Harga Tiket: Rp 12.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Kab. Bandung, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Bukit Jamur Ciwidey juga dikenal dengan nama bukit jamur Rancabolang karena memang tempatnya berada di Desa Rancabolang. Bukit tersebut dikenal dengan nama jamur bukan berarti banyak jamur di lokasi, melainkan karena adanya pohon yang dibuat mirip seperti jamur. Pohon yang dimaksud adalah pohon cemara, dimana semua jenis pohon tersebut dipangkas bagian atasnya dan dibentuk menyerupai jamur.

Itulah asalan utama wisatawan mengunjungi lokasi wisata yang berada di area perkebunan teh ini. Seperti yang diketahui, tidak banyak lokasi wisata yang menyuguhkan panorama kebun alami yang dipadukan dengan alam buatan. Bahkan mungkin saat ini masih belum ada duanya. Kebanyakan menyuguhkan pemandangan alam berupa air terjun, wahana permainan, dan pemandangan alam berupa pegunungan.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Jamur Ciwidey

Daya Tarik Bukit Jamur Ciwidey
Image Credit: Google Maps Arjuna Prasetya

Apalagi kalau bukan ‘Jamur’ yang menjadi daya tarik utama dari objek wisata yang satu ini. Keberadaan pohon cemara yang dibentuk jamur tersebut bisa dijumpai hampir di setiap sudut lokasi utamanya. Jenis jamur yang digunakan sebagai inspirasi pengelola yaitu jamur payung, dimana batang kecil dapat menyangga bagian atasnya yang mirip seperti payung.

Ketika matahari terbit dan tenggelam, jamur tersebut terkena pancaran sinarnya sehingga terjadi perpaduan warna antara hijau dan kuning terang. Hijau merupakan warna asli dari pohon tersebut, sedangkan kuning merupakan warna ketika matahari baru menampakkan diri dan akan berpamitan.

Menariknya, ukuran pohon dari Bukit Jamur Ciwidey tersebut hampir semuanya sama dan berjejer rapi seperti barisan tentara yang sedang melakukan upacara. Anda bisa membuktikannya ketika melihatnya dari titik awal lokasi taman tersebut berada. Jika anda pernah melihat film Alice in Wonderland, begitulah kira-kira sensasi yang bisa didapatkan.

Selain taman berupa pohon jamur, ada juga jembatan yang tidak kalah unik yang bisa dijadikan tempat untuk menikmati pemandangan alam. Di jembatan yang juga terdapat Sky Bridge ini, pengunjung bisa melihat indahnya alam semesta darat dari kejauhan.

Lokasinya yang masih berada di perkebunan teh menjadi daya tarik tersendiri dalam hal pemandangan alam. Kebun teh yang sangat luas dan hampir menutupi setiap pandangan dapat dijadikan penyejuk suasana. Apalagi letaknya berada di kaki Gunung Tilu dan Gunung Patuha, udara sejuk dan dingin alami semestinya bisa dengan mudah anda dapatkan.

Daya tarik berikutnya yaitu dari nilai sejarah, dimana anda bisa menyaksikan bangunan tua yang masih lengkap dengan cerobong asap sebagai penghangat ruangan. Ada juga pabrik teh peninggalan zaman belanda yang masih berdiri gagah tidak jauh dari lokasi Bukit Jamur Rancabolang.

Bagi pelancong yang mempunyai banyak waktu, keberadaan lokasi Bukit Jamur Ciwidey yang dekat dengan spot wisata lainnya bisa menjadi daya tarik tambahan. Sebut saja objek wisata Situ Patenggang dan Taman Kelinci, lokasinya bisa ditempuh dengan hanya melakukan perjalanan beberapa menit saja.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Bukit Jamur Cwidey
Image Credit: Instagram كلمات حب

Tertarik untuk berkunjung ke lokasi wisata unik yang satu ini? Pastikan anda mencatat alamat lengkapnya di Desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Lokasinya masih berada di kawasan perkebunan PTPN VIII, jadi tidak sulit untuk menemukannya.

Adapun rute yang bisa diambil ketika menuju ke lokasi yaitu dengan mengambil arah tujuan Ciwidey. Ambil jalur utama dan lanjutkan perjalanan hingga menuju dusun Keneng. Tidak mudah untuk melakukan perjalanan menuju lokasi, selain jalannya berliku, banyak tanjakan dan turunan yang harus dilalui. Selain itu, beberapa jalan masih belum di aspal, artinya anda harus melewati bebatuan dan juga jalan yang masih dalam bentuk tanah.

