Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 07.00–16.00 WIB, Alamat: Ciasihan, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Untuk menghilangkan penat yang melanda karena aktivitas sehari-hari, mengunjungi objek wisata di Bogor adalah salah satu solusi yang tepat. Air terjun mejadi pilihan utama karena banyak keindahan alam yang disajikan. Salah satu yang ada di Bogor adalah Curug Ciparay dengan pesona alam indah dan mempesona.

Curug dalam bahasa setempat artinya air terjun yang aliran airnya dari sungai. Ada dua Curug dengan nama yang sama di Jawa Barat, yakni di Tasikmalaya dan Bogor. Keduanya memiliki ciri khas yang berbeda, namun kali ini kita akan khusus membahas yang ada di Bogor. Tentunya ada daya tarik yang diberikan sebagai alasan wisatawan datang mengunjunginya.

Suasana alam yang masih belum banyak terjamah manusia membuat Curug Ciparay ini semakin indah. Tumbuhan liar yang menghiasi setiap pandangan sekaligus memberikan udara sejuk dan segar. Akses untuk bisa sampai ke lokasi bukanlah perkara mudah, namun tetap saja banyak yang berkunjung dan ingin menikmati keindahan alamnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Ciparay

Daya Tarik Curug Ciparay
Image Credit: Twitter Fajar Ema Ajitama

Pengunjung yang datang ke Curug Ciparay tidak lain karena alasan daya tariknya yang luar biasa. Meskipun perjalanan yang harus ditempuh lumayan berat dan lama, namun tidak mengurungkan niat bagi mereka untuk mencoba hingga sampai ke lokasi utama. Ada baiknya jika kita ulas terlebih dahulu tentang daya tarik apa saja yang dimaksud.

1. Pesona Alam Curug Ciparay

Salah satu air terjun di Kota hujan ini memiliki ketinggian sekitar 72 meter dengan berbagai pohon yang menutupi bagian tebing. Dari kejauhan, tumbuhan liar yang menempel tersebut mirip dengan lumut. Namun anda bisa melihatnya dengan jelas ketika berada sedikit di dekatnya.

Air yang mengalir cukup deras, akan lebih deras ketika musim hujan. Warna air jernih sedikit kebiruan dan terasa menyegarkan bagi siapa saja yang menyentuhnya. Aliran air menuju ke kolam yang kemudian dialirkan lagi ke hulu sungai. Ukuran kolamnya cukup luas dengan kedalaman sekitar 1 hingga 3 meter dan dikelilingi banyak batuan besar di sekitarnya.

Ukuran batu yang tidak sama ternyata memberikan pemandangan Curug Ciparay lebih eksotis. Beberapa batu ditumbuhi lumut yang membuat kondisinya licin. Jadi pastikan anda berhati-hati ketika menginjak nya. Keindahan semakin didapat ketika melihat aliran air yang harus menuruni beberapa undakan setelah menuju ke kolam.

2. Suasana Alami dan Asri

Adanya pohon liar yang mengelilingi lokasi bukan hanya sebagai penghias, namun juga menjadikan suasana semakin asri. Apalagi objek wisata alam di Bogor ini cukup jauh dari perkotaan sehingga kondisinya masih alami. Hal ini semakin diperkuat dengan minimnya warga lokal yang mengakses sepanjang jalan menuju lokasi.

Adapun yang menggunakannya sebagian besar hanya pengunjung yang datang. Bagi mereka yang tinggal di perkotaan, suasana seperti inilah yang diidamkan. Pasalnya, tidak ada bangunan gedung atau pabrik sebagai penyebab utama polusi. Kesehatan pun semakin terjaga selama anda mengunjungi Curug Ciparay, meskipun hanya sementara.

3. Kombinasi Telaga dan Batuan yang Indah

Daya tarik berikutnya masih dalam hal yang berkaitan dengan alam. Objek wisata cantik ini memiliki kolam atau yang juga disebut dengan telaga. Bukan hanya warnanya yang biru, namun kombinasi antara batuan kecil di sekitarnya menjadikan pemandangan semakin unik. Birunya air telaga seolah menyatu dengan batuan merah alami.

Air yang mengalir dari Curug Ciparay menuju ke tiga sungai yang berbeda. Salah satunya adalah Sungai Cikelung yang memiliki batuan merah sebagai ciri khas utamanya. Merahnya batuan tersebut tidak lain disebabkan oleh kandungannya yang berupa belerang dari Kawah Ratu yang tidak jauh dari lokasi wisata.

