55 Tempat Wisata Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

55 Tempat Wisata Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Dengan memiliki iklim tropis dan berbatasan dengan dua samudra, Anda pun akan disuguhkan dengan deretan tempat wisata terindah di Indonesia. Siapkan waktu yang panjang, untuk menjelajah keindahan tanah air.

Berwisata ke negara Indonesia, tentu saja tak akan ada habisnya. Dari Sabang hingga Merauke, terbentang beragam keindahan yang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja. Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata eksotis dan terindah di Indonesia, pastikan untuk mengambil nafas sejenak. Pasalnya, kali ini akan dibahas beragam tempat wisata menarik di Indonesia yang harus Anda kunjungi. Siap untuk liburan panjang?

1. Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Image Credit: Backpackerlampung.com

Untuk destinasi pertama, Anda bisa berjalan jalan ke Pulau Sumatera tepatnya di Lampung. Tempat wisata ini merupakan sekolah gajah pertama yang ada di Indonesia. Anda pun bisa berinteraksi dan melihat gajah dengan sangat dekat saat berada disini.

Tempat ini juga menjadi pelatihan gajah sekaligus balai konservasi. Tak hanya melihat gajah, lokasi ini juga dibangun kawasan penangkaran badak yakni International Rhino Foundation.

Lokasi: Raja Basa Lama, Kec. Labuhan Ratu, Kab. Lampung Timur.

2. Pulau Pahawang, Lampung

Pulau Pahawang

Image Credit: Superadventure.co.id

Memiliki keindahan bawah laut yang memukau, maka Anda wajib untuk singgah di Pulau Pahawang ketika berada di Lampung. Pasalnya, biota laut yang ada di pulau ini memiliki keunikan tersendiri yang harus Anda tengok secara langsung.

Tak hanya menikmati keindahan lautnya yang mempesona, maka Anda juga bisa untuk berburu sajian kuliner laut yang akan mengenyangkan perut.

Lokasi: Pahawang, Kec. Marga Punduh, Kab. Pesawaran

3. Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau

Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau

Image Credit: Nusatour.co.id

Masih di Sumatra, tepatnya di Kepulauan Riau Anda bisa mengunjungi Kepulauan Anambas. Pulau satu ini pernah dinobatkan sebagai Kepulauan tropis terbaik yang di Asia versi CNN. Tentu saja, hal ini dikarenakan keindahan lautnya yang sangat mempesona.

Anda pun akan disuguhkan dengan terumbu karang yang berpadu dengan pasir putih nan eksotis ketika berada di Kepulauan Anambas.

Lokasi: Desa Teluk Siantan, Kec. Siantan, Kab. Kepulauan Anambas.

4. Pantai Parai Tenggiri, Bangka Belitung

Pantai Parai Tenggiri, Bangka Belitung

Image Credit: Sengpaku.blogspot.com

Provinsi satu ini memang dikenal dengan pantainya yang memiliki keunikan tersendiri. Sebut saja seperti Pantai Parai Tenggiri yang memiliki bentuk batuan dengan berbagai macam ukuran.

Daya tarik yang terdapat pada pantai satu ini adalah terletak pada bebatuannya yang eksotis. Selain Itu, pantainya yang cukup landai dan air laut yang berwarna hijau toska akan membuat Anda benar benar terpesona.

Lokasi: Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka.

5. Pulau Belitung

Pulau Belitung

Image Credit: Radarbangka.co.id

Tak hanya keindahan pantainya saja, Pulau Belitung juga wajib untuk Anda kunjungi saat berada di Sumatra Selatan. Bagi Anda yang menyukai aktivitas snorkeling dan diving pastinya akan betah mengunjungi pulau satu ini.

Bersantai di bawah pohon kelapa juga menjadi kenikmatan tersendiri saat berada disini. Terlebih lagi, batu batu granit yang ada di pinggir pantai akan menciptakan suasana unik nan eksotik dalam satu destinasi.

Lokasi: Membalong, Kec. Membalong, Kab. Belitung.

6. Ngarai Sianok, Bukittinggi

Ngarai Sianok, Bukittinggi

Image Credit: Pegipegi.com

Tak lengkap rasanya jika mengunjungi Pulau Sumatra tanpa mampir ke daerah Bukittinggi. Pasalnya, Ngarai Sianok merupakan salah satu destinasi yang menghadirkan bentangan alam berupa lembah yang sempit dan bukit dengan tebing curam.

