Harga Tiket: Rp 35.000, Jam Operasional: 09.00- 21.00 WIB, Alamat: Jl. Soekarno Hatta, Ngemple, Bawen, Kec. Ngemplak, Kab. Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Dusun Semilir Eco Park di Semarang memiliki desain yang sangat indah dan juga menarik serta lengkap. Sehingga Anda bisa menikmati semua yang ada disini seperti kebun binatang mini, area terbuka yang bisa digunakan untuk berkemah, kawasan bermain yang banyak serta tersedia juga kuliner yang dapat di buru.

Selain itu, banyak sekali tempat berfoto yang bisa dipilih sehingga akan menambah daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya. Adapun tempat mengedukasi yang bisa menambah pengetahuan Anda.

Oleh sebab itu, wisata kekinian Dusun Semilir Eco Park ini banyak diminati oleh para pengunjung khususnya para milenial. Dikarenakan tempatnya yang nyaman dan juga indah serta menyajikan spot yang bisa memberikan pengalaman baru untuk Anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Dusun Semilir Eco Park

Daya Tarik keren Dusun Semilir Eco Park
Image Credit: Twitter Super Adventure

1. Jembatan Teros Gunung atau Senggol

jembatan ini sangat unik ditambah lagi dengan adanya pemandangan di sekitar yang cantik seperti adanya warung makanan yang mengelilingi wisata tersebut. Hal ini juga bisa Anda lakukan untuk mencicipi masakan khas daerah Jawa Tengah khususnya Semarang ya. Agar Anda tidak menyesal sudah berlibur jauh namun tidak merasakan masakannya.

2. Terdapat Playpark

Tempat ini spesial dikhususkan untuk anak-anak. Agar mereka semakin betah berlibur di wisata tersebut. Seperti tersedianya berbagai permainan modern atau bahkan tradisional agar si kecil dan Anda dapat bermain sambil belajar.

3. Kolam Renang yang Menawan

Kolam di Dusun Semilir Eco Park ini sungguh unik karena terdapat beberapa pijakan yang bisa di injak untuk sampai di patung yang berbentuk setengah badan manusia. Patung ini terbuat dari tumpukan beberapa kayu yang ditata secara estetik sehingga menghasilkan karya seni yang indah. serta bisa dipakai sebagai area berfoto para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

4. Kerajinan Tangan Khas Indonesia

Tempat ini disebut demikian karena mempunyai area yang dikhususkan untuk menjual berbagai macam oleh-oleh atau cindera mata yang bersumber dari daerah-daerah di Indonesia seperti patung, tas, keramik dan juga batik serta masih banyak lagi yang lain. Oleh karena itu, jika berkunjung kesini jangan lupa membeli souvenirnya ya karena Anda bisa mendapatkan beragam oleh-oleh namun hanya di satu tempat saja.

Daya Tarik
Image Credit: Twitter Staycation Time

5. Tersedia Pet Village

Selanjutnya yang tidak kalah menarik yaitu area pet vilage ini. Disini Anda bakalan melihat banyak sekali spesies hewan yang beragam serta berasal dari lokal maupun mancanegara dengan ukuran area yang sangat luas sekitar 20.000 meter persegi. Sehingga selain berlibur Anda juga akan mendapatkan tambahan ilmu yang bermanfaat.

6. Panggung Festival

Menariknya lagi panggung ini mempunyai ukuran yang sangat luas. Sehingga dapat menampung banyak pengunjung yang berdatangan hingga sekitaran 5.000 orang. Biasanya panggung ini diisi dengan acara-acara tertentu seperti festival, penampilan musik bahkan hingga kegiatan khusus lainnya.

7. Memiliki Danau yang Indah

Menariknya lagi dari Dusun Semilir Eco Park ini yaitu mempunyai danau yang sangat indah dengan airnya yang berwarna biru. Selain itu dilengkapi juga dengan perahu, air mancur serta gazebo yang ada di tepi danau tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Dusun Semilir Eco Park
Image Credit: Google Maps Naufal Asyrof

Anda bisa menjumpai lokasi wisata Dusun Semilir Eco Park ini dengan berkunjung ke Jawa Tengah khususnya Daerah Semarang pada Kecamatan Bawen. Jika Anda berasal dari luar kota atau bahkan luar negeri pastinya akan mengalami kebingungan untuk sampai di lokasi tujuan.

