Curug Nangka, Wisata Air Terjun Menakjubkan di Bogor

Curug Nangka Bogor

Curug Nangka merupakan salah satu air terjun dengan pesona alam yang memukau di Bogor. Objek wisata di tengah hutan yang mampu memberikan petualangan liburan yang seru.

Lokasi: Sukajadi, Kec. Tamansari, Kab. Bogor.
Map: Cek Lokasi

Curug Nangka merupakan salah satu objek wisata yang patut dikunjungi ketika sedang berada di Bogor. Nama Nangka itu sendiri berasal dari nama pepohonan nangka yang terdapat di area objek wisata tersebut. Terletak di kaki Gunung Salak, panorama alam yang disuguhkan oleh curug ini sangat memukau.

Kawasan objek wisata ini memiliki debit air yang deras dan kelembaban udara yang tinggi dikarenakan banyaknya hujan yang tercurah sebesar 3.500-5.600 mm/tahun. Lokasinya di antara dua tebing dan di sekelilingnya dihiasi hutan pinus menjadikan curug ini tampak menawan.

Curug dengan air jernih serta udara sekitar yang sejuk memberikan ketentraman bagi setiap orang yang datang. Banyak hal menarik yang dapat wisatawan temukan di Curug ini. Di kawasan wisata ini wisatawan dapat bersantai dan berekreasi. Sangat direkomendasikan untuk berkunjung ke Curug Nangka dan menikmati pemandangan yang disajikan olehnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Nangka

Daya Tarik Curug Nangka

Image Credit: Instagram.com @bellacalistha

Posisinya berada di ketinggian 750 mdpl, curug ini memiliki daya pikat yang besar bagi setiap wisatawan yang berkunjung. Ketinggian curug ini kurang lebih 20 meter dan merupakan bagian dari wilayah Taman Nasional Halimun Salak. Di sekelilingnya terdapat tebing serta pada bagian bawah terdapat bebatuan.

Selain panorama curug yang mengagumkan serta keberadaan hutan pinus di sekitarnya, pada objek wisata ini wisatawan dapat menemukan sekumpulan hewan-hewan.

1. Curug yang Indah

Curug ini menghadirkan suasana yang tentram dengan aliran air dari atas ke bawah yang indah serta suara gemercik dari air yang menghantam bebatuan. Udara yang masih segar, suasana yang damai, dan sejuk akan membuat wisatawan ingin menghabiskan waktu lebih lama di objek wisata ini.

2. Panorama Sekitar yang Memukau

Lingkungan objek wisata ini masih terjaga dengan baik. Pepohonan pinus hijau dan asri yang mengitari kawasan wisata ini akan menyambut para wisatawan yang datang. Selain pohon pinus, terdapat beraneka ragam tumbuhan lain yang tumbuh disini seperti nangka, putri malu, paku-pakuan, dan sebagainya.

Di curug ini, wisatawan dapat menemukan berbagai hewan mulai dari monyet ekor panjang, burung sesep madu, hingga kupu-kupu yang cantik. Hal tersebut, memberikan sensasi bersatu dengan alam.

3. Area untuk Berkemah

Objek wisata ini terbilang memiliki posisi yang strategis. Di kawasan ini terdapat area perkemahan yang dapat wisatawan manfaatkan untuk bersantai sembari menikmati panorama alam sekitar. Selain itu, wisatawan dapat melakukan kegiatan Green Glamping atau Green Glamour Camping.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Curug Nangka

Rute Curug Nangka

Image Credit: Google Maps (Nikita Kamka)

Air terjun eksotis ini terletak di Bogor, tepatnya di Sukajadi, Tamansari. Dari Kota Bogor waktu tempuh menuju Curug ini kurang lebih 1 jam. Akses menuju lokasi objek wisata ini mudah ditambah kondisi jalannya cukup baik. Terdapat beberapa rute menuju ke curug ini yang dapat dipilih oleh wisatawan. Untuk menuju ke lokasi wisata curug ini, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum,

BACA:  Pesona Keindahan Cadas Gantung di Majalengka

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi berupa sepeda motor, rute yang ditempuh mulai dari menuju Bogor Trade Mall (BTM). Kemudian melanjutkan perjalanan dengan mengambil arah menuju Empang Bogor. Selanjutnya, wisatawan dapat mengambil jalur lurus menuju ke pertigaan Ciapus .

