10 Oleh-Oleh Khas Bekasi Paling Populer

10 Oleh-Oleh Khas Bekasi Paling Populer

Bekasi merupakan salah satu kota yang termasuk dalam kategori urban. Terletak di pinggir ibukota, Bekasi ramai menjadi tujuan kunjungan pengunjung dari luar kota.

Beberapa destinasi wisata alternatif terus dikembangkan untuk menarik semakin banyak wisatawan untuk berkunjung. Selain destinasi wisata, masyarakat juga mengembangkan berbagai produk olahan yang bisa menjadi pilihan oleh-oleh.

Nah, jika Anda sedang berada di Bekasi, beberapa produk kuliner berikut bisa menjadi buah tangan terbaik. Selain rasanya lezat, tahan lama dan pastinya harganya cukup terjangkau.

1. Dodol Betawi

Dodol Betawi

Image Credit by Oleholehbekasi.co.id

Siapa bilang dodol hanya terkenal dari Garut? Di Bekasi juga ada olahan legit dan manis ini yang terkenal dengan cita rasa khas. Cita rasanya khas dan berbeda dengan jenis dodol lainnya.

Penduduk asli Bekasi yang mayoritas adalah suku Betawi membuat dodol betawi dari Bekasi ini sangat terkenal. Dodol yang terbuat dari bahan ketan ini juga bisa didapatkan dalam berbagai rasa. Ada rasa ketan dan rasa buah-buahan. Tinggal pilih sesuai selera.

2. Kue Kembang Goyang

Kue Kembang Goyang

Image Credit by Bekasigue.blogspot.com

Oleh-oleh berikutnya yang tak boleh ketinggalan Anda bawa pulang dari Bekasi adalah kue kembang goyang. Namanya yang unik, memiliki cita rasa yang unik serta cara pembuatan yang unik pula.

Kue ini berbentuk bunga dengan rasa manis gurih serta tekstur renyah. Cara pembuatannya adalah dengan menggoyangkan cetakan kue di dalam minya panas. Kue ini cocok dijadikan oleh-oleh karena selain rasanya lezat juga karena bisa bertahan lama.

3. Kue Duit

Kue Duit

Image Credit by Mamikos.com

Kalau mendengar namanya, Anda mungkin terkejut. Namun tenang karena bukan uang sungguhan, kue ini dinamakan demikian karena memiliki bentuk menyerupai uang koin.

Terbuat dari adonan tepung, telur dan gula yang dibentuk menjadi bulatan pipih, membuat kue ini memiliki rasa manis gurih dengan tekstur renyah. Anda bisa membawa pulang jajanan khas Bekasi ini sebagai oleh-oleh karena awet tanpa bahan pengawet buatan.

4. Kue Akar Kelapa

Kue Akar Kelapa

Image Credit by Gpswisataindonesia.info

Jajanan khas Bekasi ini juga menawarkan cita rasa lezat dengan bentuk yang unik. Berbentuk seperti akar tanaman, kue ini memiliki cita rasa manis dengan aroma kuat dari biji wijen.

Kue ini dibuat dari bahan utama tepung ketan yang dicampur dengan kelapa parut. Komposisi inilah yang membuat kue ini memiliki cita rasa manis dan gurih yang khas. Sekali mencoba, Anda tak akan bisa berhenti mengunyah karena ketagihan rasanya.

5. Kue Sagon

Kue Sagon

Image Credit by Gpswisataindonesia.info

Berikutnya ada kue sagon, jajanan tradisional lainnya yang cocok dijadikan buah tangan ketika berkunjung ke Bekasi. Kue ini memiliki cita rasa yang unik yang tidak akan Anda temukan pada berbagai jenis jajanan lainnya.

Kue Sagon ini terbuat dari bahan dasar tepung beras yang disangrai terlebih dahulu, kemudian dicampurkan dengan kelapa parut lalu dipanggang. Proses pembuatannya yang khas dan berbeda inilah yang membuat kue ini juga memiliki cita rasa khas.

6. Wajik Ketan Hitam

Wajik Ketan Hitam

Image Credit by Mamikos.com

Wajik terbuat dari bahan dasar ketan hitam yang dicampur dengan gula jawa. Campuran ini kemudian menghasilkan jajanan dengan cita rasa manis dan tekstur yang lengket.

Meskipun dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet, jajanan ini bisa bertahan lama karena adanya gula jawa di dalamnya. Jadi cocok untuk dijadikan oleh-oleh dan dinikmati bersama segelas teh hangat.

7. Kue Biji Ketapang

Kue Biji Ketapang

Image Credit by Gotravelly.com

Meskipun namanya kue biji ketapang, bukan berarti kue ini benar-benar terbuat dari buah pohon ketapang. Nama ini diberikan karena bentuk kuenya kecil-kecil menyerupai biji ketapang. Kue ini biasanya disajikan pada saat Hari Raya Idul Fitri.