Di tengah tengahnya mengalir sungai kecil yang jernih. Gambaran alam yang indah bak lukisan ini bisa Anda dapatkan sekaligus pada destinasi satu ini.

Lokasi: Desa Sianok, Kec. IV Koto, Kab. Agam.

7. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba, Sumatera Utara

Image Credit: Wikipedia.org

Danau vulkanik yang terbentuk karena aktivitas gunung berapi ini menjadi salah satu danau terindah yang wajib Anda kunjungi saat berada di Sumatra. Selain itu, pengunjung juga akan menjelajah hutan pinus dan menikmati indahnya air terjun.

Ditambah dengan pemandian air hangat akan menjadi destinasi wisata yang lengkap. Jangan lupa untuk mengunjungi Pulau Samosir yang ada di tengah Danau Toba.

Lokasi: Janji Marhatan, Kec. Nainggolan, Kab. Toba Samosir.

8. Pantai Sumur Tiga, Sabang

Pantai Sumur Tiga, Sabang

Image Credit: Disbudpar.acehprov.go.id

Sampai di ujung pulau Sumatera yakni Daerah Istimewa Aceh, maka Anda pun bisa mengunjungi pantai yang ada di kota Sabang. Pantai Sumur Tiga dikenal lantaran memiliki pasir putih dan pesisir yang panjang.

Berpadu dengan air laut jernih yang berwarna biru muda akan membuat Anda takjub. Deburan ombak pun bisa Anda rasakan sembari bersantai di bawah pohon kelapa yang rindang.

Lokasi: Ie Meulee, Kec. Sukajaya, Kota Sabang.

9. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Image Credit: Blibli.com

Berlanjut ke tanah Jawa, Anda bisa memulai perjalanan Anda untuk mengunjungi Kepulauan Seribu. Ada banyak pula yang bisa Anda singgahi di tempat ini. Pastikan Anda jangan sampai terlewat untuk, berkunjung ke zona konservasi sekaligus destinasi wisata yakni Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Perairan yang ada di pulau tersebut sangat cocok untuk Anda yang memiliki hobi menyelam dan snorkeling.

Lokasi: Pulau Harapan, Kec. kepulauan Seribu, Kab. Administrasi Kepulauan Seribu.

10. Pulau Peucang, Banten

Pulau Peucang, Banten

Image Credit: Jalanjalanyuk.com

Pulau yang cantik ini telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan budaya oleh UNESCO. Dengan berlibur ke destinasi ini, Anda tak akan merasakan indahnya sunset di pinggir pantai saja. Melainkan, Anda akan disuguhkan dengan berbagai hewan khas yang ada di Banten. Mulai dari Banteng Jawa, Rusa serta Merak Hijau dan Lutung. Bagi Anda yang ingin mencari tempat untuk memanjakan mata, Pulau Peucang adalah lokasi yang tepat.

Lokasi: Ujungjaya, Kec, Sumur, Kab. Pandeglang Banten.

11. Kawah Putih Ciwidey, Bandung

Kawah Putih Ciwidey, Bandung

Image Credit: Travel.uzone.id

Kawah putih yang berada di kawasan Ciwidey menjadi salah satu lokasi populer yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Bandung. Kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha ini memiliki warna air yang putih kehijauan. Tentu saja akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Pengunjung pun bisa mendaki gunung untuk menuju ke salah satu tebing yakni Sunan Ibu. Dari ketinggian, Anda akan bisa melihat pemandangan kawah putih yang super cantik.

Lokasi: Alam Endah, Kec. Rancabali, Kab. Bandung.

12. Tangkuban Perahu, Bandung

Tangkuban Perahu, Bandung

Image Credit: Pegipegi.com

Menjelajah kawasan hutan rimbun dan menyusuri kawah merupakan sebagian kegiatan yang bisa Anda lakukan di Tangkuban Perahu. Selain menikmati indahnya pemandangan gunung, maka Anda pun juga bisa untuk mengunjungi Kawah Domas.

Sumber air panas ini pun bahkan bisa membuat telur menjadi mendidih. Kawasan wisata ini juga memiliki fasilitas lengkap yang akan menunjang liburan Anda.

Lokasi: Cikahuripan, Kec, Lembang, Kab.Bandung Barat.

13. Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi

Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi

Image Credit: Pegipegi.com

Sedang berada di Jawa Barat dan ingin mengunjungi pantai? Maka Anda bisa datang ke Pantai Pelabuhan Ratu yang berada di Sukabumi. Meskipun memiliki ombak yang cukup deras, lanskap dari pantai ini tak bisa Anda lewatkan begitu saja.

Namun tak perlu khawatir, Anda pun tetap bisa untuk menikmati keindahan pantai ini melalui titik aman. Bahkan fenomena sunsetnya, akan membuat Anda rindu dan ingin kembali kesini.

Lokasi: Jl. Raya Cisolok, Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi.

14. Geopark Ciletuh, Sukabumi

Geopark Ciletuh, Sukabumi

Image Credit: Pariwisataku.com

Masih di daerah Sukabumi, tempat satu ini telah masuk menjadi daftar Global Geopark Network oleh UNESCO. Berada disini, Anda pun akan langsung disuguhkan dengan keindahan alam yang sangat banyak. Mulai dari sawah, air terjun hingga laut. Bahkan Anda akan menemukan batu batu tua yang mengalami pelapukan. Pastinya, Anda bisa mengambil banyak foto di tempat eksotis ini.

Lokasi: Girimukti, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

15. Gereja Ayam, Magelang

Gereja Ayam, Magelang

Image Credit: Wikipedia.org

Magelang tak hanya dikenal dengan Candi Borobudur saja. Melainkan Anda juga bisa berkunjung ke gereja ayam yang berada di daerah ini. Sudah tak difungsikan sebagai tempat ibadah, lokasi ini ramai dikunjungi karena bentuknya yang unik.

Jika Anda naik sampai ke puncaknya, maka  Anda pun bisa melihat kemegahan dan indahnya candi tersebut dari kejauhan.

Lokasi: Karangrejo Gombong, Kurahan, Kembanglimus, Kec. Borobudur, Kab. Magelang.

16. Candi Borobudur, Magelang

Candi Borobudur, Magelang

Image Credit: Gurusiana.id

Pernah dinobatkan sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia, rasanya tak lengkap jika tak singgah di Candi Borobudur. Dengan relief yang sangat unik, membuat banyak wisatawan penasaran dengan keindahan dari tempat ini.

Di dalam wisata ini, juga terdapat dua museum yang berisi tentang sejarah perdagangan Asia Afrika yang akan menambah pengetahuan Anda nantinya.

Lokasi: Jl. Badrawati, Kec. Borobudur, Kab. Magelang.

17. Canting Mas Puncak Dipowono, Kulon Progo

Canting Mas Puncak Dipowono, Kulon Progo

Image Credit: Wisatamantap.com

Jogja memang dikenal sebagai kawasan yang memiliki banyak destinasi memukau. Bagi Anda yang ingin menyaksikan keindahan panorama hari Waduk Sermo dan hijaunya pegunungan, maka Canting Mas Puncak Dipowono menjadi lokasi yang pas.

Puncak yang memiliki ketinggian yakni 700 mdpl, membuat Anda bisa menyaksikan matahari terbenam yang sangat cantik melalui destinasi wisata satu ini.

Lokasi: Jl. Clereng Tamanan, Hargowilis, Clapar 2, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo.

18. Air Terjun Kedung Pedut, Kulon Progo

Air Terjun Kedung Pedut, Kulon Progo

Image Credit: Dakatour.com

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 15meter ini menjadi destinasi selanjutnya yang wajib Anda singgahi saat berada di Jogja. Dengan kolamnya yang berwarna hijau tosca dan biru tentu saja akan menjadi keunikan tersendiri.

Dua warna berbeda tersebut dikarenakan pengaruh dari warna bebatuan yang terdapat pada dasar air. Untuk menikmati kesegarannya, Anda bisa berenang di kolam. Atau menjajal adrenalin dengan bermain flying fox di lokasi ini.

Lokasi: Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo.

19. Pantai Siung, Gunung Kidul

Pantai Siung, Gunung Kidul

Image Credit: Eksotisjogja.com

Kawasan satu ini memang dikenal dengan destinasi pantainya yang sangat indah, diantaranya adalah Pantai Siung. Tak hanya keindahan saja yang bisa Anda dapatkan, melainkan pantai ini terkenal sebagai lokasi untuk melakukan olahraga ekstrim seperti panjat tebing. Pasalnya, terdapat 250 jalur panjat tebing internasional yang bisa Anda nikmati di pantai ini. Selain itu, bukit karang raksasa juga bisa Anda temukan di destinasi ini.

Lokasi: Duwet, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul.

