Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00–16.30 WIB, Alamat: Jl. Banteng – Blorok No. 18, Plosorejo, Kec. Kademangan, Kab. Blitar, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Kampung Coklat merupakan wisata kuliner dan edukasi mengenai pengolahan biji kakao di Kota Blitar, Jawa Timur. Di sini, Anda akan menemukan aneka hasil olahan makanan berbahan dasar cokelat, di mana sumbernya berasal dari perkebunan milik penduduk setempat. Akibat tata kelola yang diawasi langsung oleh ahlinya, maka jaminan kualitas atas setiap produk akan Anda peroleh sebaik-baiknya.

Bagi para pecinta cokelat, objek wisata satu ini tampaknya layak dikunjungi untuk mencicipi berbagai varian produk relevan, sekaligus belajar langsung cara pembuatannya dari sang ahli. Produk di sini dipastikan memiliki tekstur terbaik dengan kelayakan yang tidak perlu diragukan lagi. Maka dari itu, mengalokasikan jadwal di akhir pekan demi kunjungan tercepat sungguh tidak akan sia-sia.

Lebih jauh, Anda pun bahkan bisa menikmati keindahan wilayah Blitar dan sekitarnya atau mengunjungi Makam Bung Karno di antara aktivitas berburu cokelat. Pasalnya, Blitar juga dikenal akan panorama indah wisata alamnya meski mungkin masih kalah dari daerah sekitar seperti Malang. Namun intinya, tidak salah untuk berkunjung ke Kampung Coklat demi melepas penat usai bekerja atau kuliah.

Daya Tarik yang Dimiliki Kampung Coklat

Daya Tarik Dimiliki Kampung Coklat
Image Credit: Google Maps Agung Y.P

1. Ada Kelas Memasak

Kelas memasak sengaja dibuka untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin belajar membuat hidangan berbahan cokelat. Namun lebih dari sekadar memasak, di sini Anda punya peluang menghiasi aneka cokelat menyesuaikan selera pribadi. Selain itu, pengunjung juga diberi kesempatan untuk bereksperimen sendiri.

Pada dasarnya, kelas memasak di Kampung Coklat tersedia untuk anak-anak. Namun kenyataan di lamanya menunjukan sesuatu yang berbeda, di mana orang dewasa ternyata ikut tertarik melakukan percobaan. Tidak mengherankan sebenarnya sebab aktivitas semacam ini memang mengasyikkan, cocok untuk melenyapkan rasa bosan.

Terlebih lagi, pengajarnya sangat kompeten dan menggunakan metode cerdas untuk menyatukan atensi peserta. Jika ingin menambah wawasan tentang cokelat dan bagaimana cara mengolahnya, berarti objek wisata ini memang dibuat untuk Anda.

2. Kesempatan Mengunjungi Galeri Gokelat

Pengunjung punya kesempatan datang ke Galeri Coklat demi melihat-lihat aneka produk hasil olahan cokelat. Bahkan, produk-produk tersebut diperjualbelikan sehingga dapat Anda bawa pulang serta dijadikan buah tangan untuk orang rumah atau sahabat dekat. Bukankah menyenangkan membeli cokelat langsung dari tempat produksinya?

Itu akan jadi salah satu pengalaman tak terlupakan, di mana Anda akan diajak melihat berbagai makanan seperti brownies, keripik, dan cokelat bermacam-macam varian baik bentuk maupun rasanya. Selanjutnya, Anda pun bisa membeli produk kerajinan tangan seperti baju, tas, mud, dan lain sebagainya.

3. Hadirnya Pulo Coklat

Pulo Coklat merupakan sebuah pulau rekayasa di bilangan Kampung Coklat yang berada di tengah-tengah kepungan air. Di sini, pengunjung akan disajikan hawa sejuk dari perairan, sekaligus pemandangan menawan di sekitarnya. Spot satu ini memang cocok untuk Anda yang ingin relaksasi dan menepi dari keramaian.

Tidak hanya itu, Pulo Coklat bahkan menyediakan aneka makanan lewat foudcart di dekatnya. Anda dapat melakukan pemesanan untuk kemudian menyantap hidangan tersebut di tengah pulau sambil melihat-lihat kawasan perairan. Lebih jauh, biasanya pengaturan wisata semacam ini digemari oleh anak kecil sehingga layak dijadikan rujukan liburan keluarga.

Daya Tarik Kampung Coklat
Image Credit: Google Maps Rara

4. Relaksasi di Kolam Ikan

Ada yang namanya spot Terapi Ikan di mana pengunjung bisa memasukkan kaki ke dalam kolam ikan demi melepas penat. Barangkali, tempat ini cocok dikunjungi setelah Anda lelah mengelilingi berbagai wahana di Kampung Coklat.

