Candi Penataran salah satu candi bercorak keagamaan Hindu di Kota Blitar dan termegah di Jawa Timur. Candi yang sarat nilai sejarah ini memiliki banyak relief dan ukiran yang masih dilestarikan sebagai bukti kejayaan masa lampau.

Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Penataran, Kec. Nglegok, Kab. Blitar, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Blitar mungkin sudah terkenal seantero Indonesia karena merupakan tanah kelahiran tokoh penting nasional, yaitu Ir. Soekarno. Tetapi tidak hanya karena kota kelahiran presiden pertama Indonesia saja, tempat ini juga berdiri sebuah candi peninggalan kerajaan jaman dahulu.

Candi penataran yang berdiri di sana merupakan salah satu deretan bangunan bercorak Hindu yang tersebar senusantara. Bangunan tersebut telah menjadi objek wisata tersendiri yang ramai dikunjungi orang-orang.

Objek tersebut menjadi ikon tersendiri yang menunjukkan sisi lain dari Kota Blitar. Tempat tersebut tidak hanya menjadi favorit turis lokal untuk berekreasi, namun juga beberapa pengunjung dari berbagai negara tertarik untuk ke sana.

Daya Tarik yang Dimiliki Candi Penataran

Daya Tarik Candi Penataran
Image Credit: Google Maps (M Fadhli)

1. Sejarah Panjangnya

Ini merupakan pendorong utama mengapa banyak orang ingin singgah ke tempat yang menampilkan bangunan pura dengan berbagai motif disertai dengan aksesori berupa pahatan patung yang begitu mempesona. Candi yang satu ini telah ada sejak jaman Kerajaan Kediri berdiri di sana. Letaknya memang tidak jauh dari pusat keramaian area Kediri jika diamati.

Pada jaman dahulu Kerajaan Kediri memang salah satu negeri yang sudah mendiami Pulau Jawa dengan berbagai kisah yang telah menjadi salah satu sejarah nusantara. Areanya berada di Jawa Timur terutama bagian bawah sehingga keberadaan Candi tersebut merupakan salah satu daerah kekuasaannya.

Selain itu, corak yang dimiliki oleh kerajaan tersebut memang mayoritas mengarah ke agama tersebut, bahkan banyak dari rajanya yang memeluk Hindu. Itulah sebabnya, menemukan sebuah tempat peribadatan kepercayaan tersebut di areanya bukanlah sesuatu yang mengherankan.

Candi Penataran menjadi tujuan yang sangat mengasyikan terutama bagi mereka yang menyukai sejarah. Tidak hanya masyarakat sekitar saja, namun orang-orang dari berbagai penjuru nusantara hingga dunia tidak sedikit yang ingin menemui saksi bisu sejarah masyarakat Indonesia pada masa lalu itu.

2. Pesona Lereng Gunung Kelud

Keberadaan bangunan bersejarah bagi bangsa Indonesia ini terletak pada ketinggian lebih dari 400 meter di atas permukaan laut. Hal itulah yang menyebabkan suasana yang ditawarkan oleh Candi Penataran memang cukup sejuk layaknya destinasi di dataran tinggi pada umumnya. Hal tersebut diakibatkan oleh dekatnya lokasi candi dengan salah satu gunung tersohor di Jawa, yakni Kelud.

Letaknya berada persis di lereng Gunung Kelud sehingga pengunjung pun bisa menikmati pemandangan yang tidak biasa tersebut. Mengunjungi destinasi tersebut, maka wisatawan tidak hanya akan disuguhkan oleh relief unik pada bangunannya saja namun juga kenampakan pegunungan yang ada di bagian sampingnya.

Keunikan bangunan menjadi semakin sempurna tatkala potret gunung yang menjulang ke atas berpadu di dalamnya. Tempat tersebut sangat sempurna untuk mereka yang mencari lokasi yang akan membawa ketenangan jiwa dan raga. Keelokan alam seolah berpadu sempurna dengan produk budaya buatan manusia beberapa abad yang lalu.

Mungkin ini juga menjadi alasan mengapa objek tersebut didirikan. Para leluhur melakukan sembahyang kepada Sang Hyang Widhi dengan latar yang sangat mendukung. Meditasi yang dilakukan sebagai bentuk penghormatan akan sangat mudah dilakukan karena umat menjadi lebih mudah untuk menemukan fokus masing-masing tatkala melakukan semedi.

