Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh; Map: Cek Lokasi

Pantai Iboih Sabang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para pemburu vitamin sea. Pasalnya, keelokan pantai yang terletak di Pulau Weh tersebut tidak pernah tidak menjadi destinasi wisata wajib bagi sebagian besar pelancong yang berlibur ke Kota Sabang.

Selain bisa menikmati suasana pantai yang damai karena jauh dari kesibukan kota, para wisatawan juga bisa langsung menyaksikan keindahan biota laut Pantai Iboh bahkan tanpa harus berenang. Tak ketinggalan, penduduk lokal menawarkan berbagai jenis hidangan lezat dari hasil laut segar yang wajib untuk dicicipi.

Anda punya rencana liburan setelah pandemi selesai? Berkunjung ke Kota Sabang merupakan ide yang sempurna, terutama jika mampir ke Pantai Iboih. Informasi di bawah ini bisa menjadi panduan Anda untuk lebih mengenal pantai ini sebelum menyambanginya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Iboih

Daya Tarik Pantai Iboih
Image Credit: Google Maps Atashi Despacito

1. Pelabuhan yang Menawan

Pada dasarnya, Pantai Iboih yang juga disebut Teupin Layeu oleh warga setempat ini adalah pelabuhan. Dari pelabuhan inilah para pelancong memulai perjalanan menuju ke Pulau Rubiah. Meski banyak yang menganggap Iboih sebagai sebuah pelabuhan, Iboih tetaplah pantai yang menawan untuk dikunjungi.

2. Air Laut Berwarna Biru Kehijauan

Pantai ini memiliki air laut yang sangat jernih. Jika dilihat dari kejauhan, air pantai ini berwarna biru kehijauan. Sangat elok hingga membuat para pelancong yang datang kemari betah berlama-lama menikmati keindahan alam yang disajikan.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Iboih
Image Credit: Twitter Tony

3. Keanekaragaman Biota Laut

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang memanjakan mata, Pantai Iboih juga menawarkan kemolekan biota laut yang sangat menakjubkan. Memiliki air laut yang jernih seperti kristal tentu bisa menggambarkan seperti apa kehidupan bawah laut di pantai kota bagian ujung Barat negara ini.

4. Pasir Putih yang Bersih

Meski menjadi tempat menepinya perahu-perahu nelayan maupun perahu untuk menyeberang ke Pulau Rubiah, Iboih memiliki pasir putih yang begitu bersih. Tak heran apabila objek wisata ini masih terjaga kealamiannya, mengingat para pelancong sadar betul pentingnya menjaga kebersihan salah satu surga dunia ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Iboih
Image Credit: Twitter tfaisal

Pantai Iboih, atau yang juga dikenal dengan sebutan Teupin Layeu ini berada di bagian utara Provinsi Banda Aceh. Lebih tepatnya terletak di Pulau Weh, Kota Sabang, yakni kota yang berada di bagian paling barat Indonesia.

Akses menuju destinasi yang satu ini sangatlah mudah. Apabila Anda berasal dari luar Aceh, perjalanan ke lokasi pantai bisa langsung dimulai melalui Terminal Batoh atau Bandara Sultan Iskandar Muda. Dari bandara, Anda bisa menggunakan mode transportasi umum untuk ke Pelabuhan Ulee Lheue.

Sesampainya di pelabuhan, Anda harus membeli tikep kapal untuk menyeberang ke Sabang terlebih dahulu. Waktu yang dibutuhkan untuk tiba di Pantai Iboih kurang lebih 45 menit hingga 1 jam lebih, tergantung jenis kapal yang Anda pilih.

Setibanya di Pelabuhan Balohan, Anda bisa menggunakan mode transportasi umum seperti becak motor atau taksi. Apabila tidak ingin menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menyewa motor atau mobil dengan harga yang bervariatif. Dari pelabuhan, Anda harus menempuh jarak sekitar 30 km dalam kurun waktu 45 menit untuk tiba di kawasan pantai.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Iboih
Image Credit: Twitter Radio Sonora Jakarta

Perlu diingat bahwa Iboih merupakan pelabuhan. Oleh sebab itulah para pelancong tidak dikenakan biaya tiket masuk untuk menikmati keelokan bahari pelabuhan atau Pantai Iboih. Akan tetapi, wisatawan tentu harus menyiapkan dana untuk bisa tiba di pantai tersebut.

Terkecuali biaya tiket pesawat, pengunjung harus menyiapkan kocek sekitar 50.000 rupiah untuk menaiki kendaraan umum dari bandara maupun terminal menuju ke Pelabuhan Ulee Lheue. Dari pelabuhan menuju ke Pulau Weh, pengunjung bisa menaiki kapal feri maupun speedboat dengan tarif kurang lebih 50.000 rupiah selama 45 menit.

Sementara itu, apabila lebih memilih menggunakan feri, biaya tiketnya tentu jauh lebih murah, yakni sekitar 20.000 rupiah. Akan tetapi durasi perjalanannya mencapai kurang lebih 2 jam dan 40 menit untuk tiba di pantai cantik ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Iboih

Aktivitas di Pantai Iboih
Image Credit: Instagram Onyeng Gta

Ingin berkunjung ke pantai eksotis di Sabang? Berikut adalah beberapa cara terbaik untuk bisa menikmati surga dunia di pesisir barat Indonesia ini:

1. Scuba Diving

Menyelam merupakan salah satu kegiatan yang wajib dicoba di Pantai Iboih, terutama bagi para wisatawan asing. Banyak penyelam profesional ataupun amatir yang datang untuk menyaksikan seperti apa biota laut yang disuguhkan pantai di Pulau Weh ini.

