Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Trikora, Kawal, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Kepulauan Riau memiliki pantai pasir putih dengan nama yang unik yaitu Pantai Trikora. Berada di Bintan, nama dari pantai ini menurut masyarakat berasal dari three coral yang disebut oleh orang asing. Namun, ada juga yang percaya jika nama ini berasa dari sejarah Trikora atau Tri Komando Rakyat. Apapun versinya, pantai ini tetap memukai dengan bebatuan besat di sepanjang pantainya.

Keunikan lain dari pantai ini adalah garis pantainya yang sangat panjang. Karena itu, kawasan pantai dibagi menjadi beberapa bagian. Ada Trikora satu, dua, dan tiga atau biasanya disebut trikot dan Trikora empat. Terdapat bebatuan besar yang membuat pantai ini lebih cantik, posisinya dari tepi hingga menjorok laut. Sedangkan di hamparan pasir yang landai berjajar rapi pohon-pohon palem.

Waktu untuk berkunjung di Pantai Trikora sebaiknya tidak saat musim gelombang. Saat itu, ombak akan lebih besar. Memang, pantai ini memiliki ombak yang sedang. Karena itu pengunjung sebaiknya menggunakan pelampung keselamatan jika ingin berenang. Orang tua juga harus mengawasi anak-anaknya yang bermain air agar tidak terbawa ombak.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Trikora

Daya Tarik Pantai Trikora
Image Credit: Google Maps hana christina

Pantai hits ini biasanya padat oleh pengunjung jika musim liburan atau akhir pekan tiba. Saat lebaran, tempat ini juga akan padat pengunjung. Tidak mengherankan karena pantai ini memiliki daya tarik yang membuatnya menjadi destinasi wisata yang populer. Keunikan dari pantai ini sendiri juga berbeda dengan pantai lain sehingga harus Anda kunjungi jika berada di Bintan.

1. Pantai yang Indah

Pantai Trikora memiliki garis pantai yang panjang sekali, bahkan sampai harus dibagi menjadi beberapa bagian. Air lautnya juga biru bening sehingga dari perairan dangkal, pengunjung dapat melihat dasarnya. Keindahan dari pantai ini tidak kalah dengan pantai terkenal lainnya, karenanya menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk menikmati keindahannya.

Alamnya yang indah juga ditambah lagi dengan lingkungannya yang bersih. Pantai ini juga memiliki alam yang terjaga sehingga menjadi destinasi yang populer dan banyak menjadi pilihan wisata di Kepulauan Riau.

2. Batu Granit Raksasa

Ada beberapa bagian di Pantai Trikora, namun jika menelusuri Trikora tiga, pengunjung akan melihat batu-batu granit raksasa dengan warna putih yang berpadu dengan biru laut yang jernih dan pasir putih yang lembut. Batu-batu ini menjadi data tarik tersendiri karena tidak semua pantai memiliki bebatuan seperti yang terlihat di pantai ini.

Jika Anda pernah menonton film Laskar Pelangi, bebatuan ini sekilas mirip dengan salah satu latar yang sangat khas dari film tersebut. Karena itu, pengunjung lokal sudah tidak perlu lagi perhi ke Belitung karena pantai ini sudah cukup mewakili. Di antara bebatuan, pengunjung juga akan menemukan banyak spot-spot foto yang cantik untuk diabadikan.

3. Kuliner Khas

Pantai Trikora memiliki daya tarik bagi para pecinta kuliner, terutama makanan laut. Ada banyak kios-kios makanan yang siap menyuguhkan kuliner khas yang tidak akan ditemukan di tempat lain. Rasanya sangat lezat dan memanjakan lidah. Makanan khas ini juga sudah sangat terkenal, karena itu sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Otak-otak ikan atau cumi merupakan menu yang unik dan khas yang dapat Anda temukan di kawasan pantai ini. Selain itu ada juga menu dari siput laut atau warga sekitar biasa menyebutnya gonggong. Makanan ini merupakan khas Bintan. Rasanya sendiri seperti cumi-cumi yang kemudian disajikan dengan sambal kacang yang menambah kenikmatan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Trikora
Image Credit: Google Maps Randa Yuheldi

Pantai Trikora berada di Bintan, tepatnya di Rapat Malang. Jika Anda berada di Kota Tanjung Pinang, maka Anda hanya perlu mengarah ke timur sejauh 45 kilometer. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Tidak ada kendaraan umum, namun Anda dapat menyewa mobil atau sepeda motor jika memang tidak memiliki kendaraan.

Untuk harga sewa kendaraan sendiri tidak terlalu mahal. Jika Anda ingin menyewa motor, Anda hanya perlu merogoh kantong kurang dari Rp 100.000 saja per hari. Anda juga dapat menyewa mobil beserta supir. Biaya yang harus Anda keluarkan sekitar Rp 200.000 hingga Rp 400.000 saja sudah termasuk dengan jasa supir. Untuk bersama rombongan, bisa dikatakan sewa mobil cukup terjangkau.

Jalan untuk menuju lokasi pantai sudah sangat baik. Akses jalan cukup mudah dilalui. Jika Anda ingin mengunjungi bagian pantai dengan penginapan dan lingkungan yang lebih terjaga, Anda dapat mengunjungi bagian tiga dan empat. Namun, bagian satu dan dua juga dapat Anda kunjungi karena juga memiliki pantai dengan pemandangan yang indah.

Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam. Oleh sebab itu, Anda dapat berkunjung kapan saja untuk menikmati keindahan pantainya. Pantai ini juga merupakan liburan yang murah meriah. Anda tidak perlu membayar biaya tiket, hanya cukup sewa kendaraan saja jika memang tidak memiliki kendaraan pribadi.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Trikora

Aktivitas Menarik di Pantai Trikora
Image Credit: Instagram azizan Anwa

Pantai ini dikenal memiliki kawasan pantai yang sangat luas, karena itu Anda dapat melakukan banyak kegiatan yang menyenangkan. Sudah tersedia juga berbagai wahana dan kelengkapannya yang dapat Anda coba. Berikut ini kegiatan-kegiatan seru yang dapat Anda lakukan jika memilih berlibur di Pantai Trikora.

1. Snorkeling

Kawasan pantai dengan air laut yang jernih ini memiliki pemandangan bawah laut yang indah. Karena itu snorkeling menjadi kegiatan yang harus Anda coba jika berada di pantai hits ini. Peralatan snorkeling sudah tersedia untuk dapat Anda sewa sehingga Anda tidak melewatkan terumbu karang dan ekosistem yang hidup di perairan ini.

2. Wahana Air

Selain snorkeling, Anda juga dapat mencoba wahana lain yang sudah tersedia di kawasan ini. Wahana yang paling banyak dicoba oleh pengunjung adalah banana boat yang dapat memacu adrenalin. Sangat menyenangkan melawan ombak sambil ditarik dengan perahu boat. Anda juga dapat merasakan wahana lain yaitu kano sehingga Anda dapat melihat laut di atas perahu.

Aktivitas di Pantai Trikora
Image Credit: Facebook Kepri Images

3. Wisata Kuliner

Kegiatan ini tidak boleh dilewatkan. Setelah melakukan berbagai kegiatan yang seru, Anda tentu perlu untuk mengisi perut. Anda dapat berburu kuliner khas di tempat ini. Dengan menawarkan berbagai macam menu makanan laut, Anda dapat menikmati makanan-makanan yang mungkin tidak akan Anda temukan di tempat yang lain.

4. Menikmati Pemandangan

Udara yang sejuk dan suara deburan ombak menjadi suasana yang sempurna untuk duduk menikmati pemandangan. Dengan melihat biru laut dan pasir putih serta suara ombak pasti akan membuat pikiran menjadi lebih segar. Anda juga dapat mengabadikan tempat-tempat dengan pemandangan yang indah sebagai spot foto untuk diunggah di sosial media Anda.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan di Sekitar Pantai Trikora
Image Credit: Google Maps muny aswady Duray

1. New Majorly Beach & Resort

Hanya 8 menit saja dari Pantai Trikora karenanya dapat menjadi rekomendasi pilihan menginap yang paling dekat. Bentuk bangunannya berupa pondok kayu. Kamar yang ditawarkan juga sangat nyaman dengan pelayanan yang memuaskan. Harga sewa per malamnya terjangkau, namun dengan fasilitas memadai yang akan Anda dapatkan.

2. Madu Tiga Beach & Resort

Penginapan ini menjadi rekomendasi menginap Anda dengan jarak hanya 15 menit saja dari kawasan pantai. Selain itu, penginapan ini juga dekat dengan destinasi wisata lain. Fasilitas yang akan Anda dapatkan sangat memadai untuk kebutuhan Anda. Kamarnya juga sudah tentu nyaman. Namun, resepsionis hanya akan melayani pada jam-jam tertentu saja.

3. Bintan Pearl Beach Resort

Penginapan ini menawarkan tempat yang tenang dan pemandangan pantai yang bagus di setiap kamar. Ranjang yang disediakan juga nyaman dan fasilitas yang diberikan cukup memadai. Penginapan ini juga ramah anak sehingga Anda dapat mengajak keluarga. Untuk fasilitas tambahan sendiri, terdapat kolam renang untuk pengunjung dan lokasi strategis yang dekat dengan pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Pantai Trikora
Image Credit: Instagram Shinta H Ningrum

Fasilitas yang ada di Pantai Trikora sudah cukup memadai sebagai penunjang kenyamanan para pengunjung. Ada toilet serta tempat bilas untuk pengunjung yang bermain air atau wahana. Pengunjung hanya perlu membayar uang kebersihan saja. Warung-warung juga banyak tersedia dengan beragam menu sehingga Anda dapat mengisi perut.

Wahana yang disediakan juga menambah pengalaman bagi pengunjung. Tersedia berbagai macam olahraga yang alat dan kelengkapannya dapat Anda sewa. Berbagai wahana ini seperto kano, alat snorkeling, dan juga layang-layang.

Pantai ini juga menyediakan banyak penginapan bagi pengunjung yang ingin bermalam. Harga yang ditawarkan relatif terjangkau dengan fasilitas yang cukup memadai. Jika Anda menginginkan paket tour, beberapa pihak hotel akan memberikan pelayanan berupa akomodasi untuk kegiatan-kegiatan seperti snorkeling ataupun diving.

Pantai Trikora Bintan menjadi destinasi wisata yang saat ini cukup populer di Kepulauan Riau. Dengan tempat yang unik, fasilitas yang tersedia juga mendukung Anda untuk melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Liburan Anda juga akan terasa lengkap dengan mencicipi makanan laut yang khas dan mungkin tidak dapat ditemukan di tempat lain.