Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-17.15 WIB Alamat: Jl. Gunung Kuning – Sindang, Gunung Kuning, Kec. Sindang, Kab. Majalengka, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Situ Cipanten dikenal sebagai salah satu wisata alam yang menarik di kunjungi di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Memiliki air berwarna hijau tosca yang jauh dari kata keruh. Wisatawan yang datang dapat berenang sembari bermain dengan kawanan ikan yang menghuni danau cantik ini. Banyak pengunjung berdatangan karena ingin menyaksikan sendiri bentang alam yang dikenal indah oleh banyak orang.

Pemandangan alam dari lokasi wisata menampilkan danau indah nan jernih, di sekitar danau pun dikelilingi hutan rimbun yang disuguhkan hanya khusus untuk wisatawan. Karena dikelilingi oleh hutan yang rimbun, suhu udara di sekitar danau pun terasa sejuk dan asri. Sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang ingin melepas penat sejenak sekaligus mengagumi indahnya ciptaan-Nya.

Wisatawan yang berkunjung ke Situ Cipanten juga difasilitasi oleh fasilitas yang lengkap. Fasilitas yang disediakan bertujuan untuk mendukung kenyamanan wisatawan sekaligus menarik lebih banyak pengunjung yang datang. Mulai dari fasilitas umum seperti toilet, area parkir, mushola dan fasilitas pendukung seperti wahana permainan, spot foto hingga area bermain pun tersedia disini.

Daya Tarik yang Dimiliki Situ Cipanten

Daya Tarik Situ Cipanten
Image Credit: Twitter.com @infoMJLK

Situ Cipanten merupakan sebuah situ atau danau yang indah nan eksotis. Danau ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar daerah Majalengka. Banyak juga wisatawan berdatangan dari luar daerah hanya untuk melihat keindahan yang disuguhkan secara apik oleh danau ini. Beragam daya tarik yang dihadirkan juga menjadi faktor banyaknya pengunjung yang berdatangan.

1. Warna Airnya yang Unik

Dahulunya situ ini tidak begitu banyak dikunjungi wisatawan karena kurangnya pengelolaan sehingga membuat kesan angker melekat erat di area danau ini. Namun sejak 1970, para wisatawan mulai berdatangan karena danau ini mulai dibuka. Seketika kemudian terkenal akan pemandangan alamnya yang indah, salah satunya ialah warna airnya yang dapat berubah menjadi dua warna.

Warna air yang disuguhkan Situ Cipanten ini memiliki dua warna dalam dua musim. Saat musim kemarau tiba, warna airnya akan berwarna hijau tosca sedangkan ketika musim hujan datang maka warna airnya akan berwarna biru terang. Bukan hanya warna airnya saja yang menjadi daya tarik dari danau ini, kadar air yang jernih pun turut menjadi suatu kelebihan.

Warna air yang bisa berubah tiap musim itu karena ada kaitannya dengan lumut yang terbawa arus. Saat musim kemarau tiba, air yang dibawa dari hulu berarus kecil sehingga lumut tidak terbawa arus dan berwarna hijau tosca. Sedangkan jika musim hujan datang, air yang dibawa dari hulu tentunya akan deras sehingga lumutnya akan terbawa keluar jadi airnya berwarna biru jernih.

2. Dikelilingi Pepohonan yang Sejuk

Biasanya sebuah danau memang terletak di tengah hutan atau dikelilingi oleh banyak pepohonan. Sama halnya dengan Situ Cipanten, situ ini terletak di tengah pepohonan pinus yang rimbun. Karena adanya pepohonan tersebut membuat pemandangan alam di danau ini menjadi lebih asri dan menciptakan suasana tenang bagi pengunjung yang datang.

Adanya pepohonan rimbun di sekeliling danau disebabkan oleh lokasi danau yang berada tidak jauh dari Hutan Lindung Pokek. Karena keberadaan danau yang tidak jauh dari hutan, jadi wajar saja kalau di sekeliling danau banyak terdapat pohon yang rimbun. Walau terkesan sedikit angker, namun anggapan tersebut dapat dihantam oleh keindahan yang disuguhkan.

Tak hanya itu, karena rimbunnya pohon berdampak baik pula untuk udara di sekitar danau, udara menjadi lebih sejuk dan terhindar dari polusi. Sangat cocok untuk bersantai sembari bersantap menu makanan disini. Fasilitas yang disediakan pun lengkap seperti halnya gazhebo dan warung makan. Pantas saja banyak pengunjung yang betah berlama-lama disini.