Untuk masuk ke desa Rancabolang, anda bisa menggunakan Alfamart sebagai patokan utama. Setelah melewati Kolam Renang Ciwidey Valley Resort, anda langsung putar balik sesuai rambu yang sudah diberikan. Selanjutnya, anda akan menemukan desa Baru Tunggul, terus saja hingga menuju ke desa Rancabolang. Setelah menempuh perjalanan beberapa menit, ada PLTU Geodipa Energi yang siap menanti, artinya anda sudah tiba di lokasi Bukit Jamur Ciwidey.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Bukit Jamur Ciwidey
Image Credit: Google Maps Joko Suprianto

Sebelumnya, anda bisa bebas memasuki kawasan wisata bukit janur ini tanpa harus membayar tiket masuk. Namun saat ini berbeda, siapkan uang sebesar 12.000 rupiah untuk satu orang. dengan biaya tersebut, anda mendapatkan teh dalam bentuk kemasan sebagai gantinya. Anggap saja anda sedang membeli teh dan diberikan bonus berupa taman jamur yang indah dan menakjubkan.

Selain biaya masuk, pengunjung juga dikenakan tarif parkir kendaraan. Cukup murah untuk sekelas lokasi wisata, yaitu 2.000 untuk motor, dan mobil sebesar 5.000 rupiah. Semua biaya yang dikeluarkan tersebut untuk kepentingan dan kemajuan lokasi wisata yang anda kunjungi, baik sarana maupun prasarana.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bukit Jamur Ciwidey

Aktivitas Menarik Bukit Jamur Ciwidey
Image Credit: Google Maps Raswyshnoe Boing

Selain daya tarik, setiap lokasi wisata mempunyai aktivitas tersendiri yang menarik dilakukan. Semua tergantung dari lokasi dan spot utamanya, dalam hal Bukit Jamur Ciwidey, berikut beberapa rekomendasi aktivitas yang menarik dilakukan!

1. Menikmati Pemandangan Alam

Lokasinya yang berada di pegunungan membuat semua pengunjung tidak bisa mengabaikan keindahan alam yang disajikan. Aktivitas ini menjadi yang paling utama, karena sejak pertama kali menginjakkan kaki di lokasi, berbagai sudut pemandangan sudah siap menanti.

Dari atas, anda bisa melihat lereng yang diselimuti pepohonan rindang dengan bidang kemiringan yang cukup terjal. Berbeda lagi ketika membalikkan arah pandangan ke bawah, masih tetap hijau, namun tekstur dan kontur pepohonan yang bisa jadi berbeda. Seakan-akan anda sedang melihat tangga berbalut lumut, namun tidak licin tentunya.

Pemandangan alam buatan juga tidak kalah menariknya, yaitu bukit jamur. Sesekali anda juga bisa duduk santai dibawah pohon rindang tersebut hanya untuk menikmati suasana alam yang menyegarkan. Angin yang berhembus perlahan menambah suasana menjadi semakin asri, namun jangan sampai ketiduran ya!

2. Berjalan-jalan di Kebun Teh

Aktivitas menarik selanjutnya yaitu mengeksplorasi alam setempat, yaitu kebun teh. Tempat wisata yang masih berada di kawasan perkebunan PTPN ini cocok dijadikan sebagai ajang relaksasi. Kebun teh yang cukup luas menjadikan kegiatan liburan semakin seru.

Tidak hanya jalan-jalan, anda juga bisa menemukan petani yang sedang panen dan memetik pucuk daun teh jika beruntung. Meskipun tidak ditemukan, anda masih bisa menikmatinya dengan hanya berjalan-jalan saja. Jika anda berkunjung bersama anggota keluarga, kebun tersebut juga bisa dijadikan sarana bermain, yaitu petak umpet. Lokasinya yang luas dan banyak tikungan bisa sangat memungkinkan untuk melakukan aktivitas seru tersebut.

3. Menyusuri Jembatan Mini

Adanya jembatan mini yang ada di lokasi Bukit Jamur Ciwidey melengkapi aktivitas yang bisa anda lakukan. Jembatan tersebut cukup panjang dan tidak menghubungkan apapun. Maksudnya, jembatan tersebut hanya digunakan sebagai sarana untuk melihat pemandangan alam. Dari atas jembatan, anda bisa melihat berbagai panorama alam menakjubkan, salah satunya yakni hamparan kebun teh yang terlihat seperti rumput liar.