4. Tantangan Tracking Menuju Lokasi

Bagi yang suka tantangan, tracking menuju lokasi air terjun cantik ini menjadi daya tarik tersendiri. Bagaimana tidak, tanjakan dan turunan curam pasti menghiasi setia langkah. Belum lagi kondisinya yang licin karena sebagian besar berupa tanah merah. Seperti yang diketahui, jenis tanah tersebut memiliki tekstur lebih lembek dari jenis tanah lainnya.

Setidaknya, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk tiba di lokasi air terjun. Tidak ada akses jalan untuk kendaraan bermotor, jadi anda harus menitipkan di tempat parkir dan mulai berjalan kaki. Adanya tebing di kiri dan kanan jalan setapak semakin membuat perjalanan lebih mendebarkan. Untungnya air terjun yang juga dikenal dengan Curug Ciparay Pamijahan ini memiliki pesona alam yang indah, jadi perjalanan tidak begitu terasa.

Alamat dan Rue Menuju Lokasi

Alamat Curug Ciparay
Image Credit: Google Maps Indah setiawati Dapur Ummimey & Ummi’s Brew

Sebenarnya tidak sulit menemukan lokasi wisata ini karena banyak petunjuk jalan yang bisa dimanfaatkan. Anda juga bisa menggunakan layanan Google Maps jika perlu atau masih ragu mengenai arah jalan yang harus diambil. Pastikan anda menuju ke alamat lengkap Gunung Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat.

Dari pusat Kota Bogor, anda bisa menggunakan kendaran bermotor, baik roda dua maupun roda empat. Arahkan kendaraan menuju ke Dramaga hingga melewati Cibanteng dan Cibungbulang. Lanjutkan perjalanan sampai anda tiba di lokasi Cibatok dan berakhir di Kantor Kecamatan Pamijahan.

Setelah tiba di lokasi tersebut, silahkan lurus sampai anda menemukan pertigaan Pangkalan Gunung Picung. Ambil arah kanan yang melewati turunan hingga anda menemukan lokasi Curug Ciparay. Jarak dari pertigaan tersebut kurang lebih 5 kilometer dan membutuhkan waktu sekitar 10 menit.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Curug Ciparay
Image Credit: Instagram R4TU

Objek wisata air terjun Bogor ini cukup unik karena pengunjung diwajibkan membayar dua tiket masuk. Masing-masing tiket dibayarkan pada gerbang yang berbeda, namun jumlah atau harga yang harus dibayarkan sama. Tiket masuk yang pertama yakni pada gerbang ketika anda melakukan tracking menuju ke curug.

Sedangkan gerbang kedua yang juga wajib membayar yakni ketika ingin memasuki lokasi air terjun. Meski demikian, kedua harga tersebut masih tergolong murah, hanya sebesar 10.000 rupiah. Jadi untuk bisa menikmati panorama alam selama tracking dan Curug Ciparay, anda wajib mengeluarkan uang minimal 20.000 rupiah.

Selain harga tiket masuk, pengunjung juga diwajibkan membayar biaya parkir jika datang menggunakan kendaraan bermotor. Untuk mobil dikenakan biaya parkir 5.000 rupiah, sedangkan motor hanya 2.000 rupiah. Jika ingin berkunjung ke lokasi wisata ini, jangan datang setelah pukul 17.00 karena sudah tutup.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Ciparay

Aktivitas di Curug Ciparay
Image Credit: Google Maps Jenal abidin

Selain banyak hal menarik yang ditemukan di Curug Ciparay Pamijahan, banyak juga aktivitas yang bisa dilakukan di sana. Tidak dapat di pungkiri bahwa aktivitas adalah asalan penting kenapa wisatawan rela berkunjung. Sebagai informasi tambahan, berikut berbagai kegiatan yang bisa anda lakukan selama di lokasi wisata eksotis ini!

1. Berenang dan Bermain Air

Adanya kolam dengan ukuran luas menjadikan air terjun ini layak untuk dijadikan tempat berenang. Apalagi airnya yang jernih dan segar membuat semua orang yang datang ingin segera menceburkan diri ke dalamnya. Namun diharapkan tetap berhati-hati karena terkadang memiliki arus kuat dengan kedalaman hingga 3 meter.

