Harga Tiket: Rp 30.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Dusun Darum, Tlogosari, Kec. Bandungan, Kab. Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Bagi Anda yang hobi jalan-jalan ke luar kota, dapat mencoba untuk berkunjung ke Sunrise Hill Gedong Songo. Objek wisata ini memiliki keindahan alam berupa pegunungan yang dapat dilihat dari beberapa lokasinya. Anda akan merasakan kesejukan udara serta heningnya suasana dari objek wisata tersebut. Sebagian besar lokasi yang berada dalam area wisata adalah spot untuk berfoto.

Anda dapat melakukan selfie pada banyak spot favorit yang keren dan indah. Anda serta dapat mengenakan berbagai pakaian ketika mengunjungi lokasi ini karena tersedia penyewaan baju khas dari setiap negara seperti China, Korea, dan Jepang. Tersedia pula beberapa wahana khusus untuk bermain anak yang menyenangkan.

Keunikan lain Sunrise Hill seperti Kampung Horor yang memiliki desain dan suasana mistis untuk berfoto. Anda dapat jalan-jalan sambil menikmati cemilan sepanjang area wisata tersebut. Bahkan lokasi wisata ini menyediakan sistem internet gratis berupa Free Wifi bagi para pengunjungnya. Hal tersebut tentu saja semakin membuat Anda tidak ingin pulang ketika berwisata disana.

Daya Tarik yang Dimiliki Sunrise Hill Gedong Songo

Daya Tarik Sunrise Hill Gedong Songo
Image Credit: Instagram Alexander Lucas Prayitno

1. Suasana Alam yang Sejuk

Daya tarik darki Sunrise Hill Gedong Songo yakni suasananya sejuk dan cocok bagi Anda yang ingin menenangkan pikiran. Anda dapat duduk santai pada sebuah gazebo sambil memandangi seluruh pemandangan gunung, perkebunan, serta kota dari wilayah sekitarnya.

Suasana seperti ini banyak didambakan oleh wisatawan yang bekerja di perkotaan untuk melakukan refreshing. Selain itu, Anda dapat mengajak keluarga ataupun teman untuk berlibur ke destinasi ini untuk makan bersama ataupun berfoto sehingga liburan terasa lebih bermakna.

Sunrise Hill tersebut banyak dikunjungi oleh wisatawan berupa rombongan keluarga di akhir pekan untuk berkumpul bersama. Tidak sedikit pula yang melakukan acara reuni dalam destinasi wisata tersebut.

2. Konsep Wisata yang Kekinian

Selain keadaannya yang asri, destinasi wisata ini memiliki konsep wisata yang instagrammable sehingga banyak dikunjungi oleh kalangan anak muda. Anda dapat melakukan selfie bersama sahabat dengan seru pada setiap spot foto terbaiknya.

Berfoto menggunakan baju khas dari negara tertentu akan terlihat keren dan seperti sedang menikmati liburan di luar negeri. Tidak hanya orang dewasa, destinasi ini bahkan diminati oleh kalangan anak-anak karena berbagai wahana menarik di dalamnya.

Terdapat beberapa perosotan dengan patung lucu pada lokasi tertentu yang membuat anak betah bermain disana. Wahana bermain anak ini memiliki desain lucu dan penuh warna, serta terdapat beberapa bunga cantik yang membuatnya semakin menarik.

3. Adanya Lokasi Favorit Rumah Terbalik

Sunrise Hill Gedong Songo mempunyai sebuah spot foto yang paling diminati oleh seluruh pengunjungnya yakni Rumah Terbalik. Anda akan mendapatkan hasil foto yang sangat berbeda ketika melakukan pemotretan di lokasi tersebut. Hasil pemotretan akan menunjukkan bahwa Anda berada dalam posisi terbalik di rumah tersebut.