20. Gunung Merapi, Jogja

Gunung Merapi, Jogja

Image Credit: Wikipedia.org

Gunung berapi yang terletak di Jawa Tengah ini masih menjadi gunung aktif yang ada di Indonesia. Namun tak menyurutkan pada wisatawan untuk mengunjungi keindahannya. Pelancong bisa memicu adrenalin dengan berpetualang di sekitar lereng gunung dengan mengendarai mobil Jeep. Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah bunker bencana dan juga batu dengan bentuk alien.

Lokasi: Suroteleng, Kec. Selo, Kab. Boyolali.

21. Candi Prambanan, Jogja

Candi Prambanan, Jogja

Image Credit: Triptrus.com

Dengan kemegahan candi satu ini, tak mengherankan jika wisata ini banyak dikunjungi oleh traveler. Hadirnya Candi Prambanan sebagai bentuk bukti era keemasan di zaman Kerajaan Mataram.

Anda bisa mengunjungi bangunan satu ini ketika liburan tiba. Bahkan di saat saat tertentu, Prambanan juga menggelar pertunjukan seni budaya Ramayana. Lokasi ini juga kerap kali menjadi festival atau konser artis ternama.

Lokasi: Jl. Raya Solo, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman.

22. Taman Sari, Jogja

Taman Sari, Jogja

Image Credit: Instagram.com @theaimlessalbatross

Daerah Yogyakarta menjadi salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak destinasi wisata indah. Bangunan yang memiliki arsitektur indah milik Keraton, yakni Taman Sari tak bisa Anda lewatkan begitu saja.

Dulunya, tempat ini dimanfaatkan sebagai tempat pemandian dari keluarga kerajaan. Namun, tempat yang telah dibuka untuk umum ini menjadi spot foto menarik yang harus Anda kunjungi saat berada di kota Gudeg.

Lokasi: Jl. Tamanan, Patehan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta.

23. Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah

Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah

Image Credit: Twisata.com

Bergeser ke atas Jogja, Kepulauan Karimunjawa menjadi destinasi menarik yang bisa Anda kunjungi selanjutnya. Bentang alam dari lokasi ini akan memanjakan setiap mata memandang. Merupakan gugusan kepulauan yang memiliki objek wisata alam yang elok ini akan menarik pelancong untuk mampir sejenak.

Ada banyak hal yang bisa  Anda lakukan disini, mulai dari berinteraksi dengan ikan hiu, snorkeling serta melihat indahnya sunset.

Lokasi: Kepulauan Karimunjawa, Kec. Karimunjawa, Kab. Jepara.

24. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur

Image Credit: Ngalam.co

Bromo menjadi salah satu deretan wisata yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Jawa Timur. Tak hanya disajikan dengan bentang alam berupa pegunungan saja, namun Anda pun bisa melakukan banyak aktivitas lainnya.

Sebut saja seperti menunggang kuda hingga menikmati indahnya savana bak di Timur Tengah. Adanya Bukit Teletubbies, menjadi lereng perbukitan hijau yang tak bisa Anda lewatkan begitu saja ketika di Bromo.

Lokasi: Kab. Pasuruan, Kab. Malang, Kab. Lumajang dan Kab. Probolinggo.

25. Kawah Ijen, Banyuwangi

Kawah Ijen, Banyuwangi

Image Credit: Wikipedia.org

Salah satu tempat terindah di Indonesia yang memiliki blue fire atau yang dikenal dengan api abadi, bisa Anda temui di Kawah Ijen. Banyak pelancong yang rela mendaki untuk menyaksikan keindahan yang tak terelakkan ini.

Anda pun wajib untuk menggunakan masker selama pendakian. Pasalnya Anda akan mencium bau belerang yang menusuk. Pastikan untuk sampai ke lokasi dini hari menjelang subuh untuk bisa menyaksikan fenomena ini.

Lokasi: Kab. Bondowoso. dan Kab. Banyuwangi.

26. Pantai Batu Lamampu, Kalimantan Timur

Pantai Batu Lamampu, Kalimantan Timur

Image Credit: Wikipedia.org

Beralih ke Kalimantan, tepatnya di kawasan timur maka Anda bisa mampir ke Pantai Batu Lamampu. Ketika berkunjung ke pantai ini, maka Anda akan disuguhkan dengan panorama alam yang cantik.

Keunggulan dari wisata ini adalah memiliki pasir yang bersih. Sehingga akan membuat Anda betah untuk berlama lama liburan di tempat satu ini. Nyiur kelapa yang melambai menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang ditampilkan oleh pantai ini.

Lokasi: Lamampu, Kec. Sebatik, Kab. Nunukan.

27. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Image Credit: Totabuan.news

Masih berada di Kalimantan Timur, kawasan ini digadang gadang memiliki keindahan yang tak kalah dengan Raja Ampat. Terdapat setidaknya tiga pulau yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Diantaranya adalah Pulau Sangalaki yang dikenal memiliki ikan Pari Manta.

Selanjutnya, Anda bisa berkunjung ke Pulau Kakaban yang danaunya dipenuhi dengan ubur ubur dan juga Pulau Maratua yang terkenal akan perlintasan penyunya.

Lokasi: Kepulauan Derawan, Kec. Derawan. Kab. Berau.

28. Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Image Credit: Kompasiana.com

Berada di Kalimantan Tengah, maka Anda pun tak boleh melewatkan kesempatan untuk singgah di destinasi populer ini. pasalnya, pengunjung akan bisa melihat secara langsung aktivitas orang utan yang berkeliaran dengan bebas.

Tak hanya itu, wisatawan akan diajak berkeliling Sungai Sekonyer dengan menggunakan kapal klotok yang mewah. Anda pun pastinya akan dibuat terpukau dengan keindahan habitat dan ekosistem alami tersebut.

Lokasi: Pulai, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat.

29. Garuda Wisnu Kencana, Bali

Garuda Wisnu Kencana, Bali

Image Credit: Thejakartapost.com

Bali merupakan pulau yang menjadi daya tarik wisatawan, baik asing maupun domestik. Salah satunya adalah Garuda Wisnu Kencana yang telah dibangun selama 30 tahun. Patung yang terinspirasi dari makhluk dalam filosofi Hindu tersebut menjadi jajaran patung lima tertinggi di dunia.

Tak hanya melihat patung yang besar saja, di lokasi ini juga terdapat aktifitas menarik lainnya. seperti menonton pertunjukan di amfiteater hingga film di Garuda Cinema.

Lokasi: Jl. Raya Uluwatu, Ungasan, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

30. Nusa Lembongan, Bali

Nusa Lembongan, Bali

Image Credit: Water-sport-bali.com

Pulau kecil yang berada di tenggara Bali ini menjadi destinasi populer bagi kalangan wisatawan. Bagi Anda yang hobi berselancar, maka lokasi satu ini wajib masuk ke daftar tempat yang harus Anda kunjungi.

Snorkeling dan menyelam juga menjadi kegiatan yang bisa Anda lakukan disini. Sepanjang mata memandang, maka Anda akan disuguhkan dengan lautan apik yang membuat Anda terpesona.

Lokasi: Lembongan, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

31. Monkey Forest, Ubud

Monkey Forest, Ubud

Image Credit: Boardingcallblog.com

Tak hanya terkenal dengan pantainya saja, Monkey Forest yang ada di Ubud menjadi destinasi wajib ketika Anda berada di Bali. Anda akan melihat secara langsung tingkah lucu dari kera ekor panjang khas Bali.

Pasalnya, terdapat sekitar 700 lebih kera yang mendiami kawasan satu ini. Pengunjung pun juga bisa untuk melihat tiga pura yang ada di kawasan ini.

Lokasi: Jl. Monkey Forest, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

32. Tanah Lot, Tabanan

Tanah Lot, Tabanan

Image Credit: Rentalmobilbali.net

Pura megah yang ada di kawasan Tabanan ini menjadi lokasi wajib ketika Anda berkunjung ke Pulau Dewata Bali. Pengunjung pun akan disuguhkan secara langsung pura yang mengagumkan satu ini.

Berada di atas batu kerang raksasa yang terbentuk dari ombak besar, akan membuat Anda kagum akan keindahannya. Panorama dan daya tarik budayanya tak akan bisa Anda lewatkan disini.

Lokasi: Beraban, Kec. Kediri, Kab. Tabanan.

33. Ubud, Bali

Ubud, Bali

Image Credit: Gpswisataindonesia.wordpress.com

Menjadi panorama hijau yang indah ketika di Bali? Maka Ubud dapat menjadi lokasi tepat yang bisa Anda singgahi. Destinasi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melepas penat, pasalnya keindahan alam memukau berupa persawahan bisa Anda dapatkan disini.

Anda juga bisa berburu kuliner organik hingga berbelanja kerajinan tangan yang unik ketika berada di kawasan satu ini.

