Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Ie Meulee, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh; Map: Cek Lokasi

Salah satu pantai yang sangat direkomendasikan bagi Anda untuk dikunjungi ketika berada di Aceh yaitu Pantai Sumur Tiga. Tidak sedikit para pelancong, baik itu yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri, menyempatkan waktu mereka mengunjungi pantai tersebut. Karena memang keindahan dari pantai ini sudah tersohor hingga ke mancanegara.

Wisata Sabang ini memang salah satu tempat menarik yang bisa Anda temukan dan wajib untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi berlibur ketika berada di Aceh. Salah satu daya tarik yang dimiliki adalah pantai ini memiliki area pasir yang putih dan panjang. Oleh karena kepopulerannya tersebut, maka tak heran jika tempat ini cukup ramai dikunjungi.

Kawasan pantai merupakan gabungan pantai dan kehidupan masyarakat pedalaman sehingga menjadikan area sekitar sangat asri. Karena memiliki panorama yang indah, tak heran jika banyak pengunjung yang menjadikan Pantai Sumur Tiga sebagai tempat favorit mereka. Banyak fasilitas yang bisa ditemukan di sana nantinya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sumur Tiga

Daya Tarik Pantai Sumur Tiga
Image Credit: Google Maps Ady Fantri

1. Benteng Sejarah

Pantai Sumur Tiga memiliki banyak sekali daya tarik yang patut untuk Anda saksikan. Salah satu daya tariknya yaitu Anda bisa menemukan Benteng Sejarah di sana. Menurut sejarahnya sendiri, Kota Sabang adalah salah satu lokasi persinggahan Tentara Jepang ketika berlabuh ke Negara Indonesia.

Tercatat pada saat itu, tepatnya yaitu pada tanggal 11 hingga 12 Maret tahun 1942, Jepang menjadikan Pulau Weh sebagai salah satu area berlabuh. Ketika Jepang pertama kali datang, mereka pun membangun sebuah benteng untuk dijadikan pertahanan dalam menghadapi Perang Pasifik.

Hal itu disebabkan karena Sabang adalah kota yang strategis untuk dipakai sebagai salah satu area pertahanan. Di pantai inilah nantinya Anda bisa melihat dengan jelas benteng-benteng sisa peninggalan tentara Jepang tersebut. Sekalipun bangunannya sudah tidak utuh lagi, namun Anda akan menemukan nilai sejarah di sana.

2. Sumur Tua

Di sekitar lokasi pantai terdapat tiga buah sumber air sejarah yang menjadi mata air untuk masyarakat yang tinggal di area sekitar. Sekalipun dekat dengan lokasi pantai, ketiga sumur ini tidak memiliki air yang asin, melainkan rasanya tawar. Dulunya sumur itu menjadi primadona pada masa lalu. Namun, saat ini sumur tersebut sudah jarang sekali dipakai.

3. Kuliner

Daya tarik yang pastinya tidak boleh dilewatkan bagi Anda yang gemar sekali dengan kuliner, yaitu Pantai Sumur Tiga ini menyajikan berbagai macam kuliner khas. Anda dapat memilih berbagai macam kuliner lezat yang ditawarkan di sana. Di area pantai telah berdiri beberapa resto dan hidangan minuman serta makanan yang menggugah selera.

Nantinya Anda bisa menikmati minuman dan makanan tersebut sambil lalu menikmati panorama alam yang indah di pantai. Keindahan alam pantai yang terdapat di Pulau Sabang ini adalah hal yang tentunya tidak boleh Anda lewatkan.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Sumur Tiga
Image Credit: Google Maps David Holmes

4. Spot Selfie

Oleh karena memiliki panorama yang begitu indah, maka wajar saja jika Pantai Sumur Tiga memiliki banyak spot selfie yang instagenic. Terlebih jika Anda datang pada waktu matahari terbit, maka pemandangan sempurna bisa Anda dapatkan di sana. Karena itu, pastikan Anda tidak lupa membawa serta kamera saat berkunjung ke tempat ini.

5. Landsekap Alam yang Indah

Daya tarik utama yang pastinya dimiliki oleh pantai tersebut yaitu landsekap alamnya yang begitu indah. Panorama alam yang masih begitu alami akan membuat siapa saja terpukau saat menyaksikannya. Anda yang sangat gemar dengan wisata alam, maka tempat ini merupakan alternatif berlibur yang sangat tepat bersama dengan keluarga Anda.

Seluruh sajian alam yang disuguhkan akan membuat Anda bersama dengan keluarga merasa nyaman dan betah. Pastikan Anda memilih waktu yang benar-benar pas saat berencana untuk mengunjungi tempat tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Sumur Tiga
Image Credit: Google Maps Syam Abdul Jabbar

Lokasi Pantai Sumur Tiga yang ada di Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh. Bagi Anda yang tertarik berlibur ke tempat ini, maka lokasi tepatnya yaitu berada di desa Ie Meulee. Nantinya Anda hanya perlu menempuh jarak kurang lebih 2,4 km dari Kota Sabang agar bisa sampai ke tempat wisata.

Anda pun bisa mengambil jalur dengan melalui Jalan Cik Ditiro dan juga Jalan Agus Salim. Waktu yang dibutuhkan dari Kota Sabang hingga tiba di tempat tersebut kurang lebih selama 15 menit. Anda hanya perlu berjalan ke arah Sukajaya dan melanjutkan perjalanan tersebut hingga ke Desa Ie Meulee.

