Bukit Senyum salah satu objek wisata alam memukau di Motung, Kabupaten Toba Samosir menarik untuk dijelajahi. Bukit yang berada dekat Danau Toba ini menyuguhkan panorama alam nan indah dan tempat tebaik menikmati sunset.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Motung, Kec. Ajibata, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Bukit Senyum tak bisa dipandang sebelah mata, pesonanya melengkapi tepian Danau Toba. Semula masyarakat menyebutnya Bukit Sitanggiting, dan kini berubah menjadi Bukit Senyum karena panoramanya mampu merekahkan senyuman para pengunjung.

Tidak hanya sedap dipandang, beragam daya tarik dan aktivitas seru dapat Anda lakukan setiba di sini. Posisinya yang dekat dengan Parapat, lokasi destinasi ternama di Kabupaten Simalungan, sungguh merupakan keuntungan tersendiri. Tepatnya di Kecamatan Ajibata, hanya terpaut 23 km.

Ketika menginjakan kaki pertama kali, pengunjung langsung disuguhi lanskap luar biasa. Rumput segar merambat di atas tanah lapang. Tak pelak, meski fasilitas di sini masih terbatas, namun mampu membuat Anda enggan pulang.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Senyum Motung

Daya Tarik Dimiliki Bukit Senyum Motung
Image Credit: Google Maps (Lenni LG)

1. Menawarkan Kedamaian

Sunyi, tenang, dan damai, tiga kata yang bisa mewakili daya tarik Bukit Senyum. Pasalnya, belum banyak wisatawan mengetahui pesona alami destinasi ini. Memang sedikit disayangkan, namun di waktu yang sama justru menguntungkan.

Disarankan memilih bukit cantik ini sebagai sarana relaksasi. Tak ada salahnya menyepi sejenak dari rutinitas harian. Jika beruntung, Anda bahkan bisa jadi satu-satunya pengunjung pada waktu tertentu.

2. Membentang Danau Vulkanik Bersejarah

Menyandang predikat sebagai ikon kebanggaan di Indonesia, ada banyak perbukitan yang mengelilingi Danau Toba. Salah satunya tidak lain adalah Bukit Senyum. Dengan demikian, Anda dimungkinkan menatap bentangan air tawar selebar 30 km ini. Panjangnya 100 km dan kedalaman mencapai 505 meter,

Bukankah itu akan jadi panorama paling berkesan? Setidaknya, patut disambangi sekali seumur hidup. Kemunculan Danau Toba didorong oleh bencana vulkanik ratusan abad lalu, membentang di tengah Pulau Sumatra.

3. Menyajikan Area yang Lapang

Apabila Anda bosan menyaksikan deretan bangunan di perkotaan, silakan mampir ke sini. Kawasan bukit lumayan lapang meski posisinya berada di ketinggian. Terpisah dari komplek perumahan, lingkungan didominasi oleh nuansa serba hijau.

Tersedia bangku bermaterial kayu di beberapa titik, yang mana digunakan sebagai tempat duduk. Di samping itu, masih ditumbuhi semak-semak. Perasaan bebas akan melingkupi Anda saat berdiam di sini.

Daya Tarik Bukit Senyum Motung
Image Credit: Facebook.com @jahari.sidabutar.1

4. Menawarkan Keelokan Matahari Terbit dan Tenggelam

Lanskap Bukit Senyum dan bentangan Danau Toba menghasilkan pesona yang proporsional. Terlebih, ketika terjadinya sunrise dan sunset. Kilauan sang surya akan memantul di atas permukaan air.

Warna keemasan di pagi hari tampak begitu megah, muncul perlahan di balik perbukitan. Ketika sore menjelang, bias kemerahan menyebar di atas genangan air. Pemandangan semacam ini besar kemungkinan jadi pengalaman tak terlupakan.

5. Menampilkan Bukit Berbaris

Seakan belum cukup, satu ikon lagi akan berhasil memikat Anda. Bukit barisan berdiri di kejauhan. Apalagi, ketika Anda berkunjung saat musim kemarau. Perpaduan pepohonan hijau dan birunya langit terlihat amat kontras, namun luar biasa. Ditemani angin sepoi yang berembus menerpa wajah Anda.

Sesungguhnya kawasan bukit ini hanyalah sedikit potret kecil yang mencerminkan kealamian di sekitar Danau Toba. Ada lebih banyak lagi spot lain yang sayang bila dilewatkan. Hanya saja, butuh waktu agak lama untuk menikmati semuanya. Oleh karena itu, setidaknya panorama dari jauh sudah cukup mewakili.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Bukit Senyum

bukit senyum
Image Credit: Pariwisatasumut.net

Bukit indah ini berada di daerah terpencil karenanya Anda harus benar-benar mengikuti panduan Google Map. Lokasinya ada di pinggir Danau Toba, Desa Motung. Begitu mendekati kawasan pedesaan Anda akan diliputi suasana sepi. Di samping itu, masyarakat luas belum begitu mengenal destinasi ini.

