Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.25–18.00 WIB, Alamat: Takengon, Ulu Nuih, Kec. Bebesen, Kab. Aceh Tengah, Aceh; Map: Cek Lokasi

Keindahan Aceh yang menyajikan panorama alam memang tidak ada duanya. Selain berupa pantai dan pulau dengan keindahannya, terdapat pula objek wisata berupa perbukitan, Pantan Terong namanya. Dari atas bukit, anda bisa melihat indahnya Danau Laut Tawar dengan air yang jernih hampir tanpa riak gelombang. Selain itu, kota Takengon juga jelas terlihat seperti lukisan alam yang indah.

Lokasinya yang berada di ketinggian 1.830 meter di atas permukaan membuat cuaca nya dingin serta sejuk. Suasana seperti ini pastinya jarang ditemui di daerah perkotaan. Belum lagi pohon rindang di sekitar lokasi yang tidak hanya berfungsi sebagai penghasil oksigen, namun juga sebagai tempat berteduh yang nyaman. Bagi warga lokal, bukit yang menawarkan keindahan pesona alam ini menjadi kebanggaan sekaligus tempat wisata asyik bersama keluarga.

Pantan Terong masih termasuk kawasan Dataran Tinggi Gayo dengan keindahan alami. Untuk memudahkan pengunjung menikmati sajian alam yang ada di lokasi, ada sebuah bangunan mirip balkon raksasa. Ditempat tersebutlah semua pengunjung menikmati indahnya panorama alam dari atas bukit. Demi keamanan dan kenyamanan, semua sisi balkon tersebut dibangun pagar pembatas. Jadi tidak perlu khawatir jatuh dari atas ketinggian.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantan Terong

Daya Tarik Dimiliki Pantan Terong Aceh
Image Credit: Google Maps Safwan Abdullah

Setiap han yang berbau pariwisata pasti mempunyai daya tarik. Sedikit atau banyaknya pengunjung juga tergantung dari apa yang diberikan tempat tersebut. Mungkin anda bertanya apa saja yang menarik berekreasi diatas ketinggian. Mungkin juga anda masih ragu akan apa saja yang bisa didapatkan ketika berkunjung ke bukit sejuk ini. Oleh sebab itu, silahkan simak baik-baik daya tarik Pantan Terong yang mungkin tidak akan didapatkan di tempat lain.

1. Keindahan Pantan Terong

Satu hal yang pasti dan membuat banyak wisatawan berkunjung adalah karena ingin menikmati keindahannya. Bukan hanya keindahan bukit yang menjadi objek wisata saja, namun juga secara keseluruhan. Selama perjalanan, selama itu pula anda bakal dimanjakan dengan panorama indah khas perbukitan. Berbagai pohon hijau rindang selalu menyapa di setiap ayunan langkah.

Adanya tebing, lembah, dan jurang seolah terabaikan dengan pesona alam di sekitarnya. Di setiap sisi jalan, terdapat perkebunan kopi milik warga yang tampak indah dari kejauhan. Di sisi lain, hutan pinus lebat seakan menjadi payung yang merestui dan menemani perjalanan anda menuju lokasi. Jalanan berkelok dan kadang sedikit curam tentunya tidak masalah dengan keindahan dan pesona alam di sekitarnya.

2. Suasana Sejuk dan Nyaman

Sejuknya suasana dan pemandangan hijau nan asri menjadi daya tarik tambahan bagi wisatawan yang datang ke Pantan Terong. Kesejukan tersebut tidak lain karena banyaknya tumbuhan di sekitar lokasi. Bukan hanya selama perjalanan, di lokasi utama juga nyaman digunakan untuk bersantai dan berlama-lama.

Cuaca nya sangat dingin karena ketinggian yang telah disebutkan tadi. Ada baiknya jika anda membawa baju tebal dan jaket untuk menahan rasa dingin tersebut. Meskipun tidak ada tempat berteduh atau tempat khusus yang digunakan untuk duduk santai, namun lokasinya masih tetap yaman karena terawat dengan baik.