Oleh sebab itu, bisa memanfaatkan alat penunjuk arah yang sudah canggih di era sekarang ini ya seperti google maps. sedangkan apabila Anda berasal dari daerah setempat tentu tidak akan bingung lagi namun jika lupa bisa menggunakan papan tulisan penunjuk arah yang berada di pinggiran jalan ya.

Rute yang harus Anda tempuh untuk sampai di tempat tujuan cukup gampang apalagi letaknya yang dekat dengan jalan besar yaitu jalan Semarang-Yogyakarta atau Surakarta. Sehingga akan mudah sekali dijangkau.

Jika Anda dari arah Surakarta maka waktu yang harus dibutuhkan yaitu sekitar 1 jam lebih 15 menit. Dengan jarak tempuh kurang lebih 77 km dari daerah asal. waktu tersebut semakin dipersingkat karena melalui jalan tol ya.

Apabila Anda bermula dari kota Semarang maka cukup dekat dengan memakan waktu sekitar 40 menit saja. Ditambah lagi jarak yang harus ditempuh juga lebih cepat ketimbang dari arah Surakarta yaitu sekitar 37 km saja, cukup dekat bukan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Ticket Dusun Semilir Eco Park
Image Credit: Google Maps Fildzah Murniati

Untuk masuk kedalam objek wisata Dusun Semilir Eco Park ini Anda cukup mengeluarkan biaya yang sangat terjangkau sebesar 35.000 rupiah pada hari senin sampai jumat. Sedangkan ketika weekend pada hari sabtu hingga minggu Anda harus mengeluarkan uang yang berbeda dan lebih tinggi dari hari biasanya yaitu sekitaran 55.000 rupiah.

Namun harga tersebut belum termasuk biaya parkirnya ya dan bisa berubah kapan saja. Jadi sebelum harganya berubah ayo buruan datang kesini.

Sedangkan biaya parkirnya sendiri Anda cukup mengeluarkan uang sebesar 4.000 rupiah untuk sepeda motor dan 5.000 rupiah untuk biaya parkir mobil serta harga yang dikenakan untuk bis juga cukup murah yaitu sekitar 20.000 saja.

Hari operasionalnya sendiri dusun ini yaitu senin hingga minggu mulai pukul 9.00 pagi sampai 19.00 malam. Dengan tujuan agar Anda bisa sepuasnya menikmati wisata tersebut. Untuk alat transportasinya sendiri bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor serta kendaraan umum seperti bis.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Dusun Semilir Eco Park

Aktivitas Dusun Semilir Eco Park
Image Credit: Google Maps dwi agustin

1. Liburan Nuansa Eropa

Tempat ini dinamai demikian karena mengusung tema yang bernuansa seperti di negara Eropa yaitu Paris, Maroko hingga Mykonos. Dengan bercirikan cat berwarna putih serta jendelanya yang mempunyai warna beragam. Sehingga terlihat sangat indah dan bisa dijadikan sebagai tempat berfoto untuk diunggah ke media sosial.

Pot tanaman bunga beserta kursi dan juga meja dengan variasi warna yang dimiliki bisa menambah keestetikan tempat tersebut dan berfungsi untuk berduduk santai sambil berbincang-bincang maupun memakan beberapa sajian kuliner yang dibelinya.

2. Bermain Flamingo Raksasa

Yang menarik lagi dari objek wisata Dusun Semilir Eco Park ini yaitu adanya flaminggu dengan ukuran raksasa sehingga bisa ditumpangi untuk melihat pemandangan yang asri dan indah dari sejumlah pepohonan yang tumbuh hijau di sekelilingnya.

Serta terdapat juga patung berukuran besar yang terdapat di tengah kolam dan dilengkapi dengan adanya pijakan yang terbuat dari batu agar bisa ditempuh untuk sampai di patung tersebut.

Apabila ingin berselfie dan mengambil tema hutan maka bisa juga dilakukan pada tempat ini. karena disini juga tersedia sebuah spot yang kondisinya seperti hutan dan ditumbuhi berbagai macam tanaman serta terdapat jalan kecil agar bisa dilewati.

