Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Purwodadi, Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Jogja tidak hanya terkenal akan wisata kuliner yang nikmat, namun juga wisata alam dengan pemandangan memukau. Salah satunya adalah Bukit Pengilon yang terletak di kawasan Gunung Kidul. Panorama alam khas perbukitan menjadi alasan tersendiri kenapa setiap hari selalu ramai pengunjung, terutama hari libur. Lokasinya berada di bibir pantai sehingga menambah suasana syahdu ketika berkunjung.

Destinasi wisata ini sebenarnya masih dalam kesatuan dengan Pantai Bukit Pengilon karena lokasinya memang saling berdekatan. Satu hal yang menjadi pembeda bukit ini adalah tanpa dihiasi pohon rindang seperti bukit ada umumnya. Selain itu, batuan menjulang tingi jarang ditemukan sehingga wisatawan bebas melihat pemandangan laut tanpa ada halangan.

Hamparan rumput dan semak luas, itulah ciri khas dari bukit yang berada di kaki Gunung Purba Batur ini. Tanpa pasir putih seperti pantai pada umumnya, panorama alam yang disajikan ternyata justru mempesona. Mulai dari batas pantai langsung bertemu dengan bukit sehingga ombang datang dari arah laut menerjang batuan tebing.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Pengilon

Daya Tarik Bukit Pengilon Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps AURORA KIDS COLLECTIONS

Setiap objek wisata pasti mempunyai kelebihan tersendiri, meskipun hanya berupa perbukitan. Bukit Pengilon memiliki daya tarik yang tidak didapat dari bukit ditempat lain dan sekaligus menjadikan alasan selalu ramai. Dari beberapa daya tarik yang ada, berikut kami rangkum yang paling utama!

1. Panorama Alam Bukit Pengilon yang Indah

Tidak dapat di pungkiri bahwa alasan utama wisatawan yang datang kebanyakan dikarenakan ingin melihat pemandangan alam di bukit ini. Letak bukit yang cukup tinggi memungkinkan pengunjung melihat pemandangan laut lepas dari Samudera Hindia dengan jelas. Bibir Pantai Selatan jauh membentang juga terlihat indah dan menjadi pemandangan tersendiri.

Panorama semakin indah ketika tidak ada penghalang berupa batuan dan pepohonan karena Bukit Pengilon memang minim adanya kedua benda alam tersebut. Dari atas bukit, tampak air laut berwarna kebiruan dengan gulungan ombak indah berkejaran. Di tempat ini pula anda bisa merasakan sejuknya udara yang merupakan perpaduan antara angin laut dengan angin khas perbukitan.

Hampir semua pemandangan bisa dilihat dari puncak bukit, semuanya berupa garis pantai. Sebagai contoh ketika anda memandang arah barat, jelas terlihat keindahan Pantai Banyu Nibo dan Pantai Siung. Sedangkan Pantai Wedi Ombo dan Pantai Watu Lumbung bisa anda nikmati ketika melihat ke arah timur.

2. Tempat Melihat Matahari Terbit

Selain cantik dengan panorama alam berupa lautan dan perbukitan, objek wisata ini juga sangat tepat dijadikan tempat untuk menikmati matahari terbit. Lokasinya yang membentang luas bisa memungkinkan anda melihat panorama indah di pagi hari tersebut hampir di semua titik.

Cahaya matahari yang perlahan naik dengan pasti tidak hanya memberikan keindahan, namun juga kehangatan. Dikarenakan tempatnya yang berada di ketinggian, tidak menutup kemungkinan cuaca nya akan dingin. Tampak jelas cahaya yang merambat dan menyinari rerumputan dan semak secara perlahan. Meskipun fenomena alam ini terjadi setiap hari, namun banyak wisatawan yang datang dengan tujuan menjadi saksi keindahannya.

3. Keindahan Kontur Perbukitan

Daya tarik lain dari Bukit Pengilon yakni dari kontur khas perbukitan. Pemandangan ini tidak bisa anda saksikan jika berada di tengah bukit. Akan tetapi sangat indah jika anda berada di tepi bukit dengan kontur tebing indah. Batuan kecil dan besar seolah menyatu dengan rapat membentuk tekstur alami.

