Berwisata ke Petilasan Prabu Siliwangi di Majalengka

Petilasan Prabu Siliwangi

Lokasi: Pajajar, Kec. Rajagaluh, Kab. Majalengka.
MapCek Lokasi

Bagi wisatawan yang suka berwisata dengan suasana religi dan ingin menikmati sejarah yang ada di Indonesia, ada salah satu tempat wisata yang menyediakan keinginan Anda untuk berwisata ke tempat religi dan kental akan sejarahnya. Wisata tersebut yaitu wisata petilasan Brabu Siliwangi yang ada di kaki gunung Ciremai.

Prabu Siliwangi dikenal sebagai seorang raja yang memiliki kepemimpinan yang terbesar, yang pernah memimpin kerajaan Padjajaran. Di tempat ini mulai dijadikan sebagai tempat wisata yang dapat menarik para wisatawan dari berbagai daerah. Tidak banyak dari para wisatawan yang datang hanya sekedar ingin berziarah ke makam Prabu Siliwangi.

Di sana Anda bisa menikmati suasana yang penuh religi dan kental akan sejarahnya. Selain itu pemandangan yang disajikan cukup rindang dan asri. Banyak sekali pepohonan yang tumbuh di sekitar tempat wisata. Tidak heran jika banyak wisatawan yang penasaran akan tempat ini.

Sekilas Tentang Petilasan Prabu Siliwangi

Sekilas Tentang Petilasan Prabu Siliwangi

Image Credit: Triptrus.com

Petilasan Prabu Siliwangi terletak di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Udara yang sejuk khas pegunungan bisa Anda rasakan saar bearada di Petilasan ini. Meskipun tempatnya yang terlihat memberi kesan mistis.

Petilasan ini mulai dikelola pada tahun 1990 oleh kelompok penggerak pariwisata sebagai objek wisata dan hutan lindung. Petilasan yang memiliki luas 3 hektar ini dikelola dengan baik oleh penduduk sekitar dan pihak pengelola.

Petilasan peninggalan Prabu Siliwangi ini sangat dijaga oleh penduduk desa sekitar. Apapun yang berhubungan dengan benda peninggalan Prabu Siliwangi, dianggap sangat keramat oleh masyarakat sunda. Semua ini karena Prabu Siliwangi merupakan raja yang memiliki pengaruh terbesar di masa kejayaannya.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Cirebon Paling Populer

Pusat dari tempat wisata yang ada di Petilasan Prabu Siliwangi ini adalah makam beliau. Dimana makam beliau dihias sedemikian rupa untuk tempat ziarah para pengunjung. Ziarah mereka memiliki maksud sendiri-sendiri, kadang ada yang bermaksud mencari obat, bernazar bahkan ada yang bersemedi di makam Prabu Siliwangi.

Objek Wisata di Petilasan Prabu Siliwangi

Objek Wisata di Petilasan Prabu Siliwangi

Image Credit: Trepelin.com

1. Telaga Emas

Telaga Emas

Image Credit: Travelingcirebon.com

Pada Petilasan Prabu Siliwangi ini terdapat dua telaga yang airnya dianggap keramat dan membawa berkah oleh masyarakat Sunda dan wisatawan. Yang pertama ada Telaga Emas, di telaga ini para pengunjung biasanya menyempatkan untuk mandi dan mengambil air sumber tersebut untuk dibawa pulang.

Telaga Emas ini juga disebut sebagai pancuran bidadari. Disebut demikian karena masyarakat sunda percaya bahwa Telaga Emas ini adalah tempat mandinya para bidadari yang turun dari langit. Di Kawasan Telaga Emas ini Anda akan mencium bau kental dari bunga dan kemenyan yang disajikan di dekatnya.

Jika Anda ingin mandi di Telaga Emas ini, Anda harus meminta izin kepada juru kunci yang menjaga tempat Telaga Emas. Karena tempatnya yang begitu keramat tidak boleh sembarangan orang mandi tanpa seizin dari juru kunci.

2. Telaga Pancuran

Telaga Pancuran

Image Credit: F3ri.net

Untuk Telaga ke dua yaitu Telaga Pancuran, untuk mandi di telaga ini pun Anda juga harus meminta izin ke pada juru kunci yang menjaga Telaga Pancuran. Lokasi Telaga Pancuran ini merupakan lokasi dimana makam Prabu Siliwangi berada.

Apabila Anda sedang beruntung di belakang lokasi makam Prabu Siliwangi terdapat Bambu Soekarno. Konon bambu ini dipercaya tidak bisa mati, jika matipun mereka akan tumbuh lagi, jadi mati satu tumbuh lagi satu. Sayangnya untuk Bambu Soekarno ini tidak dipublikasikan kembali oleh pihak pengelola.