Meskipun terbuat dari kayu, namun kekuatannya sudah diperhitungkan. Jadi tidak perlu khawatir ketika berjalan di atasnya, sekalipun dilakukan banyak orang sekaligus. Jembatan yang dimaksud juga dijadikan sebagai ikon utama dari spot wisata yang ada di Bandung ini, karena terdapat tulisan sesuai nama desanya, yaitu Rancabolang. Tulisannya cukup besar dengan warna orange, jadi ketika kondisi cuaca apapun masih tetap terlihat dengan baik.

Aktivitas Menarik di Bukit Jamur Ciwidey
Image Credit: Google Maps Tommy Agung

4. Berkunjung ke Bangunan Klasik

Bangunan tua yang ada di lokasi bisa dijadikan kegiatan tambahan, meskipun tidak wajib. Anda yang menghargai nilai sejarah pasti tertarik untuk menambah wawasan. Apalagi bagi anak-anak, berkunjung ke spot tersebut mempunyai banyak manfaat. Diantaranya bisa menumbuhkan rasa keingintahuan, daya tarik visual dan yang penting yaitu mengenal sejarah.

Satu hal yang menarik perhatian yaitu bangunan yang dimaksud dibiarkan alami sesuai peninggalan dahulu kala. Dalam artian tidak direnovasi atau diperbaiki beberapa hal yang rusak. Hal ini bisa dibuktikan dari kondisi cat yang banyak mengelupas, serta atap dari kayu yang tidak lagi bisa dikatakan dalam kondisi baik.

5. Berburu Spot Foto Menarik

Kalau aktivitas ini tidak perlu dipertanyakan lagi, banyak spot foto yang bisa anda gunakan sebagai latar belakang. Semuanya cantik dan menarik, tidak ada satu pun yang boleh ditinggalkan. Sebagai contoh yaitu bukit jamur yang sesuai dengan tujuan anda datang ke lokasi. Deretan jamur raksasa buatan tersebut cukup menarik perhatian dan cocok di upload di media sosial.

Di pagi hari, anda bisa mendapatkan pohon cemara jamur yang dihiasi kabut tipis jika beruntung. Kabut tersebut menyelimuti semua tumbuhan cemara yang sudah dimodifikasi, sehingga jarak pandang tidak terlalu jauh. Itulah yang menjadi kelebihannya, dimana foto yang dihasilkan akan jauh lebih indah. Dalam artian dunia fotografi, hal itu disebut juga dengan istilah ‘Bokeh’.

Selain pohon jamur, spot foto yang paling banyak disukai wisatawan yaitu jembatan mini. Di tempat tersebut, anda bisa menggunakan kebun teh atau lereng bukit sebagai objek utamanya. Tidak diperlukan skill foto profesional untuk mendapatkan hasil jepretan yang indah di jembatan ini. Bagi pemula, hasil terbaik juga bisa didapatkan tanpa harus melakukan proses editing.

Bukan hanya itu, spot lain yang bisa dijadikan latar belakang foto juga bisa didapat di bangunan klasik yang sudah dibahas sebelumnya. Apalagi jika anda sudah menyiapkan baju ala kolonial belanda, pasti dikira seorang kompeni.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Bukit Jamut Ciwidey
Image Credit: Google Maps Nino syawali

Sebagai tempat wisata yang dikelola dengan baik, Bukit Jamur Ciwidey menyediakan fasilitas yang cukup memadai. Anda bisa menggunakan toilet untuk mandi atau keperluan lainnya, juga terdapat Mushola di dekat pintu masuk. Fasilitas wajib lainnya yaitu tempat parkir dengan luas lahan yang cukup.

Bagi anda yang sedang merasa lapar, bisa makan di warung atau tempat makan yang sudah disediakan. Menunya cukup bervariasi, begitu juga dengan harganya yang terjangkau. Selain makanan, tersedia juga minuman, baik jenis minuman biasa maupun minuman yang sedang hits seperti es Boba.

Fasilitas lain yang tersedia yaitu gazebo, silahkan istirahat sejenak jika merasa kelelahan, atau sekadar bersantai menikmati keindahan alam. Gazebo termasuk fasilitas gratis dan sudah termasuk kedalam tarif tiket masuk.

Sekian dulu pembahasan mengenai Bukit Jamur Ciwidey yang tidak akan ada habisnya. Jika anda penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut silahkan langsung datang ke lokasi. Kapan saja bisa, karena tempat ini di buka setiap hari. Namun alangkah baiknya jika datang di hari aktif jika tujuan utamanya untuk berburu spot menarik.