10 Oleh-Oleh Khas Manado Paling Populer

Oleh Oleh Khas Manado

Manado terkenal sebagai kota Nyiur Melambai dengan wisata lautnya yang indah. Selain terkenal di wisatawan lokal, Manado juga sama terkenalnya di kalangan wisatawan luar negeri. Jika berkunjung ke Manado harusnya Anda tak lupa pula untuk membeli oleh-oleh khasnya.

Anda tentu tak ingin pulang membawa tangan kosong, banyak buah tangan yang bisa Anda beli di Manado. Mulai dari camilan manis hingga bumbu masakan pelengkap  makanan pokok, Manado menyediakan sederet oleh-oleh yang dapat ditemukan di toko oleh-oleh khas Manado.

Sepuluh daftar makanan khas Manado yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh terangkum secara lengkap di bawah. Tak perlu kebingungan lagi menentukan mana yang harus Anda bawa pulang untuk diberikan kepada keluarga dan teman dekat.

1. Dodol Amurang

Dodol Amurang

Image Credit by Tokopedia.com

Manado memiliki dodol khas tersendiri yang diproduksi di Minahasa Selatan. Terbuat dari gula aren, beras, minyak kelapa murni, kacang dan kayu manis. Adonan kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus dengan suhu sekitar 120 derajat.

Sering dijadikan sebagai menu wajib di upacara adat tasyakuran masyarakat Manado, sekarang Anda bisa menemukan Dodol Amurang di hampir semua toko oleh-oleh khas Manado.

2. Cakalang Pampis

Cakalang Pampis

Image Credit by Dapurkobe.co.id

Berbahan dasar ikan cakalang fufu yang disuwir-suwir dan dipadukan dengan bumbu rempah khas Manado membuat oleh-oleh ini sering dipilih untuk dijadikan buah tangan.

Cakalang Pampis memiliki rasa yang khas dan enak sehingga dapat dijadikan sebagai lauk pendamping nasi ataupun dijadikan camilan ringan.

3. Ikan Roa

Ikan Roa

Image Credit by Juarapedas.blogspot.com

Ikan roa merupakan jenis ikan terbang yang menjadi oleh-oleh bahari khas Manado selain ikan cakalang. Teksturnya alot, bahkan cenderung keras ketika dipegang. Seringkali ikan roa ditumbuk kemudian dimasak dengan rempah dasar untuk menjadi menu yang enak disantap.

BACA:  15 Tempat Wisata di Tomohon Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Anda tak perlu susah payah membeli kemudian menumbuknya sendiri. Sudah tersedia versi ikan roa yang telah ditumbuk dan dimasak dalam bentuk rica-rica ikan roa. Satu porsinya umumnya dibanderol harga antara 35.000 hingga 50.000 rupiah.

4. Klappertart

Klappertart

Image Credit by Pegipegi.com

Merupakan kue asli Belanda yang dimodifikasi oleh masyarakat Manado dengan sentuhan budaya lokal. Klappertart terbuat dari air kelapa, gula, susu, dan tepung. Kue ini memiliki rasa yang nikmat dan gurih.

Terdapat beberapa tambahan bumbu untuk menambah kelezatan Klappertart, seperti kismis, serbuk kayu manis, keju dan kacang kenari. Selain lezat, klappertart bisa mengurangi pengeroposan tulang karena kadar susu yang tinggi. Harga klappertart dipatok berdasar ukuran kemasan yang dipilih, mulai dari 25.000 sampai 200.000 rupiah.

5. Pisang Goroho

Pisang Goroho

Image Credit by Adira.co.id

Memiliki kadar gula rendah sehingga cocok untuk pengidap diabetes, pisang goroho sering diburu wisatawan yang berkunjung ke Manado.

Umumnya pisang ini akan digoreng tipis-tipis menyerupai keripik untuk kemudian dimakan bersama sambal atau rica ikan roa. Anda juga bisa memakannya langsung ketika pisang ini sudah matang.

6. Kacang Goyang

Kacang Goyang

Image Credit by Adira.co.id

Seperti namanya, kacang goyang dibuat dari bahan dasar kacang tanah. Proses pembuatannya mengharuskan kacang ini dicampur dengan cara digoyang-goyang. Camilan ini hampir mirip dengan kacang atom yang balutannya terbuat dari tepung terigu dan gula.

Ada di hampir seluruh prosesi hajatan masyarakat Manado, kacang goyang bisa Anda temukan di sentra oleh-oleh di seluruh Manado.

7. Panada

Kue Panada

Image Credit by Jadiberita.com

Panada merupakan kue yang berisi parutan pepaya muda yang kemudian dicampur dengan ikan cakalang. Seringkali dimasak dengan cita rasa pedas, bentuknya hampir mirip dengan jalangkote, kue pastel khas daerah Makassar.

BACA:  10 Tempat Wisata di Bitung Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Namun jangan salah, panada memiliki tekstur yang unik dan khas cita rasa Manado berupa campuran pedas dan gurih. Biasanya makanan ini dijadikan cemilan bagi wisatawan yang melakukan perjalanan wisata di Manado.

8. Pala Manis

Pala Manis

Image Credit by Masakandapurku.com

Terbuat dari buah pala yang diiris tipis dan dicampur dengan cairan gula sebagai pemanis, kudapan ringan ini sudah lama menjadi produk impor ke negeri-negeri tetangga, terutama Jiran, Malaysia. Satu bungkusnya dihargai sekitar 40.000 rupiah.

Seiring berkembangnya wisata kuliner di Manado, sudah lazim ditemui pala manis dengan rasa yang berbeda, seperti campuran asam-manis atau pedas-asam. Anda bisa membelinya di berbagai pusat oleh-oleh khas Manado.

9. Cakalang Fufu

Cakalang Fufu

Image Credit by Commons.wikimedia.org

Makanan khas Manado ini terbuat dari ikan cakalang yang dijepit, diberi bumbu, diasap dan ditunggu hingga matang. Cakalang fufu dapat dijadikan oleh-oleh walaupun berupa makanan basah. Anda bisa meminta penjual mengemasnya dengan rapi.

Untuk memakannya, Anda cukup memanaskannya kembali sebelum dikonsumsi. Panasi dengan minyak bersuhu tinggi. Nikmati bersama sambal dan nasi hangat, dijamin ketagihan.

10. Halua Kenari

Halua Kenari

Image Credit by Indonesiakaya.com

Berbentuk seperti gula-gula kacang, oleh-oleh khas Manado ini memang masih belum terdengar gaungnya. Rasanya manis dan gurih karena dibuat dari campuran kacang kenari dan gula merah.

Harganya juga terjangkau, sekitar 60.000 rupiah untuk satu bungkus halua kenari dengan ukuran 500 gram. Selain dijadikan buah tangan, Anda bisa menjadikannya sebagai camilan berkeliling Manado.

5 Pusat Oleh-Oleh Khas Manado Terlengkap

1. Pasar Cakalang Fufu Manado

Pasar Cakalang Fufu Manado

Lokasi: Jl. Pasar Karombasan, Ranotana Weru, Kec. Wanea, Kota Manado. – Image Credit by Regional.kompas.com

Pasar ini buka setiap hari dari pukul 5 pagi sampai jam 11 malam. Di pasar ini, Anda bisa menemukan beragam ikan yang banyak ditemukan di sekitar perairan Manado, seperti ikan cakalang dan roa.

BACA:  10 Tempat Wisata di Kotamobagu Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Menjadi tempat favorit yang sering dikunjung turis baik lokal maupun luar negeri. Seringnya, mereka datang untuk mendapatkan ikan segar secara langsung atau mencicipi sedapnya olahan ikan-ikan khas Manado dan menjadikannya sebagai buah tangan.

2. Rumah Makan Saroja Manado

Rumah Makan Saroja Manado

Lokasi: Jl. Diponegoro, Lawangirung, Kec. Wenang, Kota Manado. – Image Credit by Genpi.co

Sebagai oleh-oleh, Anda bisa menemukan berbagai macam makanan khas Manado di rumah makan ini. Makanan populer yang menjadi oleh-oleh adalah nasi kuning Manado.

Nasi ini akan dibungkus dengan daun woka apabila Anda hendak menjadikannya sebagai oleh-oleh. Selain nasi kuning Manado, Anda bisa memesan menu khas Manado lain untuk dijadikan sebagai buah tangan keluarga.

3. Merciful Building

Merciful Building

Lokasi: Wanea, Kec. Wanea, Kota Manado. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Merupakan bangunan bertingkat dengan lantai dasar yang digunakan sebagai sentra oleh-oleh khas Manado. Sedangkan lantai atasnya difungsikan sebagai tempat produksi dan pengepakan.

Oleh-oleh khas yang dijual berupa berbagai macam olahan kuliner, kain tenun, kerajinan tangan sampai ukiran. Anda juga bisa mencicipi beberapa camilan secara gratis terlebih dahulu sebelum membeli.

4. Rumah Kopi Gembira Kawangkoan

Rumah Kopi Gembira Kawangkoan

Lokasi: Sendangan Lingk Vl, Kinali, Kec. Kawangkoan, Kab. Minahasa. – Image Credit by Berthanatalia.wordpress.com

Di Manado, rumah kopi ini terkenal karena menjual jajanan tradisional khas Manado. Salah satu yang menjadi menu utama adalah biapong, sejenis bakpao yang menjadi kudapan ketika meminum teh atau kopi.

Berdiri sejak 1946, sentra oleh-oleh sekaligus tempat makan ini terletak di Minahasa, daerah Kawangkon. Anda bisa memilih isian biapong dan membungkusnya untuk dijadikan buah tangan.

5. Maengket Souvenir

Maengket Souvenir

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Kairagi Weru, Kec. Tikala, Kota Manado. – Image Credit by Manado.tribunnews.com

Toko ini menjual berbagai olahan kue khas Manado dan berbagai oleh-oleh lain. Awalnya Maengket Souvenir menjual hanya olahan sambal yang terbuat dari ikan cakalang, roa, tuna dan nike. Karena mendapat respon yang baik, akhirnya mereka melebarkan sayap dan menambahkan berbagai olahan lain di menunya.

Anda bisa mendapatkan berbagai sambal yang terbuat dari ikan khas Manado ini dengan harga sekitar 40.000 untuk tiap botolnya dengan ukuran 200 gram.

Berencana melakukan perjalanan ke Manado? Sekarang Anda tak perlu lagi khawatir buah tangan apa yang harus Anda bawa pulang untuk bingkisan sahabat maupun keluarga. Sudah siap membawa pulang salah satunya? Selamat bersenang-senang di Manado!