Bagi pengunjung yang tidak bisa berenang, sekedar bermain air di tepian juga menarik dilakukan. Banyak batuan besar yang tersebar di beberapa titik, anda bisa menggunakannya sebagai pijakan. Di sisi tertentu, kedalaman air hanya sebatas betis orang dewasa, tidak ada salahnya menggunakan titik tersebut untuk menikmati kesegaran airnya.

2. Cliff Jumping

Aktivitas menarik di Curug Ciparay yang juga menjadi pelengkap ketika berenang adalah Cliff Jumping. Batuan yang ada di sekitar lokasi cukup besar, namun ketinggiannya mudah dijangkau karena tidak lebih dari tinggi orang dewasa. Anda bisa menggunakan batuan tersebut untuk lompat tebing ketika sedang berenang.

Sama halnya dengan berenang, pastikan anda berhati-hati ketika mendaki batuan tersebut. Tidak menutup kemungkinan kondisinya licin karena banyak tumbuh lumut. Hal ini sebenarnya wajar karena batuan tersebut sering terendam air atau terkena cipratan air yang mengalir. Demikian pula ketika lompat tebing, tetap berhati-hati dan mendarat di temapt yang tepat.

3. Menikmati Pesona Alam

Alam memiliki pesona indah yang bisa dinikmati siapa saja. Aktivitas ini cocok ketika anda mengunjungi Curug Ciparay Pamijahan. Seperti yang sedikit dijelaskan diatas, banyak pesona alam yang disajikan, mulai dari batuan, tumbuhan, dan tentu saja pesona yang paling utama adalah air terjun.

Setiap objek saling mendukung satu sama lain sehingga pesonanya semakin memanjakan mata. Sebut saja aliran air terjun dari diatas tebing dengan ketinggian lebih dari 70 meter. Setiap sisi tebing ditumbuhi tanaman liar sehingga keindahannya tetap tampak meskipun dari kejauhan. Belum lagi susunan batu tidak beraturan yang ternyata memberikan kesan unik dan eksotis.

Aktivitas Menarik di Curug Ciparay
Image Credit: Google Maps Iin Setiawaty

4. Wisata Kuliner

Curug Ciparay menyediakan berbagai warung sederhana yang dibangun dari bilik bambu dan papan kayu. Berbagai menu disediakan untuk kepentingan wisatawan yang lapar dan ingin mengisi ulang tenaga. Selain makanan, ada juga kuliner dari jenis minuman yang cocok untuk melepaskan dahaga.

Untuk jenis minuman, lokasi wisata indah ini memiliki satu minuman khas yang jarang ditemui d tempat lain. Minuman yang dimaksud yakni Kopi Ciputri yang merupakan produksi asil warga Bandung, terutama di kawasan Ciputri. Menikmati kopi panas di suasana sejuk dan dingin dipastikan cocok dan juga melengkapi suasana.

5. Hunting Foto Panorama Alam indah

Hunting foto adalah aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di Curug Ciparay. Banyak spot indah yang bisa ditemui untuk menghasilkan foto lebih menarik dengan pemandangan alam. Salah satu contohnya adalah air terjun itu sendiri yang menjadi objek utama dalam hal fotografi. Air biru dari telaga juga menjadi objek yang tidak boleh diremehkan keindahannya.

Jangan lupakan batuan yang ada di sekitar air terjun, tentu bisa dijadikan latar belakang foto menjadi lebih menarik. Tidak perlu ahli dalam bidang fotografi untuk menghasilkan jepretan indah. Pasalnya, lokasi wisata ini sudah indah, jadi apapun arah dan sudut foto yang diambil pastinya menghasilkan gambar yang indah.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Curug Ciparay
Image Credit: Google Maps Achmad Fadillah

Wisata air terjun biasanya dikelola seadanya secara swadaya oleh warga sekitar, namun berbeda dengan Curug Ciparay. Objek wisata alam ini dikelola baik dengan menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang kebutuhan wisatawan. Diantara fasilitas yang ditemui adalah Mushola untuk beribadah, toilet, dan tempat parkir.

Bagi yang berenang dan ingin ganti pakaian, silahkan gunakan kamar mandi untuk bilas dan juga ganti pakaian. Fasilitas lain yang ditemui yaitu warung makan yang berjejer tidak jauh dari air terjun. Apabila anda ingin bermalam, tersedia tempat penginapan dari rumah warga sekitar.

Dengan adanya fasilitas yang lengkap, daya tarik, dan berbagi aktivitas yang bisa dilakukan, Curug Ciparay semakin menjadi objek wisata yang layak diperhitungkan saat berada di Bogor.