Pikiran berpotensi memperoleh ketenangan usai bersantai di sini. Cobalah rasakan sensasi geli ketika ikan-ikan kecil menggigit kaki Anda. Kolam ini diklaim mampu membantu memperlancar sirkulasi darah. Tak heran, banyak pengunjung menjadikan Terapi Ikan sebagai salah satu spot favorit.

Betapa tidak, Anda hanya perlu duduk di tepi kolam, memasukkan kaki di dalamnya, lalu memperoleh sensasi damai berkat aksi ikan-ikan kecil yang mulai menggigit kaki. Tak perlu khawatir, sebab hewan air tersebut tidaklah berbahaya.

5. Kolam Ikan Kegemaran Anak Kecil

Selain Terapi Ikan, ternyata di Kampung Coklat ini Anda dapat menemukan sebuah kolam ikan yang menjadi kegemaran anak kecil. Pasalnya, ada berbagai macam ikan hias dikembangbiakkan di kolam tersebut sehingga pemandangannya cukup menarik pandangan siapa saja.

Tidak hanya sekadar melihat ikan-ikan hias, pengunjung juga dimungkinkan untuk berinteraksi langsung dengan mereka. Kolam Ikan dapat dijadikan pilihan keluarga untuk melakukan wisata edukasi bernuansa seru dan menyenangkan.

Jika anak Anda rewel dan menuntut liburan di akhir pekan atau hari berlibur nasional,cobalah ajak ke tempat ini. Jangan lupa manfaatkan spot Kolam Ikan sebagai tujuan pertama sebelum melakukan penjelajahan lebih lanjut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kampung Coklat Blitar
Image Credit: Google Maps Wisata Edukasi Kampung Coklat

Kampung Coklat ini berada di Kabupaten Blitar, persisnya di Desa Kademangan Jalan Banteng No. 18. Terpaut sejauh 10 km dari pusat kota, dapat disambangi menggunakan motor ataupun mobil.

Jika Anda bermukim di Blitar dan sekitarnya, ambil arah selatan menuju Kecamatan Jembatan Kademangan. Setelah itu, lurus terus ketika menemukan pertigaan dan ikuti saja papan petunjuk jalan.

Alternatif lain, jika bertolak dari stasiun Blitar, pilihlah rute melintasi Jalan Mastrip hingga ke Jl. Raya Trisula setelah belok kiri. Sesampainya di Jl. Raya Trisula, belok kiri lagi ke arah Jl. Banteng Blorok dan tidak lama kemudian Anda akan menemukan objek wisata tujuan.

Sepanjang perjalanan menuju destinasi tersebut, Anda akan dimanjakan oleh lanskap indah Blitar yang sarat akan suasana pedesaan. Ada sawah dan areal perkebunan yang berjajar rapi di tepi-tepi jalan milik penduduk setempat. Untuk masalah kontur jalanannya sendiri, tidak perlu terlalu khawatir sebab cukup layak dilewati oleh aneka jenis kendaraan.

Kampung wisata yang terkenal akan tanaman cokelatnya ini memang mampu menghadirkan suasana menyenangkan bagi pengunjung bahkan sebelum memasuki destinasi utama. Jika ingin merasakan pengalaman lebih asyik, disarankan untuk berkendara memakai motor pribadi demi merasakan semilir angin sepoi di Kabupaten Blitar.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Kampung Coklat
Image Credit: Google Maps tina krizz

Harga tiket masuk di Kampung Coklat Blitar berlaku untuk seluruh usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Anda hanya perlu mengeluarkan modal Rp 10.000 per orang. Selain itu, tidak ada perbedaan pula antara tarif pada hari aktif, akhir pekan, maupun libur nasional.

Beroperasi setiap Senin hingga Jumat pukul 08.00-16.30 WIB, sementara Sabtu, Minggu, serta hari libur nasional dibuka mulai pukul 08.00-18.00 WIB. Maka dari itu, pastikan Anda datang sesuai jadwal yang berlaku agar tidak berakhir kecewa. Apabila ingin melakukan reservasi untuk aktivitas rombongan, Anda dapat menghubungi nomor 082220567818.