Jika berangkat dari Kota Medan, ada beberapa rute yang dapat Anda pilih. Umumnya memakai kendaraan pribadi, baik roda empat atau dua. Alangkah baiknya Anda datang bersama orang lain demi alasan keamanan dan kenyamanan.

Pasalnya, Anda akan menghabiskan waktu 5 jam menempuh jarak 185 km. Belum lagi, kontur jalanan yang berliku. Padahal, estimasi tersebut memakai asumsi lalu lintas normal. Sedikit berisiko jika Anda nekat bepergian sendiri.

Berpatokan pada Kantor Walikota, ikuti arah tenggara ke Jalan Kapten Maulana Lubis. Ambil ruas kiri ke Jalan Balai Kota, lalu lanjutkan sampai Jalan Kereta Api. Sekitar 140 meter di sebelah kanan, Anda akan menemukan Kantor Kelurahan Pasar Baru. Ikuti arus jalan sampai ke Dolok Margu, belok kanan ke arah Jalan Cirebon.

Terus lurus sejauh 25,7 km, selanjutnya belok kiri ke Jalan Pantai Cermin. Lanjutkan menuju Kota Pematang Siantar dan temukan Jalan Pangeran Diponegoro. Akan ada bundaran sekitar 100 dari sini, ambil jalan keluar kedua, kemudian lewati Jalan Lintas Sumatra.

Belok kanan ke Jalan Kolonel TPR Sinaga setelah 45 km ke Jalan Bukit Barisan. Akan ada kawasan hutan sepanjang 7,8 km menuju Kecamatan Ajibata. Jika sudah begini, artinya tidak lama lagi Anda akan memasuki area Bukit Senyum.

Cara lainnya, bisa melintasi gerbang Bukit Gibeon. Sebelumnya, Anda perlu melewati kawasan Bandar Udara Sibisa. Perlu diingat, walau perjalanan ini melelahkan, namun akan segera lenyap begitu tiba di lokasi destinasi.

Kabar baiknya, Anda sudah bisa bebas bereksplorasi hanya dengan membayar tiket masuk Rp 5.000. Akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 10.000 bila ingin berkemah. Harga yang cukup pantas mengingat fasilitas belum terlalu memadai. Ke depannya, tarif tersebut bisa saja berubah seiring meningkatnya potensi dan fasilitas yang ditawarkan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Bukit Senyum

Aktivitas di Bukit Senyum
Image Credit: Facebook.com @pitrook

1. Kencan Seru

Momen seperti ini dapat dijadikan sarana mempererat hubungan dengan pasangan, terutama saat terjadi masalah. Duduk di pinggir bukit sambil berbincang, ditemani riak-riak kecil di atas genangan air. Biarkan obrolan berjalan apa adanya. Akan lebih bagus jika tersedia cemilan. Suasananya sangat mendukung, terkesan hangat dan romantis.

Namun, tak mengapa bila Anda masih sendirian. Cukup ajak kawan terbaik, bangun kembali ikatan yang mungkin memudar karena kesibukan. Jangan sia-siakan kesempatan tersebut untuk quality time.

2. Menyapa Masyarakat Sekitar

Anda pasti tidak merasa asing dengan cerita rakyat Pulau Samosir. Kerap muncul di buku mata pelajaran bahasa Indonesia sewaktu SD. Kisahnya terkenal bahkan pernah menghiasi layar kaca di stasiun nasional. Bukankah menarik bila cerita tersebut didengar langsung dari penduduk lokal?

Dengan menyapa masyarakat sekitar, Anda telah membuka peluang yang bagus. Tak ada salahnya menanyakan budaya dan cerita yang berkembang di sana. Selain menambah wawasan, juga berpotensi jadi hiburan. Semakin lengkap jika Anda bisa menyeberangi Danau Toba.

3. Menyambangi Pasar Tradisional Ajibata

Kurang lebih 7 km sebelum memasuki Bukit Senyum, Anda akan menemukan Pasar Tradisional Ajibata. Tempat yang wajib disinggahi jika keberatan membawa perbekalan sendiri dari rumah. Selain keperluan umum, aneka kuliner lokal telah menanti untuk Anda bawa pergi.

4. Melukis Hingga Promosi

Kegiatan satu ini sangat direkomendasikan kepada para penggemar lukisan. Tak ada salahnya mengabadikan momen menggunakan media manual. Buatlah potret tak biasa yang mampu memikat hati pengamat. Setelah itu, promosikan melalui laman sosial media.