Lokasi: Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

34. Nusa Dua, Bali

Nusa Dua, Bali

Image Credit: Baligetaway.co.id

Pantai yang memiliki pasir berwarna putih bersih ini menjadi salah satu daya tarik yang disukai oleh wisatawan. Berpadu dengan laut biru yang jernih, membuat Anda akan merasa tenang saat bersantai di tempat ini.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan disini, mulai dari berselancar hingga bersantai sembari menikmati ingin semilir. Fasilitas berkelas pun juga bisa Anda nikmati di lokasi satu ini.

Lokasi: Jl. Nusa Dua, Benoa, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

35. Pura Luhur Uluwatu, Bali

Pura Luhur Uluwatu, Bali

Image Credit: Kintamani.id

Berlibur ke Bali menjadi salah satu hal yang dinanti wisatawan. Pasalnya, mulai dari wisata alam dan wisata budaya hadir lengkap di pulau Dewata ini. Berada disini, Anda pun akan bisa melihat banyak pura cantik, salah satunya adalah Pura Luhur Uluwatu. Bahkan, Anda pun juga bisa untuk menyaksikan Tari Kecak saat liburan di pura yang indah ini.

Lokasi: Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

36. Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur

Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur

Image Credit: Wego.co.id

Surga tersembunyi yang ada di Nusa Tenggara Timur ini menjadi lokasi yang bisa Anda kunjungi. Suasana yang masih alami bisa Anda dapatkan ketika berada di Pulau Sumba.

Keindahan bukit dan danau serta deretan perbukitan menjadi satu paket lengkap yang bisa Anda temui di pulau ini. Pastinya, Anda pun akan semakin bersemangat untuk mengunjungi tempat ini.

Lokasi: Pulau Sumba, Kab Sumba Timur.

37. Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur

Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur

Image Credit: Shutterstrock.com

Wisata yang terkenal di dunia ini, akan menghadirkan keindahan lain yang tidak bisa Anda dapatkan di tempat lainnya. Komodo yang mendiami kawasan Taman Nasional ini telah ada sejak 40 tahun silam.

Pelancong bisa menyaksikan lebih dekat bagaimana aktivitas komodo hingga bercengkrama dengan masyarakat sekitar. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa untuk melihat kelelawar di Pulau Kalong saat berada disini.

Lokasi: Pulau Komodo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat.

38. Labuan Bajo, Flores

Labuan Bajo, Flores

Image Credit: Pegipegi.com

Berada di Labuan Bajo, Anda bisa menemukan banyak destinasi dalam satu tempat. Mulai dari pantai, perbukitan dan wisata bahari yang memukau. Suasana di kawasan ini pun masih alami, sehingga akan cocok bagi Anda yang suka menjelajah.

Ada beberapa tempat wisata populer yang akan Anda temukan disini, mulai dari Pink Beach, Pulau Padar dan juga Pulau Kanawa. Pecinta diving, pastinya akan menyukai Manta Point yang menjadi lokasi populer untuk menyelam.

Lokasi: Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat.

39. Taman Nasional Gunung Kelimutu, Flores

Taman Nasional Gunung Kelimutu, Flores

Image Credit: Fotowisata.com

Taman Nasional satu ini menawarkan keindahan yang sangat memukau. Bukit yang landai dan deretan pegunungan, salah satunya yakni Gunung Kelibara menjadi salah satu daya tarik yang disukai oleh wisatawan.

Bukan hanya itu saja, keberadaan Gunung Kelimutu dan hadirnya danau tiga warna yang cantik akan membuat Anda wajib mengunjungi destinasi satu ini.

Lokasi: Detusoko Barat, Kec. Detusoko, Kabupaten Ende

40. Gunung Rinjani, Lombok

Gunung Rinjani, Lombok

Image Credit: Pesona.travel

Untuk Anda yang kerap kali mendaki gunung, maka Anda pun bisa mencoba untuk melakukan pendakian di Gunung Rinjani. Gunung tertinggi kedua yang ada di Indonesia ini akan memberikan Anda pemandangan yang sangat indah dari ketinggian. Disini, Anda akan menemukan Danau Segara Anak dan bunga edelweiss yang cantik.

Lokasi: Kab. Lombok Timur, Kab. Lombok Tengah dan Kab. Lombok Barat.

41. Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat

Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat

Image Credit: Wartawisata.id

Masih di kawasan Nusa Tenggara Barat, untuk Anda yang menyukai wisata bahari maka Gili Trawangan menjadi destinasi yang patut Anda jajal. Pesona pantai yang cantik di dalamnya akan membuat Anda menjadi lupa waktu.

Selain itu, bagi Anda yang mencari pantai private, maka lokasi satu ini dapat menjadi alternatif tempat wisata untuk Anda kunjungi.