Daya Tarik Dimiliki Situ Cipanten
Image Credit: Twitter.com @LNrAlma

3. Spot Foto dan Wahana Seru

Daya tarik lainnya yang dimiliki Situ Cipanten nan cantik ini adalah adanya spot foto menarik dan wahana seru yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung yang datang. Pemandangan danau yang tidak perlu diragukan lagi kecantikannya akan terlihat semakin cantik difoto jika dipadupadankan oleh beragam spot foto yang menarik. Banyak pengunjung yang datang untuk menikmati indahnya alam sekaligus berfoto disini.

Selain spot foto yang menarik, danau ini juga difasilitasi dengan beragam wahana yang bisa dipakai untuk bermain atau sekedar berfoto. Wahana yang tersedia dibuat khusus untuk pengunjung yang datang. Wisatawan dapat menikmati beragam wahana disini. Sangat direkomendasikan untuk wisatawan yang ingin berlibur bersama keluarga karena wisata alam ini cocok untuk anak-anak.

Beragam spot foto tersedia disini seperti halnya jembatan cinta, anjungan berbentuk hati, hingga replika Kapal Titanic. Banyak juga wisatawan yang datang untuk berfoto di spot foto yang telah disediakan sebagai prewedding. Bukan hanya spot foto saja, wahana seru seperti halnya perahu yang akan membawa wisatawan melihat-lihat biota yang ada di dalam danau dan juga ada bebek goes.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Situ Cipanten

Alamat Situ Cipanten
Image Credit: Twitter.com @isbattulhusnar

Situ Cipanten merupakan salah satu destinasi wisata alam mengagumkan yang terletak di Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Majalengka. Lokasi wisata alam ini berjarak 16 km ke arah Barat dari pusat Kota Majalengka. Akses menuju destinasi wisata alam ini tergolong mudah dilalui, baik oleh kendaraan beroda dua maupun beroda empat.

Waktu tempuh yang diperlukan untuk menyambangi danau berair jernih ini ialah sekitar 30 menit jika dimulai dari pusat Kota Majalengka. Saat tanggal-tanggal merah seperti halnya libur sekolah ataupun cuti kerja, jalan menuju situ akan sedikit ramai sehingga akan mempengaruhi waktu tempuh menuju lokasi. Banyaknya wisatawan berdatangan untuk menyaksikan sendiri keindahan alam yang disuguhkan.

Untuk menyambangi obyek wisata ini, wisatawan dapat memulai perjalanan dari Majalengka kemudian menuju ke Rajagaluh. Sesampainya di Rajagaluh, wisatawan harus berbelok untuk sampai ke Desa Salagedang dan menuju ke Kecamatan Sidang. Selepas sampai dari Kecamatan Sidang, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan hingga menemui gapura putih bertuliskan ‘Selamat Datang’.

Bayangkan saja dengan waktu 30 menit dan jarak 16 km dari Majalengka, wisatawan sudah dapat menyaksikan sendiri kemegahan alam hasil ciptaan-Nya. Wisatawan bisa berkunjung bersama keluarga dengan menaiki kendaraan roda dua ataupun empat. Sungguh, liburan di danau ini merupakan sebuah pilihan yang sangat bagus.

Harga Tiket Masuk Situ Cipanten Majalengka

Harga Tiket Cipanten Majalengka
Image Credit: Google Maps (Arif Jubaedi)

Seperti halnya obyek wisata lainnya, saat memasuki kawasan wisata pasti akan dikenai biaya masuk. Sama halnya dengan obyek wisata Situ Cipanten. Namun, wisatawan yang hendak berkunjung tidak perlu khawatir akan biaya yang dikenakan terlalu mahal. Karena obyek wisata ini juga terkenal karena harga tiket masuknya yang terjangkau.

