Ketika mendengar nama Samosir maka kita semua akan teringat tentang danau terbesar di Indonesia yaitu Danau Toba. Danau dengan pemandangan alam yang luar biasa cantik ini bahkan sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu objek wisata geologi terbaik di Dunia dan Pulau Samosir berada tepat di tengah-tengah Danau tersebut.

Pangururan Samosir sendiri merupakan sebuah Kecamatan yang berada Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara sekaligus menjadi Ibukota dari Kabupaten Samosir. Daerah tersebut selain terkenal akan keindahan Danau Tobanya, juga memiliki beberapa tempat wisata populer lainnya yang akan menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung.

Kebanyakan tempat wisata yang berada di salah satu daerah di Provinsi Sumatera Utara ini lebih mengandalkan keindahan alamnya. Bahkan ada juga beberapa tempat wisata alam yang dibuatkan bangunan unik dan cantik untuk menarik lebih banyak wisatawan. Tanpa banyak basa-basi lagi berikut adalah daftar tempat wisata populer di Pangururan Samosir.

1. Bukit Holbung

Bukit Holbung
Image Credit: Google Maps Causyn Bong

Tempat populer pertama di sekitar Pangururan Samosir adalah Bukit Holbung atau yang juga dikenal dengan nama Bukit Teletubies. Bukit cantik ini hanya memerlukan waktu sekitar 10 sampai 15 menit saja untuk mendakinya dari bagian bawah sampai ke puncak tertinggi bukit tersebut.

Begitu anda sampai di puncak tertinggi Bukit Holbung maka keindahan Danau Toba serta Pulau Samosir akan terlihat dari kejauhan dengan sangat sempurna. Tempat wisata yang berada diatas ketinggian bukit ini cocok untuk tracking dan berfoto, karena indahnya alam akan membuat siapa saja yang menginjakan kakinya disini merasa terpana.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dolok Raja, Kec. Harian, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

2. Desa Tomok

Desa Tomok
Image Credit: Twitter RetasBatas

Bagi anda yang ingin belajar tentang Budaya Batak maka Desa Tomok yang berada di Kabupaten Samosir bisa menjadi tujuan yang sempurna. Pasalnya desa yang berada di tepi Danau Toba ini masih menjunjung tinggi Budaya Batak hingga saat ini. Maka tidak heran jika Desa cantik ini menjadi salah satu tempat wisata budaya yang populer di Sumatera Utara.

Selain bisa melakukan wisata budaya anda juga bisa menyaksikan keindahan Danau Toba yang berada tepat di sebelah Desa Tomok. Anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas lainnya seperti mengunjungi makam raja-raja Batak pada zaman dahulu, mengunjungi Museum Batak Tomok, hingga membeli oleh-oleh khas Batak seperti Kain Ulos.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tomok, Kec. Simanindo, Kab. Samosir, Sematera Utara.

3. Desa Lumban Suhi-Suhi

Desa Lumban Suhi-Suhi
Image Credit: Google Maps Jujur Sihotang

Selain Desa Tombok ada juga tempat wisata budaya lainnya yang berada di Kabupaten Samosir, nama tempat wisata budaya tersebut adalah Desa Lumban Suhi-Suhi. Ketika memasuki salah satu destinasi wisata budaya di Sumatera Utara ini maka anda akan disambut oleh banyaknya Jabu Baon (Rumah Adat Batak) di sepanjang jalan.

Tidak hanya itu Desa Lumban Suhi-Suhi juga terkenal akan produksi Kain Ulos (Kain tenun khas Batak) yang berkualitas. Maka tidak heran jika kebanyakan ibu-ibu di desa wisata ini sering terlihat menenun di halaman rumah maupun di dalam rumah. Ketika hendak pulang sebaiknya anda membeli Kain Ulos di desa cantik ini sebagai oleh-oleh.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Lumban Suhi-Suhi, Kec. Pangururan, Kab. Samosir, Sematera Utara.

