Danau Lemona, Tempat Wisata Kuliner Kekinian di Tasikmalaya

Danau Lemona Tasikmalaya

Lokasi: Kawitan, Kec. Salopa, Kab. Tasikmalaya.
MapCek Lokasi

Jawa Barat menawarkan berbagai kota wisata yang indah. Ada banyak sekali tempat wisata hits mulai dari wisata alam maupun wisata kuliner kekinian. Berbicara soal tempat wisata kuliner, ada satu tempat yang wajib Anda kunjungi ketika sedang berada di Jawa barat. Destinasi wisata itu ialah danau Lemona.

Bila Anda sedang mencari destinasi wisata kuliner kekinian, memilih danau Lemona akan menjadi pertimbangan  yang tepat. Danau buatan ini sudah banyak digandrungi wisatawan karena menawarkan keindahan suatu tempat dipadu dengan cita rasa masakan yang super lezat.

Danau Lemona itu sendiri terletak di sebelah tenggara kota Tasikmalaya. Untuk dapat menuju ke destinasi kuliner populer ini dibutuhkan kurang lebih 32 km dari pusat kota. Lumayan agak jauh namun akses jalan yang dilalui tergolong mudah. Di bawah ini ialah ulasan lengkap mengenai danau Lemona.

Apa Istimewanya Danau Lemona?

Apa Istimewanya Danau Lemona

Image Credit: Facebook.com @Danau Lemona

Danau Lemona merupakan salah satu destinasi wisata kuliner hits di Tasikmalaya. Letaknya yang ada di sebelah tenggara Tasikmalaya membuatnya memiliki pesona keindahan yang masih alami dan elegan. Anda dapat menyusuri keindahan di sekitar area danau dengan berjalan-jalan santai ataupun menyewa perahu transportasi yang telah disediakan.

Danau Lemona dikenal akan wisata kulinernya. Jadi tak heran banyak pengunjung yang datang untuk menghabiskan waktu untuk menikmati hidangan masakan yang lezat. Anda bisa mengajak keluarga ataupun saudara agar lebih seru selama berada di tempat wisata kekinian ini. Dengan begitu jalinan persaudaraan atau pertemanan akan semakin solid dan akrab.

Ada hal yang menarik selama Anda mengunjungi danau Lemona. Sebab sebelum bisa menyantap hidangan lezat, Anda harus menuju saung yang tersedia. Uniknya untuk sampai ke saung tersebut Anda harus melewati jembatan bambu sepanjang 100 meter. Jika Anda tidak berkenan melewati jembatan tak perlu risau karena masih bisa melewatinya dengan perahu transportasi.

Selain menikmati cita rasa kuliner yang nikmat, Anda juga menjelajahi area sekitar danau. Sebab ada beberapa spot foto yang menarik yang bisa pengujung kunjungi. Sebut saja di tepi danau ada spot instagramable dengan latar belakang tulisan love. Belum lagi jika Anda menjelajah area pedesaan yang ada di dekat wisata kekinian danau Lemona.

Fasilitas yang Tersedia di Danau Lemona

Fasilitas yang Tersedia di Danau Lemona

Image Credit: Gotravelly.com

Danau Lemona menawarkan bermacam-macam fasilitas yang bisa pengunjung akses. Salah satu yang populer tentu saja kehadiran 30 saung yang bisa Anda pilih untuk menjadi tempat hidangan makanan disajikan. Di sekitar lokasi, pengunjung akan dihadirkan pemandangan super indah. Dijamin Anda akan betah berlama-lama di tempat satu ini.

Mengunjungi danau Lemona tidak hanya untuk menyantap masakan lezat. Anda juga mengeksplor lebih pemandangan mempesona yang ditawarkan. Anda bisa mengajak keluarga maupun anak-anak dapat menaiki bus wisata yang merupakan salah satu fasilitas favorit pengunjung. Bus tersebut siap mengantar ke berbagai tempat menarik dengan biaya yang sangat terjangkau.

Umumnya bus wisata akan membawa pengunjung menyusuri desa terdekat. Dengan begitu Anda akan mengenal lebih jauh mengenai aktivitas masyarakat setempat di area lokasi wisata. Pengunjung juga akan dibawa ke perkebunan hijau di Salopa. Tempat tersebut dikenal masih asri dan sangat sejuk sehingga pengunjung akan merasa fresh.

