Bulukumba terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Kabupaten Bulukumba terkenal akan sejarahnya di masa lalu. Dikarenakan sekitar abad ke-17, Kerajaan Gowa dan Bone berdiri dan memiliki pengaruh yang cukup besar. Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa Kota Bulukumba juga memiliki keindahan alam yang sangat memikat. Dapat dikatakan daerah ini memiliki surga dunia yang sangat eksotis dan mengagumkan.

Destinasi wisata di kabupaten dengan julukan Butta Pabrita Lopi ini kebanyakan di dominasi oleh pantai. Pantai-pantai yang ada tersebut tentunya memiliki keindahan dan ciri khasnya masing-masing. Untuk itu Anda perlu menyimak 25 tempat wisata di Bulukumba yang patut Anda kunjungi:

1. Bukit Donggia

Bukit Donggia
Image Credit: Instagram.com @aslisulsel

Sebuah keindahan hamparan perbukitan hijau dan sungai berkelok-kelok sepanjang bukit. Bukit Donggia berisi hutan tropis dan memiliki ketinggian 1.400 mdpl. Kita dapat menikmati pemandangan bukit dengan berfoto dan bersantai. Tempat ini juga sering dijadikan tempat berkemah.

Akses menuju destinasi wisata ini pun sedikit susah. Kendaraan yang melaju pun perlu ekstra hati-hati ketika melintasi jalanan ini. Bebatuan licin yang menyebabkan wisatawan perlu berhati-hati.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kahayya, Kec. Kindang, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

2. Perkebunan Karet Lonsum

Perkebunan Karet Lonsum
Image Credit: Mongabay.co.id

Perkebunan Karet Lonsum merupakan tempat wisata yang Anda dapat kunjungi karena keindahan alamnya. Disini Anda dapat menyaksikan pepohonan karet yang tumbuh subur di kawasan ini. Bagi Anda yang penasaran tentang proses pengolahan dan panen tumbuhan karet, Anda dapat menuju ke lokasi ini.

Perkebunan ini telah dibangun sejak 1918. Dan menjadi tempat agrowisata yang dikelola oleh pemerintah di daerah setempat. Walaupun kawasan ini telah ada sejak lama, kondisi perkebunan masih terawat dengan baik. Anda juga dapat memanfaatkan pemandangan pepohonan ini sebagai background berfoto Anda.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tibona, Kec. Bulukumpa, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

3. Tebing Panaikang Birayya

Tebing Panaikang Birayya
Image Credit: Twitter.com @radiopls_mks

Tebing Panaikang Birayya ialah tebing dengan hamparan laut yang jernih. Terdapat jembatan dengan pemandangan laut lepas dijuluki Jembatan Pelangi. Jembatan ini menjadi daya tarik wisatawan untuk bersantai dan berfoto.

Spot foto lainnya ialah Sepeda Jadul Pulau Bira dengan latar belakang menghadap lautan Ketika menaikinya terasa seperti bersepeda di atas lautan. Selain itu, ada spot tanaman yang dibentuk love.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Darubiah, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

4. Pembuatan Kapal Tana Beru

Pembuatan Kapal Tana Beru
Image Credit: Beritamks.com

Perlu Anda ketahui bahwa Kota Bulukumba merupakan kota yang terkenal akan pembuatan Kapal Pinisi. Jadi dapat dikatakan bahwa Kapal Pinisi telah menjadi ikon dari Kota Bulukumba. Disini Anda dapat menyaksikan dan mempelajari proses pembuatan Kapal Pinisi yang tentunya akan membuat Anda terkagum.

Selain itu, Anda juga dapat berfoto dengan background Kapal Pinisi yang membuat foto Anda menjadi unik. Cocok bagi Anda yang gemar fotografi juga, karena Anda juga dapat memanfaatkan pemandangan sekitar yang juga menarik.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanah Beru, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

5. Pemandian Hila-Hila

Pemandian Hila-Hila
Image Credit: Google Maps (Futri Agriani)

Pemandian Hila-hila berdekatan dengan makam Dato Tiro. Dato Tiro dikenal sebagai penyiar Agama Islam terkenal di Sulawesi Selatan. Warga sekitar percaya pemandian ini berkhasiat menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Namun, tak sedikit juga dari wisatawan menikmati pemandian Hila-hila dengan berenang atau sekedar bersantai. Destinasi wisata ini dihiasi dengan pepohonan kelapa yang rindang. Lokasinya berdekatan dengan pantai membuat kunjungan wisata satu ini menjadi sangat tepat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ekatiro, Kec. Bontotiro, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

6. Kawasan Adat Ammatoa Kajang

Kawasan Adat Ammatoa Kajang
Image Credit: Triptrus.com

Kawasan Adat Ammatoa merupakan destinasi wisata yang menarik dikunjungi karena keunikan yang ditawarkan. Disini, Anda akan menyaksikan adat yang sangat kental pada kawasan ini. Terdapat corak hitam yang seringkali ditemukan karena merupakan warna yang melambangkan filosofi masyarakat disana.