Tentu, tarif pemesanannya akan berbeda dibanding Anda datang sebagai wisatawan biasa. Namun, tidak perlu khawatir sebab pihak pengelola memiliki katalog di website resminya, yang bisa diakses lewat https://kampungcoklat.com. Untuk detail tarifnya, sebaiknya dikonsultasikan langsung dengan pihak terkait.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Kampung Coklat

Aktivitas di Kampung Coklat
Image Credit: Google Maps Mochamad Aldo Bagus cahyono

1. Mencoba Trampoline

Trampoline adalah salah satu permainan seru yang biasanya membuat penggunanya meloncat ke sana-kemari. Ini merupakan wahana yang menuntut aktivitas fisik sehingga sering kali menciptakan rasa lelah. Perlu diketahui pula, trampoline dinilai berbahaya jika dilakukan oleh anak kecil seorang diri.

Maka dari itu, orang tua diharapkan mengawasi anak-anak mereka selama bermain trampoline. Bahkan, jika memungkinkan tidak ada salahnya turut menikmati permainan di sini.

2. Berkeliling Memakai Kereta Kelinci

Kampung Coklat bisa dibilang sebagai salah satu objek wisata yang ramah keluarga. Ini tercermin lewat banyaknya wahana yang mendukung keseruan si kecil, misalnya kereta kelinci. Melalui wahana tersebut, anak kecil dapat mengelilingi area destinasi sesuai ketentuan rute dari pihak pengelola.

Tentu, kemanan mereka menjadi aspek utama yang patut dipertimbangkan sehingga dalam prosesnya orang tua tetap mengawasi. Lagi pula, destinasi di daerah Kabupaten Blitar ini tidak pernah sepi pengunjung. Dengan demikian, penjelajahan menaiki kereta kelinci akan jadi semakin menyenangkan.

Aktivitas Menarik di Kampung Coklat
Image Credit: Google Maps Imam Muryanto

3. Mendengarkan Musik di Bale Coklat

Tersedia ruangan multifungsi di kawasan destinasi ini, di mana kerap dijadikan tempat penyelenggaraan berbagai acara, baik formal maupun nonformal. Misalnya saja, agenda gathering, pernikahan, rapat, dan sejenisnya yang memang sengaja disewakan untuk khalayak umum dengan reservasi di awal.

Menariknya, Anda dapat menyaksikan live musik jika datang pada hari libur sebab pihak pengelola menyediakan live band, alat musik, dan tak lupa penyanyinya. Di sisi lain, pengunjung diberi kesempatan untuk tampil secara sukarela sehingga suasanya menjadi lebih meriah.

4. Istirahat di Lounge

Pihak pengelola menyediakan lounge di Kampung Coklat yang di sekelilingnya tumbuh subur aneka pepohonan rindang. Suasanya di kawasan ini amat rindang dan kental akan kedamaian. Di sekitarnya, terdapat pula spot khusus untuk berfoto ria.

Mayoritas tanaman yang dibudidayakan di sini adalah pohon cokelat. Dengan kata lain, pengunjung akan bersantai atau menikmati kudapan di bawah lindungan tanaman tersebut. Selain itu, Anda pun dimungkinkan menyaksikan para petugas wisata memanen buah cokelat.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kampung Coklat
Image Credit: Google Maps Gus Jackal Crow

Tidak hanya pemandangan areal perkebunan cokelat yang estetis, di sini Anda akan dimanjakan oleh beragam fasilitas penunjang. Tersedia area parkiran luas, serta toilet umum yang terawat. Dua aspek ini kerap dikeluhkan oleh pengunjung di banyak tepat, tetapi pengelola Kampung Coklat mampu menghadirkan rasa nyaman.

Fasilitas lainnya, Anda bisa menemukan restoran dengan hidangan utama berupa olahan cokelat, tetapi tentunya ada pula menu yang lain. Terlebih lagi, di sini disediakan kelas memasak di mana pengunjung dapat belajar membuat makanan berbahan dasar cokelat dan dipandu langsung oleh ahlinya.

Lebih jauh, Anda pun akan disuguhkan aneka outlet yang menjual berbagai suvenir menarik seperti kemeja, olahan makanan atau minuman berbahan dasar cokelat, dan masih banyak lagi.

Kabar baiknya, harga-harga di sini terbilang murah dan bervariatif bisa menyesuaikan selera serta isi dompet pengunjung. Tak heran, wisatawan dari berbagai kelompok usia senang mengunjungi tempat ini.

Kampung Coklat Blitar merupakan salah satu desa wisata populer di Jawa Timur dengan olahan cokelat sebagai ikon utamanya. Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di sini, lebih dari sekadar kulineran semata. Misalnya saja, layak dijadikan sarana studi tur bagi anak sekolah untuk belajar wirausaha sedari dini, atau bahkan studi banding di antara sesama pengembang desa wisata.