Sebaiknya Anda menggunakan kamera dengan lensa terbaik ketika mengunjungi Rumah Terbalik ini agar hasil foto lebih maksimal. Posisi Anda dalam foto akan terbalik seperti berputar sekitar 360 derajat.

Setelah berfoto disini, para wisatawan biasanya langsung membagikan hasilnya dalam beberapa sosial media dan membuat masyarakat banyak berkunjung ke destinasi ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Sunrise Hill Gedong Songo
Image Credit: Google Maps Deby Fauziah

Objek wisata Sunrise Hill Gedong Songo ini berlokasi di Dusun Darum, Tlogosari, Candi. Alamat tersebut berada dalam daerah Bandungan, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Lebih tepatnya lokasi dari destinasi wisata ini sering disebut masyarakat setempat dengan nama Kawasan Candi Gedong Songo.

Lokasi ini mudah dikunjungi oleh berbagai wisatawan karena lokasinya yang dekat dari pusat kota. Untuk rutenya sendiri, Anda harus memulai perjalanan dari pusat Kota Semarang. Mulai perjalanan mobil dari arah simpang lima di pusat kota. Gunakan Maps dan carilah Jalan Semarang – Surakarta, kemudian lakukan perjalanan menuju Jalan Kartanegara.

Lebih tepatnya, Jalan Kartanegara ini berada di daerah Ungaran. Anda akan menempuh perjalanan sekitar setengah jam dengan jarak 23 kilometer. Anda harus melalui beberapa rute seperti Jalan Pahlawan dan Diponegoro sebelum sampai di Ungaran. Setelah sampai, kemudikan kembali mobil menuju Jalan Wisnuwardhana II, kemudian lurus hingga Desa Pagersari.

Anda harus membelokkan kendaraan ke arah kanan setelah sampai di desa tersebut. Arahkan mobil menuju Jalan Sukorini dan Jalan Hadiningrat yang sudah dekat dengan Sunrise Hill Gedong Songo. Anda hanya perlu mengendarai mobil sekitar tujuh menit dari Jalan Hadiningrat menuju Jalan Candi Gedong Songo.

Keseluruhan perjalanan ini memakan waktu lebih dari satu jam lamanya ketika menggunakan kendaraan pribadi. Namun, jika Anda mencoba menggunakan kendaraan umum, maka waktu perjalanan akan lebih lama dan cukup melelahkan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Sunrise Hill Gedng Songo
Image Credit: Google Maps Millenial Semarang

Sunrise Hill Gedong Songo memiliki harga tiket masuk yang tergolong standar yaitu sekitar 30 ribu rupiah bagi setiap wisatawan. Sedangkan biaya parkir kendaraannya jauh lebih murah yakni 2000 rupiah untuk motor dan 5000 rupiah jika Anda menggunakan mobil. Anda dapat menikmati berbagai spot foto di dalamnya dengan biaya yang sangat terjangkau.

Namun, untuk menaiki berbagai wahana di dalamnya, Anda harus kembali membayar sekitar 15.000 rupiah pada setiap permainannya. Tiga wahana yang memiliki harga tersebut yaitu Sky Merry, Komedi Putar, dan Keddy Boad. Hal ini tentu menjadi poin utama yang menjadi alasan para wisatawan banyak berkunjung ke destinasi tersebut.

Selain nyaman, harga yang diberikan pun tergolong ramah di kantong. Anda dapat menikmati kegiatan berfoto serta berbagai wahana di dalamnya dari pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore. Lamanya waktu tersebut akan membuat Anda serta wisatawan lainnya merasa puas saat menikmati seluruh lokasi dari destinasi wisata ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Sunrise Hill

Aktivitas di Sunrise Hill
Image Credit: Google Maps irul simbah

1. Berfoto

Kegiatan berfoto tentunya wajib Anda lakukan saat berkunjung ke Sunrise Hill Gedong Songo. Anda dapat berfoto di Gazebo, Kampung Horor, ataupun Halloween dengan background berbeda-beda. Seluruh spot foto ini dapat Anda coba satu persatu sepuasnya hingga sore hari.