Keunikan akan terpancar karena masyarakat yang masih menjunjung adat dan budaya sekitar. Selain itu Anda juga akan menyaksikan keasrian pepohonan, batu yang rapi berjajar, serta rumah-rumah yang menghadap ke arah dan bentuk yang sama. Menjadikan tempat ini kental akan adat-istiadat.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanah Toa, Kec. Kajang, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

7. Pantai Samboang

Pantai Samboang
Image Credit: Facebook.com @pratiwi.alhamdulillahyaa

Wisata pantai Samboang merupakan tempat wisata dengan suguhan laut sepanjang mata memandang. Angin sepoi-sepoi akan Anda rasakan sembari menikmati pemandangan. Pasir putih yang membentang di sepanjang bibir pantai.

Letaknya juga dekat dengan pulau kecil sehingga wisatawan juga dapat menikmati dan berswafoto. Pulau tersebut tersambung dengan bibir pantai melalui jembatan. Cocok juga digunakan sarana snorkeling, berenang dan bermain air serta memancing.

Harga Tiket: Rp 1.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ekatiro, Kec. Bontotiro, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

8. Pantai Lemo-Lemo

Pantai Lemo-Lemo
Image Credit: Indonesiakaya.com

Pantai Lemo-Lemo merupakan kawasan wisata yang sangat menarik karena keindahan alamnya. Disini Anda dapat menyaksikan pemandangan laut yang sangat jernih, pasir putih yang bersih, serta pohon kelapa yang eksotis. Sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin bersantai menikmati ketenangan dan kesegaran alam.

Selain itu, dekat Pantai Lemo-Lemo ini juga terdapat goa yang didalamnya terdapat air tawar. Anda juga dapat mengunjunginya untuk sekedar mengagumi pesonanya atau untuk berfoto ria. Akan lebih menyenangkan juga apabila Anda mengajak teman, saudara atau keluarga.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanah Lemo, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

9. Pantai Mandala Ria

Pantai Mandala Ria
Image Credit: Google Maps (Graham Hindle)

Pantai Mandala Ria merupakan salah satu tempat pembuatan kapal Pinishi di Sulawesi Selatan. Pantai ini terletak di pesisir Teluk Bone. Pantai ini menyajikan pasir putih yang memanjakan mata wisatawan. Pantai ini termasuk baru sehingga masih sangat jarang dikunjungi.

Menariknya, di Pantai Mandala Ria ini terdapat air tawar bernama ere la’bayya. Di pantai ini tersimpan taman laut dinamai bili’iya. Pantai ini juga memiliki populasi hewan langka kepiting kenari.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lembanna, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

10. Pantai Kasuso

Pantai Kasuso
Image Credit: Twitter.com @fathur_

Pantai ini termasuk destinasi baru wisata Bulukumba, Sulawesi Selatan. Meski begitu, pemandangan yang ditawarkan tak kalah dari destinasi wisata lainnya. Hamparan pasir putih dan tebing-tebing yang mengelilingi pantai. Di pantai ini, kita akan dimanjakan dengan pemandangan matahari terbit yang cantik.

Di wisata ini juga disediakan hammock bagi para wisatawan. Sehingga wisatawan dapat bersantai. Dan juga ada spot foto batu besar disebut batu taha. Batu taha ini sekilas nampak seperti pulau kecil.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Darubiah, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba.

11. Bakung-Bakung View Sunrise

Bakung-Bakung View Sunrise
Image Credit: Berita-sulsel.com

Bakung-Bakung View Sunrise adalah tempat yang sangat cocok bagi Anda pengagum keindahan alam. Jangan pernah melewatkan pesona keindahan alam yang ada di tempat ini. Dikarenakan disini Anda akan ditawarkan pemandangan hutan dan laut yang membentang di sepanjang mata Anda memandang. Membuat kawasan ini menjadi sangat menarik.

Anda juga dapat menikmati matahari terbit dan terbenam yang sangat memikat. Ditambah dengan suara deburan ombak dan udara yang tentunya sangat menyegarkan. Selain itu, disini juga telah disediakan berbagai fasilitas seperti gazebo, lapangan voli, tempat jogging dan lain-lain yang dapat membuat Anda berlama-lama disini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lembanna, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

12. Goa Passea

Goa Passea
Image Credit: Instagram.com @0hannah4

Goa ini merupakan goa yang masih asli peninggalan purbakala. Akses menuju dalam goa memanglah sulit. Namun akan terbayarkan dengan pemandangan ciamik di dalam goa. Banyak spot yang dapat dijumpai seperti batu menjulai panjang, lubang batu tempat persemedian serta manik-manik berkilau.

