Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Raya Busung, Busung, Kec. Seri Kuala Lobam, Kab. Bintan, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Gurun Pasir Telaga Biru Bintan merupakan objek wisata yang menawarkan pemandangan indah dari telaga telaga air biru ditambah hamparan pasir putih menawan yang memiliki luas kurang lebih 6000 hektar. Berwisata ke gurun pasir yang ada di Bintan, Kepulauan Riau ini akan membuat Anda merasa seolah sedang berada di Timur Tengah.

Dulunya gurun ini merupakan kawasan penambangan pasir bauksit yang potensial. Namun, sekarang pasir bauksit yang ada di kawasan gurun ini sudah mengeras hingga menjadi karang. Kawasan ini juga sudah terbengkalai selama berpuluh-puluh tahun, hingga akhirnya masyarakat setempat mengalih fungsikannya menjadi objek wisata yang kini ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Meskipun hanya bekas area pertambangan namun keindahan tempat ini tidak lagi diragukan. Di gurun pasir ini Anda juga akan merasakan pengalaman menakjubkan yang belum pernah Anda dapatkan di tempat lain. Walaupun gurun ini dipenuhi pasir, tetapi Anda akan tetap bisa berjalan dengan mudah sebab gundukan gundukan pasir di tempat ini bertekstur keras.

Daya Tarik yang Dimiliki Gurun Pasir Telaga Biru

Daya Tarik Dimiliki Gurun Pasir Telaga Biru
Image Credit: Google Maps Sohpeng Chua

1. Hamparan Pasir Bagaikan Gurun Sahara

Sesaat setelah sampai di Gurun Pasir Telaga Biru Anda akan langsung disambut dengan hamparan pasir putih yang mempesona. Hamparan pasir putih ini membentuk bukit-bukit pasir yang akan semakin memperkuat kesan akan padang pasir. Keindahan yang eksotis bagaikan di gurun sahara menjadi daya tarik tersendiri di kawasan ini.

2. Telaga Biru Nan Mempesona

Terdapat pula beberapa telaga yang ada di tengah-tengah kawasan gurun pasir. Telaga dengan warna biru terang ini akan memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Matahari yang memantulkan cahayanya juga akan membuat warna telaga ini terlihat semakin cantik. Sebenarnya air telaga ini bercampur dengan tanah liat, namun hal ini tidak mengurangi keindahan warna yang dihasilkan.

Daya Tarik Gurun Pasir Telaga Biru
Image Credit: Google Maps Mia Rahmiawati

3. Tumbuhan Kering yang Aesthetic

Selain karena keindahan telaga dan gurun pasirnya tempat ini juga menawarkan keindahan lain. Tanaman-tanaman kering yang ada membuat tempat ini semakin memiliki nilai artistik lebih. Bagi Anda yang gemar berfoto-foto dengan spot atau benda aesthetic, tumbuhan kering ini bisa Anda manfaatkan untuk semakin mempercantik foto Anda.

4. Kano untuk Keliling Telaga

Tempat wisata ini memang memiliki beberapa wahana untuk berfoto, misalnya saja dermaga kecil dengan rumah-rumahan kayu yang terletak di pinggir telaga. Terdapat pula kano dan perahu-perahu dari bamboo yang dapat Anda naiki untuk berkeliling-keliling telaga.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Gurun Pasir Telaga Biru
Image Credit: Google Maps Wahyudi Kristanto

Gurun Pasir Telaga Biru ini memiliki alamat di Desa Busung, Seri Kuala Lobam, Bintan, Kepulauan Riau. Tempat wisata ini memiliki letak yang cukup strategis, yakni terletak dekat dengan Bandara Internasional New Bintan Resort, RSUD Tanjung Uban, juga kawasan industri Bintan.

Sebelum ke tempat wisata Telaga Biru ini, pastinya terlebih dahulu Anda harus menuju ke Pulau Bintan. Anda dapat menuju pulau ini dengan menempuh jalur udara melalui Batam atau bisa langsung ke Pulau Bintan.

Untuk mencapai lokasi wisata Telaga Biru ini, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 57 kilometer dari Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah yang terdapat di Kota Tanjung Pinang. Perjalanan ini memakan waktu sekitar satu jam. Selain itu, perjalanan juga dapat Anda tempuh dari Pelabuhan Tanjung Uban yang hanya berjarak sejauh 17 kilometer atau perjalanan darat selama 20 menit saja.

Ketika perjalanan, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan rindang yang didominasi oleh hutan hutan dataran rendah, rawa rawa, dan kebun karet. Rumah penduduk sekitar juga sesekali terlihat dengan jarak yang saling berjauhan. Setelah melalui jalan yang cukup berkelok Anda akan tiba di kawasan gurun pasir dan disambut oleh hamparan pasir menawan yang begitu luas.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Gunung Pasir Telaga Biru
Image Credit: Google Maps shabana khan

Dapat dipastikan saat Anda akan memasuki kawasan objek wisata pastinya Anda akan dikenai biaya masuk. Namun hal ini tidak berlaku di Gurun Pasir Telaga Biru. Anda dapat langsung masuk lokasi wisata satu ini tanpa dikenai biaya sepeserpun alias gratis. Dengan tanpa membayar biaya masuk Anda bisa langsung menikmati keindahan alam yang ada di tempat ini.

