10 Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Wisata Tanjung Balai Karimun

Berwisata merupakan hal yang perlu dilakukan setiap orang untuk melepas lelah dan penat. Selain mempersiapkan dana atau biaya, Anda juga perlu menentukan tujuan yang akan didatangi selama liburan. Bagi Anda yang sudah sering berlibur, menentukan tujuan tempat wisata mungkin adalah hal yang gampang-gampang susah untuk dilakukan.

Rekomendasi salah satu tempat yang bisa Anda jadikan opsi untuk berlibur adalah Tanjung Balai Karimun. Tempat wisata yang berada di Kepulauan Riau ini memang belum sepopuler Raja Ampat ataupun Bali, namun keindahan yang dihadirkan tidak kalah dengan kedua destinasi tersebut.

Karena berada dekat dengan laut serta memiliki ratusan pulau yang indah, tempat wisata di Karimun tidak jauh-jauh dari wisata pantai. Meskipun begitu ada beberapa wisata lain yang juga menarik untuk dikunjungi. Sudah penasaran apa saja rekomendasi tempat wisata terbaik di Tanjung Balai Karimun? Simak langsung rekomendasi di bawah ini!

1. Pantai Pongkar

Pantai Pongkar

Lokasi: Pongkar, Kec. Tebing, Kab. Karimun. – Image Credit by Wisatago.com

Pantai Pongkar tidak hanya menghadirkan pemandangan yang indah saja namun juga memberikan pengalaman liburan yang mengasyikkan. Pasalnya, di pantai ini Anda bisa mencoba wahana seperti Banana Boat. Anda yang suka aktivitas menantang harus mencoba Banana Boat di pantai ini karena pasti sangat mengasyikkan.

Bagi yang tidak berani mencoba Banana Boat, Anda bisa bermain pasir atau berenang di pantai. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan di bawah pohon pinus yang memberikan udara segar serta sejuk.

2. Air Terjun Pongkar

Air Terjun Pongkar

Lokasi: Pongkar, Kec. Tebing, Kab. Karimun. – Image Credit by Djangki.wordpress.com

Air Terjun Pongkar berada tidak jauh dengan Pantai Pongkar. Jadi Anda bisa mengunjunginya setelah berkunjung ke Pantai Pongkar. Hanya perjalanan selama sekitar 3 kilometer saja dari Pantai Pongkar Anda sudah bisa sampai di destinasi wisata ini. Meski berada di kaki Gunung Jantan, namun akses menuju lokasi tidak terlalu sulit.

BACA:  10 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Anda hanya perlu tracking atau berjalan beberapa menit saja untuk bisa sampai di lokasi. Pemandangan sekitar dan udara yang segar menjadi obat lelah selama menuju ke lokasi. Walaupun pengelolaannya belum berjalan baik, namun Air Terjun Pongkar tetap menarik untuk didatangi.

3. Pantai Pelawan

Pantai Pelawan

Lokasi: Pangke, Kec. Meral, Kab. Karimun. – Image Credit by Facebook.com @Wisata Pantai Pelawan Tanjung Balai Karimun

Pantai Pelawan merupakan tempat wisata di Tanjung Balai Karimun yang menghadirkan pemandangan mempesona sekaligus menenangkan. Meski deburan ombak di pantai ini cukup kuat, namun hal tersebut tidak berbahaya asalkan Anda tidak berada terlalu dekat dengan bibir pantai.

Pesona lain dari Pantai Pelawan adalah laut yang biru jernih dengan hamparan pasir putih bersih. Pantai ini cukup populer dan memiliki banyak pengunjung baik lokal maupun mancanegara. Jadi tidak heran jika di sekitar pantai banyak ditemukan penginapan maupun pedagang yang menjajakan makanannya.

4. Pantai Tanjung Ambat

Pantai Tanjung Ambat

Lokasi: Lubuk Puding, Kec. Buru, Kab. Karimun. – Image Credit by Wisatago.com

Dari pusat Tanjung Balai Karimun, Pantai Tanjung Ambat bisa Anda datangi dalam waktu sekitar 30 menit saja. Tak kalah dengan pantai-pantai lainnya, pantai ini memberikan pemandangan yang indah sejauh mata memandang. Apalagi dengan pemandangan perahu yang beraktivitas di sekitar pantai memberikan pemandangan yang lebih menarik.

Pesona lain dari Pantai Tanjung Ambat adalah hamparan pasir putih yang luas dan bersih. Pesisir pantainya juga memiliki panorama yang indah. Oleh sebab itu, waktu terbaik untuk berkunjung adalah di sore hari sebelum matahari tenggelam.

5. Pantai Telunas

Pantai Telunas

Lokasi: Pulau Sugi, Mentangun, Kec. Moro, Kab. Karimun. – Image Credit by Wisatago.com

Pantai selanjutnya yang wajib Anda kunjungi ketika berwisata di Tanjung Balai Karimun adalah Pantai Telunas. Banyak wisatawan yang beranggapan bahwa pantai ini adalah surga bagi wisatawan luar negeri, termasuk dengan Eropa dan Amerika. Pasalnya, pemandangan yang dihadirkan dari pantai ini memang menakjubkan.

