong Kareung, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh; Map: Cek Lokasi

Pantai Ujong Kareung merupakan salah satu tempat wisata yang menarik bisa dikunjungi di Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang. Tempat tersebut memang selalu padat dikunjungi oleh wisatawan, terutama saat menjelang akhir pekan. Tempat ini selain elok, akses jalan menuju ke sana memang sangatlah mudah.

Salah satu area yang mempunyai wisata bahari indah di Pulau Weh adalah pantai yang satu ini. Panoramanya akan membuat Anda dan pengunjung yang lain terpukau seketika. Dipastikan keelokan yang ditawarkan oleh pantai ini tak bisa ditemukan di pantai-pantai lainnya.

Maka dari itulah, saat liburan tiba datang segera ke Pantai Ujong Kareung bersama sanak famili Anda. Menjalani aktivitas sehari-hari yang padat pasti akan membuat pikiran jadi terasa penat. Oleh karena itulah, segera kunjungi tempat tersebut dan nikmati beragam keseruan yang ada di sana selama holiday.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ujong Kareung

Daya Tarik Pantai Ujong Kareung
Image Credit: Google Maps Amir Dayyan

1. Panorama Indah Pantai

Pantai Ujong Kareung sering juga dikenal dengan nama Pantai Ujung Karang. Tempat tersebut memang merupakan salah satu area yang cukup favorit dan berada di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Panorama alam yang terhampar di tempat ini akan membuat siapapun jadi terpaku sejenak dan menyadari kuasa dari Tuhan.

Banyak wisatawan dari luar kota yang rela datang jauh-jauh untuk bisa menyaksikan segala keindahan yang ditawarkan. Terlebih ketika hari libur tiba, pantai ini padat dikunjungi oleh wisatawan. Daya tarik yang membuat pengunjung jadi merasa ketagihan datang ke tempat tersebut yaitu adanya batu cadas dibalut dengan hijau tosca dari air laut.

Pantai yang satu ini berada di area pesisir selatan dan menghadap ke arah timur. Sedangkan pantai yang berada di bagian selatan berhadapan langsung ke samudra Hindia. Nama Pantai memang diambil dari bahasa setempat. Pantai Ujung Karang merupakan lokasi yang tepat untuk menghabiskan weekend bersama keluarga tercinta.

2. Tersedia Space Memancing

Memancing merupakan salah satu aktivitas yang pastinya sangat menyenangkan sekali. Berada di Pantai Ujung Karang ini, maka pengunjung dapat menjalankan aktivitas tersebut. Keragaman biota laut yang begitu mengagumkan, menjadikan Pantai Ujong Kareung tersebut sebagai area yang tepat untuk melakukan kegiatan memancing.

3. Spot Snorkeling Impian

Selain menyuguhkan keindahan alam pantainya, Ujung Karang ini juga mempunyai keelokan panorama bawah laut yang begitu memukau. Berada di tempat tersebut Anda bisa menjalani aktivitas berupa snorkeling. Spot snorkeling di Pantai Ujung Karang merupakan impian bagi para pecinta aktivitas tersebut.

Karang bawah laut yang begitu indah, exotic, akan membuat siapa pun takjub. Karang bawah laut terjaga dengan begitu baik di tempat ini. Sehingga Anda pun akan menyaksikan biodiversitas biota laut yang memang begitu beragam.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Ujong Kareung
Image Credit: Google Maps Cekmint Flotilla

Pantai cantik ini berada di Desa Ujong Kareung. Anda bisa langsung meluncur ke Kecamatan Sukajaya yang berada di Kota Sabang, Aceh. Jika berangkat dari pusat pemerintahan Kota Sabang, maka jaraknya memang relatif dekat, yaitu Anda hanya perlu berjalan 3 km saja. Nantinya Anda bisa menjangkau tempat tersebut hanya dalam waktu 10 menit saja.

Pengunjung memulai perjalanan dari pusat kota dan menempuh rute melewati Jalan Teuku Umar hingga akhirnya tiba di Pantai Ujung Karang. Akses yang harus dilalui nantinya sudah sangat baik dan lebar.

Karena itulah, roda dua dan roda empat bisa masuk secara bebas. Jalan menuju ke Pantai Ujong Kareung tersebut masih berada dalam satu jalur untuk menuju wisata lain. Wisata tersebut yaitu Pantai Lhok Gaudong. Dengan begitu nantinya pengunjung pun bisa mendatangi dua tempat rekreasi sekaligus.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Ujong Kareung
Image Credit: Google Maps Real Gusday

Agar nantinya wisatawan bisa masuk area wisata, maka perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 10.000. Dengan uang tiket sebesar itu, maka Anda pun sudah bisa menghabiskan seharian penuh waktu liburan di tempat ini.