4. Museum Huta Bolon Simanindo

Museum Huta Bolon Simanindo
Image Credit: Google Maps Sapri Sulistio

Nama Museum Huta Bolon Simanindo pantas untuk dikunjungi wisatawan ketika menginjakan kakinya di Kabupaten Samosir. Pasalnya di Museum yang dibuat dari Rumah Leluhur Orang Batak Toba ini memiliki banyak sekali koleksi barang antik mulai dari Pustaha Laklak, Parhalaan, Solu Bolon, Tunggal Panaluan sampai Si Gale-Gale.

Menurut catatan sejarah, Museum Huta Bolon Simanindo merupakan sebuah bekas peninggalan atau rumah dari Raja Sidauruk beserta 14 orang istrinya. Setelah masa pemerintahan Raja Sidauruk selesai rumah tersebut kemudian dibuka untuk umum pada tahun 1969 sebagai museum daerah.

Di dalam museum ini anda bisa menemukan beberapa corak budaya lain selain Batak yaitu ada budaya Tiongkok dan Belanda. Hal tersebut karena dahulu kala orang Tiongkok dan Belanda juga sempat melakukan interaksi dengan masyarakat Batak, maka tidak heran jika corak kedua budaya tersebut bisa sampai terlihat di Museum Huta Bolon Simanindo.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pelabuhan Simanindo, Simanindo Sangkal, Kec. Simanindo, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

5. Museum Batak

Museum Batak
Image Credit: Google Maps Marcel Korevaar

Ada juga museum lainnya yang bisa anda kunjungi untuk belajar tentang budaya, nama museum tersebut adalah Museum Batak. Museum asal Sumatera Utara ini memiliki banyak sekali peninggalan zaman dahulu yang rata-rata mengarah pada Budaya Batak. Salah satu peninggalan yang populer di Museum Batak adalah Relief Perjuangan Pahlawan Batak.

Bangunan dari Museum Batak ini menyerupai Ruma Bolon (Rumah Adat Suku Batak) dan pada bagian dindingnya anda akan melihat ukiran khas dengan warna putih, merah, dan hitam. Ketiga warna tersebut dipilih karena memiliki arti tersendiri bagi masyarakat Suku Batak, selain itu ada juga beberapa ukiran hewan Cicak yang ada di dinding museum.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tomok, Kec. Simanindo, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

6. Air Terjun Situmurun Binangalom

Air Terjun Situmurun Binangalom
Image Credit: Google Maps Poltak Sirait

Kita beralih ke salah satu objek wisata populer di Pangururan, Pulau Samosir bernama Air Terjun Situmurun Binangalom. Air terjun cantik ini memiliki aliran air sungai yang langsung masuk ke dalam Danau Toba, jadi jika anda berlibur ke air terjun cantik ini maka anda juga sudah sekaligus menikmati liburan di Danau Toba.

Untuk mencapai Air Terjun Situmurun Binangalom anda harus naik perahu dari Pulau Sumatera menuju Pulau Samosir dengan melewati danau terbesar di Indonesia (Danau Toba). Bagi wisatawan yang ingin bermain air atau berenang di sekitaran air terjun bisa saja, namun anda harus berhati-hati karena arus sungai dari air terjun cantik ini cukup deras.

Sedangkan bagi anda yang tidak ingin bermain air, maka menikmati alam sekitar bisa menjadi aktivitas yang bagus. Hal ini dikarenakan area sekitar Air Terjun Situmurun Binangalom memiliki hutan dengan banyak sekali pohon hijau yang akan membuat siapa saja merasa sangat nyaman ketika bersantai dan mendengarkan suara dari alam tersebut.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jonggi Nihuta, Hatinggian, Kec. Lumban Julu, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara.

7. Puncak Sidiangkat

Puncak Sidiangkat
Image Credit: Google Maps Hery Adi

Tempat wisata populer berikutnya adalah Puncak Sidiangkat yang merupakan salah satu spot foto instagramable di kecamatan Sidikalang karena memiliki beberapa sarang burung raksasa yang dapat digunakan untuk berfoto. Untuk sampai ke tempat wisata yang berada di atas bukit ini membutuhkan waktu selama 4 sampai 5 jam perjalanan dari Kota Medan.