3. Area yang Cukup Luas

Tempat yang indah akan sangat kurang jika luasnya tidak cukup memadai untuk banyak orang singgah. Oleh sebab itulah, dengan luas objek wisata ini yang mencapai lebih dari 12 hektar dapat memuat banyak pengunjung untuk berwisata membuatnya sangat cocok untuk menjadi pilihan utama dalam tujuan mana yang akan diambil ketika hendak bertamasya.

Turis yang hadir dijamin tidak akan merasakan penat ketika sudah sampai di sana meskipun mungkin tidak sedikit orang yang akan bersama-sama mengunjunginya. Candi Penataran terhampar di area yang singgah dan berhadapan langsung dengan berbagai bentangan alam yang akan membuatnya semakin terasa lebar.

4. Menikmati Segarnya Air

Lain halnya dengan kebanyakan objek wisata candi, destinasi tersebut tersedia sebuah kolam renang yang dapat dipakai oleh siapapun yang hadir ke sana. Air yang ada pada kolam tersebut nampak biru menunjukkan kejernihannya.

Tidak sedikit orang yang tertarik untuk ke sana karena dapat merasakan sensasi berenang di tempat bersejarah dengan fasilitas modern serta ditambah oleh pemandangan alam yang sangat luar biasa. Di dekat pemandian itu juga terdapat air mancur yang semakin membuat lokasi ini lebih indah.

Daya TarikDimiliki Candi Penataran
Image Credit: Google Maps (Prihadi Nugroho)

5. Singgah ke Candra Sengkala

Ini merupakan candi yang paling tinggi menjulang ke atas daripada bangunan-bangunan lainnya di sana. Pada bagian dalam terdapat patung ganesha sehingga tidak jarang disebut demikian atau sering juga dinamakan bangunan Brawijaya. Lokasi tepatnya ada di bagian depan kompleks Penataran.

6. Bangunan Utamanya yang Megah

Meskipun ini merupakan candi utama yang ada di kompleks tersebut, namun letaknya secara teknis ada di halaman belakang. Pun demikian, banyak hal unik yang terkandung di dalamnya salah satunya yakni relief cerita Ramayana. Tersusun atas 3 buah teras yang menjulang ke atas, Candi Penataran menampilakan sisi sakral khas bangunan tua.

7. Menyusuri Candi Naga

Penamaannya bukan tanpa alasan karena memang pada bagian atas bangunan persegi ini memiliki gambar timbul berupa naga. Namun sayangnya, sekarang bagian atas atau kepala candi sudah tidak tersisa untuk dinikmati oleh turis yang datang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Candi Penataran

Alamat Candi Penataran
Image Credit: Google Maps (Bayu Seno Aji)

Candi ini berada di lereng salah satu gunung di Jawa Timur yaitu Kelud. Lokasi tepatnya berada di desa dengan nama yang sama seperti bangunan tersebut pada Kabupaten Blitar. Kompleks Penataran ada di sebuah daerah yang bernama Nglegok. Keberadaannya ada di bagian utara Kota Blitar dan terbentang kurang lebih 12 kilometer panjangnya dari sana.

Jika ingin mengaksesnya dari pusat keramaian Blitar, bisa mengambil jalur Barito Selatan. Telusuri saja jalur tersebut hingga tiba di sebuah persimpangan dengan jalan dekat dengan Kalibrantas. Arahkan kendaraan yang dipakai menuju daerah Kalibrantas tersebut hingga menjumpai jalan yang berlabelkan Ciliwung.

Ikuti jalur tersebut hingga sampai di sebuah pertigaan jalan menuju ke daerah Sawunggaling. Kalau sudah berada di daerah tersebut maka harus mengikuti arah jalan raya menuju Candi Penataran. Akan dijumpai penunjuk jalan yang secara langsung mengarahkan ke arah objek wisata tersebut sehingga tidak perlu bingung untuk mengambil setiap rute ke sana.

Pengunjung akan secara langsung mendapati tempat tersebut di bagian kiri jalan yang dilalui. Terdapat arah yang akan menunjukkan pintu gerbang dan juga daerah untuk memarkirkan mobil atau moda apapun yang digunakan.

Harga Tiket Masuk Candi Penataran Blitar

Harga Tiket Candi Penataran Blitar
Image Credit: Google Maps (Gigih)

Pengunjung bisa mendapatkan kehormatan menikmati setiap sisi objek tersebut dengan membayar tiket masuk hanya sekitar 3000 hingga 5000 rupiah saja. Pastikan juga agar waktu kedatangan ke lokasi wisata itu sesuai dengan aturan yang tersedia.