Lokasi: Desa Gili Indah, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara.

42. Pantai Losari, Makassar

Pantai Losari, Makassar

Image Credit: Instagram.com @khaidirr_

Ketika Anda berkunjung ke Makassar, maka Anda tak boleh melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Pantai Losari. Wisata satu ini menjadi primadona tersendiri di kawasan Sulawesi Selatan.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan disini, mulai dari bersantai di pinggir pantai hingga menikmati kuliner khas yang berada di sekitar. Ketika semakin sore, maka Anda pun akan disuguhkan dengan suasana matahari terbenam yang sangat cantik.

Lokasi: Jl. Penghibur, Losari, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar.

43. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Image Credit: Wartawisata.id

Memiliki wisata alam yang mengagumkan, membuat Anda tidak bisa berpaling begitu saja pada destinasi satu ini. Wakatobi sendiri merupakan singkatan dari nama pulau besar yang ada disini, yakni Wanci, Kaledupa, Tomia dan juga Binongko.

Selain dikenal dengan keindahan alamnya, kawasan Wakatobi juga dikenal dengan sentra pandai besi yang memiliki kualitas terbaik.

Lokasi: Desa Waha, Kec. Wangi-wangi, Kab. Wakatobi

44. Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah

Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah

Image Credit: Pedomanwisata.com

Taman satu ini terkenal akan keindahan alam dan birunya air lautnya. Di dalam air yang jernih tersebut, terdapat terumbu karang yang sangat indah. Sehingga, akan sangat cocok bagi Anda yang menyukai wisata alam bawah laut.

Selain itu, bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan snorkeling, maka Anda bisa mengunjungi Pulau Kadidiri. Kawasan tersebut akan menghadirkan keindahan yang tak akan bisa terlupakan.

Lokasi: Pulau Tongean, Teluk Tomini, Kab. Tojo Una-una.

45. Pantai Dato Majene, Sulawesi Barat

Pantai Dato Majene, Sulawesi Barat

Image Credit: Mandarnews.com

Jika Anda sedang berada di Sulawesi Barat dan ingin mengunjungi pantai yang memiliki pasir putih, maka Pantai Dato Majene menjadi destinasi yang wajib Anda singgahi. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa untuk Anda lakukan saat berkunjung.

Mulai dari snorkeling, memancing bahkan hingga berenang dan menikmati sunset. Tentu saja, liburan Anda pun akan menjadi berkesan saat berada di tempat satu ini.

Lokasi: Dusun Pangale, Baurung, Kec. Banggae Timur, Kab. Majene.

46. Taman Laut Bunaken, Manado

Taman Laut Bunaken, Manado

Image Credit: Twisata.com

Berada di Sulawesi Utara, tepatnya di Manado maka Anda harus mengunjungi Taman Laut Bunaken. Lokasi snorkeling satu ini, bahkan telah terkenal hingga ke seluruh dunia. Panorama yang memanjakan mata hadir di tempat satu ini.

Memiliki luas lebih dari 800 km ini, maka Anda akan menemukan berbagai jenis terumbu karang dan juga spesies ikan dengan jumlah banyak. Sehingga, akan menjadi destinasi idaman saat di Manado.

Lokasi: Liang Beach Bunaken, Kec. Wori, Kota Manado.

47. Pantai Ora, Maluku

Pantai Ora, Maluku

Image Credit: Emanuelndeluwele.blogspot.com

Panorama alam yang indah terpancar dari destinasi satu ini. Air laut yang bening pun akan Anda dapatkan, sehingga Anda pun bisa melihat terumbu karang dari atas dengan mata telanjang.

Untuk itu, saat berada di Maluku, sempatkan untuk hadir mengunjungi Pantai Ora. Anda pun akan dibuat takjub akan keindahan alam dan juga latar belakang indah yang akan membuat Anda terpukau.

Lokasi: Desa Saleman dan Desa Sawai, kec.Seram Utara, Kab. Maluku Tengah.

48. Halmahera, Maluku Utara

Halmahera, Maluku Utara

Image Credit: Instagram.com @nruladisty

Keindahan akan biota laut yang sangat cantik dapat Anda temukan di kawasan satu ini. Setidaknya terdapat 450 spesies terumbu karang yang bisa Anda temukan disini. Anda bisa mengunjungi Pulau Bobale yang bisa Anda gunakan sebagai spot diving dan snorkeling.

Bahkan, di lokasi ini Anda hanya bisa untuk menghabiskan waktu menikmati pantai yang indah sembari bermain pasir putih yang lembut.