Terbuat dari bahan dasar tepung terigu, mentega, gula dan telur, kue ini memiliki cita rasa gurih dan asin yang nikmat. Cocok dijadikan cemilan sambil bersantai atau sambil menonton TV bersama keluarga. Meskipun sering disajikan saat lebaran, Anda pun bisa menikmati di hari-hari biasa dan menjadikannya oleh-oleh khas dari Bekasi.

8. Rengginang Khas Bekasi

Rengginang Khas Bekasi

Image Credit by Budaya-indonesia.org

Kalau Anda suka dengan cemilan bercita rasa gurih dan renyah, rengginang ini bisa menjadi pilihan utama untuk oleh-oleh. Camilan ini bisa dibilang menyerupai kerupuk dengan cita rasa gurih dan tekstur renyah. Anda bisa membawa pulang oleh-oleh ini dalam bentuk matang atau rengginang yang masih mentah.

Namun, berbeda dengan kerupuk yang terbuat dari tepung, rengginang ini terbuat dari bahan dasar beras yang melalui proses sedemikian rupa hingga terbentuklah rengginang. Rasanya juga sedikit berbeda dari kerupuk karena adanya tekstur dari beras.

9. Bandeng Rorod Khas Bekasi

Bandeng Rorod Khas Bekasi

Image Credit by Keluyuran.com

Selain cemilan, Anda juga bisa membawa pulang olahan bandeng rorod ini sebagai oleh-oleh dari Bekasi. Terbuat dari bahan dasar ikan bandeng yang sudah diproses secara khusus untuk menghilangkan durinya.

Selain pengolahan dengan cara menghilangkan durinya, proses memasak yang menggunakan bumbu istimewa membuat cita rasa bandeng ini lebih istimewa. Ada varian rasa original dan pedas yang bisa Anda pilih. Olahan ini cocok untuk dijadikan teman menyantap nasi yang lezat.

10. Bir Pletok

Bir Pletok

Image Credit by Bisnisukm.com

Terakhir ada minuman khas Betawi yang juga menjadi oleh-oleh favorit khas Bekasi. Meskipun namanya bir, namun minuman ini sama sekali tidak mengandung alkohol, justru bisa menyehatkan tubuh.

Minuman ini justru terbuat dari rempah-rempah alami yang kaya manfaat. Minuman ini sangat cocok diminum saat tubuh sedang tidak fit. Seperti misalnya sedang terserang flu atau masuk angin.

Pusat Oleh-Oleh Khas Bekasi

1. Toko ‘Oleh-Oleh Daerah’

Tempat pertama yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan oleh-oleh khas Bekasi adalah toko Oleh-Oleh Daerah. Toko ini berada di kawasan Bekasi Selatan dan buka setiap hari dari Senin-Minggu.

Di toko ini Anda bisa mendapatkan berbagai jenis oleh-oleh khas Bekasi yang Anda inginkan. Produknya yang lengkap dengan harga bersahabat membuat toko ini harus dikunjungi saat berada di Bekasi.

2. Pusat Oleh-Oleh Mpok Nini

Kalau Anda ingin mendapatkan oleh-oleh dengan cara lebih mudah, coba saja berbelanja di pusat Oleh-Oleh Mpok Nini. Disini Anda bisa mendapatkan berbagai jenis oleh-oleh khas Bekasi dengan mudah.

Kemudahan yang ditawarkan adalah adanya layanan pesan antar. Karena berbasis online, Anda akan dimudahkan dalam hal pemilihan jenis, pembayaran bahkan pengiriman.

3. Pusat Oleh-Oleh Fahnumsari

Satu lagi tempat yang bisa menjadi rekomendasi untuk berburu oleh-oleh Khas Bekasi. Toko oleh-oleh Fahnumsari ini buka setiap hari dari pukul 07.00-17.00 bisa dikunjungi untuk mendapat oleh-oleh khas Bekasi.

Toko oleh-oleh ini menyediakan berbagai macam olahan makanan dan jajanan khas Bekasi. Harganya pun bervariasi dan terjangkau.

4. Maulin’s Brownies

Tempat ini bisa menjadi alternatif jika Anda ingin membawa pulang oleh-oleh berupa brownies. Di toko ini Anda bisa membawa pulang brownies berbagai rasa.

Beragam inovasi brownies ini dijamin akan membantu Anda mendapatkan Oleh-Oleh ini cocok untuk dijadikan buah tangan untuk keluarga.

5. Pusat Oleh-Oleh Malang Bekasi

Nah tempat terakhir ini sedikit unik. Di pusat oleh-oleh ini Anda tidak hanya bisa mendapatkan berbagai jenis oleh-oleh khas Bekasi namun juga Malang.

Dengan dua jenis oleh-oleh yang disediakan, tentu akan semakin memberikan banyak pilihan untuk pembeli. Apalagi jika Anda ingin mencicipi beberapa oleh-oleh dari daerah lain.

Itu tadi adalah penjelasan lengkap tentang berbagai oleh-oleh khas Bekasi yang harus Anda bawa pulang saat berkunjung ke Bekasi. Oleh-oleh ini dijamin akan membuat Anda ketagihan karena rasanya.