Air Terjun Sipiso-Piso salah satu wisata alam nan eksotis dan tersembunyi di dekat Danau Toba, Sumatera Utara. Air terjun dengan ketinggian jatuh 120 meter dengan latar panorama indah Danau Toba, perbukitan Pulau Samosir.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pengambaten, Kec. Merek, Kab. Karo, Sumatera Utara.; Map: Cek Lokasi

Wisata air terjun yang berada di wilayah Sumatera Utara ini sudah banyak diketahui oleh masyarakat sekitar sebagai salah satu destinasi wisata yang tak kalah mempesonanya jika dibandingkan dengan wisata danau Toba yang sudah melegenda.

Air Terjun Sipiso-Piso ini ternyata memiliki lokasi yang bersebelahan dengan daerah wisata danau Toba yang sudah sangat melegenda. Namun, keindahan alam yang disajikannya itu dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan Anda untuk memasukannya sebagai opsi destinasi wisata yang baru saat berkunjung untuk berlibur ke danau Toba di Medan.

Air terjun yang satu ini terletak pada Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Air Terjun Sipiso-Piso memiliki ketinggian di angka 120 meter sehingga membuatnya masuk kedalam daftar air terjun tertinggi ke-4 di Indonesia. Nama Spiso sendiri dapat diartikan sebagai pisau dikarenakan bila dilihat dalam kejauhan aliran yang deras dari air terjun ini terlihat seperti sebuah pisau yang panjang dan kecil.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Sipiso-Piso

Daya Tarik Air Terjun Sipiso-Piso
Image Credit: Google Maps (Sp Budi Setyarso)

1. Keindahan Alam

Daya tarik dari air terjun ini terletak pada indahnya kondisi alam di sekitarnya yang masih asri hingga akhirnya dapat menjadi kesan liburan yang istimewa dan sulit untuk Anda lupakan. Air terjun yang cukup tinggi ini akan semakin tampak indah dengan adanya pepohonan dan tumbuhan hijau yang tumbuh di sekitarnya sehingga menghasilkan udara sejuk.

Suasana alamnya yang masih sangat asri ini membuatnya nampak sangat menakjubkan jika dilihat dari jauh apalagi di dekatnya. Tebing-tebing yang tinggi menjulang berpadukan dengan tumbuhan hijau yang menempel tersebut menghasilkan keindahan alam yang tiada tandingannya.

2. Menjulang Tinggi

Dengan keindahan alamnya yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat hal lain yang membuatnya layak untuk Anda jadikan pertimbangan yaitu tinggi yang dimilikinya. Tinggi yang dari Air Terjun Sipiso-Piso ini adalah 120 meter. Tinggi ini membuatnya dapat memberikan efek air yang mengalir dengan deras dari ketinggian lalu akan berbentuk memanjang ke bawah.

Bahkan air terjun ini masuk kedalam daftar 10 besar air terjun tertinggi yang ada di Indonesia. Dengan tinggi yang dimilikinya menjadikan wisata air terjun hits ini menjadi pilihan destinasi wisata oleh pengunjung lokal maupun mancanegara yang ingin melihat secara langsung tingginya air terjun ini.

3. Dekat dengan Danau Toba

Air Terjun eksotis yang terletak di Sumatera Utara ini ternyata berlokasi tidak jauh dari danau terbesar di Indonesia yaitu danau Toba. Para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus yaitu Air Terjun Sipiso-Piso yang menakjubkan serta keindahan danau Toba yang akan terlihat indah dari ketinggian di sana.

Lokasinya yang berdekatan ini juga menjadikan air terju Spiso Piso sebagai salah satu aspek pendukung dari danau Toba dengan aliran air terjunnya yang mengalir menuju wilayah danau Toba yang sangat luas.

4. Perbukitan Hijau Terhampar Diatasnya

Terdapat perbukitan hijau yang terhampar pada bagian atas dari Air Terjun Sipiso-Piso ini. Hal tersebut dapat Anda lihat dari pepohonan dan tumbuhan hijau yang juga tumbuh di sekitarnya. Perbukitan hijau yang terhampar luas yang ada pada bagian atasnya tersebut juga dapat dijadikan sebagai indikasi bahwa wilayah alam disana terbilang masih sangat asri.

Perbukitan yang hijau ini juga secara tidak langsung turut berdampak kepada aliran air yang deras terjun dari atas tersebut hingga mempunyai intensitas yang sangat deras dan seakan tidak pernah ada habisnya. Dengan kata lain perbukitan yang ditumbuhi oleh pepohonan dan tumbuhan-tumbuhan hijau tersebut dapat dikatakan menjadi salah satu sumber utama penyumbang dari air terjun ini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Air Terjun Sipiso-Piso

Alamat & Rute Air Terjun Sipiso-Piso
Image Credit:Google Maps (Firly Adrika)

Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Air Terjun Sipiso-Piso ini sebetulnya dapat dengan mudah kesana dikarenakan akses yang dimiliki searah dengan wisata danau Toba yang sudah terkenal itu.

Untuk para wisatawan yang berangkat dari kota Medan diperkirakan Anda akan menempuh perjalanan sepanjang 70 km atau hampir 3 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Namun, di sepanjang perjalanan Anda akan banyak menjumpai keindahan dari wilayah pedesaan di Sumatera Utara yang terbilang sangat asri.

Akses jalan untuk menuju air terjun ini juga dapat dijadikan sebagai nilai lebih dikarenakan rutenya yang sudah dilengkapi dengan jalanan yang beraspal. Dengan demikian dapat meningkatkan kenyamanan Anda saat berkendara menuju destinasi wisata yang masih satu wilayah dengan danau Toba ini.

Air Terjun Sipiso-Piso ini berlokasi di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Lokasi dari air terjun ini juga terbilang dekat dengan danau Toba sehingga Anda yang berkunjung kesana dapat menikmati indahnya air terjun cantik yang tinggi dan luasnya danau Toba secara bersamaan.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Sipiso-Piso

Harga Tiket Air Terjun Sipiso-Piso
Image Credit: Google Maps (Ivan Lawag)

Dengan keindahan pemandangan alam yang disuguhkan ini Anda yang ingin berkunjung hanya akan dikenai biaya tiket untuk Masuk sebesar Rp 10.000 setiap orangnya. Bahkan biaya tiket masuk tersebut sudah termasuk dengan biaya masuk ke wisata danau Toba yang memang lokasinya saling berdekatan.

Harga tiket yang murah tersebut tidak serta merta membuat wisata alam yang satu ini tidak terawat. Justru untuk menuju ke lokasi air terjun ini, Anda telah disediakan jalan setapak dengan ratusan anak tangga yang telah tersedia dan dapat mempermudah perjalanan Anda untuk sampai di lokasi air terjun ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Sipiso-Piso

Kegiatan Menarik di Air Terjun Sipiso-Piso
Image Credit: Google Maps (Muhammad Yusuf Batubara)

1. Bersantai di Alam

Bagi Anda yang ingin mencari ketenangan dan hiburan di suasana alam yang indah maka berkunjung ke wisata Air Terjun Sipiso-Piso dapat Anda jadikan pilihan yang tepat.

Di sana Anda juga akan disuguhkan betapa indahnya air terjun yang menjulang tinggi dengan aliran airnya yang deras serta tebing yang ditumbuhi oleh tumbuhan hijau membuat sejuk suasana di sekitarnya.

Anda dapat bersantai dengan menggelar alas duduk untuk berpiknik ataupun untuk sekedar merebahkan diri pada kursi yang juga disediakan disana. Lokasi ini sangat cocok untuk mencari ketenangan jiwa dimana Anda bisa mendengarkan derasnya aliran air terjun didukung dengan cuitan burung- burung yang hidup pada alam yang hijau nan asri.

2. Berfoto Ria

Rasanya tidak lengkap jika berkunjung kesini tanpa berfoto ria. Indahnya air terjun terindah tersebut akan menjadi spot berfoto yang pasti tidak ingin Anda lewatkan saat berkunjung di sana.