Jika Anda sudah berada di area bundaran depan The Sago, maka Anda tinggal mengarahkan kendaraan milik Anda tersebut ke arah kanan. Namun jika disini Anda kebetulan tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan angkutan objek yang tersedia di sana.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Sumur Tiga
Image Credit: Google Maps Herman Sen

Pantai Sumur Tiga merupakan salah satu tempat wisata murah yang bisa Anda temukan selama mengunjungi Aceh Darussalam. Untuk bisa menikmati segala keseruan yang tersaji di pantai tersebut, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Karena memang tempat ini digratiskan bagi wisatawan yang datang.

Anda pun juga bebas untuk mengunjungi pantai tersebut kapanpun Anda mau. Di sana tidak menetapkan jam operasional seperti halnya pantai-pantai lainnya. Pantai ini di buka 24 jam dari Senin hingga Minggu. Namun pastikan ketika Anda berada di sana, Anda menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah secara sembarangan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Sumur Tiga

Aktivitas Menarik Pantai Sumur Tiga
Image Credit: Google Maps Sigit Punomo

1. Diving dan Snorkeling

Ada banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan selama Anda berada di Pantai Sumur Tiga, salah satu aktivitas tersebut yaitu melakukan snorkeling maupun diving. Warna air laut di tempat tersebut begitu jernih, biru kehijauan, sehingga Anda bisa menyaksikan keanekaragaman bawah laut yang begitu terjaga dengan baik.

Tentunya bagi Anda yang sangat hobi melakukan snorkeling maupun diving, maka tempat tersebut merupakan area yang sangat tepat. Anda nantinya bisa menjelajah kehidupan alam bawah lautnya, di mana Di sana terdapat terumbu karang yang begitu exotic. Ekosistem pantai terjaga dengan begitu indah, Anda akan bisa melihat berbagai macam biota laut.

2. Bermain Pasir

Seperti yang telah di singgung di atas, bahwa pasir yang dimiliki oleh Pantai Sumur Tiga berwarna putih. Tidak hanya warnanya saja yang membuat wisatawan tertarik, melainkan pasir di tempat tersebut sangat halus dan juga bersih dari sampah. Karena itu, salah satu aktivitas yang sangat direkomendasikan saat berada di sana yaitu bermain pasir.

Anda yang gemar melakukan olahraga voli pantai pun juga memungkinkan untuk melakukan aktivitas tersebut di sini bersama dengan teman, sanak famili ataupun orang-orang terdekat Anda. Tak jarang juga para pengunjung dari luar negeri menyempatkan waktu mereka untuk berjemur di atas pasir putih tersebut.

3. Menikmati Keindahan Alam

Pantai Sumur Tiga tersebut memiliki keindahan yang sangat memukau dan berbeda jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang ada di Indonesia. Pantai yang terdapat di Pulau Sabang mempunyai tekstur yang jauh lebih putih dan berkilau, namun meski begitu cenderung lembut.

Anda akan dibuat terpesona ketika berada di tempat ini. Karena itu, jangan lewatkan kesempatan untuk bersantai sambil lalu menikmati panorama alam yang tersaji. Bagi Anda yang tengah mencari tempat tenang untuk merefleksikan pikiran, maka di pantai inilah hal itu bisa dilakukan.

4. Berburu Foto

Aktivitas satu ini pastinya tidak boleh Anda lewatkan ketika melakukan kegiatan berlibur ke pantai tersebut. Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa tempat ini memiliki spot foto yang begitu menarik dan instagenic. Di sanalah nantinya Anda bisa mengabadikan momen dan memperoleh gambar yang begitu mengagumkan.

Anda bisa menjadikan pasir putih dengan pantai biru sebagai salah satu background foto yang patut untuk dipamerkan di laman Instagram. Anda juga bisa menangkap momen-momen ketika matahari terbit, karena pada saat itu campuran warna jingga di langit semakin mempercantik panorama pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Sumur Tiga
Image Credit: Google Maps Syam Abdul Jabbar

Pantai Sumur Tiga merupakan salah satu tempat wisata yang sudah dikelola dengan cukup baik, karena itu untuk menemukan fasilitas pendukung di sana tidaklah susah. Anda yang kebetulan membawa kendaraan pribadi, maka dapat memarkirkan kendaraan Anda di tempat yang sudah disediakan. Tempat tersebut luas dan juga aman bagi kendaraan bermotor.

Anda pun juga tidak perlu khawatir kelaparan nantinya, karena di pinggiran pantai sudah berdiri warung makan yang menawarkan aneka kuliner lezat. Begitu juga bagi Anda yang ingin bersantai, maka tersedia gubuk kecil untuk Anda duduk sambil lalu menikmati panorama alam yang terpampang di depan mata.

Jika Anda berencana untuk bermalam, maka di tempat tersebut telah tersedia penginapan. Penginapan yang ditawarkan pun memiliki fasilitas yang memadai, sehingga akan membuat pengunjung yang datang merasa nyaman dan betah. Mengenai masalah harganya sendiri Anda tidak perlu khawatir, karena memang cukup terjangkau di kantong Anda.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Pantai Sumur Tiga yang berada di Kota Sabang. Bagi Anda yang kebetulan berada di Aceh, maka jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi pantai ini. Menjadikan pantai tersebut sebagai salah satu list tempat wisata wajib dikunjungi merupakan sesuatu yang perlu untuk Anda lakukan.