Curug Pangeran salah satu wisata air terjun yang memukau dalam kawasan Taman Nasional Halimun Salak Bogor, Jawa Barat. Curug dengan nama unik ini menyuguhkan panorama alam yang indah, air yang jernih dan berada di tengah hutan yang asri nan menyejukkan.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Pasir Reungit, Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kota Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Curug Pangeran berada di kawasan TN Gunung Halimun Salak Bogor. Dimana lokasinya yang menjadi kawasan lindung ini membuat curug tersebut selalu dirawat dan dijaga. Sehingga curug yang menjadi salah satu lokasi wisata banyak orang itu sangat bersih dan ditata rapi. Membuat nyaman dan aman saat berkunjung.

Suasana curug yang indah dan cantik. Selain itu, akses menuju ke lokasi dan trek menuju curug juga cukup bersahabat. Hal ini menjadi salah satu daya tarik dari keberadaan air terjun yang selalu di kunjungi tersebut. Meski lumayan jauh, namun keberadaan air terjun itu tidak pernah sepi dari pengunjung di berbagai asal.

Curug Pangeran adalah satu dari banyaknya curug menawan di Bogor yang menjadi destinasi wisata yang asik. Memiliki julukan Kota Hujan, Bogor memiliki banyak wisata air yang beragam, indah dan cantik. Curug ini juga menjadi salah satu lokasi wisata yang memiliki tempat yang keren.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Pangeran

Daya Tarik Curug Pangeran
Image Credit: Instagram.com @abdurrohman_official

Daya tarik dan keunikan yang dimiliki wisata air terjun ini menjadi pemikat para wisatawan untuk berkunjung. Selain namanya yang unik, lokasinya yang strategis juga membuat tempat wisata ini semakin menarik. Simak beberapa daya tarik dari air terjun berikut ini:

1. Tempat Mandi Pangeran Kerajaan

Air terjun yang diberikan nama Pangeran ini dipercaya pernah menjadi tempat mandi para pangeran kerajan pada zaman dahulu. Dimana lokasi air terjun yang cukup sepi di tengah hutan menjadikan lokasi wisata yang tepat dan cocok dijadikan tempat mandi dan berendam.

Anda bisa merasakan mandi dan berendam di air terjun ini dengan sensasi ala pangeran kerajaan. Air terun yang memiliki sensasi berbeda dari curug lainnya ini membuat setiap pengunjung yang mandi dan berendam menjadi sangat percaya diri.

2. Pesona Keindahan Alam di Sekitar Curug Pangeran

Air terjun yang mengalir setinggi 6 meter itu menjadi daya tarik tersendiri. Di bawah air terjun terdapat sebuah muara yang menjadi kolam alami. Dimana kolam tersebut menampung air terjun yang mengalir.

Air yang jernih dan bersih membuat siapa saja tergoda untuk mandi dan berendam di kolam tersebut. Karena bersihnya air kolam tersebut dapat memancarkan warna biru yang bercahaya.

Suasana yang sejuk dengan pepohonan yang mengelilingi memberikan kenyamanan tersendiri. Suasana tersebut bisa menjadi terapi bagi Anda yang mumet dengan kehidupan di luar rumah. Suasana relaksasi yang diberikan di lokasi ini menjadi daya tarik para wisatawan yang ingin refreshing.

Daya Tarik Dimiliki Curug Pangeran
Image Credit: Twitter.com @larisia_larisia

3. Jalur Seru Menuju Lokasi Curug

Dari parkiran, Anda akan menyusuri jalan setapak menuju Curug Pangeran. Jalur yang seru dan indah di sepanjang jalan memberikan moment yang indah untuk diabadikan. Selain itu, sepanjang jalan yang dilalui di kelilingi pohon yang rindang. Pesona alam dengan pemandangan sejuk yang ditumbuhi tumbuhan liar dan semak menjadi sensasi seru.

