Stone Garden, Mengintip Pesona Taman Batu Purba di Padalarang Bandung

Stone Garden Bandung

Stone Garden, objek wisata alam dengan pemandangan hamparan bebatuan di Padalarang Bandung. Taman batu purba yang unik dan memukau bisa menjadi tujuan liburan alternatif.

Lokasi: Gunung Masigit, Citatah, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat.
Map: Cek Lokasi

Wisata ini sangat khas dengan bebatuan purba di padang rumput yang luas dan nuansa alam purba yang penuh dengan kekayaan alam. Ya, apalagi kalau bukan Taman Batu (Stone Garden). Destinasi wisata yang terletak di Padalarang Bandung ini memang menjadi spot menarik khususnya bagi yang ingin menunjukannya di media sosial.

Anda bisa menikmati nuansa alam terbuka yang langka dan hanya ada satu-satunya di Indonesia. Selain unit, Padalarang Bandung juga menjadi saksi sejarah kehidupan masa purba. Disini pengunjung dapat melihat bebatuan yang kokoh berdiri tegak di tengah padang yang luas.

Bagi Anda yang menyukai suasana alam, memilih untuk berkunjung ke destinasi ini merupakan pilihan yang sangat tepat. Selain berwisata, lokasi ini juga dapat menjadi lokasi yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga, teman atau kolega untuk menghilangkan rasa penat.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Batu Padalarang

Daya Tarik Taman Batu Padalarang

Image Credit: Google Maps (Pringadi Surya)

1. Fosil Manusia

Terdengar menyeramkan memang, namun ini benar adanya. Setiap pengunjung dapat menemukan manusia dalam wujud fosil di situs ini. Tepatnya ketika memasuki Goa pawon. Disini pengunjung dapat menyaksikan  fosil manusia tersebut dengan mata telanjang.

2. Pesona Alam yang Unik

Bagi Anda yang sangat tertarik dengan wisata alam yang unik, Stone Garden Padalarang cocok jadi destinasi wisata yang Anda kunjungi. Anda dapat menikmati bebatuan yang perkasa berdiri tegap di padang rumput yang luas.

Lokasi wisata ini merupakan salah satu destinasi yang memiliki pemandangan yang cukup indah. Tidak sedikit pengunjung yang pernah datang kesini menyamakan Taman Batu ini dengan Christmas Island yang ada di Australia.

3. Danau di Tengah Bukit

Wisatawan yang datang ke Taman Batu juga bisa melihat danau yang menganga dari ketinggian. Bahkan pengunjung dapat menikmati situs bersejarah ini dari ketinggian. Namun, pengunjung tidak disarankan untuk turun ke dekat kawasan danau. Jadi, Anda hanya bisa menikmatinya dari ketinggian.

Daya Tarik dari Taman Batu Padalarang

Image Credit: Instagram.com @aucy.begundal.07

4. Nuansa yang Tenang

Suasana tenang memang menjadi pelepas stress yang handal. Maka, tempat ini bisa jadi salah satu opsi ketika Anda ingin melepas penat. Anda bisa menikmati suasana alam tanpa ragu keramaian.

Anda juga bisa menikmati kopi atau minuman panas dari ketinggian. Tentunya akan menambah kenikmatan liburan Anda. Meski demikian, jangan membuang sampah sembarangan, ya.

BACA:  Menikmati Wisata Romantis di Jembatan Cinta Tarumajaya Bekasi

5. Suasana yang Sejuk

Sama seperti wisata-wisata yang ada di daerah Bandung, di taman Batu ini Anda juga akan mendapatkan kesejukan yang tidak akan ditemukan di tengah kota. Indahnya pemandangan dari atas bukit menyatu dengan kesejukan alam di sekitar lokasi. Jadi, sangat sayang jika tidak berkunjung ke lokasi wisata ini.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Stone Garden

Harga Tiket Masuk Stone Garden

Image Credit: Google Maps (Ridho Wiryawan)

Destinasi wisata ini terletak di Kabupaten Bandung Barat, tepatnya di Gunungmasigit. Pertama, Anda perlu berhati-hati ketika menuju destinasi ini. Pasalnya, untuk mencapai destinasi ini Anda memerlukan kondisi fisik yang prima. Untuk bisa mencapai puncak Anda harus melakukannya dengan jalan kaki.

Untuk menuju lokasi, pengunjung harus menempuh setidaknya jarak 8 km. Jika menggunakan kendaraan bermotor, Anda bisa sampai ke lokasi sekitar 20 menit. Namun, jika Anda datang dari daerah Padalarang maka hanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit untuk sampai di lokasi karena hanya berjarak sekitar 5 km saja.