Telaga ini hanya mengenakan biaya parkir kendaraan oleh pengelola. Biaya inipun dirasa tidak akan merogoh kocek Anda terlalu dalam, hanya dengan Rp 2.000,- Anda sudah bisa memarkirkan kendaraan pribadi Anda, baik sepeda motor maupun mobil dengan aman.

Sementara untuk setiap wahana foto Anda hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp 5.000,-. Andapun bisa mengambil gambar sepuasnya pada spot wahana foto yang ada. Selain itu, dengan hanya membayar biaya sewa sebesar Rp 20.000,- per 30 menit Anda sudah bisa berkeliling telaga dan menikmati keindahannya dengan menggunakan perahu kapal yang tersedia.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Gurun Pasir Telaga Biru

Aktivitas Seru Gurun Pasir Telaga Biru
Image Credit: Google Maps Dimas Albar kurniawan

1. Mengelilingi Telaga Menggunakan Perahu Kano atau Perahu Bebek

Menikmati liburan akhir pekan bersama teman atau keluarga dengan menaiki perahu perahu kecil atau perahu kano bisa menjadi hal yang sangat seru dilakukan. Selain perahu kano terdapat pula perahu bebek yang bisa menjadi pilihan bagi Anda. Saat menaiki perahu kano atau juga perahu bebek Anda bisa merasakan ketenangan juga merilekskan pikiran.

Selain itu, Anda juga bisa mengabadikan momen di tengah telaga saat menaiki perahu ini. Bagi Anda yang takut akan keamanan saat menaiki perahu, Anda tak perlu khawatir, sebab pengelola juga menyediakan pelampung yang bisa dimanfaatkan bagi wisatawan.

2. Piknik

Anda juga bisa piknik di Gurun Pasir Telaga Biru Bintan ini. Tetapi saat akan piknik, jangan sampai lupa membawa payung besar atau apapun yang bisa menjadi tempat berlindung Anda dari sinar matahari, sebab kawasan ini memiliki terik matahari yang kuat. Dengan piknik Anda bisa menikmati pemandangan telaga yang indah bersama keluarga atau juga teman teman.

3. Hunting Foto dengan Pemandangan yang Indah

Berfoto memanglah sudah menjadi hal wajib yang harus kita lakukan saat berwisata. Keindahan antara telaga biru dan hamparan pasir ini membuat siapa saja tidak ingin melewatkan momen untuk berfoto ria. Anda bisa memanfaatkan telaga biru nan indah dan gundukan gundukan pasir putih ini sebagai background saat Anda sedang berfoto.

Selain itu, terdapat pula spot spot foto yang sudah dipercantik dengan berbagai hiasan yang juga bisa menjadi background foto Anda. Berbagai spot atau wahana foto disediakan pengelola bagi para pengujung. Anda juga dapat berfoto foto di atas telaga saat Anda sedang menaiki perahu kano atau perahu bebek yang juga disediakan pengelola.

Aktivitas di Gurun Pasir Telaga Biru
Image Credit: Google Maps Astrada Channel

4. Menikmati Suasana Sore

Kegiatan menarik lain yang bisa dilakukan di kawasan ini yakni menikmati suasana sore yang begitu menawan. Keindahan langit sore yang berpadu dengan air telaga jernih dan pasir putih membuat suasana romantis di telaga ini semakin tercipta. Anda bisa menikmati momen sore ini bersama keluarga, teman, atau bahkan pasangan.

5. Duduk-duduk Santai di Tepi Telaga

Liburan merupakan salah satu cara untuk melepaskan beban stress yang Anda rasakan. Jika memang sedang banyak masalah yang membebani, Anda benar benar sudah harus memikirkan jadwal untuk berlibur dan santai santai sejenak. Saat berlibur ke Telaga Biru Bintan, Anda bisa bersantai santai dengan duduk di tepian telaga dan menikmati suasana damai yang ada.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Kawasan Gunung Pasir Telaga Biru
Image Credit: Google Maps Muhammad Fadl Insani

Fasilitas dan layanan yang menunang memang sangat diperlukan di suatu tempat wisata. Gurun Pasir Telaga Biru Bintan memiliki beberapa fasilitas yang bisa menunjang liburan Anda. Fasilitas fasilitas dan layanan tersebut diantaranya akses jalan menuju telaga ini yang cukup mudah, juga terdapat beberapa petunjuk jalan yang bisa membantu memudahkan Anda menemukan tempat ini.

Selain area parkir yang luas, pengelola juga menyediakan spot spot foto menarik di tempat wisata ini. Terdapat pula layanan jasa penyewaan perahu kano dan perahu bebek yang bisa Anda gunakan untuk mengelilingi Telaga Biru. Mengelilingi telaga bisa menjadi pengalaman menarik bagi Anda yang berkunjung ke tempat ini.

Fasilitas pendukung lain yang tersedia di tempat ini diantaranya toilet umum, warung warung makan yang menjual berbagai makanan bervariasi, area parkir kendaraan luas yang dikelola dengan baik oleh pengelola, bahkan tempat untuk istirahat dan bersantai juga di sediakan di kawasan gurun pasir ini.

Nah, itulah tadi beberapa hal menarik dari kawasan wisata Gurun Pasir Telaga Biru Bintan yang terdapat di Kepulauan Riau. Telaga dengan hamparan pasir putih bak gurun sahara ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang sedang bingung ingin berwisata kemana. Keindahan pemandangan yang ditawarkan dapat menjadi tempat untuk kembali meng-refreshkan pikiran Anda dari segala kelelahan pikiran yang sedang Anda alami.