Harga Tiket: Rp 25.000, Jam Operasional: 09.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Badak Ujung, Sail, Kec. Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau; Map: Cek Lokasi

Liburan merupakan hal yang paling banyak diminati oleh berbagai kalangan untuk menghilangkan stres ataupun penat dari aktivitas harian. Bagi Anda yang senang dengan berlibur, kini tersedia destinasi wisata modern seperti Asia Farm Hayday di Kota Pekanbaru. Uniknya, Anda dapat merasakan pengalaman liburan dengan nuansa luar negeri seperti ala barat ataupun Jepang.

Objek wisata seperti ini sangat membantu para wisatawan yang ingin berlibur ke berbagai negara dikala pandemi. Anda beserta keluarga dapat menikmati keindahan berbagai bangunan dengan desain dan pakaian khas dari setiap negaranya. Selain itu, Anda dapat merasakan udara segar disekitar destinasi karena areanya yang bersih dan sangat terjaga keasriannya.

Destinasi ini merupakan salah satu lokasi wisata yang populer dan sangat dibanggakan oleh pemerintah serta warga setempat. Hal tersebut dikarenakan Asia Farm Hayday mampu menarik banyak wisatawan, baik itu dari Pekanbaru ataupun berbagai daerah lainnya. Lokasi wisata ini dihiasi dengan berbagai jenis bunga cantik yang ditanam di setiap halaman pada bangunannya.

Daya Tarik yang Dimiliki Asia Farm Hayday

Daya Tarik Asia Farm Hayday
Image Credit: Instagram Billy Halim

1. Terinspirasi Dari Sebuah Game

Daya tarik pertama dari Asia Farm Hayday yakni keunikan pada bangunannya. Objek wisata ini dibangun berdasarkan sebuah inspirasi dari Game Hayday. Sehingga, Anda akan merasa sedang menjelajah sebuah peta dalam game saat berlibur di lokasi wisata ini.

Selain itu, destinasi ini memiliki sekitar 26 jenis bangunan di dalamnya dengan konsep waterpark, agrowisata, hingga mall. Destinasi ini terlihat seperti kawasan pertanian serta peternakan dalam sebuah desa yang tenang.

Anda dapat merasakan suasana pedesaan ala negeri barat, terutama jika mencoba langsung kostum petani ketika berlibur disana. Tata letak area wisata tersebut benar-benar mirip dengan Game Hayday dimana terdapat bangunan, taman, serta wilayah peternakan di dalamnya.

2. Memiliki Nuansa Jepang dan Negara Eropa

Destinasi ini hadir dengan penggabungan dua budaya yakni Jepang dan Eropa. Anda dapat memilih untuk mengunjungi salah satu area sesuai keinginan. Namun, tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke dua area tersebut secara sekaligus.

Anda dapat berfoto sambil duduk manis di Kampung Samurai yang memiliki bangunan khas Jepang. Beberapa wisatawan biasanya menggunakan kimono di tempat tersebut dari pelayanan sewa pakaian khas disana.

Terdapat pula beberapa replika bangunan khas negara barat yang sangat diminati oleh anak-anak yakni Rumah Hobbit dan Kincir Angin Belanda. Tersedia Foodstreet yang memiliki dekorasi seperti jalanan di Venesia. Area Foodstreet ini paling ramai dikunjungi wisatawan karena menghadirkan berbagai kuliner enak di dalamnya.

3. Tempat Wisata Baru yang Kekinian

Asia Farm Hayday sendiri merupakan tempat wisata terbaru yang menjadi daya tarik bagi masyarakat setempat. Destinasi wisata kekinian ini tentu saja membuat masyarakat penasaran akan keindahan di dalamnya. Terlebih lagi di lokasi ini tersedia pelayanan wisata edukasi yang sangat bermanfaat bagi para pengunjungnya.

Destinasi ini sangat cocok dijadikan tempat rekreasi keluarga karena orangtua ataupun anak akan mendapatkan pengalaman yang berbeda. Keindahan desain hingga ilmu pengetahuan tentang hewan akan didapatkan dari lokasi ini.

Satu keluarga pun dapat menggunakan pakaian ala Eropa hingga Jepang saat berlibur kesini. Foto ketika wisata pun akan terlihat seperti keluarga yang sedang menikmati liburan di luar negeri.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Asia Farm Hayday
Image Credit: Google Maps Elmo Tan

Asia Farm Hayday berlokasi di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Lebih tepatnya wisata ini berada di Jalan Badak Ujung dalam daerah Sail, Kecamatan Tenayan Raya. Lokasinya yang berada di jalan besar membuat para wisatawan tidak kesulitan ketika mengunjunginya. Anda hanya perlu menempuh perjalanan kurang dari setengah jam menuju lokasi wisata.

Jika Anda dan keluarga berasal dari luar Pulau Kalimantan, harus menggunakan pesawat terlebih dahulu sampai Bandara Sultan Syarif Kasyim II. Sebaiknya Anda melakukan penyewaan pada penginapan di sekitar Pekanbaru karena destinasi wisata ini memiliki waktu kunjungan yang terbatas. Sehingga Anda dapat melakukan reservasi setelah mendapatkan penginapan tersebut.

Dari pusat kota, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum untuk sampai ke Asia Farm Hayday ini. Jarak antara pusat kota dan lokasi wisata yaitu sekitar 10 kilometer. Bahkan, Anda akan menempuh perjalanan selama 10 menit saja jika menggunakan motor. Anda dapat bertanya pada warga, mengikuti petunjuk jalan, atau melihat Maps di internet.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Asia Farm Hayday
Image Credit: Google Maps Kasman Sutrisno

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Asia Farm Hayday ini harus membeli sebuah tiket masuk terlebih dahulu. Biaya tiket masuk tersebut yakni 25.000 rupiah untuk setiap pengunjungnya. Sedangkan untuk biaya parkir sendiri yaitu sekitar 5000 rupiah saja. Biaya tersebut terbilang murah, mengingat luasnya tempat wisata yang akan dinikmati selama seharian.

