Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Majalengka Kulon, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Alun-Alun Majalengka adalah taman kota yang indah yang terletak di Jawa Barat. Taman kota ini memiliki sebuah masjid yang berdiri megah diatas rumput hijau sintetis Pengunjung yang datang dapat menikmati kemegahan masjid nan indah dikelilingi rerumputan dengan bersantai. Tak hanya itu, pepohonan yang tumbuh di area pagar pun semakin membuat udara menjadi sejuk.

Pemandangan yang rumput yang hijau berpadu dengan warna emas merah dari masjid menjadikannya taman kota favorit. Rumput hijau disini pun sering dimanfaatkan oleh wisatawan sebagai tempat bersantai bersama keluarga. Sangat direkomendasikan untuk wisatawan yang hendak melepas penat. Itulah kenapa tempat wisata ini ramai dikunjungi saat libur mendatang.

Pengunjung Alun-Alun Majalengka juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan oleh pengelola. Fasilitas yang disediakan bertujuan untuk mengoptimalkan kepuasan pengunjung. Semua fasilitas seperti halnya fasilitas umum maupun penunjang tersedia lengkap disini. Mulai dari rumput sintetis, masjid, area parkir, toilet dan lain-lain.

Daya Tarik yang Dimiliki Alun-Alun Majalengka

Daya Tarik Alun-Alun
Image Credit: Twitter.com @danantodax

Sesuai namanya, Alun-Alun ini berlokasi di Jawa Barat tepatnya Majalengka. Banyak pengunjung yang datang berasal dari dalam maupun luar daerah karena tertarik dengan keindahan yang terpancar serta kebersihan yang terjaga ada disini. Dengan semua daya tarik yang dimilikinya, pantas saja kalau Alun-Alun Majalengka dikunjungi oleh banyak pengunjung.

1. Kemegahan Masjid Agung Al-Imam Majalengka

Negara Indonesia termasuk negara dengan penganut agama Islam terbanyak. Bahkan berdasarkan data, jumlah penganut agama Islam di Indonesia telah mencapai 219.960.000 orang atau dengan perkiraan 12,6% dari jumlah populasi muslim di seluruh dunia.

Contoh lainnya bisa kita lihat di taman kota Majalengka. Banyak pengunjung yang berdatangan kesini karena daya tarik tersebut. Satu hal yang paling dilirik oleh calon pengunjung Alun-Alun ini adalah adanya Masjid Agung Al-Imam Majalengka. Masjid ini berdiri megah seperti halnya Taj Mahal yang berada di India. Dengan arsitektur yang apik, pantas saja kalau taman kota ini menjadi favorit.

2. Adanya Air Mancur yang Elegan

Jika membahas Jawa Barat, pasti yang terlintas di benak kita ialah suasana desa yang asri dan sejuk. Dengan rintikan hujan yang banyak membasahi area Bogor turut menambah kesan sejuk dari Jawa Barat. Seperti halnya yang terdapat di lokasi wisata taman kota Majalengka ini. Selain lokasinya yang berada di kota sejuk, pengelola disini pun juga menambahkan air mancur yang semakin membuat sejuk.

Air mancur yang ada disini juga menjadi ikon sekaligus daya pikat para pengunjung. Untuk mendapatkan momen yang tepat, wisatawan dapat melihat pancuran air ini di malam hari. Karena saat malam tiba, akan ada cahaya lampu-lampu taman yang berpadu dengan air mancur sehingga membuat kesan elegan dari pancuran air satu ini.

Daya Tarik Alun-Alun Majalengka
Image Credit: Instagram.com @alunmjk

3. Rerumputan Sintetis yang Bersih

Rumput sintetis pertama kali dibuat pada tahun 1960-an. Fungsi dari rumput palsu ini ialah untuk mendapatkan tampilan rumput bersih serta rapi. Beda halnya dengan rumput asli yang media tanamnya menggunakan tanah sehingga bisa meninggalkan kesan kotor tak hanya itu, rumput asli juga tidak terlalu terlihat rapi jika dibandingkan dengan rumput sintetis.

Lapangan luas rerumputan sintetis juga menjadi daya tarik pengunjung Alun-Alun Majalengka. Disini terdapat hamparan luas bak lapangan sepak bola dengan beralaskan rumput sintetis yang bersih dan rapi. Dengan adanya rumput sintetis, kerapian di sekitar area alun-alun pun akan terpancar. Tak hanya itu, warna cerah dari rumput sintetis ini juga bisa menenangkan suasana.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Alun-Alun Majalengka

Alamat Alun-Alun Majalengka
Image Credit: Google Maps (Nano 90 Benly)

Alun-Alun Majalengka termasuk obyek wisata yang cukup digandrungi, buktinya hampir tiap hari pengunjung banyak berdatangan entah itu dari dalam maupun luar daerah. Lokasi Alun-Alun kota ini berada 11 km dari pusat Kota Majalengka. Akses jalan menuju lokasi sudah sangat mudah untuk dilalui, mengingat julukannya sebagai jantung Kota Majalengka, tentu tidak jauh dari jalan beralaskan aspal.

Waktu tempuh yang diperlukan untuk mengunjungi obyek wisata ini kurang lebih 20 menit dari pusat Kota Majalengka. Namun, pada tanggal-tanggal liburan sekolah ataupun cuti kerja biasanya lokasi Alun-Alun sedikit ramai. Kesan megah serta bersih yang disuguhkan oleh Alun-Alun ini menjadi faktor banyaknya pengunjung yang hendak melepas penat bersama keluarga disini.

