Taman Wisata Kopeng, Taman Keren & Kekinian di Semarang

Taman Wisata Kopeng

Taman Wisata Kopeng menjadi salah satu destinasi menarik di kawasan wisata Kopeng. Taman keren dan kekinian di Semarang memiliki aneka wahana bermain yang menarik untuk dicoba.

Lokasi: Jl. Raya Salatiga-Magelang KM.15, Dukuh, Kopeng, Kec. Getasan, Kab. Semarang.
Map: Cek Lokasi

Taman Wisata Kopeng ini berada pada wilayah sekitar pegunungan. Tempat ini sangat pas untuk dikunjungi siapapun yang ingin merasakan bebas sejenak dari hiruk pikuk dan kesibukan dunia kerja. Kawasan ini berada pada ketinggian 1.450 meter mdpl. Di sini Anda dapat menikmati pemandangan yang sungguh indah dengan semilir hawa khas pegunungan yang sejuk.

Kawasan wisata ini terletak di Kabupaten Semarang, namun memang lebih dekat dengan Kota Salatiga apabila dibandingkan dengan Semarang. Hal tersebut menyebabkan beberapa orang mengira bahwa tempat wisata ini beralamat di Kota Salatiga. Lebih tepatnya, kawasan ini berada pada kaki Gunung Merbabu. Objek wisata yang ada memiliki konsep One Stay Stop Natural and Heritage Holiday.

Taman ini menyediakan beragam wahana atraksi yang letaknya ada di kawasan hutan alam. Wahana di sini, tergolong dapat dinikmati oleh pengunjung dengan berbagai usia. Sehingga, tempat ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang pas untuk berlibur bersama, keluarga, pasangan, maupun sahabat.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Wisata Kopeng

Fasilitas Taman Wisata Kopeng

Image Credit: Topwisata.info

Taman Wisata Kopeng menyediakan beragam wahana, mulai dari waterpark, playground dengan luas yang cukup, wahana camping, maupun arena outbound bagi orang dewasa dan anak-anak. Fasilitas menarik lain juga ada di sini, seperti ATV, biliard, dan dilengkapi dengan resort, restoran, dan family karaoke.

1. Waterpark

Di antara fasilitas yang populer di kalangan wisatawan adalah waterpark. Dari beragam wahana wisata yang ada, sebagian merupakan arena bermain air. Sehingga tidak mengherankan jika anak-anak sampai orang dewasa merasa cocok berlibur di taman ini.

Kolam ini sengaja didesain dengan kedalaman hanya berkisar 50 cm, sehingga anak-anak dapat bermain dengan aman. Waterpark ini dilengkapi dengan air mancur, perosotan spiral, perosotan lurus, sampai giant water ball.

Air yang digunakan untuk mengisi waterpark bahkan menggunakan air yang berasal dari sumber yang alami. Sehingga para wisatawan yang berenang tak akan merasakan pedih pada bagian mata ketika menghabiskan waktu yang cukup lama di air.

Bagi wisatawan yang ingin berenang dengan santai, maka dapat memilih kolam renang yang biasa. Waterpark ini biasanya digunakan oleh pengunjung yang ingin bermain dengan atraktif, seperti anak-anak. Uniknya, waterpark ini memiliki batas pagar berupa pepohonan hijau.

2. Camping Ground

Fasilitas lain yang juga digemari oleh pengunjung, yaitu camping ground. Wahana ini biasa dipilih oleh orang kantoran dan mahasiswa. Fasilitas ini dapat digunakan untuk menikmati suasana malam di dataran tinggi.

BACA:  17 Tempat Wisata di Magelang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Kegiatan ini juga dapat mempererat hubungan antar keluarga maupun sahabat. Sensasi berkemah juga bisa dirasakan di sekitar pegunungan, yaitu pada lapangan yang luas dan dipenuhi dengan pepohonan.

Wisatawan yang ingin menikmati pengalaman berlibur sambil berkemah ini, tidak perlu risau. Di tempat ini telah disediakan tempat penyewaan atas segala keperluan untuk berkemah. Sehingga Anda dan keluarga maupun sahabat bisa menikmati pemandangan di tempat ini baik malam, pagi, maupun siang hari.

Pada area camping ground di taman wisata kopeng ini pada malam harinya akan terjadi penurunan suhu yang cukup ekstrim, bisa mencapai 10 sampai 13 derajat celcius. Sehingga penting bagi wisatawan yang akan beraktivitas dan bermalam di sini untuk menyiapkan selimut dan baju yang tebal.