Bagi yang berasal dari Jakarta, maka dapat masuk melalui jalan Tol Padalarang menuju Padalarang. Sedangkan dari Bandung, Anda dapat langsung mengendarai kendaraan ke jalur tol Cipularang, hingga Anda mencapai Tol Padalarang. Nah, Anda tinggal melanjutkan perjalanan menuju Kota Parahyangan.

Untuk memasuki kawasan Taman Batu Padalarang Bandung, Anda hanya perlu membayar 3 ribu rupiah saja. Sangat terjangkau bukan? Namun, biaya tersebut belum termasuk biaya tiket masuk ke Gua Pawon.

Jika ingin menikmati sensasi masuk ke Gua Pawon, maka Anda harus menyediakan uang Rp 6.000 serta biaya untuk parkir kendaraan bermotor. Biasanya, biaya parkir di kawasan Taman Batu Padalarang mulai dari Rp 3.000 hingga  Rp 10.000 tergantung kendaraan yang dibawa. Namun, harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai musim liburan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Stone Garden Bandung

Kegiatan di Stone Garden Bandung

Image Credit: Instagram.com @_imagnetic_

1. Menikmati Pemandangan Sunset

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan wisatawan di Taman Batu Padalarang adalah menikmati tenggelamnya matahari atau sunset. Anda bisa duduk di antara bebatuan dengan teman sambil menyaksikan matahari. Sinar senja yang hangat akan memanjakan kulit Anda.

Namun, perlu diingat bahwa pengunjung tidak bisa menikmati sunset apabila langit mendung. Jadi, pastikan cuaca terlebih dahulu sebelum menyaksikan sunset.

2. Hiking

Olahraga hiking merupakan salah satu aktivitas menyenangkan. Anda bisa mencobanya ketika menuju Taman Batu Padalarang Bandung. Pasalnya, untuk bisa mencapai lokasi puncak, Anda harus diharuskan untuk berjalan kaki. Jadi tidak heran jika destinasi ini sangat cocok bagi pecinta hiking.

BACA:  Bukit Gronggong, Tempat Romantis & Favorit di Kota Cirebon

Medan yang dilalui juga cukup menanjak sehingga dibutuhkan stamina yang prima agar sampai dengan selamat. Tentu saja Anda harus mempersiapkan alas kaki yang baik. Tidak jarang Anda akan menghadapi medan yang licin. Namun, pemandangan sekitar yang indah selama perjalanan akan mengobati rasa letih Anda.

3. Foto Pre-Wedding

Banyak pengunjung yang seringkali memanfaatkan pemandangan unik dan langka ini untuk foto wedding. Ya, untuk mengabadikan momen bersama dengan pasangan yang akan jadi pendamping hidup. Lokasi ini merupakan spot yang sangat tepat untuk mengabadikan momen spesial tersebut.

Anda akan sering menemui pengunjung yang tengah berpose mesra di tengah situs ini. Tidak ketinggalan fotografer yang siap mempotret kemesraan pasangan tersebut.

4. Bermain Bersama Anak

Bermain bersama buah hati tentunya menjadi aktivitas seru yang bisa dilakukan di kawasan Stone Garden Bandung. Bagi wisatawan yang datang bersama keluarga bisa menikmati momen bersama.

Namun, Anda perlu memperhatikan bahwa destinasi ini bukan area yang cocok membawa buah hati berusia di bawah 5 tahun. Karena medan yang dilalui menanjak dan memakan banyak energi.

5. Berfoto Ria

Kegiatan yang tidak boleh terlewatkan saat berlibur ke Taman Batu Padalarang Bandung adalah swafoto. Memang, tanpa selfie atau groofie tentu saja liburan tidak berkesan. Bebatuan yang kokoh dan tidak beraturan sangat eksentrik sebagai spot foto.

Kegiatan di Stone Garden

Image Credit: Twitter.com @detiktravel

6. Minum Minuman Hangat

Minum kopi atau minuman hangat tentunya cocok Anda lakukan selepas sampai di puncak. Anda bisa beristirahat sejenak sembari menikmati minuman hangat.  Tentunya energi dan stamina Anda akan pulih dengan cepat.

Anda juga bisa minum air mineral untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Ini sangat penting agar Anda tidak dehidrasi. Nah, kapan lagi bisa menikmati pemandangan puncak dengan minum segelas kopi hangat?