Ketika sampai di Puncak Sidiangkat wisatawan akan melihat banyak sekali pepohonan hijau yang berada di sekeliling tempat wisata alam tersebut, hal ini membuat udara yang ada di puncak cantik ini menjadi sangat segar dan sejuk. Maka tidak heran jika Puncak Sidiangkat sering mendapatkan banyak sekali wisatawan tiap harinya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Subulussalam Sidikalang No.171, Sidiangkat, Kec. Sidikalang, Kab. Dairi, Sumatera Utara.

8. Pusuk Buhit Samosir

Pusuk Buhit Samosir
Image Credit: Twitter Hetty_MS

Tempat wisata berikutnya ini cukup unik karena yang menjadi daya tariknya adalah hal-hal yang berbau magis atau supranatural, nama tempat wisata tersebut adalah Pusuk Buhit Samosir. Menurut cerita legenda dikatakan bahwa Gunung Pusuk Buhit merupakan gunung sakral masyarakat Batak.

Hal tersebut membuat beberapa orang sering berdoa di area gunung sakral tersebut, bahkan karena sering dilakukan upacara adat dan berdoa membuat hawa atau aura magis dari Gunung Buhit sangat terasa. Uniknya aura magis tersebutlah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Pusuk Buhit Samosir.

Berada di Kabupaten Samosir dengan ketinggian sekitar 1.982 meter diatas permukaan laut membuat gunung Pusuk Buhit memiliki pemandangan yang sangat luar biasa cantik. Dari atas puncak gunung keramat ini anda bisa menyaksikan keindahan alam sekitar yang masih sangat hijau dan segar.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pardugul, Kec. Pangururan, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

9. Bukit Sibea-Bea

Bukit Sibea Bea
Image Credit: Google Maps Dadik Hardian D

Tempat wisata berikutnya yang berlokasi di Kabupaten Samosir adalah wisata religi Bukit Sibea-Bea. Kenapa dikatakan tempat wisata religi?, karena di bukit cantik dengan pemandangan Danau Toba di depannya ini, anda akan menemukan sebuah patung Yesus Kristus berukuran besar berwarna putih dengan tinggi mencapai 61 meter.

Tidak hanya itu, dibagian bawah dari patung Yesus Kristus tersebut anda akan menemukan jalan dengan 8 belokan atau dikenal dengan nama Kelok 8 Bukit Sibea-Bea yang sangat indah. Meskipun wisata religi Bukit Sibea-Bea ini belum selesai dibangun namun banyak fotonya yang viral di internet karena menampilkan gambar yang sangat instagramable.

Menurut pengakuan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir diperkirakan proses pembangunan tempat wisata religi dengan pemandangan Danau Toba ini akan selesai di bulan Juni 2022. Setelah proses pembangunan tersebut diperkirakan akan semakin banyak wisatawan yang tertarik datang ke Kabupaten Samosir untuk melihat Bukit Sibea-bea.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Turpuk Sihotang, Kec. Harian, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

10. Bukit Simarjarunjung

Bukit Simarjarunjung
Image Credit: Google Maps Irwansyah Lubis

Tempat wisata terakhir yang wajib kamu kunjungi jika sedang berada di Kabupaten Simalungun atau sekitarnya adalah Bukit Simarjarunjung. Tempat wisata cantik ini dikelilingi hutan pinus seluas 4.000 meter persegi lengkap dengan beberapa wahana hiburan lainnya seperti tempat berfoto, area bermain, tempat ibadah, hingga kamar mandi dan toilet.

Bukit Simarjarunjung juga memiliki area camping yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk bermalam di alam bebas. Bagi anda yang ingin camping namun tidak membawa tenda bisa menggunakan tenda yang disediakan oleh pihak pengelolah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Kec. Dolok Pardamean, Kab. Simalungun, Sumatera Utara.

Demikian penjelasan mengenai beberapa tempat wisata yang hits di Pangururan, Samosir dan sekitarnya. Rata-rata tempat wisata di daerah tersebut adalah wisata alam yang dipadukan dengan beberapa bangunan unik sebagai spot foto.