Bahkan dari sudut tertentu, anda bisa menyaksikan indahnya Air Terjun Banyu Tibo yang mengalir pasti di dinding tebing. Namun untuk kali ini, anda harus berhati-hati ketika berada di tepi tebing. Hal ini dikarenakan dinding tebing yang curam dengan batuan yang mungkin saja bisa longsor. Mengutamakan keselamatan adalah hal yang paling penting dalam berwisata.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Pengilon Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Rizkah Giyasusanti

Bukit Pengilon terletak di kawasan Gunung Kidul, tepatnya di Tepus, Purwodadi, Gunung Kidul, Balong, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya yang terpencil mengharuskan wisatawan bersabar menuju lokasi. Dari pusat kota Jogja, jarak yang harus ditempuh sekitar 75 kilometer.

Jarak tersebut membuat anda harus menghabiskan waktu sekitar 2 jam lebih selama perjalanan. Untuk rute nya bisa mengambil arah Wonosari dan melewati Pantai Baron. Setelah tiba di Mulo Wonosari, lanjutkan perjalanan dengan mengambil arah timur. Kemudian lanjutkan perjalanan hingga menuju ke Watu Lumbung.

Dari titik tersebut, anda akan menemukan pos penarikan tiket dan langsung memarkir kendaraan. Setelah dari tempat parkir, anda harus melanjutkan tracking dengan jalan kaki menuju puncak bukit. Lumayan jauh, namun pemandangan yang disajikan dapat menjadi hiburan ketika lelah dalam perjalanan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Bukit Pengilon Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps arif yahya

Harga tiket masuk Bukit Pengilon sangat murah, anggap saja gratis karena anda hanya dikenakan biaya retribusi sebesar 5.000 rupiah untuk satu orang. Harga tersebut jauh dari pengalaman seru yang anda dapatkan di tempat wisata cantik ini. Setelah memasuki lokasi, anda bebas melakukan berbagai macam aktivitas sesuai keinginan.

Selain biaya masuk yang murah, jangan lupa siapkan sedikit uang untuk parkir kendaraan. Masih dengan standar objek wisata, parkir motor dikenakan biaya 2.000, sedangkan mobil 5.000 rupiah. Selain kedua biaya tersebut, hampir tidak ada lainnya kecuali jika anda ingin membawa perbekalan dengan membeli di beberapa warung yang terdapat di lokasi parkir.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bukit Pengilon

Aktivitas Bukit Pengilon Gunung Kidul
Image Credit: Twitter ALAM PERSADA TOURS

Seperti yang dikatakan diatas, anda bebas melakukan aktivitas apapun di lokasi wisata ini. Bagi yang baru berkunjung mungkin masih bingung mengenai hal ini. Wajar saja karena tidak ada wahana atau permainan yang bisa dinikmati. Namun jangan salah, aktivitas berikut pastinya sangat menarik dilakukan ketika berada di Bukit Pengilon!

1. Tracking Seru dan Menantang

Bagi pecinta alam atau mereka yang suka dengan perjalanan menantang menaiki bukit, aktivitas tracking pastinya seru. Kontur khas perbukitan dengan jalan menanjak dan curam menghiasi setiap langkah. Batuan besar dan kecil menjadi penghias perjalanan yang kadang membuat semakin seru.

Jalan yang harus dilalui tidak terlalu lebar, hanya berupa jalan setapak. Kanan kiri jalan merupakan tanah yang ditumbuhi rumput subur. Meski demikian, banyak wisatawan yang menikmati perjalanan menuju puncak bukit karena banyak pemandangan cantik yang menyertai. Tidak heran jika perjalanan anda tidak terasa dan tiba-tiba sampai di lokasi wisata.

2. Menikmati Pemandangan Bukit Pengilon

Setelah tiba di puncak bukit, perasaan semakin mengharukan dengan pesona alam yang disajikan. Seperti yang dikatakan sebelumnya, anda bisa melihat berbagai pemandangan alami dari pantai dan kontur khas perbukitan. Aktivitas ini menjadi wajib bagi setiap pengunjung karena inilah tujuan utama mereka.

Indahnya beberapa pantai yang bisa dilihat dari puncak bukit memberikan ketenangan bagi jiwa yang sedang gundah. Perasaan penat dan lelah setelah bekerja seharian juga terasa berkurang. Begitu juga perjalanan tracking yang dilakukan sebelumnya, pastinya bisa terobati setelah menikmati pemandangan indah Bukit Pengilon.