Anda wajib membagikan seluruh foto keren yang didapatkan dari lokasi wisata dalam internet agar destinasi semakin populer di kalangan wisata lokal hingga mancanegara.

2. Berenang

Terdapatnya sebuah kolam renang kecil pada sekitar lokasi wisata biasanya dimanfaatkan para wisatawan untuk merasakan kesegaran airnya. Meskipun tidak begitu luas, kolam renang ini dihiasi dengan ember tumpah dan perosotan sehingga sangat diminati oleh anak-anak.

Sebaiknya Anda berenang setelah berkeliling pada setiap spot foto dalam objek wisata tersebut. Kesegaran air kolam dapat menghilangkan rasa lelah dan panas setelah melakukan berbagai aktivitas.

3. Berkeliling Menggunakan Pakaian Adat

Anda bersama keluarga ataupun sahabat dapat berfoto menggunakan Hanbok ataupun Kimono di Sunrise Hill Gedong Songo ini. Terdapat pula beberapa pakai khas negara lainnya yang disewakan dalam objek wisata tersebut. Tidak hanya penyewaan pakaian saja, Anda bahkan dapat melakukan photo studio di dalamnya.

Aktivitas Menarik di Sunrise Hill
Image Credit: Google Maps Arnetha 99

4. Gathering dan Meeting

Kegiatan menarik berikutnya yang dapat Anda lakukan di objek wisata tersebut yaitu Meeting perusahaan ataupun Family Gathering. Luasnya area destinasi ini biasa disewa para wisatawan untuk acara reuni, foto bersama, dan sebagainya. Beberapa paket outbond yang tersedia pun sangat cocok ketika Anda mengadakan Family Gathering.

5. Glamour Camping

Anda dapat mengikuti kegiatan Glamour Camping yang sering diadakan dalam Gedong Songo ini. Namun, Anda harus membayar sekitar 500 ribu rupiah dalam melakukan Glamour Camping tersebut dengan rute Gedong Songo dan sekitarnya. Mengikuti acara seperti ini akan memberikan pengalaman yang luar biasa pada Anda selama liburan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Sunrise Hill
Image Credit: Google Maps Wisata Sunrise Hill Gedong Songo Bandungan

Terdapat beberapa fasilitas dalam Sunrise Hill Gedong Songo seperti lahan parkir luas, kolam renang, dan toilet umum. Dengan adanya fasilitas tersebut, Anda akan merasa tenang selama menjalani liburan karena kendaraan tersimpan aman. Selain itu, Anda dapat bermain air ataupun berenang di kolam yang telah tersedia.

Fasilitas menarik lainnya yaitu tersedia beberapa penginapan terdekat dari lokasi wisata dengan biaya terjangkau. Anda hanya perlu membayar sekitar 500 ribu rupiah untuk penyewaan setiap malamnya. Adanya fasilitas tersebut memudahkan para pengunjung dari luar kota yang ingin menginap setelah berlibur di destinasi tersebut.

Selanjutnya tersedia sebuah restoran di dalam area wisata dengan berbagai menu lezat di dalamnya. Harga setiap makanan serta minumannya sendiri mulai dari 30 ribu hingga 100 ribu rupiah. Anda pun tidak perlu membawa bekal makanan terlalu banyak karena dapat membeli cemilan ataupun makanan berat lainnya di destinasi wisata.

Itulah penjelasan dari wisata Sunrise Hill Gedong Songo yang dapat Anda kunjungi ketika berada di Kota Semarang dan sekitarnya. Anda dapat menikmati sebuah liburan bersama keluarga dengan berfoto, berenang, hingga melakukan glamour camping disana. Hal inilah yang membuktikan bahwa Kota Semarang memiliki banyak destinasi, termasuk Gedong Songo ini.