Untuk pengunjung yang ingin menyambangi obyek wisata ini akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp 5.000 sedangkan untuk biaya tiket kendaraan motor, wisatawan harus menyiapkan dana sebesar Rp 5.000 dan untuk biaya tiket kendaraan mobil, wisatawan harus menyiapkan dana sebesar Rp 10.000. Dengan tarif yang terjangkau, wisatawan yang datang sudah bisa menikmati keindahan dari situ ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Situ Cipanten

Kegiatan di Situ Cipanten
Image Credit: Google Maps (DIAN ROSDIANA Osdie)

1. Menikmati Indahnya Danau

Situ Cipanten terkenal akan panorama danaunya yang indah. Mulai dari warna airnya yang memiliki dua warna dalam dua musim hingga airnya yang sangat jernih. Bahkan, wisatawan bisa melihat beragam ikan-ikan kecil yang berenang di bebatuan dasar danau. Kejenihan air di danau ini diperoleh dari kerja sama pengelola lokasi wisata dengan pengunjung yang datang untuk patuh terhadap kebersihan.

Wisatawan dapat menyewa perahu ataupun berenang di jernihnya air danau sembari melihat beragam biota ikan yang berseliweran di antara bebatuan. Wisatawan yang menaiki perahu juga bisa melihat beragam biota ikan tanpa harus berenang, karena jernihnya air danau tidak akan menghalangi pandangan hingga ke dasar danau.

2. Bersantai di Bawah Pepohonan

Walaupun letaknya tidak terlalu jauh dari Kota Majalengka, obyek wisata ini tetap asri karena di sekeliling danau terdapat banyak sekali pohon pinus yang berdiri kokoh. Udara di sekitar area danau pun dikenal sejuk oleh beberapa wisatawan yang datang. Tak hanya itu, tempatnya yang bersih dari sampah juga menjadi sebuah faktor mengapa obyek wisata ini menjadi favorit.

Pengunjung dapat bersantai bersama keluarga dibawah rimbunnya pohon. Pengunjung juga bisa mencicipi beragam makanan yang disajikan oleh beberapa warung makan di pinggiran danau. Untuk menambah pengalaman bersantap bersama keluarga, telah disediakan beberapa gazhebo yang bisa dipakai pengunjung untuk duduk bersantai sembari menyantap makanan dengan view yang cantik.

3. Mengambil Foto dan Bermain Wahana

Karena tempatnya yang indah, pengelola Situ Cipanten berinisiatif untuk menambah keindahan danau dengan beberapa spot foto menarik yang bisa dicoba oleh pengunjung yang datang. Dengan adanya spot foto, pengunjung tidak perlu pusing menentukan angel untuk berfoto. Wisatawan bisa mengambil foto berlatarkan spot foto kece dan pemandangan danau yang cantik.

Tidak hanya spot foto saja, disini juga terdapat beberapa wahana yang bisa wisatawan coba bersama keluarga. Seperti halnya perahu jalan yang akan mengantarkan pengunjung ke tengah-tengah danau untuk melihat biota laut dari air danau yang jernih. Disini juga terdapat wahana bebek goes dan replika Kapal Titanic. Tidak sedikit pengunjung yang mengambil foto direplika Kapal Titanic ini.

Fasilitas yang Tersedia di Situ Cipanten Majalengka

Fasilitas di Situ Cipanten
Image Credit: Instagram.com @baehaqi_16

Sebuah tempat wisata yang memiliki fasilitas lengkap tentu akan menjadi sebuah daya tarik bagi pengunjung yang akan datang. Fasilitas yang tersedia lengkap pun berdampak pada pengunjung yang betah berlama-lama berada di sebuah wisata alam. Tanpa adanya fasilitas yang lengkap, sebuah wisata alam tentu akan sepi pengunjung.

Seperti halnya Situ Cipanten, situ ini memiliki fasilitas lengkap. Faktor dari kelengkapan ini ialah letaknya yang tidak jauh dari kota serta merupakan salah satu sumber ekonomi untuk warga sekitar. Fasilitas di situ ini tergolong lengkap, mulai dari fasilitas umum hingga fasilitas penunjang. Fasilitas umum seperti halnya area parkir, toilet, mushola dan sebagainya. Serta fasilitas penunjang seperti halnya spot foto.

Demikianlah beberapa hal mengenai Situ Cipanten yang telah diuraikan diatas. Obyek wisata di Majalengka ini masih tergolong jauh dari kata sampah dan polusi. Lokasinya yang dikelilingi oleh rimbun pepohonan, walaupun tidak begitu jauh dari kota namun lokasi wisata ini tetap bersih bahkan airnya pun masih terjaga kejernihannya. Tugas kita selanjutnya adalah menjaga kebersihan lokasi wisata alam satu ini.