Lokasi: Kepulauan Maluku, Kab. Halmahera Timur.

49. Wamena, Papua

Wamena, Papua

Image Credit: Pengenwisata.com

Berada di timur Indonesia, Wamena menawarkan surga yang belum terjamah tangan manusia. Berada di lembah yang dialiri oleh sungai Baliem dan diapit oleh pegunungan Jayawijaya yang memiliki ketinggian 1800 meter, membuat arsitektur lansekapnya sangat indah. Anda bisa mengunjungi beberapa tempat seperti desa asat Pugima, Kebun Raya Wamena dan Gua Contilola.

Lokasi: Wamena, Kec. Wamena, Kab. Jayawijaya

50. Danau Sentani, Papua

Danau Sentani, Papua

Image Credit: Wikipedia.org

Tempatnya yang masih alami menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Memiliki pesona yang tak terelakkan, membuat objek wisata ini banyak dikunjungi oleh pelancong.

Danau Sentani memiliki keunikan tersendiri yakni dikelilingi pulau sebanyak 22 buah. Anda pun bisa mengunjungi ketika Bulan Juni, pasalnya pada saat ini akan diadakan Festival Danau Sentani. Sehingga Anda bisa melihat tari perang khas dari Papua.

Lokasi: Danau Sentani, Kec. Sentani, Kab. Jayapura.

51. Raja Ampat, Papua Barat

Image CrediRaja Ampat, Papua Baratt: Twisata.com

Image Credit: Twisata.com

Raja Ampat merupakan salah satu lokasi menyelam terbaik yang ada di dunia. Dengan keragaman biota laut yang sangat menawan, membuat Anda ingin selalu kembali ke tempat ini. Terdapat lebih dari 75 persen terumbu karang yang ada di dunia terdapat pada kawasan tersebut. Tak mengherankan lokasi ini menjadi surga tersembunyi bagi wisatawan.

Lokasi: Kepulauan Papua Barat, Kab. Raja Ampat.

52. Teluk Hijau, Banyuwangi

Teluk Hijau, Banyuwangi

Image Credit: Travelingyuk.com

Bernama Teluk Hijau dikarenakan tempat ini memiliki air laut yang berwarna kehijauan. Kawasan satu ini memiliki pemandangan yang super eksotis. Sehingga, mata Anda pun akan dimanjakan dengan suasana yang apik. Mulai dari adanya bebatuan yang terhampar di pinggir pantai dan bukit karang yang mengelilingi teluk satu ini.

Lokasi: Dusun Krajan, Sarongan, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi.

53. Pantai Dreamland, Bali

Pantai Dreamland, Bali

Image Credit: Traveloka.com

Berada di Bali pastinya Anda pun akan berwisata ke pantai. Salah satu jenis pantai yang bisa untuk Anda kunjungi adalah Pantai Dreamland yang memiliki ombak tenang dan pasir pantai yang putih. tebing karang dan bebatuan yang ada di pinggir pantai akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sehingga, Anda pun wajib mengunjungi pantai satu ini.

Lokasi: Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

54. Pulau Maratua

Pulau Maratua

Image Credit: Instagram.com @pesonaid_travel

Terletak di Berau, Pulau Maratua termasuk salah satu pulau terluar negara Indonesia yang berdekatan dengan Malaysia. Keindahan bawah laut menjadi daya tarik tersendiri yang bisa Anda dapatkan. Selain itu, adanya dua danau yakni Danau Haji Buang dan Danau Tanah Bamban akan menambah keelokan wisata satu ini.

Lokasi: Kepulauan Derawan, Kab. Berau.

55. Malino

Malino

Image Credit: Pegipegi.com

Surga tersembunyi yang berada di Makassar ini, wajib untuk Anda kunjungi. Pemandangan yang indah yakni dikelilingi oleh kebun teh dan dataran tinggi membuat negeri di atas awan ini menjadi salah satu destinasi unik yang bisa untuk Anda singgahi. Sejuknya angin gunung akan membuat Anda betah berada di tempat satu ini.

Lokasi: Malino, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa.

Itulah deretan rekomendasi tempat wisata terindah yang ada di Indonesia. Memiliki kawasan yang sangat luas, membuat Anda bisa mengunjungi berbagai tempat indah yang Anda inginkan. Mulai dari pantai, kepulauan, danau hingga gunung dan bukit menjadi wisata menarik yang harus Anda kunjungi bersama keluarga dan sahabat.