Anda juga akan melewati aliran sungai yang airnya dingin dan segar selama perjalanan. Bebatuan besar yang mengelilingi di sepanjang jalan menjadi terlihat sangat asri dan unik. Lumut-lumut yang menempel di beberapa batu menjadi keindahan yang eksotis.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Curug Pangeran

Alamat Curug Pangeran
Image Credit: Twitter.com @wisata_tanahair

Alamat curug eksotis ini berada di Jawa Barat, Bogor. Lokasi tepatnya berada di Pamijahan, Desa Gunung Picung. Jalur menuju lokasi air terjjun dari pusat kota cukup jauh. Namun ada banyak transportasi umum yang menuju ke lokasi Curug Pangeran.

Bagi Anda yang membawa kendaraan sendiri, Anda bisa bertanya di setiap orang di pinggir jalan. Rata-rata semua penduduk di Bogor tahu lokasi tepat keberadaan air terjun tersebut.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika mulai bingung jalur menuju ke lokasi wisata ini. setiap orang yang Anda Tanya akan memberikan jawaban yang mudah dan dapat dimengerti dengan baik. Selain itu warga sekitar juga sangat ramah dan baik.

Curug ini bisa dikujungi mulai dari jam 6 pagi sampai dengan jam 6 sore. Hari bukanya adalah setiap hari. Kapanpun Anda ingin datang setiap hari. Untuk bisa memasuki lokasi curug, Anda harus membayar tiket masuk dengan harga Rp 10.000 saja.

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan akan dikenakan bayar parkir dengan nominal Rp 5000 untuk kendaraan bermotor. Sedangkan untuk kendaraan roda empat dan sejenisnya membayar Rp 10.000. bagi wisatawan yang ingin berkemah akan dikenakan tarif keamanan sebesar Rp 10.000 untuk satu malam.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Pangeran

Kegiatan di Curug Pangeran
Image Credit: Google Maps (Curug Pangeran)

Beragam kegiatan menarik dilakukan di wisata Curug Pangeran. Kegiatan berikut merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh para wisatawan yang berkunjung. Yuk simak kegiatan-kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan jika berkunjung ke air terjun tersebut:

1. Banyak Spot Foto

Hunting foto saat ini menjadi salah satu kegiatan yang populer bagi para wisatawan. Selain berenang dan trekking seru, Anda bisa mencari spot berfoto yang cantik dan indah di sekitar air terjun ini.

Salah satunya yaitu menjadikan background aliran air terjun dan kolam alami berwarna biru. Berfoto di tempat tersebut adalah salah satu tempat paling diidolakan. Anda juga bisa selfie ria bersama teman-teman.

Spot berfoto lainnya yaitu dengan pepohonan yang berderet cantik di sekitar curug. Berdiri di antara pepohonan tersebut juga akan menghasilkan gambar yang estetik. Seperti tengah berada di hutan belantara dan tersesat.

Bisa berfoto di sepanjang perjalanan menuju ke lokasi air terjun. Jalur atau persimpangan jalan akan terlihat indah di dalam foto. Selain itu Anda juga bisa berfoto di antara tangga saat menuju lokasi.

2. Berenang di Air Terjun

Air dari Curug Pangeran yang memiliki kesegaran dan kesejukan ini selalu ramai dipenuhi wisatawan yang mandi dan berendam. Terdapat kolam alami yang memiliki kedalaman sekitar 5 meter.

Bagi anak-anak bisa mandi dan bermain air di pinggir kolam saja. Air yang mengalir dari air terjun ini tidak terlalu deras, sehingga anak-anak juga bisa bermain dan mandi di sekitar aliran air.

Himbauan bagi wisatawan yang mandi dan berenang adalah untuk menjauhi pusat air terjun yang jatuh ke kolam. Hal ini karena dikhawatirkan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Demi keselamatan dan keamanan para pengunjung.

3. Main Air dan Main Susun Batu

Saat bermain air di pinggir kolam, Anda bisa bermain atau berlomba menyusun batu. Kegiatan ini sering dilakukan oleh para wisatawan yang datang. Berlomba menyusun batu yang paling banyak dan paling tinggi adalah pemenangnya. Anda bisa mengabadikan foto saat menyusun batu. Foto tersebut akan jadi foto yang unik.

