10 Oleh-Oleh Khas Blitar Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Blitar

Mengunjungi suatu daerah tidak akan lengkap rasanya tanpa membawa buah tangan atau oleh-oleh untuk dibawa pulang. Hampir setiap tempat di Indonesia mempunyai produk oleh-oleh yang menjadi ciri khas daerah tersebut.

Blitar merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang sering dijadikan tujuan wisata, karena ada banyak destinasi menarik untuk dikunjungi. Selain itu Blitar juga kaya kuliner dan hasil olahan lokal yang bisa dijadikan buah tangan.

Oleh-oleh khas Blitar beraneka ragam, mulai dari camilan sederhana, makanan ringan, hingga makanan berat. Berikut 10 oleh-oleh khas dari Blitar yang wajib Anda bawa pulang karena tidak akan Anda jumpai di tempat lain.

1. Peyek Uceng

Peyek Uceng

Image Credit by Idntimes.com

Uceng adalah salah satu jenis ikan air tawar yang banyak ditemukan hidup di sungai-sungai. Ikan mungil ini diolah menjadi peyek yang berasa gurih dan renyah. Ikan uceng dicampur adonan tepung terigu yang telah diberi bumbu, kemudian digoreng.

Peyek uceng ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Blitar yang banyak diburu karena rasanya yang gurih, kriuk, crispy. Camilan ini sangat cocok dijadikan teman bersantai atau dijadikan lauk saat makan.

2. Sagon

Sagon

Image Credit by Idntimes.com

Sagon merupakan jenis kue asli Blitar yang menjadi favorit masyarakat setempat maupun luar daerah. Makanan ini terbuat dari bahan tepung ketan yang dicampur dengan kelapa parut dan gula, kemudian dihaluskan.

Sagon mempunyai tekstur lembut ketika dikunyah, dengan sedikit sensasi renyah pada bagian luarnya. Rasanya cukup manis dan tentu saja lezat. Anda bisa mendapatkan kue ini di berbagai tempat di Blitar. Harganya pun terjangkau.

3. Ken Tea

Ken Tea

Image Credit by Tokopedia.com

Teh hitam premium khas Blitar yang lebih dikenal dengan nama Ken Tea merupakan oleh-oleh yang wajib Anda bawa jika singgah ke daerah ini. Teh ini diolah dengan cara yang amat higenis. Daun tehnya dipetik langsung dari perkebunan yang terletak pada ketinggian 1.200 mdpl.

Ken Tea dijual dengan harga terjangkau. Teh premium ini telah diakui dunia memiliki kesegaran dan banyak manfaat bagi tubuh. Ken Tea sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk dinikmati sebagai seduhan teh berkualitas.

4. Wajik Kletik

Wajik Kletik

Image Credit by Blogsmpn1panggungrejo.blogspot.com

Beberapa daerah mungkin memiliki makanan khas wajik, tapi wajik klethik dari Blitar mempunyai cita rasa yang unik dan berbeda. Wajik klethik terbuat dari bahan beras ketan dan gula kelapa, kemudian dibungkus menggunakan kulit jagung kering.

Wajik klethik memiliki rasa manis dan legit dengan sensasi “klethik” yang unik. Wajik ini ada yang berbentuk kotak, ada pula yang lonjong. Oleh-oleh ini dijual dengan harga terjangkau dan wajib Anda bawa pulang jika mengunjungi Blitar.

5. Rempeyek Blitar

Rempeyek Blitar

Image Credit by Bukalapak.com (A PLUS)

Blitar juga terkenal dengan makanan rempeyek yang memiliki rasa gurih dan renyah. Makanan ini cocok dijadikan lauk untuk disantap bersama nasi dan pecel, atau bisa juga dinikmati sebagai camilan keripik.

Berbagai varian rempeyek blitar antara lain kacang, udang, teri, kacang hijau, lentho, bahkan kedelai bisa Anda nikmati. Rempeyek blitar dijual dalam kemasan bungkus dan kardus.

6. Dodol Belimbing

Dodol Belimbing

Image Credit by Shopee.co.id (akuaguswidodo)

Dodol belimbing merupakan produk olahan yang dihasilkan agrowisata di Desa Karang Sari. Dodol ini tersedia dalam berbagai rasa, yaitu original, coklat, dan lain-lain. Rasanya yang manis dan legit akan sangat cocok dinikmati dengan minuman hangat seperti kopi atau teh.

Kemasan dodol belimbing berupa lipatan kecil segi empat yang apabila dijual di toko sudah dalam plastik produk. Harga dodol ini cukup terjangkau dan bisa didapatkan di berbagai pusat oleh-oleh Blitar.

7. Beras Cerdas

Beras Cerdas

Image Credit by Tepungmocaf.com

Nama produk ini sesuai dengan kandungan nutrisinya yang berupa vitamin dan mineral bergizi lain. Berasa cerdas terbuat dari campuran mocca, protein susu, dan jagung yang bermanfaat bagi tubuh.

Beras ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau untuk tiap kemasannya. Rasa beras ini tidak kalah lezat dengan beras biasa, meskipun kandungan gizinya lebih tinggi karena lebih banyak nutrisi.

8. Opak Gambir

Opak Gambir

Image Credit by Berita.baca.co.id

Opak gambir berbeda dengan opak biasa karena memiliki rasa yang amat manis dan renyah ketika dimakan. Opak ini terbuat dari tepung ketan yang dicampur santan, kemudian dibentuk roll.

Opak gambir cocok dijadikan oleh-oleh sebagai camilan saat bersantai. Biasanya dikemas berupa plastik berisikan roll opak kemudian dimasukkan ke dalam kotak/kardus kemasan. Harganya cukup terjangkau.