Perpaduan antara tebing yang tinggi dengan tumbuhan hijau yang mengitarinya juga menjadi sebuah kombinasi yang tepat bagi Anda mengenang betapa indahnya alam di sana. Asrinya pemandangan alam yang ada di sana ditambah dengan Air Terjun Sipiso-Piso yang mempesona dapat menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung untuk tidak melewatkan momen tersebut.

Semua usaha Anda saat menaiki banyaknya anak tangga di lokasi wisata akan terbayar lunas dengan banyaknya spot untuk berfoto dengan Air Terjun yang menakjubkan.

3. Mendaki

Aktivitas mendaki di alam bebas mungkin akan merasa membosankan bagi kebanyakan orang. Namun, hal tersebut mungkin tidak berlaku di saat Anda mendaki untuk berkunjung ke Air Terjun Sipiso-Piso.

Hal tersebut dikarenakan pada sepanjang perjalanan mendaki Anda akan disuguhi oleh pemandangan indah dari air terjun ini yang akan terlihat dari kejauhan. Hal ini justru akan membuat perjalanan mendaki yang Anda lalui terasa lebih mudah karena Anda akan termotivasi untuk segera sampai pada bagian bawah dari Air Terjun Sipiso-Piso yang mempesona tersebut.

Untuk sampai pada bagian bawah dari air terjun ini Anda akan melewati ratusan anak tangga yang akan dihadapi dengan beberapa turunan dan jalanan mendaki juga tentunya. Namun, mempesonanya keindahan alam sejuk nan asri yang disuguhkan dapat mengalahkan rasa lelah yang telah Anda lalui.

4. Berpiknik

Saat di sana Anda dapat menghabiskan momen liburan dengan berpiknik pada suasana alam sejuk yang masih sangat asri. Di sana tersedia beberapa daerah yang datar dan bisa Anda tempati dengan menggelar alas duduk dan menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta.

Momen untuk berpiknik di sekitar air terjun ini dapat Anda lakukan dengan bebas dan cukup bermodalkan alas duduk beserta bekal makanan yang Anda siapkan dari rumah. Kegiatan ini akan memberikan waktu liburan Anda bersama keluarga yang akan berkesan selalu.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Sipiso-Piso Karo

Fasilitas di Air Terjun Sipiso-Piso Karo
Image Credit: Google Maps (Ivan Lawang)

Pengelolaan tempat wisata air terjun yang satu ini sudah terbilang cukup memadai. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola untuk dimanfaatkan para wisatawan yang datang kesana.

Salah satu fasilitas yang tersedia di sana adalah lahan parkir yang luas dan dapat menampung kendaraan pengunjung dalam jumlah yang banyak. Jadi bagi Anda yang datang kesana dengan menggunakan kendaraan pribadi tidak perlu khawatir lagi untuk memarkirkan kendaraan yang Anda miliki.

Untuk para pengunjung yang datang dari luar kota Medan dan ingin bermalam, di sana telah tersedia beberapa penginapan murah yang terawat dan dapat Anda jadikan tempat untuk bermalam.

Tersedia Gardu Pandang bagi para pengunjung yang ingin menikmati pemandangan indah dari Air Terjun Sipiso-Piso yang dapat terlihat secara keseluruhan. Selain air terjunnya, di sana Anda juga dapat melihat keindahan danau Toba dan Pulau Samosir yang tampak dari kejauhan.

Bagi para wisatawan yang ingin mengenang liburan mereka di air terjun unggulan Kabupaten Karo ini, tersedia juga toko yang menjual berbagai macam cindera mata berupa baju, sandal, hingga gantungan kunci. Harga cindera mata yang ditawarkanpun terbilang masih sangat terjangkau.

Setelah lelah berjalan menyusuri anak tangga yang jumlahnya ratusan pasti Anda membutuhkan asupan energi bukan? Tenang saja di sana tersedia juga warung-warung makan yang dikelola oleh masyarakat sekitar dan harganya tidaklah terlalu mahal.

Itulah beberapa daya tarik, fasilitas pendukung, lokasi, dan harga tiket yang murah untuk masuk dalam kawasan Air Terjun Sipiso-Piso di Karo, Sumatera Utara. Daerah wisatanya yang berdekatan dengan danau Toba membuat pengalaman liburan Anda menjadi lebih menyenangkan untuk diingat.