3. Paint Ball

Selanjutnya, terdapat wahana permainan berupa paint ball. Permainan ini memiliki konsep peperangan dengan formasi 4 vs 4 atau minimal terdiri dari 2 tim. Pada permainan ini, ketangkasan antar tim akan diadu dengan menyusuri hutan belantara. Kunci sukses untuk memenangkan permainan ini adalah pemakaian strategi yang jitu agar lawan mudah dikalahkan.

Akan tetapi, jika pengunjung ingin memilih dengan permainan single game, hal ini juga dapat dilakukan. Setiap wisatawan yang mengikuti permainan ini akan diberikan 5 peluru tinta. Peluru ini akan ditembakkan pada target-target yang akan dibidik nantinya.

Bagi pemain yang dapat menembak tepat pada sasaran yang telah ditetapkan, maka dapat menerima hadiah khusus dari pengelola. Paint ball pada permainan ini akan memakan biaya sebesar Rp 75.000 setiap orangnya. Selanjutnya peserta akan memperoleh seperangkat uniform tempur.

4. Outbond dan Flying Fox

Jika pengunjung menginginkan wahana yang bisa memicu adrenalin, tempat ini menyediakan wahana outbound berupa flying fox yang tingginya mencapai 6 dan 12 meter. Selain itu, ada juga wahana bernama spider jumper yang tingginya hingga 20 meter, sehingga lebih menantang bagi orang-orang tertentu yang memang menyukainya. Jarak luncurnya bahkan mencapai 50 meter.

Pada arena outbound ini, pengunjung dapat mengeksplorasi keindahan alam Kopeng. Beragam wahana yang ada dapat melepaskan stress akibat aktivitas rutin yang mungkin melelahkan. Di sini wisatawan dapat berteriak lepas, sehingga segala penat bisa lepas. Selain flying fox dan spider jump, ada pula wahana berjalan di jaring, panjat tali, dan trampolin jaring.

Kemudian ada pula fasilitas mobil ATV. Fasilitas ini bahkan dapat dicoba pada semua usia. Wahana tersebut mengambil jalur seperti sungguhan berada di alam yang liar. Sehingga permainan ini juga cocok bagi wisatawan yang suka dengan sesuatu yang menantang.

BACA:  8 Wisata Museum di Solo yang Paling Favorit Dikunjungi

5. Resto

Selain wahana bermain, di taman ini juga terdapat restoran yang menyediakan menu-menu khas di Indonesia, yaitu pisang goreng, nasi goreng, mendoan, ayam goreng, wedang jahe, sup kimlo, dan sebagainya. Harga makanan yang dipatok juga cukup terjangkau, yaitu hanya berkisar Rp 5.000 sampai Rp 20.000 untuk setiap porsinya. Sedangkan minuman, mulai Rp 4.000-Rp 20.000.

6. Pasar Buah

Bagi ibu-ibu yang berkunjung kemari, pasti tidak akan melewatkan untuk mampir di pasar buah dan sayur segar. Terdapat beragam jenis buah-buahan dan sayuran ditawarkan di sini. Kesegarannya sangat terjamin, karena langsung dipetik dari kebun milik warga setempat. Untuk harganya pun sangat murah apabila dibandingkan dengan yang ada di pasaran.

Harga Tiket Masuk Kawasan Taman Wisata Kopeng

Harga Tiket Taman Wisata Kopeng

Image Credit: Pesonawisataindonesia.com

Untuk bisa menikmati waktu liburan di wilayah Wisata Kopeng ini, setiap orang yang berkunjung dikenakan tarif sejumlah Rp 15.000. Biaya ini cukup terjangkau, sehingga Anda tak perlu risau akan mengeluarkan banyak biaya.

Akan tetapi, bagi wisatawan yang ingin memasuki wahana tertentu di sini, maka akan dikenakan tarif tambahan. Bagi wisatawan yang ingin menginap di sini juga akan dikenakan tarif tersendiri. Biaya penginapan yang dipatok yaitu berkisar antara Rp 200.000 sampai Rp 600.000 untuk satu malam.

Bagi Anda yang ingin mencoba seluruh wahana yang ada, maka terdapat penawaran spesial dari pihak pengelola, yaitu adanya paket wisata dengan jumlah minimal 50 peserta. Harga yang ditetapkan mulai Rp 150.000 sampai Rp 550.000.

Taman wisata ini juga menerima sebagai tempat diadakannya acara seperti pernikahan maupun pertemuan. Untuk sewa selama 1 hari 1 malam dikenakan biaya Rp 2.000.000. Lalu jika ingin memakai dari pukul 08.00 sampai 14.00 atau 18.00 sampai 24.00 cukup membayar Rp 1.000.000 saja. Untuk acara hajatan atau pernikahan ditetapkan harga sejumlah Rp 4.000.000.