BACA:  15 Tempat Makan Enak di Pekanbaru Favorit Wisatawan

Anda bisa melihat banyak cottage dari kayu serta air kebiruan yang semakin indah jika dilihat dari kejauhan. Untuk sampai ke Pantai Telunas, Anda harus menaiki speedboat atau perahu selama sekitar 45 menit dari Tanjung Balai Karimun.

6. Masjid Agung Karimun

Masjid Agung Karimun

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman – Poros, Meral Kota, Kec. Meral, Kab. Karimun. – Image Credit by Anugerahkubah.com

Beralih dari wisata pantai, kali ini tempat wisata yang direkomendasikan adalah bangunan bersejarah Tanjung Balai Karimun yaitu Masjid Agung Karimun. Tempat wisata ini sangat cocok jika Anda menginginkan wisata religi dan menambah pengetahuan.

Masjid Agung Karimun sebenarnya dibangun sebagai fasilitas yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan tempat ibadah masyarakat Karimun. Namun banyak juga wisatawan yang datang berkunjung dan berfoto sebagai kenang-kenangan.

7. Gunung Jantan

Gunung Jantan

Lokasi: Pongkar, Kec. Tebing, Kab. Karimun. – Image Credit by Gunungbagging.com

Gunung Jantan berada di kawasan yang sama dengan destinasi wisata lain seperti Air Terjun Pongkar dan Pantai Pongkar. Jadi jika tertarik Anda bisa mengunjungi 3 destinasi wisata sekaligus dalam satu waktu saja. Gunung ini populer karena merupakan titik tertinggi dari Karimun.

Jika berada di puncak gunung, Anda bisa melihat pemandangan menarik dari kapal feri yang hilir mudik. Selain itu, pemandangan lanskap dari Tanjung Balai Karimun termasuk dengan beberapa destinasi wisatanya juga terlihat dengan sangat jelas sehingga semakin menarik untuk dikunjungi.

8. Coastal Area Tanjung Balai

Coastal Area Tanjung Balai

Lokasi: Tanjung Balai Karimun, Kec. Karimun, Kec. Karimun. – Image Credit by Site.pictures @Noname

Jika Anda ingin menghabiskan malam di Tanjung Balai Karimun, Coastal Area Tanjung Balai merupakan destinasi yang cocok untuk dikunjungi. Kawasan terpadu yang berada di sekitar pesisir ini memiliki pemandangan malam yang sangat indah. Apalagi jika cuaca sedang cerah dan bagus maka pemandangannya akan semakin indah karena kerlap kerlip lampu begitu terlihat.

BACA:  18 Tempat Wisata di Pekanbaru Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Di wilayah ini juga banyak ditemukan fasilitas seperti rumah makan, pusat perbelanjaan untuk membeli oleh-oleh, hingga wahana permainan anak. Selain itu, Coastal Area Tanjung Balai juga menjadi tempat berkumpul para anak muda yang sedang menghabiskan malam. Tidak hanya di malam hari, destinasi ini juga cocok didatangi saat siang hari karena dekat dengan Pantai Gloria.

9. Pantai Gading

Pantai Gading

Lokasi: Tanjung Balai Karimun, Kec. Karimun, Kab. Karimun. – Image Credit by Lendoot.com

Pantai Gading terbilang unik dibandingkan pantai-pantai lain yang juga berada di Tanjung Balai Karimun sehingga sayang jika dilewatkan. Keunikan tersebut berasal dari tumpukan batu-batu granit yang ada di sepanjang pantai. Batu granit yang ada di sepanjang pantai tersebut tidak diatur namun ada secara alami.

Selain itu, di Pantai Gading juga terdapat tangga yang diyakini masyarakat sekitar memiliki cerita misterius. Pasalnya, tangga tersebut akan berkurang jika dinaiki. Misalnya awal saat naik berjumlah 65 maka saat turun hanya ada 60 anak tangga ketika dihitung. Hal ini juga yang membuat wisatawan penasaran ingin berkunjung dan mencobanya sendiri.

10. Pantai Batu Limau

Pantai Batu Limau

Lokasi: Batu Limau, Kec. Ungar, Kab. Karimun. – Image Credit by Wisatago.com

Destinasi wisata Tanjung Balai Karimun terakhir yang layak untuk Anda kunjungi adalah Pantai Batu Limau. Di pantai ini, Anda bisa menemukan beragam batu unik yang memiliki ukuran dan bentuk berbeda-beda.

Ada yang berukuran kecil sebesar biji salak saja, namun ada juga yang besar hingga sebesar kapal. Meski belum banyak dikenal wisatawan, namun pantai ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata bersama keluarga.

Itulah rekomendasi 10 tempat wisata menarik yang ada di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Sebagai wilayah yang terkenal akan alamnya yang indah, Kepulauan Riau memang menghadirkan berbagai destinasi menarik di setiap kota termasuk dengan Tanjung Balai Karimun. Sekarang saatnya Anda sendiri yang menentukan tempat wisata mana yang akan dikunjungi.