Barangkali, tindakan sederhana Anda membuat orang-orang melek terhadap pesona Bukit Senyum Motung. Dengan harapan, keramaian penunjung mendorong peningkatan fasilitas dan pelayanan di masa yang akan datang. Banyak objek yang bisa dipakai sebagai inspirasi selagi Anda liburan.

5. Bermain Layangan

Embusan angin di sini pasti cukup kencang sebab letaknya persis di atas dataran tinggi. Cocok dipilih jadi arena bermain layangan. Apalagi, jarang ditemukan pohon menjulang yang tinggi. Sebagai ajang nostalgia masa kecil, ajaklah teman-teman lama Anda untuk melakukannya.

Aktivitas Seru di Bukit Senyum
Image Credit: Facebook.com @(Agus Harianto)

6. Berkemah

Bermalam di alam bebas, dinaungi sebuah tenda. Di tengah-tengah bukit, dihiasi langit penuh bintang. Fasilitas serba terbatas sehingga Anda harus menyiapkan sebaik mungkin. Jangan lupa gunakan lotion anti serangga. Betapa serunya aktivitas tersebut hanya dengan membayangkannya saja.

Bagi wisatawan yang masih usia sekolah dan tergabung dalam ekstrakulikuler pramuka, tempat ini patut dijajal untuk kegiatan persami. Jauh dari keramaian, area cukup luas. Bisa jadi ajang praktik simulasi bertahan hidup di alam bebas.

Hanya saja, hindari berjalan terlalu dekat ke pinggir bukit. Ini karena belum ada pagar pembatas yang menghalangi Bukit Senyum dan Danau Toba. Tetaplah berhati-hati agar Anda tidak tercebur.

7. Piknik

Bosan di rumah, namun bingung mau liburan ke mana? Tertantang mengunjungi destinasi yang jauh dari perkotaan? Objek wisata di Kecamatan Ajibata ini harus masuk dalam daftar prioritas.

Siapkan perlengkapan seperti perbekalan, tikar, dan sebagainya sebelum meninggalkan rumah. Ajak keluarga Anda agar semakin menyenangkan. Setiba di sini, hindari memilih lokasi di dekat semak-semak agar Anda tidak jadi buruan serangga. Pastikan menggelar alas duduk di atas kontur tanah yang rata.

8. Workout

Tak mengapa jika Anda tidak mengingat gerakan workout yang tepat. Manfaatkan aplikasi mobile sebagai panduan. Jangan lupa lakukan pemanasan agar Anda tidak cidera. Alternatif lainnya adalah meditasi. Namun, jika menyukai latihan fisik agak berat, berlari mengitari bukit juga tak ada salahnya.

9. Berjemur

Umumnya, berjemur identik dengan wisata pantai. Apabila Anda ingin sensasi berbeda, direkomendasikan mencoba berjemur di sini. Barangkali, itu bisa mendatangkan inspirasi bila Anda seorang content creator. Kalaupun tidak, sudah cukup menghibur diri. Sebelumnya, pastikan Anda sudah mengoleskan sunblock ke tubuh.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Senyum Motung

Fasilitas di Bukit Senyum Motung
Image Credit: Facebook.com @peterchandra.alam

Pemerintah belum mengambil peran aktif dalam pemberdayaan potensi Bukit Senyum. Pihak pengelola merupakan pemilik area ini dan warga sekitar. Karenanya, keterbatasan fasilitas cukup bisa dimaklumi.

Memang ada bangku panjang dan gazebo kayu di sini, namun kondisinya sedikit memprihatinkan. Ditanam begitu saja tanpa mempertimbangkan nilai estetis dan keamanan. Material yang dipakai sangat seadanya, pun jumlah yang tidak seberapa. Anda perlu ke perkampungan sekitar bila ingin makan, ibadah, dan kebutuhan dasar lainnya.

Belum lagi, akses menuju ke sini agak menyulitkan pengunjung. Ukuran jalanan sempit, belum pula dilengkapi pagar pengaman di masing-masing sisi. Harus ada yang mau mengalah jika ada kendaraan berpapasan.

Tentu, situasi demikian memicu kurangnya peminat. Terutama, bagi wisatawan yang kesehariannya melewati jalan mulus beraspal. Sementara di sisi lain, Bukit Senyum menyimpan beragam keunikan. Sayang jika potensi tersebut berujung sia-sia.

Bukit Senyum Motung masih bisa mendapatkan pengembangan selama pihak-pihak terkait mau bekerja sama. Mulai dari pemerintah, masyarakat setempat, bahkan para wisatawan. Faktanya, jika sektor pariwisata mengalami peningkatan, maka keuntungannya bisa dinikmati bersama.