Pengelola hanya akan melayani pengunjung dari pukul 8 pagi hingga sekitar pukul 5 pada sore hari. Tetapi, waktu yang sangat direkomendasikan untuk datang ke sana adalah ketika pagi ataupun pada saat Swastamita. Masa-masa saat sang mentari sedikit demi sedikit sembunyi memang merupakan salah satu fenomena yang wajib dilihat ketika berada di sana.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan sendiri ke sana juga perlu membayar tarif parkir untuk kendaraan yang ditempatkan di area sekitarnya. Biaya tersebut terbilang standar sama seperti tempat-tempat lainnya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Candi Penataran

Aktivitas di Candi Penataran
Image Credit Google Maps (Alfath Tech)

1. Menyusuri Setiap Inci Tempat Tersebut

Mengunjungi Candi Penataran tidak akan lengkap jika tidak melihat setiap detail dari bangunan bersejarah tersebut. Berbagai hal tidak hanya membuat pengunjung menjadi takjub saja, namun juga informatif. Wisata sejarah tentu akan memberikan para tamunya tambahan ilmu yang cukup menarik untuk diketahui.

Berbagai arca yang menunjukkan simbol-simbol kepercayaan Hindu sangat menarik untuk diamati. Beragam bentuk yang ada dalam cerita pewayangan ataupun epos-espo religi tertentu bisa secara langsung dilihat bagaimana bentuknya. Tidak hanya satu atau dua saja titik yang bisa ditelusuri, namun banyak yang bisa dieksplorasi manakala berwisata di sana.

2. Bermeditasi Dengan Keindahan Alam di Sekelilingnya

Tidak hanya secara harfiah saja bisa melakukan meditasi, di tempat ini pengunjung bisa berdiam sambil menikmati beragam panorama yang disajikan dengan apik. Pemandangan yang tersusun dari rangkaian bentang alam yang rapi tersebut memang sangat cocok untuk diamati. Hal ini seolah berkombinasi dengan anggun oleh bangunan-bangunan di sana.

Aktivitas Dilakukan di Candi Penataran
Image Credit: Google Maps (Widya Pramana)

3. Piknik Kecil-Kecilan di Area Komplek Candi

Wisatawan bisa saja melakukan sebuah piknik skala kecil dengan keluarga ataupun kerabat dekat lainnya. Menikmati momen bersama dengan orang-orang terkasih di Candi Penataran menjadi semakin mengesankan jika diiringi dengan prosesi makan bersama.

Tersedia fasilitas yang dapat digunakan untuk melakukan aktivitas tersebut dengan duduk di kursi ataupun langsung di atas tanah beralaskan karpet. Tidak sedikit masyarakat yang sangat tertarik untuk melakukan hal tersebut karena memang asyik untuk dicoba dan diperbolehkan asal sesuai dengan aturan dan pastinya selalu menjaga kebersihan kompleks bersama-sama.

4. Berburu Potret yang Mempesona

Eksotisme tempat ini akan sangat rugi jika tidak diabadikan dengan mengambil beberapa jepretan foto dari kamera ataupun ponsel pribadi yang dibawa. Tidak jarang lokasi ini dijadikan latar dalam gambar pra-pernikahan. Panorama yang tersaji memang akan membuat siapapun berdecak kagum akan keindahannya.

Susunan candi yang rapi berpadu anggun dengan lanskap Gunung Kelud yang membuat latar belakang foto semakin cantik. Tak heran jika turis mancanegara yang sedang berada di Kawasan Blitar selalu menempatkan jadwal kunjungan ke Candi Penataran dalam rencana perjalanan mereka.

Fasilitas yang Tersedia di Candi Penataran Blitar

Fasilitas Candi Penataran Blitar
Image Credit: Google Maps (Muhammad Yunus)

Saat berada di sana wisatawan tidak perlu khawatir karena terdapat sarana lengkap yang bisa dipakai seperti mushola, toilet, serta lahan parkir yang cukup luas. Tidak jauh dari lokasi berdirinya, ada beberapa restoran yang akan memanjakan perut lapar para pengunjung. Ada pula beberapa toko yang menjual aneka cinderamata dan makanan khas daerah tersebut sebagai buah tangan dari sana.

Berada di Kabupaten Blitar menjadi tidak lengkap jika tidak mengambil trip sejenak untuk mengunjungi Candi Penataran ini. Tidak hanya mendapatkan ilmu mengenai masa lalu tempat tersebut, namun juga keindahan Indonesia bisa dinikmati di lokasi tersebut. Mengambil liburan di tempat mengesankan itu akan membuat pengalaman yang luar biasa mengesankannya.