9. Geti

Geti

Image Credit by Putratravel.net

Geti merupakan makanan khas Blitar yang tersedia dalam berbagai varian rasa, mulai dari original, belimbing, dan coklat. Geti terbuat dari bahan gula merah, kacang, dan wijen yang diolah menjadi satu.

Geti mempunyai rasa yang manis dan legit, serta gurih ketika dikunyah. Umumnya berbentuk kotak-kotak berbagai ukuran yang dijual dalam kemasan bervariasi.

10. Sambel Pecel Asli

Sambel Pecel Asli

Image Credit by Bukalapak.com (Berkah jaya abadi)

Blitar terkenal dengan kuliner pecelnya yang lezat. Anda bisa membawa sambel pecel asli buatan Blitar sebagai oleh-oleh. Anda akan menikmati rasa pedas, manis, dan tentu saja nikmat.

Yang menjadi ciri khas sambel pecel ini adalah aroma kulit jeruk yang sedap dan segar. Kemasan sambel pecel asli Blitar berupa plastik yang dibungkus kecil-kecil kemudian dipres dalam plastik lebih besar.

5 Toko Pusat Oleh-Oleh Khas Blitar

1. Toko Oleh-Oleh Madani

Toko Oleh-Oleh Madani

Lokasi: Jl. Bali No.08, Plosokerep, Kec. Sananwetan, Kota Blitar. – Image Credit by Oleholehkhasblitar.business.site

Toko oleh-oleh ini menyediakan berbagai oleh-oleh khas Blitar dengan harga ramah di kantong. Mulai dari sagon, rempeyek, rengginang, dan lain-lain.

Selain itu Toko Madani juga menjual beberapa jenis makanan yang diproduksi secara mandiri. Penataan tempatnya cukup rapi sehingga memudahkan pembeli dalam memilih oleh-oleh yang diinginkan.

2. Pusat Oleh-Oleh Amanah

Pusat Oleh-Oleh Amanah

Lokasi: Jl. Veteran No.201, Plosokerep, Kec. Sananwetan, Kota Blitar. – Image Credit by Google.com (Pusat Oleh-oleh Amanah)

Pusat Oleh-Oleh Amanah telah banyak dikenal oleh pengunjung lokal maupun luar daerah. Toko ini menyediakan banyak makanan ringan khas Blitar, seperti opak, kedelai goreng, sagon, hingga aneka sambel pecel.

Toko ini mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun umum. Harga oleh-oleh di tempat ini cukup terjangkau.

3. Toko Mulia

Toko Mulia

Lokasi: Jl. Semeru No.62, Kauman, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar. – Image Credit by Foursquare.com

Tempat ini menyediakan berbagai oleh-oleh khas Blitar seperti sagon, wajik klethik, rempeyek, dan lain-lain dengan harga bervariasi tergantung ukuran.

Anda bisa memilih sendiri produk yang diinginkan karena tempatnya cukup luas sehingga nyaman untuk berbelanja. Toko ini biasanya buka hingga pukul 21.00

4. Pusat Oleh-Oleh Khas Blitar

Oleh-Oleh Khas Blitar

Lokasi: Jl. Bengawan Solo No.121, Tanjungsari, Kec. Sukorejo, Kota Blitar. – Image Credit by Artha-abadi-pusat-oleh-oleh-khas-blitar.business.site

Toko ini telah banyak dikunjungi para pemburu oleh-oleh. Ada banyak jenis kue, makanan ringan, serta aneka camilan khas Blitar yang dijual dengan harga terjangkau.

Selain menyediakan produk komplit dengan harga bersahabat, pelayanan terbaik di toko ini menjadi nilai plus. Anda bisa menemukan makanan unik khas Blitar yang berkualitas.

5. Goedang Oleh-Oleh

Goedang Oleh-Oleh

Lokasi: Jl. Veteran No.203, Plosokerep, Kec. Sananwetan, Kota Blitar. – Image Credit by Goedang-oleh-oleh-blitar.business.site

Tempat ini fenomenal sebagai pusat oleh-oleh terlengkap di Blitar. Tempatnya cukup strategis sehingga mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Toko ini menyediakan berbagai oleh-oleh khas Blitar komplit dengan harga yang bervariasi. Anda bisa mengunjungi toko ini kapan pun karena buka setiap hari mulai pagi hingga pukul 21.00.

Itulah 10 oleh-oleh khas Blitar beserta tempat di mana Anda bisa mendapatkannya. Sebagian besar dijual dengan harga terjangkau, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ingin membawa pulang buah tangan dalam jumlah banyak.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Makan Palembang
16 Tempat Makan Enak di Palembang Favorit Wisatawan
Minuman Makanan Khas Palembang
20 Minuman & Makanan Khas Palembang yang Populer
Wisata Kuliner Palembang
15 Wisata Kuliner di Palembang yang Enak & Wajib Anda Coba
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Wisata Kuliner Karawang
13 Wisata Kuliner di Karawang yang Enak & Wajib Anda Coba
Oleh-Oleh Khas Karawang
7 Oleh-Oleh Khas Karawang Paling Populer
Tempat Makan Serang
10 Tempat Makan Enak di Serang Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Minuman Makanan Khas Manado
26 Minuman & Makanan Khas Manado yang Populer
Tempat Makan Manado
13 Tempat Makan Enak di Manado Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Manado
10 Wisata Kuliner di Manado yang Enak & Wajib Anda Coba
Tempat Wisata Bima
21 Tempat Wisata Favorit di Bima
Tempat Makan Ubud Bali
12 Tempat Makan di Ubud Bali Paling Enak
Tempat Makan Denpasar Bali
13 Tempat Makan di Denpasar Bali Paling Enak
Tempat Makan Bali
17 Tempat Makan Enak di Bali Favorit Wisatawan
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak