10 Air Terjun (Curug) di Bandung Paling Hits Dikunjungi

Curug Bandung

Bandung memiliki banyak pilihan objek wisata yang menarik untuk dikunjungi dan salah satunya adalah wisata air terjun. Main ke curug bisa menjadi alternatif liburan yang murah dan tentunya menyenangkan. Bandung memiliki banyak curug dengan keunikan dan daya tariknya masing-masing. Jadi tidak perlu jauh-jauh untuk mengisi waktu liburan.

Kondisi alam di Bandung sendiri memang banyak dikelilingi oleh pegunungan. Hal tersebut menjadi alasan mengapa daerah ini memiliki begitu banyak air terjun atau curug. Kebanyakan air terjun di Bandung pun memiliki suasana khas pegunungan yang sejuk dengan air yang masih jernih dan udara yang bebas dari polusi.

Bagi masyarakat yang setiap hari dibuat stres karena tekanan pekerjaan, berlibur ke curug bisa menjadi pilihan tepat. Bandung memiliki wisata air terjun seperti curug Maribaya, Curug Penganten, Curug Siliwangi, dan masih banyak lagi. Untuk itu, berikut 10 Curug di Bandung bisa menjadi referensi liburan Anda di akhir pekan.

1. Curug Penganten

Curug Penganten

Image Credit: Jejakpiknik.com

Air terjun setinggi kurang lebih 50 meter ini merupakan salah satu objek wisata di Cisarua, Bandung. Berada di ketinggian 1500 mdpl membuat lokasi ini memiliki udara yang sejuk. Wisatawan yang datang ke curug ini masih sedikit sehingga suasananya masih sangat asri dan pengunjung bisa mendapatkan ketenangan dengan baik.

Fasilitas di tempat wisata alam ini pun cukup minim. Tempat parkir yang ada adalah memanfaatkan halaman rumah dari masyarakat sekitar. Warung dan toilet juga belum tersedia. Walaupun minim fasilitas, curug yang satu ini cocok untuk para petualang yang menyukai tantangan dari jalur track yang tersedia untuk mencapai curug Penganten.

Lokasi: Padaasih, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat.

2. Curug Maribaya

Curug Maribaya

Image Credit: Tourbandung.id

Pesona alam yang indah menjadi daya tarik dari tempat wisata alam di Lembang ini. Suasana yang tenang dan nyaman di Curug Maribaya biasanya banyak diburu masyarakat Bandung dan sekitarnya untuk menghabiskan liburan. Masyarakat Bandung di sekitar curug ini sendiri menamainya dengan sebutan lain yaitu Curug Oma.

Pemandangan air terjun setinggi 30 meter ini sendiri dikelilingi banyak pepohonan hijau yang begitu asri. Selain itu, bebatuan besar di sekitar air terjun juga menarik terutama untuk spot foto para pengunjung. Setelah bermain di curug, wisatawan bisa mampir ke pemandian air panas yang masih berada satu lokasi dengan objek wisata curug ini.

Lokasi: Kampung Cikondang Lamajang Pangalengan, Cibodas, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

3. Curug Cimahi

Curug Cimahi

Image Credit: Wisataidn.com

Curug yang dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di Bandung ini merupakan salah satu objek wisata alam populer bagi masyarakat sekitar. Memiliki ketinggian kurang lebih 87 meter membuat aliran air terjun ini cukup deras. Pengunjung bisa menikmati suasana asri dan juga berfoto-foto di dekat curug, namun jangan lupa untuk tetap berhati-hati.

Suasana di tempat wisata ini cukup sejuk dan asri karena berada di ketinggian sekitar 1050 mdpl. Fasilitas di tempat wisata ini sudah cukup baik, seperti tempat istirahat di jalur menuju air terjun. Wisatawan dapat menggunakan jalur tangga untuk mencapai air terjun. Kondisinya cukup terawat dan aman untuk dilalui wisatawan yang ingin melihat curug.

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi No.325, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat.

4. Curug Malela

Curug Malela

Image Credit: Ayobandung.com

Curug yang berada di Gunung Kendeng ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dengan aliran yang lurus. Curung ini merupakan air terjun paling tinggi dari 6 curug lainnya yang mengalir dari satu aliran sungai yang sama. Jadi wisatawan bisa melihat pemandangan berbeda dari 7 air terjun dengan panjang dari seluruh curug yang mencapai 1 km lebih.

Curug ini juga disebut-sebut sebagai Niagara versi Indonesia. Aliran air terjunnya pun cukup deras dengan melewati bebatuan hitam. Pengunjung bisa menggunakan tangga untuk mencapai bawah air terjun. Biasanya wisatawan yang datang berfoto-foto di bawah air terjun dengan tetap berhati-hati karena bebatuan yang basah dan licin.

Lokasi: Sindangjaya, Kec. Gununghalu, Kab. Bandung Barat.

5. Curug Siliwangi

Curug Siliwangi

Image Credit: Tourbandung.id

Objek wisata alam di kawasan Gunung Puntang ini memiliki udara sejuk dengan pemandangan yang masih sangat asri. Aliran air terjunnya tidak terlalu deras tetapi tetap bagus untuk foto-foto. Suasana yang sejuk di ketinggian membuat tempat wisata ini cocok untuk liburan akhir pekan untuk menenangkan diri dan menyegarkan pikiran.