Jika menelusuri bangunan sejarah ini, terdapat hubungan peradaban kuno yang sangat kental. Karena dahulunya merupakan tempat pemakaman, maka Anda akan menemukan banyak peti mati. Namun sayangnya, tidak banyak peti mati kuno yang dapat ditemukan lagi.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lembanna, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

13. Gua Passohara

Gua Passohara
Image Credit: Twitter.com @MTMA__BULUKUMBA

Bagi Anda yang hobi berpetualang, tempat ini dapat Anda jadikan destinasi favorit yang mengasyikkan. Di Gua Passohara ini Anda dapat menyaksikan keindahan gua yang di dalamnya terdapat sumber mata air yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Membuatnya memiliki daya tarik tersendiri yang sangat memikat.

Sebelum Anda mengunjungi Gua Passohara, Anda harus melewati medan yang licin dan terjal, membuat lokasi ini lumayan sulit untuk dijangkau. Anda juga harus menelusuri dari mulut gua yang terbilang lumayan jauh hingga sampai ke gua bagian dalam. Namun letih Anda akan terbayarkan oleh pesona Gua Passohara yang sangat mengagumkan.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ara, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

14. Pinisi Park

Pinisi Park
Image Credit: Google Maps (Wahyu Adurrah)

Pinisi Park merupakan destinasi wisata terbaru yang sedang naik daun di Bulukumba. Hal ini dikarenakan tempatnya yang indah dan terdapat danau kecil disambungkan oleh jembatan kayu. Di jembatan ini, kita dapat berswafoto dan bersantai. Di tengah jembatan terdapat bangunan seperti gapura bernuansa klasik.

Di area wisata, terdapat banyak pepohonan rindang dijadikan tempat hammock. Sehingga para wisatawan dapat duduk bersantai. Banyak disediakan tempat duduk bagi para wisatawan. Walaupun terbilang wisata yang baru, namun sangat nyaman dan menyenangkan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Terang-Terang, Kec. Ujung Bulu, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

15. Pantai Pusahelu

Pantai Pusahelu
Image Credit: Google Maps (Valerinne Prayastra Hutagalung)

Pantai ini tergolong baru, namun sangat wajib dikunjungi. Jernihnya air laut dengan bebatuan karang yang menghiasi. Belum banyak pengunjung yang datang di pantai Pusahelu. Di pantai ini juga Anda dapat melihat perpaduan warna biru laut dengan hijaunya terumbu karang.

Letak Pantai Pasuhelu dekat dengan Pantai Bara. Hanya perlu menempuh jarak 1 kilometer dari Pantai Bara. Pantai Pasuhelu berada tepat di belakang pantai Bara. Keindahan Pantai Pasuhelu dan jernihnya pemandangan akan membuat pengalaman wisata Anda menjadi tak terlupakan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Darubiah, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba.

16. Pulau Kambing

Pulau Kambing
Image Credit: Indonesiakaya.com

Pulau Kambing patut Anda kunjungi ketika sedang berada di Bulukumba. Hal ini dikarenakan Pulau Kambing memiliki keindahan alam yang sangat mengagumkan. Disini, Anda dapat menyaksikan birunya laut, pasir putih yang bersih, juga bebatuan yang menambah kecantikan Pulau Kambing.

Bagi Anda yang menggemari wisata bawah laut, Anda wajib mengunjungi tempat ini. Di bawah laut terdapat terumbu karang yang sangat indah dan masih terjaga dengan baik. Begitu pula ikan-ikan cantik yang tinggal di dalamnya. Sangat direkomendasikan bagi Anda yang hobi menyelam. Anda akan mendapat pengalaman yang tak terlupakan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

17. Pantai Kaluku

Pantai Kaluku
Image Credit: Twitter.com @benedictusvenus

Pantai Kaluku menyajikan pasir putih dan terumbu karang yang memanjakan mata. Hamparan pasir putih dan birunya laut dijamin akan membuat Anda tidak berkedip sejenak. Air lautnya juga sangat jernih, menjadikan pantai Kaluku sangat cantik. Selain itu, pantai ini juga menyajikan tempat-tempat spot yang dapat digunakan berswafoto.

Ada ayunan di sekitar pantai sambil menikmati angin menerpa dan ombak-ombak kecil air laut. Di area pantai juga terdapat gazebo yang disewakan. Di area wisata Pantai Kaluku Anda dapat berkemah dengan membawa peralatan kemah sendiri.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Panrang Luhu, Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba.