Dipertigaan ambil arah kanan lalu ikuti jalur hingga tiba di Hotel and Resort Higland Park Bogor. Setelah itu, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan mengambil jalur kiri di pertigaan dengan jarak tempuh kurang lebih 700 meter wisatawan akan tiba di kawasan objek wisata.

Selain itu, terdapat rute lain dengan waktu tempuh kurang lebih 40 menit dan jarak tempuh sepanjang 13 Kilometer. Wisatawan dapat berangkat dari tol Jagorawi ambil arah kanan menuju ke Kebun Raya Bogor dan Bogor Trade Mall (BTM). Kemudian ambil jalur ke arah Cipus atau Ciomas dan di Pasir Kuda ambil arah ke kanan menuju Jalan Raya Ciapus

Bagi wisatawan yang menggunakan transportasi umum dan berasal dari luar kota, Wisatawan dapat menggunakan kereta maupun bis. Jika, menggunakan bis tujuan akhir di Terminal Baranangsiang sedangkan, untuk yang menggunakan kereta tujuan akhir di Stasiun Bogor.

Dari stasiun menuju ke arah Taman Topi hingga tiba di lampu merah. Kemudian wisatawan ambil arah kanan menuju ke Bogor Trade Mall (BTM). Baik wisatawan yang menggunakan bis atau kereta akan menggunakan angkutan kota dari Bogor Trade Mall (BTM).

Setibanya disana, untuk menuju ke Hotel and Resort Higland Park Bogor wisatawan dapat menaiki angkutan kota 03 dari Bogor Trade Mall (BTM). Selanjutnya, wisatawan dapat menggunakan ojek atau berjalan kaki untuk sampai di Gerbang Curug Nangka. Jika memilih untuk berjalan kaki waktu tempuh kurang lebih 20 menit.

Setelah tiba di Gerbang Curug, wisatawan harus tracking dengan jarak tempuh sepanjang 100 meter. Wisatawan tracking melalui jalur berupa sungai kecil di sisi kanan dan kiri jalur ini terdapat tumbuhan-tumbuhan yang rapat. Dengan jarak kurang lebih 3 hingga 4 meter dari sisi sungai satu ke sisi lainnya.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Kuningan yang Enak & Wajib Anda Coba

Harga Tiket Masuk Curug Nangka Bogor

Harga Tiket Curug Nangka

Image Credit: Google Maps (Hachi Februarindu)

Untuk dapat memasuki dan menikmati objek wisata Curug Nangka, wisatawan akan dikenai biaya masuk. Harga tiket masuk area wisata ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu kunjungan ketika weekday dan weekend.

Bagi wisatawan yang berkunjung pada weekday akan dikenai harga tiket masuk sebesar Rp14.500,- dan pada weekend dikenai harga tiket masuk sebesar Rp 17.000,-. Selain biaya

Tiket masuk wisatawan akan dikenai biaya untuk menyimpan kendaraan.

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan biaya penyimpanan ketika weekday untuk motor sebesar Rp 5.000,- dan untuk mobil sebesar Rp 10.000,-. Bagi wisatawan yang berkunjung ketika weekend akan dikenai biaya untuk penyimpanan motor sebesar Rp 7.500,- dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp 15.000,-.

Untuk wisatawan yang ingin menghabiskan waktu lebih lama untuk menikmati alam dengan cara berkemah di curug ini terdapat area perkemahan. Untuk camping ketika weekday sebesar Rp 29.500,- sedangkan, biaya ketika weekend sebesar Rp 32.000,-.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Nangka

Kegiatan di Curug Nangka

Image Credit: Instagram.com @barkahbar

1. Berekreasi dan Melakukan Permainan Air

Wisatawan dapat melakukan kegiatan rekreasi dan permainan air sederhana di sekitar Curug Nangka sehingga wisatawan yang datang tidak akan merasakan bosan.

2. Besantai dan Beristirahat

Panorama curug yang memesona dan gemercik air yang menyentuh bebatuan di sekitar curug memberikan suasana damai merupakan tempat yang tepat bagi pengujung yang ingin bersantai dan beristirahat. Selain itu, Udara yang masih segar serta kondisi lingkungan yang masih terjaga alami dapat membuat rileks pengunjung yang datang.