7. Menikmati Sajian Kuliner Khas Bandung

Anda tidak perlu khawatir soal sajian kuliner. Bahkan ketika Anda lupa membawa perbekalan. Taman Batu Padalarang Bandung juga tersedia jajaran warung yang siap mengisi perut Anda. Berbagai menu yang menarik ditawarkan untuk Anda yang sedang kelaparan.

Tidak hanya kuliner, warung yang tersedia minuman hangat. Nah, Anda jadi tidak perlu repot membawa banyak perbekalan, bukan?

8. Membuat Jurnal Sejarah Purba

Anda dapat melakukan wisata sejarah dengan menyimak setiap setiap situs yang ada disini. Jangan lupa untuk mencatatnya di jurnal Anda. Pasalnya, situs ini menyimpan banyak ilmu pengetahuan sejarah purba. Disini Anda dapat melihat fosil manusia purba, fosil koral serta peninggalan purbakala lainnya yang menarik.

Selain itu, sangat disarankan untuk mengunjungi Gua Pawon. Disini Anda bisa menemukan berbagai hal unik dan barang-barang sejarah yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

BACA:  Pantai Karangsong, Pantai Indah Dibaluti Hutan Mengarove di Indramayu

9. Mempelajari Jenis Bebatuan

Sangat rugi apabila Anda hanya berfoto ria saja. Anda bisa memulai memperkaya wawasan Anda dengan mempelajari jenis bebatuan di situs ini.

Tekstur batu di Taman Batu ini, mirip batu karang yang biasa berada di lautan. Memang, para ahli mengatakan bahwa Stone Garden merupakan sisa puing-puing dasar danau purba di Bandung.

Konon, Bandung merupakan hamparan danau yang luas. Pada abad berikutnya, danau tersebut menyusut dan jadilah Kota Bandung yang sekarang dikenal.

Penginapan Murah Dekat Dari Stone Garden

Penginapan Dekat Stone Garden

Image Credit: Agoda.com

1. Mason Pine Hotel Bandung

Dengan lahan parkir yang luas, Anda tidak perlu khawatir. Hotel bintang 4 ini terkenal dengan nuansanya yang nyaman dan bersih. Anda juga dimanjakan dengan suasana yang nyaman. Terlebih hotel ini sangat mudah diakses dari pusat kota Bandung. Bagi Anda yang memiliki budget berlebih bisa memilih hotel ini sebagai pilihan yang tepat.

2. Penginapan Jempol

Terletak di jalan H. Amir Mahmud Cimahi Bandung, Anda bisa menginap short time di sini. Meski murah, Anda dapat menikmati kamar yang bersih dan nyaman. Anda juga bisa menikmati wifi gratis dan televisi. Pastikan Anda booking jauh hari agar tidak kehabisan kamar.

3. Meloh Cafe & Tents

Apabila Anda ingin mencari suasana menginap yang baru, Anda bisa mencoba ke Meloh Cafe & Tents. Jajaran tenda hangat dengan lingkungan yang asri siap memanjakan Anda. Jumlah tenda yang disediakan pun banyak sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan tenda.

4. Permata Cimahi Homestay

Apabila Anda datang beramai-ramai, menginap di Permata Cimahi Homestay bisa jadi pilihan yang sangat tepat. Homestay ini menyediakan kamar yang bersih dengan kasur yang nyaman dan empuk. Anda juga bisa menikmati mandi air panas di hotel ini. Hotel ini juga menjaga pengunjung dari Covid-19 dengan melaksanakan protokol kesehatan.

Fasilitas yang Tersedia di Stone Garden Bandung

Fasilitas di Stone Garden Bandung

Image Credit: Twitter.com @beautinesia

Untuk menunjang kegiatan wisatawan, pengelola Taman Batu Padalarang Bandung menyediakan berbagai fasilitas. Antara lain mushola, spot foto tambahan, toilet. Anda juga tidak perlu khawatir soal kendaraan Anda. Pasalnya, lahan parkir di destinasi ini sangat luas.

Lahan parkirnya pun aman meski jauh dari jangkauan Anda. Pasalnya pengelola juga menjaga kendaraan Anda ketika Anda berada di puncak. Jadi keamanan kendaraan Anda cukup terjamin di lokasi wisata ini.

Nah, itu tadi beberapa daya tarik, fasilitas, dan rute menuju kawasan wisata Taman Batu Padalarang Bandung Sarana dan prasarana di destinasi wisata ini tentu sudah sangat lengkap. Para wisatawan dapat berlibur dan menikmati hari dengan lebih menyenangkan.