10 Wisata Kuliner di Majalengka yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Majalengka

Inilah daftar wisata kuliner di Majalengka yang unik dan lezat yang layak Anda coba. Menu yang ditawarkan didominasi khas Sunda karena Majalengka kental dengan kultur Sunda.

Kota Majalengka dikenal dengan sebutan kota angan, karena udara di sana masih terasa segar dan menyejukkan. Kota Majalengka di samping memiliki beragam wisata alam, juga memiliki wisata kuliner yang enak dan murah. Hal inilah yang menyebabkan Majalengka sangat cocok untuk dipilih sebagai tempat liburan bersama-sama.

Tempat wisata yang eksotis merupakan perpaduan yang pas dengan tempat wisata kuliner yang menggugah selera. Terdapat berbagai menu dan jenis pelayanan yang beragam pada tempat yang berbeda. Akan tetapi pada umumnya menu yang ditawarkan adalah khas daerah sunda, karena kultur di Majalengka adalah Sunda.

Berburu kuliner memang lazim dilakukan ketika sedang berwisata. Kuliner yang paling sering dicari di sana adalah jenis jajanan apabila dibandingkan makanan berat. Berikut ini beberapa rekomendasi wisata kuliner yang dapat Anda coba ketika berkunjung ke Majalengka. Rasanya yang khas dan penyajiannya yang unik menjadikan banyak pengunjung tertarik untuk mencobanya.

1. Cuanki Prima

Cuanki Prima

Image Credit: Kumparan.com

Makanan ini merupakan sejenis bakso yang diberi kuah. Anda dapat menemukannya di pusat Kota Majalengka. Dalam satu porsinya, terdapat isian berupa bakso, siomay, dan tahu. Bakso yang digunakan ada yang kasar dan gepeng. Pada tahu, juga terdapat adonan bakso yang diisikan di dalamnya.

Pada kuah bakso ini diberi wortel yang sudah dicacah. Penyajiannya menggunakan piring, bukan di mangkuk. Dua hal tersebutlah yang menjadikan bakso ini unik. Anda juga dapat memesannya dengan extra bakso pangsit.

Jadi, sajian ini pada dasarnya merupakan adonan kulit pangsit yang diisi dengan adonan, lalu digoreng. Menikmati bakso cuangki ini akan terasa belum lengkap jika belum menambahkan perasan jeruk limau dan sambal pedas.

Lokasi: Jatipamor, Kec. Panyingkiran, Kab. Majalengka.

2. Jalakotek

Jalakotek

Image Credit: Instagram.com @filipusverdi

Jalakotek menjadi salah satu makanan khas di Majalengka. Bentuknya hampir mirip dengan pastel, hanya saja dibuat dari aci, sehingga teksturnya lebih kenyal. Isian yang digunakan

bervariasi, akan tetapi yang paling umum yaitu ayam dan tahu. Anda bisa mendapatkannya di area Alun-alun Majalengka maupun di Cigasong.

Makanan ini bahkan sudah dijual di beberapa swalayan, seperti Indomart atau Alfamart. Jalakotek sangat cocok dinikmati ketika masih panas. Bagi Anda yang menyukai rasa pedas, Anda dapat memilih varian rasa ayam pedas. Isian ayam ini menggunakan ayam suwir. Bumbu yang digunakan untuk memasak ayam suwir ini dicampur dengan beberapa cabe rawit.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Sukabumi Paling Populer

Untuk menikmati jalakotek ini biasanya menggunakan taburan bubuk cabe, bumbu kering, maupun sambal cocol. Sambal yang digunakan biasanya sambal cabai ijo. Ketika Anda berkunjung ke Majalengka, jalakotek ini tidak boleh ketinggalan untuk dicoba, karena dikenal sebagai makanan khas yang kental akan cita rasa khas Majalengka.

Lokasi: Desa Maja Selatan, Kec. Maja, Kab. Majalengka.

3. Kalua Jeruk

Kalua Jeruk

Image Credit: Omiyago.com

Sesuai dengan namanya, makanan ini dibuat menggunakan bahan dasar buah jeruk. Kalua jeruk merupakan makanan khas dari Majalengka yang cukup menyita perhatian para wisatawan yang berkunjung, karena bentuknya yang unik dan rasa yang khas.