Bagi Anda yang ingin menyusuri langsung lokasi danau bisa menyewa perahu dayung yang telah disediakan. Jadi pengunjung dapat merasakan keindahan danau lebih mendalam sembari merasakan tiupan angin yang menyegarkan. Mengenai keamanan Anda tak perlu risau karena pihak penyelenggara selalu memantau dan mendampingi pengunjung.

Menu Makanan Pilihan

Menu Makanan Pilihan

Image Credit: Sangpelancong.com

Danau lemona telah dikenal sebagai destinasi wisata kuliner kekinian. Bagaimana tidak, nuansa lokasi tempat makanan disajikan terlihat begitu elegan dengan banyaknya gazebo di sekitaran danau. Demikian pula dengan pilihan menu makanan yang lengkap serta cita rasa yang menggiurkan di lidah pengunjung.

Sebenarnya ada banyak sekali pilihan menu masakan yang disajikan. Namun setidaknya ada dua yang paling di favoritkan oleh kebanyakan pengunjung. Yang pertama yakni ikan gurameh asam manis. Daging ikan gurameh yang super empuk akan dibaluti dengan racikan bumbu rempah asam manis. Tentu saja cita rasanya sangat lezat untuk di santap.

Selain ikan gurameh asam manis, ada juga menu lain yang tak kalah favorit yakni ikan bakar bumbu rempah. Berbeda dengan ikan bakar pada umumnya, di tempat wisata hits ini menawarkan bumbu rempah yang sangat menambah cita rasa masakan. Ada juga beragam menu tambahan lain seperti cak kangkung, beragam olahan ikan serta hidangan minuman yang menyegarkan.

Rute Menuju Wisata Kuliner Danau Lemona

Rute Menuju Wisata Kuliner Danau Lemona

Image Credit: Lemonacakebakery.wordpress.com

Akses yang ditempuh untuk menuju ke wisata kuliner kekinian danau Lemona tergolong mudah. Terletak di sekitar tenggara Tasikmalaya membuat Anda tidak akan mudah tersesat karena hanya ada satu jalan menuju lokasi.  Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun bus wisata apabila ingin berkunjung dengan saudara maupun sahabat.

Jarak yang dapat ditempuh itu sendiri sekitar 32 Km dari pusat kota. Agak jauh memang apalagi jalan lumayan berkelok-kelok. Namun akses jalan masih tergolong sepi jadi perjalanan pengunjung akan lancar atau bahkan menjadi sensasi tersendiri untuk Anda. Sebab selama di perjalanan, pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam sekitar yang masih asri.

Harga Makanan & Sewa Fasilitas di Danau Lemona

Harga Makanan & Sewa Fasilitas di Danau Lemona

Image Credit: Iwok.blogspot.com

Berbicara tarif, destinasi wisata kuliner kekinian yang satu ini dikenal sangat ramah di kantong. Bagaimana tidak, Anda hanya perlu Rp 300.000 sampai Rp 400.000 untuk bisa menikmati sajian lezat sembari melihat pemandangan indah di sekitaran saung. Dana tersebut sudah mencakup untuk beberapa orang ataupun kerabat yang Anda bawa.

Mengenai biaya sewa fasilitas juga tak kalah murah. Sebut saja jika penunjung menyewa bus untuk berkeliling ke area pedesaan dan perkebunan hijau biaya yang dibutuhkan hanya Rp 5000. Biaya untuk penyewaan perahu dayung pun tergolong sangat bersahabat yakni hanya dengan mengeluarkan Rp 10.000.

Dengan tarif bersahabat demikian, Anda bisa mengeksplor lebih area di sekitaran lokasi wisata.

Meski beberapa fasilitas terlihat murah namun kenyamanan serta keamanan tetap dijunjung tinggi. Kebersihan di area lokasi wisata pun sangat terjaga dengan baik. Arena parkir pun luas dan ada juga masjid untuk beribadah.

Bagaimanapun perlu diketahui bahwa tarif di lokasi wisata dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari pihak penyelenggara terkait. Maka dari itu ada baiknya Anda selalu update mengenai biaya tarif dari pihak yang berwenang.

Demikian beberapa ulasan atau informasi yang perlu Anda ketahui mengenai kawasan wisata kuliner kekinian di danau Lemona. Jika Anda sedang berada di Tasikmalaya tidak akan salah bila mampir di wisata kuliner danau Lemona di sela-sela waktu luang. Berkunjung bersama keluarga dan kerabat dekat akan menambah keseruan yang dapat Anda rasakan.