BACA:  15 Wisata Pantai di Garut Paling Hits Dikunjungi

Kabarnya jika Bambu Soekarno ini tetap dipublikasikan akan ada banyak oknum-oknum tak bertanggung jawab yang mengaku sebagai keturunan Soekarno dan mengambil bambu. Jika Anda beruntung maka itu adalah kesempatan yang sangat langka.

3. Situ Beber dan Situ Cipadung

Situ Beber dan Situ Cipadung

Image Credit: Triptrus.com

Objek wisata lain di tempat Petilasan Prabu Siliwangi adalah dua situ. Pertama ada Situ Beber, suasana di Situ Beber membuat para pengunjung yang datang ke sana tidak sabar untuk menceburkan diri ke dalam air. Karena airnya yang sangat jernih dan segar membuat pengunjung ingin berlama-lama di dalam air.

Di Situ Beber selain Anda bisa berenang, Anda juga bisa bermain dengan ikan-ikan yang dipelihara disana. Jenis ikan yang dipelihara adalah jenis ikan hikue yang dipercaya ikan tersebut merupakan ikan pembawa sial apabila dipegang. Sayangnya orang-orang jaman sekarang tidak pernah menghiraukan hal tersebut dan tetap memegangnya.

Situ Cipadung yang letaknya agak jauh dari tempat Situ Beber yaitu terdapat di daerah gerbang masuk Petilasan Prabu Siliwangi. Jika Anda berlibur ke Petiasan, pemandangan yang akan Anda lihat untuk pertama kalinya adalah Situ Cipadung. Tempatnya yang terbilang lebih dekat, banyak sekali anak-anak muda yang bersantai di sekitarnya.

Di Situ Cipadung terdapat Sumur Kejayaan dan Petilasan Buyut Arjuna yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Situ Cipadung. Di Sumur Kejayaan yang dipercaya air dalam sumur tidak akan pernah habis walau musim kemaurau sekalipun.

Selain wisata alam di dekat Situ Cipadung juga disediakan wisata buatan seperti kolam renang, Flying fox, bumi perkemahan, olahraga memanah dan bermain kereta api. Untuk Flying foxnya sendiri di buka saat liburan saja. Sedangkan bumi perkemahan diperuntukan bagi sekolah-sekolah yang ingin mengadakan acara perkemahan di lokasi tersebut.

BACA:  Kawah Talaga Bodas, Destinasi Alam Favorit di Garut

4. Kawasan Hutang Lindung

Kawasan Hutang Lindung

Image Credit: Jejakpiknik.com

Kawasan Hutan Lindung yang berada di Petilasan Prabu Siliwangi ini telah menjadi objek wisata unggulan di Kabupaten Majalengka. Hati-hati dengan barang bawaan Anda, jika Anda memasuki Kawasan Hutan Lindung ini. Karena di dalamnya terdapat banyak monyet yang suka menarik-narik apa yang mereka lihat.

5. Sumur Tujuh

Sumur Tujuh

Image Credit: Ayocerita2.wordpress.com

Di Petilasan Prabu Siliwangi juga terdapat tujuh sumur yang tidak kalah dikeramatkan. Disebut sumur tujuh sebab di sumut ini terdapat tujuh mata air dan dijadikan sumur yang terpisah. Konon di sumur tujuh ini memiliki kisahnya sendiri-sendiri. Sehingga banyak pengujung yang ingin tahu dan pergi ke Petilasan.

Harga Tiket Masuk Petilasan Prabu Siliwangi

Harga Tiket Masuk Petilasan Prabu Siliwangi

Image Credit: Jember-berbagi.blogspot.com

Untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke Petilasan ini akan dikenakan biaya tiket masuk dan biaya parkir. Harga tiketnya sendiri akan berbeda jika sudah memasuki musim liburan. Jika hari biasa dikenakan biaya Rp 15.000 untuk anak, Rp 17.000 untuk orang dewasa. Pada akhir pekan Rp 18.000 untuk anak, Rp 20.000 untuk dewasa. Musim liburan Rp 20.000 untuk anak, Rp 22.000 untuk dewasa.

Untuk jam operasionalnya sendiri buka mulai jam 06.00 – 18.00. Sedikit informasi untuk harga tiket sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan keadaan dan sesuai dengan kebijakan pengelola tempat wisata tersebut

Inilah beberapa objek wisata yang terdapat di Petilasan prabu Siliwangi yang ada di kaki gunung Ciremai. Semoga dengan berwisata ke tempat Petilasan Prabu Siliwangi ini membuat kita sadar akan pentingnya sejarah bagi kita. Terutama sejarah dibangunnya Indonesia sejak merdeka.