3. Tempat Melihat Danau Laut Tawar dari Ketinggian

Daya tarik yang paling utama dan sekaligus membuat Pantan Terong selalu ramai dikunjungi adalah karena merupakan tempat paling tepat untuk menikmati panorama alam dari atas ketinggian. Adapun panorama yang dimaksud yakni Danau Laut Tawar yang tampak indah dari atas bukit. Dari kejauhan, danau yang menjadi pusat irigasi sawah tersebut berbentuk seperti kuali raksasa.

Namun tentunya tidak begitu mirip ketika anda melihat pemandangan di sekitar danau yang tidak kalah menarik. Perbukitan lain juga sangat jelas terlihat, mirip seperti gunung kecil. Selain itu, indahnya kota Takengon juga tidak mau kalah dengan panorama lainnya. Sesekali, kabut tebal seakan menutupi pandangan ke arah danau yang justru menambah keindahan dan daya tarik tersendiri.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantan Terong Aceh
Image Credit: Twitter Wisata Aceh

Bagi sebagian pengunjung yang pernah datang ke lokasi Pantan Terong pasti tidak sulit menemukannya lagi. Akan tetapi tidak demikian jika yang baru tertarik ingin berkunjung. Pastikan anda menuju ke alamat Takengon, Desa Ulu Nuih, Kecamata Bebesan, Kabupaten Aceh Tengah. Jaraknya sekitar 10 km dari pusat Kota Takengon dan bisa ditempuh selama 20 menit perjalanan menggunakan kendaran bermotor.

Dikarenakan lokasinya yang terletak diatas bukit, pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Dari dua jenis kendaraan bermotor, disarankan menggunakan sepeda motor karena beberapa jalan tidak begitu lebar. Bukan berarti mobil tidak boleh, hanya saja diperlukan konsentrasi tinggi ketika anda menemukan titik dimana jalannya sempit. Mengenai kondisi jalan secara keluruhan sudah cukup baik dan teraspal sempurna.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Pantan Terong Aceh
Image Credit: Google Maps bun yurizali

Untuk menikmati keindahan Pantan Terong tentunya tidak gratis, ada biaya yang harus anda keluarkan saat berkunjung. Meski demikian, harga tersebut sangat rama di kantong jika dibandingkan dengan objek wisata lain.

Jika belum berubah, saat ini setiap pengunjung yang masuk dikenakan tarif 5.000 rupiah. Biaya tambahan berupa tiket parkir sebesar 2.000 untuk motor, dan 5.000 untuk mobil dengan kondisi lahan parkir cukup luas dan aman.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantan Terong

Aktivitas Seru Pantan Terong Aceh
Image Credit: Google Maps abdurrahman fahmi

Beberapa aktivitas sangat menarik ketika anda tiba di lokasi. Aktivitas tersebut juga masih berhubungan dengan daya tarik yang telah dibahas sebelumnya. Bagi yang belum pernah berkunjung ke lokasi, atau ojek wisata serupa pastinya bingung. Sebenarnya tidak perlu bingung karena anda bisa melakukan aktivitas apapun, asalkan bernilai positif seperti yang kami bahas berikut!

1. Menikmati Keindahan Bukit Pantan Terong

Pastinya setiap pengunjung ingin menikmati keindahan Pantan Terong dan sekaligus menjadi tujuan utama mereka. Indahnya aspek alam berupa angin, air, tanah, dan tumbuhan menyatu untuk memberikan sajian berharga bagi setiap pengunjung. Tampak dari kejauhan, indahnya tata kota Aceh Tengah menjadi pusat perhatian.