Untuk biaya sewa ATV besar dibutuhkan biaya sejumlah Rp 20.000 untuk setiap 2 kali putaran atau Rp 100.000 setiap 30 menit. Sedangkan untuk ATV kecil, biaya sewanya berjumlah Rp 15.000 untuk setiap 2 kali putaran atau Rp 75.000 setiap 30 menit.

Fasilitas outbound dapat dipakai dengan membayarkan uang sejumlah Rp 35.000 setiap orangnya untuk 9 permainan atas dan Rp 150.000 setiap orangnya untuk 9 permainan atas one day outbound. Sedangkan untuk bedah jiwa, 9 permainan atas, dan 6 permainan bawah dikenakan biaya sejumlah Rp 550.000 setiap orangnya.

Wahana paint ball dipatok seharga Rp 75.000 setiap permainan peperangan, dengan biaya Rp 20.000 setiap 5 hydra. Apabila pemain bisa mengenai tiga sasaran yang telah ditentukan, maka ia bisa mendapatkan t-shirt gratis.

BACA:  11 Wisata Kuliner di Salatiga yang Enak & Wajib Anda Coba

Fasilitas keluarga seperti family karaoke memiliki tarif sejumlah Rp 75.000 setiap jamnya. Sedangkan untuk fun billiard dikenakan tarif sejumlah Rp 25.000. Khusus ketika ingin memasuki area waterpark, pengunjung dikenakan biaya lagi sejumlah Rp 20.000.

Alamat & Rute Menuju Taman Wisata Kopeng

Alamat & Rute Menuju Taman Wisata Kopeng

Image Credit: Kedesa.id

Apabila wisatawan menuju tempat ini dari arah Kota Semarang, dapat dengan melewati Jalan Lingkar Selatan Salatiga, atau dapat melalui Jalan Muncul Raya. Jika melewati Jalan Lingkar Selatan Salatiga, Anda bisa langsung lurus ke arah selatan hingga sampai di Jalan Kyai Mbilung. Dari sini Anda bisa melanjutkan perjalanan melalui Jalan Wonosari Pakis ke arah Pasar Getasan.

Kemudian terus ke selatan hingga melalui Pasar Kopeng. Tak jauh dari sini, Anda akan melihat baliho berukuran besar, dan sampailah Anda di Taman Wisata Kopeng. Sedangkan bagi wisatawan yang berkunjung dari arah Yogyakarta, bisa melalui Muntilan kemudian Sawangan.

Untuk jarak Yogyakarta sampai tempat wisata ini berkisar antara 88 kilometer dan dapat ditempuh kira-kira 2,5 jam perjalanan. Namun, perjalanan ini akan lebih efektif jika Anda memakai kendaraan pribadi, dikarenakan transportasi umum ke arah tempat wisata ini masih terbatas.

Wisatawan dapat mengunjungi taman wisata ini setiap hari. Kawasan ini dibuka mulai jam 08.30 pagi dan tutup jam 16.30 sore. Sehingga Anda dapat berkunjung di waktu-waktu tersebut.

Menikmati Pemandangan Alam di Taman Wisata

Menikmati Alam di Taman Wisata

Image Credit: Fotolucuterbaruu.blogspot.com

Setelah wisatawan menghabiskan banyak waktu untuk melakukan banyak kegiatan di sini, mereka dapat melanjutkan melakukan kegiatan bersantai sembari mengabadikan foto-foto cantik. Di tempat ini, Anda dapat mencoba duduk-duduk santai bersama keluarga, sahabat, ataupun pasangan sembari menikmati keindahan hamparan pegunungan Merbabu.

Deretan pegunungan ini dapat Anda lihat dari Gardu Pandang Kopeng. Selanjutnya, jika Anda melanjutkan berjalan santai, tak jauh dari tempat ini, Anda akan menjumpai Bukit Harapan Cuntel. Di tempat ini, wisatawan dapat menikmati suasana alam yang sangat ikonik dengan hamparan pegunungan yang elok sebagai backgroundnya.

Di Bukit Harapan Cuntel tersedia gardu pandang dengan sajian keindahan pegunungan dan panorama Kabupaten Semarang. Di tempat ini, wisatawan dapat melihat eloknya pemandangan deretan gunung, seperti Sindoro, Sumbing, Telomoyo, dan Andong.

Tempat ini disebut sebagai wisata alam yang cocok bagi kalangan traveler. Taman Wisata Kopeng memang menyediakan beragam aktivitas menarik yang dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung. Selain berwisata, di sini pengunjung juga bisa memilih oleh-oleh untuk dibawa kembali ke rumah.