Kalua jeruk dibuat dari jeruk dengan mengambil seluruh daging buahnya, kemudian dicampurkan dengan gula merah, yang dikenal oleh warga setempat dengan sebutan gula kawulang. Tekstur pada makanan ini yaitu keras pada bagian luarnya, akan tetapi lembut pada bagian dalamnya.

Cita rasa dari makanan ini yaitu manis. Anda juga dapat menjadikannya oleh-oleh, karena makanan ini memiliki daya simpan yang relatif lebih lama. Anda bisa membelinya di pusat toko oleh-oleh di pusat Kota Majalengka.

Lokasi: Desa Cipasung, Kec. Lemahsugih, Kab. Majalengka.

4. Sate Maranggi

Sate Maranggi

Image Credit: Annienugraha.com

Sate maranggi menjadi makanan favorit bagi masyarakat Majalengka. Sate ini merupakan sate yang telah diungkep dan diberi bumbu sebelum dibakar. Karena telah dibumbui sebelumnya, maka sate ini sudah tidak lagi memerlukan saus kacang maupun cocolan kecap.

Rasa dari sate ini begitu lezat, bercita rasa manis caramel dan gurih. Anda dapat mencoba sate maranggi ini di pusat Kota Majalengka. Tempat makan ini luas, asyik, serta terdapat beberapa saung. Sate di sini benar-benar empuk, dan rasanya menyerap ke dalam daging.

Jika ingin merasakan sensasi segar ketika memakan sate ini, Anda dapat menambahkan tomat segar dan dikombinasikan dengan cabe ulek. Sehingga Anda akan merasakan sensasi rasa pedas segar.

Lokasi: Jl. Raya K.H Abdul Halim, Tonjong, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka.

5. Bolu Kukus Mangga

Bolu Kukus Mangga

Image Credit: Facebook.com  @bolukukusmangga

Ketika Anda berwisata ke Majalengka, akan tetapi tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan wisata kuliner, Anda dapat mendatangi outlet bolu kukus mangga yang ada di daerah Kadipaten. Para pengunjung juga dapat menjadikannya sebagai buah tangan untuk dibawa pulang. Bolu ini selalu diproduksi setiap harinya, sehingga masih dalam keadaan fresh.

BACA:  Kebun Durian Warso Farm, Wisata Petik Buah Favorit di Bogor

Terdapat tiga varian rasa bolu, yaitu original, mangga, dan cokelat. Pada varian original, akan terdapat layer di tengah-tengah mangga dan vanilla cake, sedangkan pada varian cokelat, Anda akan merasakan adanya perpaduan dari brownies dengan bolu mangga. Untuk varian mangga, maka keseluruhannya adalah bolu mangga.

Apabila Anda belum pernah mencoba bolu mangga, maka Anda dapat mencoba terlebih dahulu bolu dengan varian mangga, agar dapat merasakan sensasi yang kuat pada rasa mangganya. Bolu ini memiliki aroma yang wangi, teksturnya lembut, dan rasa mangganya begitu kuat, karena benar-benar menggunakan mangga asli, yaitu mangga gedong yang memang beraroma khas.

Lokasi: Dawuan, Kec. Kadipaten, Kab. Majalengka.

6. Oncom Goreng Majalengka

Oncom Goreng Majalengka

Image Credit: Oleh-oleh-khas-majalengka-oncom-goreng.business.site

Oncom goreng Majalengka ini berbeda dengan oncom goreng Bandung. Oncom goreng di Majalengka dibuat dengan ukuran yang lebih kecil-kecil serta diberi campuran bumbu dan bawang goreng.

Oncom goreng ini sangat cocok apabila dimakan bersamaan dengan mie ayam maupun bakso. Tambahan oncom ini menambah kelezatan sajian makanan, sehingga banyak diminati oleh pengunjung.

Anda dapat menemukan oncom goreng ini di pusat Kota Majalengka, tepatnya di area alun-alun Kota Majalengka.

Lokasi: Kadipaten, Kec. Kadipaten, Kab. Majalengka.

7. Nasi Lengko

Nasi Lengko

Image Credit: Foodnesia.net

Nasi lengko menjadi salah satu makanan khas di Majalengka. Menu ini biasa dipilih untuk sarapan. Nasi ini merupakan sajian sederhana makanan berat yang menggunakan bumbu khas Majalengka

Kandungan karbohidrat dan serat pada nasi lengko ini sangat terkenal. Hal inilah yang menjadi keunikan tersendiri pada makanan ini. Selain itu, makanan ini dibuat dengan bahan-bahan non-hewani dan kandungan kalorinya juga rendah.