Pengunjung dapat memulai perjalanan dari arah selatan Majalengka menuju ke Jalan Desa Cibentar. Selepas sesampainya di Jalan Desa Cibentar, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan ke Jalan Pangeran Muhamad dengan belok ke arah kanan dari Jalan Desa Cibentar. Kemudian, teruskan perjalanan hingga ke Jalan Raya K H Abdul Halim sampai menemui lokasi tujuan.

Taman kota satu ini menyuguhkan pemandangan megah nan bersih yang tiada tandingannya. Tak hanya pemandangan yang megah, fasilitas serta akses menuju lokasi pun sangat lengkap dan mudah. Jika berbicara mengenai biaya yang diperlukan untuk menyambangi Alun-Alun, tak perlu berpikir untuk membayar mahal karena Alun-Alun Majalengka ini terkenal dengan tarifnya yang murah.

Saat hampir sampai ke taman kota ini, wisatawan akan diharuskan membayar biaya sebagai tiket masuk sebesar Rp 3.500 per orang, sangat terjangkau bukan. Bayangkan dengan harga yang relatif murah, kita sudah memiliki kesempatan untuk menyambangi obyek wisata favorit satu ini. Sehingga tidak heran banyak pengunjung yang tertarik kesini karena beragam kelebihan yang dimiliki.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Alun-Alun Majalengka

Kegiatan di Alun-Alun Majalengka
Image Credit: Twitter.com @ocihd

1. Menunaikan Kewajiban di Masjid Agung Al-Imam Majalengka

Masjid adalah bangunan yang berfungsi sebagai tempat ibadah umat Islam. Banyak sekali contoh masjid-masjid megah yang ada di dunia ini. Seperti halnya Masjid Agung Al-Imam Majalengka yang terletak di Alun-Alun Majalengka. Dengan desain arsitektur yang memukau disertai detail yang sangat rapi menjadikannya masjid dengan penampilan yang megah.

Wisatawan yang datang bisa menunaikan kewajiban sholat disini. Suasana yang sejuk juga terasa dari dalam area masjid, membuat kekhusyukan sholat menjadi terjaga. Ternyata dengan mengunjungi taman kota ini, wisatawan tidak hanya dapat menikmati keindahannya tetapi juga sekaligus menambah jumlah pahala dengan adanya masjid ini.

2. Berswafoto Berlatar Air Mancur

Penempatan air mancur yang pas dapat menambah fungsi estetika suatu bangunan. Dengan adanya air mancur, suasana di sekitar suatu bangunan akan menjadi sejuk karena adanya suara percikan air yang khas. Seperti halnya air mancur yang terdapat di Alun-Alun kota ini. Dengan desain air mancurnya yang minimalis dapat menghasilkan tampilan yang elegan.

Pengunjung yang datang bisa mengambil foto berlatar belakang air mancur yang cantik disini. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menyambangi tempat ini pada malam hari. Karena banyak terdapat lampu di sekitar air mancur sehingga memunculkan kesan elegan. Pengunjung juga bisa mengambil foto pada malam hari ini, dijamin dengan cahaya lampu serta pancuran air dapat menghasilkan foto yang ciamik.

3. Bersantai Diatas Rerumputan Sintetis

Rerumputan sintetis biasanya terdapat pada lapangan sepak bola. Bukan hanya lapangan sepak bola saja, banyak juga bangunan-bangunan indah yang menggunakan rumput sintetis sebagai pengganti rumput asli. Karena biaya perawatannya yang murah serta tampilannya yang bersih dan rapi menjadi suatu kelebihan dari rumput sintetis.

Wisatawan yang menyambangi Alun-Alun kota ini bisa menikmati bersantai bersama keluarga diatas rerumputan sintetis yang bersih. Tidak jarang pula pengunjung yang melepas alas kakinya karena mereka yakin akan kebersihan dari rumput sintetis ini. Selain tidak mengotori kaki, rumput sintetis ini juga membuat tampilan rapi sehingga sangat cocok untuk area rekreasi keluarga.

Fasilitas yang Tersedia di Alun-Alun Majalengka

Fasilitas di Alun-Alun Majalengka
Image Credit: Google Maps (Mei98)

Letaknya yang berada sangat dekat dengan hiruk-pikuk kota membuat fasilitas yang tersedia di Alun-Alun kota ini tergolong lengkap. Tak melulu tentang fasilitas umum saja, namun disini juga disediakan fasilitas penunjang. Fasilitas penunjang yang disediakan tidak lain bertujuan untuk menambah rating penilaian kualitas dari lokasi wisata ini.

Fasilitas umum seperti halnya rumput sintetis yang bersih dan rapi, Masjid Agung Al-Imam Majalengka yang terkenal akan kemegahannya, toilet umum, serta area parkir yang luas sehingga wisatawan tidak perlu khawatir kehabisan tempat parkir, hingga berbagai warung makan untuk wisatawan yang lapar selepas rekreasi di Alun-Alun kota ini.

Fasilitas penunjang pun disediakan pengelola disini, seperti halnya air mancur dengan kesan minimalis, lampu-lampu yang menghiasi remangnya cahaya malam pun tersedia disini. Pantas saja kalau banyak wisatawan berkunjung melepas penat di Alun-Alun kota ini. Karena bisa mendapatkan waktu bersantai yang berkualitas dengan ditunjang oleh beragam fasilitas.

Demikianlah hal-hal mengenai Alun-Alun Majalengka yang sudah dirangkum diatas. Seakan tidak ada habisnya jika membahas kemegahan dan keindahan yang ditawarkan oleh taman kota ini. Untuk Anda yang berada di Majalengka tidak ada salahnya mengunjungi obyek wisata satu ini. Selain mendapatkan manfaat dalam artian fisik, namun juga pengunjung bisa mendapatkan manfaat dalam artian batin.