Pengunjung yang ingin menyaksikan terumbu karang di pantai ini bisa menyewa peralatan menyelam dengan harga sewa yang bervariatif, mulai dari 400.000 rupiah. Biaya sebesar ini tentu sudah lengkap dengan pemandu selam yang handal.

2. Snokerling

Selain menyelam, snorkeling juga termasuk aktivitas yang paling sering dilakukan oleh wisatawan. Ada banyak sekali penduduk di kawasan ini yang menyediakan peralatan snorkeling dengan harga sewa yang terjangkau.

Dengan melakukan kegiatan ini, pengunjung bisa menyaksikan ikan-ikan kecil dengan warna dan jenis yang berbeda-beda. Selain itu, keindahan terumbu karang di bawah air laut yang dangkal ini juga siap memanjakan mata siapapun yang mengamatinya.

3. Menyaksikan Biota Laut dengan Perahu Kaca

Tidak semua pengunjung Pantai Iboih senang berbasah-basahan. Meski begitu, para wisatawan tetap bisa menikmati keelokan bawah laut pantai ini dengan menaiki perahu di mana bagian tengahnya terdapat kaca bening.

Untuk bisa menjajal kegiatan menarik ini, wisatawan bisa menyewa perahu di pesisir Iboih dan operator kapal akan membawa mengelilingi pantai tergantung pada paket yang dipilih. Jika memilih paket Pulau Rubiah, maka operator akan membawa pengunjung dari pelabuhan hingga ke Pulau Rubiah sambil menikmati pemandangan laut yang terlihat begitu jelas berkat jernihnya air laut.

Aktivitas Menarik di Pantai Iboih
Image Credit: Google Maps Donats Management

4. Menyaksikan Matahari Terbit

Pantai Iboih memiliki letak geografis yang tidak begitu ideal untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Justru tempat ini lebih ideal untuk menyaksikan terbitnya matahari di ufuk timur. Gradasi warna yang disuguhkan terasa lebih alami. Pemandangan seelok ini setidaknya bisa disaksikan mulai dari pukul enam pagi.

5. Menikmati Hidangan Laut

Berwisata ke pantai ini rasanya tidak akan lengkap tanpa mencicipi hidangan laut khas daerah setempat. Banyak warung makan yang menjajakan aneka jenis hidangan laut yang masih segar dengan cita rasa yang menggoda. Tidak lupa juga hidangan khas Aceh yang wajib untuk dicoba.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan di Sekitar Pantai Iboih
Image Credit: Google Maps Bjorn Jeurgens

1. Iboih Inn

Iboih Inn berlokasi di Jalan Pantai Iboih, Sukakarya, Kota Sabang. Hanya perlu berjalan sekitar 9 menit saja untuk tiba di kawasan pantai. Yang menarik dari penginapan ini adalah balkon yang menghadap langsung ke pantai. Di sini pengunjung bisa bersantai sambil menikmati keindahan bahari Iboih tanpa harus berbasah-basahan.

2. Iboih Bungalow

Penginapan ini terletak di lokasi yang sangat ideal untuk menyaksikan pemandangan pantai, berwisata kuliner, pergi ke ATM atau sekedar berjalan-jalan. Harga kamar per malamnya pun cukup terjangkau apalagi jika bukan di musim liburan. Yang menarik adalah adanya hammock yang sudah disiapkan di setiap kamar. Sehingga pengunjung bisa bersantai sambil menghadap ke pantai.

3. Teupin Layeu

Penginapan yang satu ini juga masih terletak di wilayah Iboih, Kota Sabang. Untuk bisa mengunjungi kawasan pantai, pengunjung hanya perlu berjalan kaki selama dua menit saja. Fasilitas kamar yang ditawarkan pun cukup lengkap seperti AC, tempat tidur, dan toilet yang bersih. Selain itu, setiap kamar yang ada di penginapan ini juga langsung menghadap ke pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Pantai Iboih
Image Credit: Google Maps dadi maskar

Sebagai destinasi favorit di Kota Sabang, Pantai Iboih menyediakan fasilitas umum maupun wisata yang cukup lengkap. Selain dermaga di mana banyak transportasi laut menepi, pantai ini juga dipadati oleh warung atau tempat makan dan juga penginapan yang didesain dengan gaya bungalow.

Karena biota bawah laut merupakan daya tarik utama pantai ini, otomatis menyelam dan snorkeling merupakan aktivitas yang paling diburu oleh banyak wisatawan. Tidak perlu khawatir apabila tidak membawa peralatannya karena banyak penduduk setempat yang menyewakan peralatan menyelam dan snorkeling dengan harga sewa mulai dari 50.000 rupiah.

Selain itu, pantai ini juga menyediakan fasilitas perahu kaca yang bisa disewa pengunjung untuk berkeliling kawasan Iboih hingga ke Pulau Rubiah. Dengan menaiki kapal ini, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan bawah laut melalui kaca di tengah perahu.

Pantai Iboih Sabang merupakan salah satu surga bagi para penyelam, bahkan termasuk mereka yang berasal dari luar negeri. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, air yang sejernih kristal, pasir putih yang lembut, dan juga pemandangan bawah laut yang fantastis merupakan daya pikat utama pantai ini. Ingin berkunjung ke surga bahari yang satu ini? Mungkin Anda bisa merencanakannya mulai dari sekarang.