Suguhan keindahan alam yang memukau tentu tak bisa Anda dapatkan di tempat-tempat lainnya. Maka dari itulah, jangan sia-siakan kesempatan ketika holiday tiba. Pastinya kegiatan liburan akan sangat sayang sekali jika hanya dihabiskan di rumah saja.

Pengunjung bisa datang ke Pantai Ujung Karang ini kapanpun mereka mau, karena tempat ini dibuka 24 jam penuh. Namun sebagai rekomendasi, alangkah baiknya jika Anda datang sebelum matahari tenggelam agar bisa menyaksikan keindahan dari jingga di ufuk barat.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Ujong Kareung

Aktivitas Menarik Pantai Ujong Kareung
Image Credit: Google Maps Hendra Halim

1. Berenang di Pantai Ujung Karang

Ombak yang bisa ditemukan di Pantai Ujong Kareung memang tidak terlalu ganas, sehingga dengan begitu akan sangat aman sekali bagi pengunjung yang ingin bermain air ataupun berenang di sana. Selain itu, air laut yang begitu jernih menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang akan menggoda siapapun untuk segera menceburkan diri mereka ke laut.

Tapi bagi Anda yang belum bisa berenang atau kurang begitu pandai, maka sebaiknya menggunakan bantuan pelampung. Di sana tersedia bebatuan karang yang bisa digunakan saat Anda ingin bermanuver dan melompat ke air laut. Pengalaman seru tersebut tentu akan membuat siapapun tidak bisa melupakan momen berada di tempat ini.

2. Melihat Keindahan Matahari Tenggelam dan Terbit

Lokasi Pantai Ujong Kareung memang begitu strategis. Hal itulah yang membuat tempat ini mampu menyuguhkan keindahan dari matahari terbit dan juga tenggelam. Pantai cantik ini menghadap ke arah timur, Anda akan bisa menyaksikan senja pagi dan sore yang pastinya mengundang decak kagum.

Fenomena matahari tenggelam dan matahari terbit di tempat ini memang tidak bisa disangkal keindahannya. Bahkan beberapa muda-mudi memang sengaja datang saat momen-momen tersebut agar memperoleh suasana romantis bersama dengan pasangan mereka. Jangan lupa untuk mengabadikan momen indah tersebut agar Anda bisa membagikannya di Instagram.

3. Menyaksikan Panorama Pantai yang Memukau

Seperti yang sudah disinggung di atas, Pantai Ujung Karang memang mempunyai panorama alam luar biasa indah dan bukan main. Birunya laut di tempat ini serta dipadu dengan pepohonan tumbuh berderet di sepanjang pantai menciptakan suasana yang begitu eksotik. Anda yang ingin mencari suasana teduh dan sejuk dapat mendatangi tempat tersebut.

Sesuai dengan namanya, pantai tersebut dipenuhi oleh bebatuan karang yang menghias area tapi pantai yang ada di sana. Pantai Ujung Karang tidak mempunyai pasir, karena Pantai Ujong Kareung tersebut dibangun menggunakan struktur beton yang memiliki fungsi untuk melindungi dari abrasi oleh gelombang laut.

Bebatuan karang yang terdapat di sana memiliki ukuran yang terbilang cukup besar serta membentuk sebuah cekungan yang sangat unik. Keunikan dari alam inilah yang akhirnya membuat Pantai Ujung Karang mempunyai daya tarik lain daripada yang lain.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Ujong Kareung
Image Credit: Google Maps Humada Alfian

Pantai Ujong Kareung adalah pantai favorit dan populer terutama di kawasan Kota Sabang. Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, bahwa pantai tersebut ramai dikunjungi terlebih saat menjelang hari libur tiba.

Tidak hanya itu saja, lokasi pantai yang berada dekat dengan Pantai Lhok Geudong memungkinkan wisatawan untuk berkunjung ke dua tempat sekaligus.

Fasilitas yang ada di Pantai Ujung Karang sangatlah lengkap dan akan membuat pengunjung terfasilitasi. Anda tidak akan kesusahan untuk menemukan kamar mandi dan kamar bilas. Fasilitas ini pastinya bisa digunakan sebelum maupun setelah Anda berenang.

Selain itu, tak perlu repot-repot membawa bekal dari rumah. Di Pantai Ujung Karang terdapat beberapa warung makan yang bisa Anda singgahi dan cicipi menu-menu lezatnya. Begitu pula bagi wisatawan yang ingin bermalam, maka telah tersedia tempat penginapan yang bersih dengan harga terjangkau.

Pantai Ujong Kareung dipastikan bisa memberikan pengalaman berlibur yang menyenangkan. Mengagendakan kegiatan berlibur ke tempat tersebut sangat direkomendasikan, terutama untuk Anda yang merasa jenuh dan penat dengan beragam kegiatan sehari-hari. Tak ada salahnya untuk segera meluncur ke Pantai Ujung Karang dan sejenak merilekskan pikiran.