Tidak lupa panorama unik dan menarik yang diberikan Danau Laut Tawar juga menyita perhatian. Jika dilihat lebih saksama, hampir semua pengunjung mengarah ke danau tersebut. Keindahan seakan tidak pernah lepas dari bukit tinggi ini meskipun saat itu cuaca tidak mendukung. Gumpalan awan tebal yang menutup pandangan dari indahnya danau justru memberikan sensasi dan keindahan tersendiri. Pancaran sinar matahari membuatnya semakin terlihat eksotis dan sayang untuk dilewatkan.

2. Menyaksikan Matahari Terbit dan Tenggelam

Selain menikmati keindahan dan panorama alam asli perbukitan, anda juga bisa menikmati indahnya matahari terbit. Pantan Terong juga sangat memungkinkan untuk melihat matahari terbenam. Aktivitas ini memang terkesan pasif, namun pengalaman seru dan berharga pastinya didapat. Apalagi jika tidak semua tempat menyajikan panorama alam indah seperti ini, bahkan yang berupa bukit sekalipun.

Tentunya anda harus datang pagi-pagi jika ingin menjadi saksi indahnya matahari terbit. Suasana dingin seketika berubah menjadi hangat karena sinar matahari perlahan merasuk kedalam lapisan kulit. Sinarnya tidak hanya menghangatkan tubuh, namun juga membuat pikiran rileks karena keindahannya. Perlahan tapi pasti, ukuran matahari dari titik fatamorgana yang awalnya besar berubah menjadi kecil setelah naik.

Sebaliknya, jika anda ingin menikmati indahnya matahari yang undur diri, ada baiknya jika datang di sore hari. Waktu tersebut sangat tepat sehingga anda tidak perlu menunggu lama ketika sang surya akan tenggelam. Gradasi warna yang dihasilkan menjadi daya tarik tersendiri, dimana warna yang awalnya kuning cerah berubah menjadi orang yang syahdu.

3. Piknik Ringan Bersama Keluarga

Aktivitas lain yang bisa dilakukan ketika berada di Pantan Terong adalah piknik ringan. Dikatakan ringan karena lokasi balkon tidak terlalu luas sehingga tidak cocok untuk dijadikan bumi perkemahan. Meski demikian, anda bisa menggelar tikar sambil duduk santai bersama keluarga. Tambahan makanan ringan dan minuman hangat pasti membuat suasana lebih ceria.

Perlu diketahui, bukit yang menawarkan pemandangan eksotis ini memiliki dua balkon yang bisa digunakan untuk piknik santai. Kedua balkon jaraknya tidak terlalu jauh, hanya perlu menaiki sedikit tangga untuk mencapai balkon di atasnya. Tidak ada perbedaan diantara keduanya, hanya saja anda bisa memilih salah satu yang paling cocok digunakan untuk bercengkerama bersama anak-anak.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantan Terong Aceh
Image Credit: Google Maps Raudha Realty

Meskipun hanya sekadar objek wisata santai tanpa adanya wahana atau permainan, Pantan Terong memiliki fasilitas yang boleh dibilang lebih dari cukup. Terdapat mushola sebagai fasilitas umum yang bisa digunakan untuk beribadah. Ada juga toilet yang nyaman dan bersih untuk anda yang ingin melalukan aktivitas buang air. Tempat parkir juga menjadi salah satu fasilitas wajib yang harus ada ditempat wisata.

Bagi yang ingin beristirahat sementara setelah lelah dalam perjalanan, silahkan bersantai di rumah panggung yang disediakan gratis. Bentuknya mirip gazebo namun ukurannya lebih luas. Warung yang ada di sekitar lokasi juga tersedia bagi anda yang ingin bersantap kuliner atau sedang lapar. Minuman hangat pastinya cocok ketika berada di ketinggian dengan cuaca dingin.

Demikianlah ulasan menarik dari salah satu objek wisata yang ada di Aceh Tengah, yakni Pantan Terong. Dikarenakan pesona alamnya yang indah, jangan lupa membawa kamera terbaik untuk mengabadikan momen. Tentunya anda tidak mau ketinggalan momen dengan panorama alam yang indah bukan?