Fasilitas di Curug Siliwangi cukup lengkap karena memang berada di lahan perhutani. Wisatawan bisa menemukan warung, toilet, dan mushola di kawasan Curug Siliwangi. Jika ingin merasakan suasana malam, wisatawan dapat mencoba kemah di bumi perkemahan Gunung Puntang yang berada satu area dengan Curug Siliwangi.

Lokasi: Campakamulya, Kec. Cimaung, Kab. Bandung.

6. Curug Dago

Curug Dago

Image Credit: Mongabay.co.id

Objek wisata curug atau air terjun di Bandung yang patut dikunjungi adalah Curug Dago. Daya tarik dari curug ini sendiri adalah adanya peninggalan sejarah dari kerajaan Thailand yang berupa dua prasasti batu tulis. Curug Dago menjadi salah satu wisata air terjun yang mudah dijangkau oleh wisatawan dan jalur untuk ke curug pun tidak sulit.

Wisatawan yang datang ke Curug Dago masih tergolong sedikit. Kondisi air terjun yang kurang menarik membuat curug ini jarang dikunjungi wisatawan. Lokasinya yang dekat dengan pemukiman menyebabkan lingkungan di sekitar air terjun ini tidak begitu asri dan  airnya pun yang tidak terlalu jernih. Hal tersebut membuat curug ini kurang diminati turis.

Lokasi: Jl. Dago Pojok, Dago, Kec. Coblong, Kota Bandung.

7. Curug Omas

Curug Omas

Image Credit: Pengalamanterbaik.com

Sensasi menikmati air terjun yang beda dari biasanya dapat dirasakan di objek wisata Curug Omas. Wisatawan dapat melihat aliran air terjun dari atas bukan dari bawah air terjun seperti kebanyakan objek wisata curug. Aliran air terjun ini cukup deras dan berasal dari Sungai Cigulun dan Cikawari yang bersatu membuat air terjun yang tinggi.

Wisatawan dapat menikmati pemandangan curug dari atas jembatan. Namun, semua pengunjung diharapkan selalu berhati-hati mengingat hembusan angin di sekitar air terjun yang cukup kuat. Pada masing-masing sisi jembatan sudah dibatasi besi sehingga pengunjung dapat menikmati curug dengan aman tanpa khawatir jatuh.

Lokasi: Langensari, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

8. Curug Cinulang

Curug Cinulang

Image Credit: Tourbandung.id

Curug yang satu ini sangat lekat dengan mitos masyarakat tentang jodoh. Banyak pasangan kekasih yang datang dan berharap hubungan mereka langgeng. Walaupun sebatas mitos, curug ini banyak menarik perhatian wisatawan untuk datang. Daya tarik dari objek wisata air terjun ini sendiri tentu dari pemandangan yang ditawarkan.

Pemandangan curug dan pepohonan hijau di sekitarnya adalah penyegar untuk melepas lelah dan penat. Suasana alam di sekitar curug ini pun sangat sejuk karena memang sebagian besar wilayah di Bandung berada di ketinggian. Jembatan dari bambu di bawah air terjun dapat dijadikan spot untuk foto-foto para wisatawan yang datang.

Lokasi: Cinulang, Kec, Sindulang, Kab. Bandung Timur.

9. Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat

Image Credit: Nativeindonesia.com

Curug dengan tiga aliran air ini meluncur melewati bebatuan dan bertingkat-tingkat yang membuatnya terlihat sangat indah. Curug ini juga memiliki sebutan lain seperti Curug Tilu Ciwidey dan Curug Tilu Parampong. Kondisi alam di sekitar curug ini masih sangat asri dengan udara yang bersih dan sejuk, cocok untuk liburan yang menenangkan.

Selain menikmati pemandangan air terjun, wisatawan juga bisa bermain air di aliran air sungai di bawahnya. Namun untuk sungai yang arusnya deras tidak untuk berenang tetapi untuk olahraga air atau arum jeram. Pengunjung bisa bersantai dan berfoto-foto dengan pemandangan asri yang ada di curug ini.

Lokasi: Jl. Ciwangun Indah Camp,  Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat.

10. Curug Cilengkrang

Curug Cilengkrang

Image Credit: Wisatasia.com

Curug yang berada di sisi timur Bandung ini memiliki aliran yang tidak begitu tinggi tetapi cantik dengan bertingkat-tingkat. Kondisi air di curug ini juga masih bagus dan bersih. Pengunjung bisa melepas penat dengan mencuci kaki dan wajah di air yang sejuk di bawah air terjun. Jadi tubuh yang lelah berjalan kaki akan kembali segar dengan air ini.

Walaupun tidak begitu populer, curug ini patut dijadikan rekomendasi tempat wisata curug di Bandung. Pemandangan yang instagramable di Curug Cilengkrang merupakan daya tarik utama. Selain itu, wisatawan yang datang juga bisa melihat habitat asli dari monyet dan lutung. Hewan-hewan liar tersebut memang tinggal di sekitar curug ini.

Lokasi: Cilengkrang, Kec. Cilengkrang, Kab. Bandung.

Itulah 10 wisata curug di Bandung yang patut Anda kunjungi untuk liburan akhir pekan. Sebagian besar wilayah Bandung yang berada di ketinggian, membuat tempat-tempat wisata di daerah ini memiliki suasana dan udara yang sejuk. Selain warga Bandung, curug-curug di atas juga banyak dikunjungi oleh wisatawan dari luar kota terutama pada saat musim liburan.