Menyusun batu-batu ini tidaklah mudah, butuh kesabaran dan teknik tertentu supaya batu-batu tersebut dapat dengan mudah dan cocok dengan batu sebelumnya. Mencari batu di sekitar aliran air akan menjadi saat-saat yang seru. Hal sepele seperti ini dapat Anda rindukan saat sedang sibuk dengan dunia luar nantinya.

4. Trekking Ringan

Jarak Curug Pangeran dari lokasi parkir adalah sekitar 150 meter. Anda bisa menikmati kegiatan trekking ringan menuju lokasi air terjun. Jalur trekking tidak terlalu sulit. Cukup bersahabat dengan suasana yang sejuk dan adem.

Di sepanjang jalan menuju lokasi wisata, Anda akan melihat pemandangan indah dan cantik. Kesejukan yang tercipta akibat dari suasana pegunungan yang setiap saat menyelimuti.

Kegiatan Menarik di Curug Pangeran
Image Credit: Google Maps (Robi Ajah)

5. Uji Nyali Melompat dari Atas Tebing

Terdapat tebing yang cukup tinggi dan menjadi tempat melompat menuju ke kolam air buatan di bawah. aksi ini sering dilakukan oleh para wisatawan yang ingin menguji nyali.

Sensasi segar dan seru terasa saat melompat dan menyeburkan diri ke air. Kegiatan menarik ini hanya dilakukan oleh pengunjung yang bisa berenang. Karena kedalaman dari kolam tersebut juga menjadi salah satu faktor bagi para pengunjung yang melompat. Jika tidak bisa berenang, Anda tidak dianjurkan mengikuti jejak tersebut.

6. Outbond Seru

Kegiatan lainnya yang tidak kalah serunya yaitu outbond. Membuat permainan-permainan seru di sekitar area yang sudah disediakan. Anda bisa bermain dengan puas jika melakukan outbond di sekitar lokasi ini.

Anda bisa membawa teman-teman nongkrong, atau teman-teman aktivis di kampus dan teman kantor. Seru-seruan di sini akan menjadi salah satu kegiatan yang tidak akan terlupakan.

7. Berkemah di Sekitar Curug

Para pengunjung yang suka bermalam di tengah hutan, memilih berkemah di dekat Curug Pangeran ini adalah salah satu kegiatan paling tepat. Ada area camping ground yang menjadi lokasi berkemah yang asik bersama kawan-kawan.

Area camping yang di sediakan di dekat air terjun ini sangat asri. Mendirikan tenda di atas rerumputan dan dikelilingi hutan, menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Mendirikan tenda dan menikmati pemandangan saat malam yang dingin. Selain itu Anda bisa membuat api unggun untuk menghangatkan diri dan untuk menerangi. Berkemah di dekat air terun sangat cocok bagi Anda yang tidak bisa kekurangan air. Anda bisa dengan mudah mendapatkan sumber air di area ini.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Pangeran Bogor

Fasilitas di Curug Pangeran
Image Credit: Google Maps (Mpooh 82)

Karena berada di kawasan yang dilindungi oleh pemerintah, wisata alam Curug Pangeran ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Selain dari adanya kawasan camping dan outbond yang luas. Ada lokasi parkir yang cukup luas. Dimana tempat parkir tersebut dapat menampung banyak kendaraan. Dari motor maupun mobil dan bus atau damri.

Kawasan air terjun ini juga menyediakan banyak fasilitas umum. Seperti contoh dari toilet yang bersih dan rapi, ada tempat pembuangan sampah. Ada tempat sewa tenda atau gubug di sekitar lokasi bagi Anda yang ingin bermalam di sini. Ada tempat sewa ban yang bisa digunakan untuk berenang dan mengapung di atas air.

Itu sedikit review tentang Curug Pangeran Bogor yang sedang hits saat ini. Dimana keberadaan air terjun tersebut menjadi sasaran bagi para wisatawan yang ingin berlibur. Namun, usahakan membawa kendaraan yang baik dan bagus untuk datang ke lokasi air terjun tersebut. Selamat berlibur bagi Anda yang ingin menghabiskan akhir pekan di curug.