3. Mandi dan Berenang

Di kawasan wisata ini, di dukung oleh air terjun yang jernih wisatawan dapat melakukan kegiatan berkaitan dengan air seperti membersihkan diri dan menyegarkan diri dengan cara mencuci muka, mandi, merendam kaki, dan berenang. Wisatawan dapat berenang diantara bebatuan yang terdapat di bawah curug.

Kedalaman Curug ini kurang lebih setara dengan betis orang dewasa sehingga sangat ideal untuk merendam kaki sembari bersantai menatap keindahan alam sekitar. Wisatawan tidak perlu khawatir jika tidak bisa berenang.

4. Fotografi dan Videografi

Objek wisata ini memiliki banyak spot eksotis sehingga dapat dijadikan media oleh wisatawan yang gemar melakukan kegiatan berfoto atau merekam video. Selain itu, seiring berjalannya waktu ingatan akan pudar salah satu cara efektif untuk membangkitkan memori kembali dengan sebuah foto atau video.

Di era ini berfoto menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan ketika berkunjung ke suatu tempat. Panorama dari Curug Nangka akan sangat indah dan apik jika dijadikan sebagai latar belakang untuk berfoto atau merekam video dapat menambah daya tarik dari suatu foto atau video.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Cirebon Paling Populer

Wisatawan dapat berfoto dengan latar curug yang memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter, diatas bebatuan yang berada di sekitar curug, dan hutan pinus.

Wisatawan dapat mengambil fotonya sendiri, bersama teman, bersama pasangan maupun bersama keluarga di objek wisata ini. Hasil foto atau video dapat disimpan sebagai koleksi pribadi atau dibagikan di laman media sosial.

5. Camping Ground dan Green Glamping

Di kawasan objek wisata ini terdapat area perkemahan sehingga wisatawan dapat berkemah sembari menikmati keindahan alam sekitar. Lokasi Camping Ground dekat dengan anak sungai. Selain Camping Ground dikawasan ini terdapat Green Glamping atau Green Glamour Camping.

Perkemahan modern kombinasi alam dan fasilitas yang memadai menjadi hal yang menarik untuk di coba oleh wisatawan. Wisatawan akan ditawarkan sensasi berkemah tapi mewah. Fasilitas yang tersedia di Green Glamping diantaranya listrik, bonus makan pagi, toilet duduk, dan sebagainya.

Objek wisata ini terbilang ideal bagi wisatawan yang ingin refreshing dari rutinitas sehari-hari yang padat.

6. Tracking

Jika wisatawan belum puas dengan kegiatan tracking menuju curug ini, wisatawan dapat menjelajah sembari melanjutkan tracking ke dua curug yang berada dekat dari area ini. Dua curug tersebut yaitu, Curug Daun dan Curug Kawung. Disarankan untuk tidak melakukan kegiatan tracking seorang diri untuk mencegah hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Nangka Bogor

Fasilitas di Curug Nangka

Image Credit: Google Maps (Akbar Nugroho)

Objek wisata Curug Nangka dikelola oleh RPH Gunung Bunder, KPH Kab. Bogor, dan BKPH Bogor. Fasilitas yang tersedia di objek wisata curug ini dapat dikatakan cukup memadai.

Terdapat banyak sekali tempat menjual makanan beragam jenis mulai dari makanan berat seperti nasi dan lauk pauk hingga makanan ringan seperti snack. Terdapat pula tempat yang menjual berbagai jenis minuman.

Di kawasan ini terdapat area perkemahan. Fasilitas pendukung lainnya yang terdapat di objek wisata ini diantaranya tempat ibadah berupa musala, ruang ganti, toilet, pondok kerja, area penyimpanan kendaraan, shelter dan sebagainya.

Selain itu, tersedia penjual busana dan toko souvenir bagi wisatawan yang ingin membeli souvenir sebagai kenangan ataupun buah tangan. Ketersediaan fasilitas yang lengkap dapat membuat wisatawan merasa nyaman, aman dan puas ketika berada di lokasi objek wisata ini.

Itulah beberapa info menarik mengenai daya tarik, fasilitas, alamat, dan rute perjalanan menuju objek wisata Curug Nangka. Jika, sedang berada di Bogor, Jawa Barat tidak boleh melewatkan kunjungan ke tempat wisata yang memesona ini.