Jika Anda membawa anak dengan tinggi badan dibawah 70 centimeter, maka gratis untuk biaya tiket masuknya. Biaya masuk hanya diperuntukkan bagi para wisatawan yang memiliki tinggi badan diatas ketentuan tersebut. Namun, Anda dan keluarga harus membayar kembali ketika akan masuk pada setiap wahana permainan di lokasi wisata ini.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lokasi ini tidak dapat buka selama 24 jam penuh. Destinasi wisata akan dibuka sejak pukul 09.00 pagi. Namun, biasanya wisatawan akan mulai berkunjung dari pukul 10.00 WIB. Anda beserta rombongan keluarga dapat menikmati destinasi tersebut sepuasnya hingga sore hari sekitar pukul 18.00 WIB.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Asia Farm Hayday

Aktivitas Menarik Asia Farm Hayday
Image Credit: Google Maps Arief Budiman

1. Wisata Edukasi Peternakan dan Pertanian

Kegiatan pertama ini sangat penting bagi pengetahuan anak dalam mempelajari ilmu peternakan maupun pertanian. Para wisatawan diperbolehkan mendekati kuda ataupun kambing untuk memberi makanan pada hewan tersebut. Bahkan, disini Anda akan diajarkan cara mengelola tanaman padi serta berbagai jenis pertanian lainnya.

2. Tour Ala Luar Negeri

Anda dapat melakukan liburan ala tour mancanegara di Asia Farm Hayday ini. Berkeliling taman bunga sambil menggunakan busana eropa akan terasa sangat berkesan. Selain itu, Anda dapat berkunjung ke Kampung Samurai sambil mengenakan kostum kimono. Suasana yang tenang pun membuat Anda terasa seperti berada di Jepang sungguhan.

3. Berfoto dan Menonton

Kegiatan menarik ketiga ini tidak boleh terlewatkan ketika mengunjungi destinasi wisata tersebut. Anda wajib berfoto pada bangunan, taman, lahan peternakan, dan seluruh spot favorit di lokasi wisata. Anda akan memiliki banyak koleksi foto menarik dan instagrammable setelah berlibur dari objek wisata tersebut.

Untuk berfoto, Anda hanya membayar sekitar 25.000 rupiah ketika menggunakan pakaian adat di dalam lokasi tersebut. Anda bahkan dapat menonton pada bioskop yang tersedia di lokasi wisata tersebut. Hal ini tentu saja memudahkan Anda untuk melakukan berbagai kegiatan menarik dalam satu lokasi wisata saja.

Aktivitas Menarik di Asia Farm Hayday
Image Credit: Instagram AsiaFarm

4. Berenang

Asia Farm Hayday memiliki sebuah Waterpark cukup luas di dalamnya dengan berbagai wahana yang tidak kalah keren. Waterpark ini merupakan salah satu lokasi favorit anak-anak ketika mengunjungi destinasi wisata tersebut. Anda dapat merasakan segarnya air kolam setelah berkeliling taman seharian.

5. Wisata Kuliner Jajanan Pasar

Selain edukasi, Anda dapat melakukan wisata kuliner dengan mencicipi seluruh jajanan pasar berupa makanan dan minuman pada destinasi wisata ini. Harga jajanan pun tergolong murah yakni sekitar seribu sampai 30 ribu rupiah saja. Kantin yang berada di area wisata menyediakan gorengan, pempek, siomay, hingga menu ayam penyet dan sate.

Hal ini tentu saja memudahkan Anda untuk tidak membawa banyak bekal dari rumah yang memberatkan ransel selama perjalanan wisata. Tersedia pula menu minuman segar untuk menghilangkan dahaga selama berkeliling disana.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Asia Farm Hayday
Image Credit: Google Maps Lilita Sofia

Asia Farm Hayday memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan memadai bagi para pengunjungnya. Terdapat toilet, lahan parkir, serta Mushola sebagai fasilitas umumnya. Anda bersama keluarga pun dapat beribadah dengan mudah ketika berlibur disana. Kendaraan yang tersimpan aman di lahan parkir tentunya membuat Anda lebih tenang ketika berwisata.

Terdapatnya foodstreet dan lahan peternakan membuat Anda dapat melakukan wisata kuliner serta edukasi secara bersamaan. Hal ini tentu sangat menguntungkan para wisatawan karena mendapatkan berbagai pelayanan dengan tiket masuk yang standar. Adanya taman air membuat Anda dapat melakukan selfie dengan menyenangkan di lokasi wisata.

Tersedia pula Waterpark untuk berenang, bermain air, hingga berfoto di dalamnya. Selain itu, destinasi wisata ini telah dilengkapi dengan pelayanan sesuai protokol kesehatan yang aman bagi para pengunjungnya. Seluruh fasilitas tersebut akan menjadikan liburan Anda terasa lebih memuaskan dan menyenangkan saat berada di Kota Pekanbaru.

Itulah beberapa informasi dari wisata Asia Farm Hayday yang telah dijelaskan secara rinci untuk Anda kunjungi nantinya. Wisata modern tersebut dapat menjadi salah satu target liburan Anda ketika sedang berkunjung ke Pekanbaru dan sekitarnya. Cobalah untuk merasakan keseruan di dalam lokasi wisata ini dan bagikan pengalaman di media untuk menarik wisatawan lainnya.