3. Berkeliling Menggunakan Trem

Trem ini dibuat pada wisata alun Eropa dengan tujuan agar bisa dipakai berkeliling alun Eropa tersebut sambil menikmati pemandangan indah di sekitar. Agar Anda tidak perlu lelah berjalan, apalagi tempat ini cukup luas.

Pada hari biasa alat transportasi trem ini bisa menampung kuota sebanyak 3 orang namun karena sekarang ini sedang pandemi jadi sangat disarankan untuk menggunakan kuota terbatas yaitu dua orang saja guna menjaga jarak agar mematuhi protokol.

Sebaiknya jika Anda berencana untuk menaiki Trem ini datanglah lebih awal agar tidak menunggu antrian yang panjang.

Aktivitas seru Dusun Semilir Eco Park
Image Credit: Instagram panoramaetnikindonesia

4. Bermain di Perosotan Warna-Warni

Kegiatan selanjutnya yang bisa Anda lakukan di Dusun Semilir Eco Park ini yaitu menaiki perosotan dengan ketinggian tertentu sekitar 30 meter yang cocok digunakan oleh orang dewasa. Serta warna dari perosostan tersebut juga sangat unik karena seperti layaknya warna pada pelangi yaitu merah, kuning, hijau hingga biru.

Untuk melakukan peluncuran ini Anda bisa menggunakan bantuan ban ya agar lebih aman. Selain itu ketika sedang berseluncuran juga bisa sambil berselfie dengan berlatar belakang warna seluncuran tersebut.

5. Bermain di Jembatan Teros Gunung

Jembatan senggol ini menjadi ikon paling menarik yang terdapat di objek wisata ini ya. Karena mempunyai desain yang unik serta memiliki ciri khas tersendiri dan diselimuti oleh beberapa kayu yang tersusun epik sehingga membentuk sebuah atap.

Saking menariknya spot ini, bisa Anda gunakan berfoto loh sambil ditemani beberapa menu makanan yang dijadikan pilihan untuk disantap.

6. Menyusuri Sungai Dengan Menggunakan Gondola

Ketika berada di Alun Eropa tidak cukup jika hanya menggunakan Trem saja. Tetapi ada transportasi lain yang bisa Anda gunakan yaitu Gondola. Transportasi ini biasanya digunakan untuk mengelilingi Alun kota khususnya daerah sungai dengan total muatan cukup 2 orang saja. Sedangkan dulu bisa memuat hingga 3 orang.

Di alun Eropa ini Anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat memukau dari berbagai macam warna hasil dari bangunan rumahnya. Serta terdapat jembatan yang cantik hampir mirip dengan pemandangan di luar negeri. Sehingga mampu memberikan kesan nampak sedang berada di Eropa.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Dusun Semilir Eco Park
Image Credit: Instagram citaazhari

fasilitas pertama yang ada di Dusun Semilir Eco Park ini yaitu tersedianya tempat parkir yang sangat luas hingga dapat menampung sejumlah kendaraan, baik pribadi maupun umum. Terdapat juga kamar mandi yang merupakan komponen penting yang harus ada dalam objek wisata tersebut demi kenyamanan pengunjung baik digunakan untuk mandi atau berbilas.

Selain itu banyak juga permainan yang wajib Anda coba seperti perosotan, Trem, Gondola, Flamingo serta masih banyak lagi wahana yang lain. Ketika selesai bermain banyak wahana Anda tentu akan merasa lelah. Oleh karena itu disediakan juga beberapa gazebo yang terdapat di tepian untuk bersantai ria.

Objek wisata ini juga menyediakan banyak sekali tempat untuk menjual makanan agar bisa Anda nikmati sambil istirahat. Serta beberapa toko penjual aneka souvenir yang bisa Anda gunakan untuk membeli oleh-oleh agar bisa dibawa ke rumah seperti miniatur, gantungan kunci, kaos ataupun yang lain.

Itulah beberapa ulasan mengenai Dusun Semilir Eco Park yang bisa Anda jadikan pilihan sebagai destinasi berlibur. Apalagi dengan harga tiket masuk yang dikeluarkan cukup murah sehingga bisa di beli oleh siapa saja dengan fasilitas yang ditawarkan juga sangat menarik.