Anda bisa menjumpai nasi lengko ini pada warung-warung makan di tepi jalan di wilayah Kelurahan Majalengka bagian Timur.

Lokasi: Majalengka Wetan, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka.

8. Tahu Pocong

Tahu Pocong

Image Credit: Kumparan.com

Anda dapat menemukan hidangan unik, dengan nama tahu pocong yang terdapat pada daerah Jatiwangi. Sejatinya tahu ini adalah tahu isi yang dimasak dengan cara digoreng yang dibalut menggunakan tepung. Yang membedakannya dengan gorengan pada umumnya yaitu pada tepung yang dipakai.

Pada umumnya, tepung yang digunakan untuk melumuri tahu tidak begitu tebal, justru pada tahu ini tepung yang digunakan cukup tebal, seperti ketika membuat ayam goreng tepung. Bentuk dari tahu inilah yang menginspirasi penamaan dari makanan ini. Harga dari tahu ini cukup terjangkau, yaitu hanya Rp 3.000.

BACA:  23 Wisata Kuliner di Cirebon yang Enak & Wajib Anda Coba

Isian tahu yang digunakan yaitu berbagai macam sayuran, seperti kol dan wortel. Adapula yang menggunakan daging ayam yang dicincang. Anda juga dapat memesan dengan rasa pedas bila Anda menginginkannya. Tahu ini memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga dapat dinikmati sebagai lauk makan bersama nasi putih hangat.

Lokasi: Kec. Leuwimunding, Kab. Majalengka.

9. Rujak dan Lotek Ceu Enok

Rujak dan Lotek Ceu Enok

Image Credit: Kurio.id

Bagi Anda pecinta rujak dan lotek, Anda dapat mencoba menu ini yang ada di alun-alun Majalengka. Walaupun makanan ini hanya di jual di rumah seorang warga, ketika ingin membelinya cukup mengantre. Tempat ini terbilang ramai karena ibu penjual baru membuatkan menu ini ketika dipesan, sehingga rasanya masih segar.

Cita rasa dari menu ini sangat digemari oleh banyak orang. Bumbu yang digunakan memakai kacang tanah yang dihaluskan ditambah dengan cabe rawit, terasi, gula jawa, dan asam asli. Anda juga dapat memilih varian rujak potong maupun rujak serut.

Untuk rujak serut, bumbunya menjadi agak encer dan rasanya menyerap baik pada buah-buahan. Buah yang dibuat rujak diantaranya jambu, bengkoang, kedondong, mangga, dan ubi. Untuk lotek, rasanya juga tidak kalah sedap dengan rujak. Kencur yang digunakan sangat terasa, dan rasanya juga tidak terlalu manis.

Lokasi: Jl. Siti Armilah No.47, Majalengka Kulon, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka.

10. Bakso Sabreng

Bakso Sabreng

Image Credit: Lutfiadhisetiapraja.blogspot.com

Anda bisa menemukan bakso ini di wilayah alun-alun Sutawangi, khususnya pada foodcourt. Bakso ini merupakan salah satu makanan khas Majalengka.

Bila dilihat secara sekilas, bakso ini memang sama dengan bakso yang umum dijual di pasaran. Yang membedakan dengan bakso yang lain adalah pemakaian taburan kacang, soun, dan kuahnya yang bening. Walaupun kuah yang digunakan bening, namun rasanya tetaplah gurih.

Bakso yang digunakan biasanya adalah bakso yang kasar. Bakso ini dapat dinikmati tanpa kecap dan saus, akan tetapi apabila Anda menyukai rasa pedas, Anda dapat menambahkan sambal rawit segar.

Lokasi: Balida, Kec. Dawuan, Kab. Majalengka.

Rekomendasi wisata kuliner di atas dapat Anda coba dan cicipi saat Anda berkunjung ke Majalengka. Sebagian besar makanan dan jajanan khas Majalengka dapat Anda temui di pusat kota, khususnya di wilayah alun-alun. Di sana ramai pedagang yang berjualan, sehingga Anda dapat leluasa memilih menu makanan atau minuman apa yang ingin anda cicipi.