18. Puncak Pua Janggo

Puncak Pua Janggo
Image Credit: Ikutilangkahkaki.com

Di Puncak Pua Jago, Anda dapat menikmati pemandangan hamparan hutan hijau juga laut yang sangat cantik. Keindahan yang sangat alami dari ketinggian ini membuat banyak orang datang berkunjung.

Tempat ini cocok Anda kunjungi ketika ingin bersantai bersama keluarga maupun sahabat. Kesegaran udara dan keasrian alam akan membuat suasana menjadi tenang. Maka jangan ragu-ragu untuk mengunjungi Puncak Pua Jago sebagai destinasi wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

19. Tebing Apparalang

Tebing Apparalang
Image Credit: Pesona.travel

Pesona Tebing Apparalang sangat wajib Anda kunjungi ketika sedang berada di Bulukumba. Di Tebing Apparalang ini Anda dapat menyaksikan keindahan alam yang tiada duanya. Tebing Apparalang terletak di laut biru yang sangat jernih. Kemegahan tebing yang curam juga sangat menambah kecantikan panorama.

Di Tebing Apparalang ini, Anda dapat melakukan aktifitas snorkelling. Laut yang jernih serta pemandangan bawah laut yang eksotis membuat pengalaman berlibur Anda semakin berkesan dan berharga.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ara, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

20. Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira
Image Credit: Pegipegi.com

Pantai Tanjung Bira merupakan pantai yang sangat mengundang daya tarik banyak pengunjung. Disini, Anda dapat menikmati panorama laut yang jernih serta pasir putih bersih yang tentunya sangat mengagumkan. Tak heran banyak pengunjung yang berdatangan untuk mengunjungi Pantai Tanjung Bira ini.

Disini Anda juga dapat melakukan aktivitas diving maupun snorkelling. Pemandangan bawah laut yang eksotis pastinya akan memanjakan mata Anda.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tanjung Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

21. Pantai Bara

Pantai Bara
Image Credit: Atiqohhasan.com

Pantai yang satu ini juga memiliki keindahan yang tak kalah dengan Pantai Tanjung Bira. Birunya laut, pasir putih, serta pohon kelapa yang berjajar tentunya akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Di Pantai Bara ini bisa dikatakan sepi pengunjung karena belum banyak diketahui orang. Oleh karena itu, ketika Anda mengunjunginya, Anda akan memiliki kepuasan tersendiri karena bisa bebas beraktifitas.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tanjung Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

22. Pantai Ujung Tiro

Pantai Ujung Tiro
Image Credit: Akbarpost.com

Pantai Ujung Tiro merupakan pantai yang juga tak kalah mengesankan dari pantai-pantai yang lain. Pantai Ujung Tiro memiliki pesona tebing batu di sekitarnya sehingga membuat kawasan ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Disini Anda juga dapat melakukan aktifitas seperti snorkelling, diving, atau sekedar berfoto. Sangat direkomendasikan bagi Anda untuk melepas penat dari kesibukan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ekatiro, Kec. Bontotiro, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

23. Pulau Liukang Loe

Pulau Liukang Loe
Image Credit: Akbarpost.com

Pulau ini terletak dekat dengan Pantai Bira. Disini Anda juga dapat menikmati pemandangan laut dan pantai yang sangat eksotis.

Disini Anda juga dapat melakukan snorkelling. Keindahan terumbu karang yang ada di bawah laut tidak boleh Anda lewatkan begitu saja.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

24. Pantai Marumasa

Pantai Marumasa
Image Credit: Saliagu.net

Pantai Marumasa sangat cocok Anda kunjungi ketika bertamasya bersama teman atau keluarga. Keindahan warna gradasi dari laut dan dua buah tebing yang mengintari menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan.

Disini juga terdapat spot foto selfie. Anda dapat memanfaatkannya untuk membuat foto-foto yang tak kalah menakjubkan.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Darubiah, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

25. Taman Cekkeng

Taman Cekkeng
Image Credit: Akbarpost.com

Taman Cekkeng dapat Anda kunjungi bersama keluarga ketika ingin berpiknik. Anda juga dapat bermain maupun berolahraga di tempat ini dengan pemandangan yang juga cantik.

Disini Anda juga dapat menikmati fasilitas dan jajanan kuliner yang disediakan. Membuat pengalaman berlibur semakin menyenangkan di kabupaten ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ela-Ela, Kec. Ujung Bulu, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Itulah 25 rekomendasi tempat wisata di Bulukumba yang patut Anda kunjungi di sela-sela waktu berlibur Anda. Anda tidak perlu takut atau khawatir liburan Anda akan tidak menyenangkan jika mengunjungi tempat-tempat tersebut. Karena keindahan dan keunikan masing-masing tempat tersebut tentunya akan sangat berkesan dan mengasyikkan.