3. Serunya Memancing Dibawah Tebing

Aktivitas lain adalah memancing, meskipun jarang pengunjung yang melakukannya. Bagi yang hobi memancing, tidak ada salahnya jika anda mencoba peruntungan dengan melempar kail untuk mendapatkan ikan. Berbagai ikan bisa ditemui di bibir pantai yang berbatasan dengan tebing karena memang pada umumnya ikan bersembunyi di bebatuan.

Untuk aktivitas ini, anda perlu melakukan perjalanan dengan menuruni bukit. Ada jalan setapak yang bisa dilalui, namun cukup curam sehingga diperlukan kewaspadaan ekstra. Sayangnya, pihak pengelola tidak menyediakan peralatan pancing, jadi anda bisa membawa sendiri dari rumah, begitu juga dengan umpan nya.

Aktivitas Seru Bukit Pengilon Gunung Kidul
Image Credit: Twitter Putu Ayu Ratna Dian

4. Bermalam Sambil Camping

Tidak sedikit wisatawan yang bermalam dengan mendirikan tenda ketika berada di Bukit Pengilon. Aktivitas ini sangat seru dan bisa dilakukan siapa saja. Keindahan alam memang tidak tampak, namun suasana malam di tengah hamparan bukit memberikan sensasi yang berbeda. Sesekali, terdengar suara hewan dari jenis serangga dan burung yang menghiasi malam anda.

Aktivitas camping bahkan menjadi wajib bagi mereka yang memiliki banyak waktu liburan. Terdapat area camping ground tersendiri, yakni disebelah jalan setapak. Anda bebas mendirikan tenda di sekitar lokasi tersebut, asalkan tidak menghalangi jalan. Seperti halnya peralatan memancing, pengelola tidak menyediakan fasilitas tenda untuk camping. Maka dari itu, jangan lupa menyiapkan sendiri dari rumah.

5. Menunggu Matahari Terbit

Panorama alam yang disajikan Bukit Pengilon bukan hanya berupa pantai dan pemandangan perbukitan. Seperti yang telah dibahas pada daya tarik diatas, anda akan dibuat terpana dengan panorama matahari terbit. Keindahannya selalu dinanti setiap wisatawan yang berkunjung.

Aktivitas ini masih menjadi satu paket dengan camping karena pada umumnya, pengunjung yang bermalam memiliki niat untuk melihat matahari terbit. Bagi anda yang tidak bermalam, mungkin sedikit lebih sulit menyaksikan sunrise. Perlu berangkat pagi jika ingin menyaksikan dari rumah. Apabila jarak lokasinya jauh, tentu tidak memungkinkan untuk aktivitas ini.

6. Berburu Spot Foto Cantik

Dikarenakan pemandangan indah dan asri yang disediakan, aktivitas yang tidak boleh terlewatkan yakni berburu spot foto. Banyak sekali spot liar yang bisa dijadikan latar belakang foto. Salah satu yang paling menarik dan banyak diincar adalah pemandangan alam berupa pantai. Jika pengambilan sudut tepat, pastinya foto yang dihasilkan lebih estetik.

Selain berupa pantai, hamparan rumput yang ada di Bukit Pengilon juga tidak boleh dilupakan. Background dengan warna hijau khas rumput dan semak seharusnya cantik menghiasi foto anda. Tidak lupa adanya tebing yang saling berhadapan sehingga membuat air laut menjorok kedalam. Spot ini juga cantik dan menjadi primadona sebagian besar wisatawan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Bukit Pengilon Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Shidiq dianta

Dari semua kecantikan dan keindahan yang disajikan, sayang sekali bahwa fasilitas di Bukit Pengilon kali ini belum mumpuni. Di puncak bukit, anda hanya menemukan bangku yang biasanya digunakan sebagai tempat duduk untuk melepas lelah atau menikmati pemandangan.

Tidak terdapat mushola di sekitar lokasi, namun anda bisa menemukannya ketika di tempat parkir. Bagi yang ingin menggunakan toilet juga demikian, lokasinya cukup jauh dan bisa didapatkan di lokasi Pantai Siung. Warung juga tidak ditemukan jika anda sudah berada di puncak, ada baiknya jika membawa perbekalan dari rumah atau ketika di bawah.

Sedikit tips ketika anda mengunjungi Bukit Pengilon di Gunung Kidul, usahakan datang ketika akhir musim hujan. Alasannya, rumput masih terlihat segar dengan warna hijau cerah sehingga menambah kecantikan lokasi. Musim kemarau panjang bukan hanya menjadikan rumput kering, namun juga udara di sekitar lokasi terasa panas.