Taman Safari Bogor merupakan tempat konservasi satwa sekaligus wisata edukasi bagi keluarga di Kawasan Puncak, Ciasarua. Objek wisata ini juga memiliki beragam wahana permainan dan istana panda yang populer.

Harga Tiket: Rp 195.000, Jam Operasional: 09.00-17.30 WIB, Alamat: Jl. Kapten Harun Kabir No.724, Cibeureum, Kec. Cisarua, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Taman Safari termasuk salah satu dari sekian tempat wisata menarik di Kota Bogor yang begitu dikenal sebagai tempat perlindungan hewan-hewan. Karena banyaknya hewan yang berkeliaran di sekitar area ini, hal tersebut membuat banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjunginya.

Tidak hanya menghibur saja, namun berwisata di tempat ini juga bisa menjadi sarana edukasi yang sangat membantu anak-anak untuk memahami perkembangan dan gerak-gerik binatang yang telah dilindungi. Mereka juga bisa berpetualang bersama dengan orang tua untuk berinteraksi dengan satwa-satwa langka.

Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila tempat wisata Taman Safari begitu diminati oleh berbagai kalangan ketika masa liburan tiba. Tidak hanya menyajikan hewan-hewan yang menyenangkan, namun suasana taman yang ada pun begitu sejuk sehingga siapapun akan merasa betah untuk mengunjunginya.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Safari Bogor

Daya Tarik Taman Safari
Image Credit: Google Maps (Al Fatih)

Taman Safari merupakan tempat wisata yang tidak pernah sepi oleh kunjungan para wisatawan, sebab dalam waktu yang sibuk sekalipun taman wisata ini senantiasa dipadati oleh berbagai orang. Hal tersebut terjadi sebab taman yang satu ini memiliki berbagai daya tarik yang dijamin mampu memikat perhatian banyak wisatawan sehingga mereka menjadi tertarik untuk mengunjunginya.

1. Berbagai Wahana Permainan

Daya tarik pertama yang dimiliki oleh taman ini adalah adanya berbagai wahana permainan yang menyenangkan. Hal tersebut menjadi daya tarik yang paling diminati oleh anak-anak, sebab mereka yang merasa kelelahan setelah berjalan atau mengitari arena taman dapat melepaskan penat mereka dengan bermain permainan yang seru.

Beberapa wahana permainan tersebut pun terdiri atas beragam jenis wahana yang dijamin mampu membuat adrenalin semakin terpacu. Tidak hanya anak-anak saja, orang dewasa bisa pula menikmati beberapa wahana permainan yang ada. Beberapa di antara wahana tersebut ada yang bisa digunakan dengan gratis, namun ada pula yang harus membayar tiket masuk terlebih dahulu.

2. Area Baby Zoo

Di tempat wisata ini, ada sebuah area menarik dan unik yang dinamakan sebagai Area Baby Zoo. Sesuai dengan namanya, di area ini ada berbagai bayi hewan yang masih berusia sangat kecil dan mereka pun bergerak dengan sangat menggemaskan. Beberapa anak hewan tersebut seperti orang utan, macan, harimau, dan lain-lain.

Pada Area Baby Zoo, pengunjung juga bisa mencoba untuk menaiki beberapa hewan tertentu dengan aman. Hewan yang bisa Anda naiki adalah kuda atau gajah, namun apabila Anda tidak nyaman menaiki mereka maka bisa pula mencoba menaiki unta bersama dengan pawangnya.

Daya Tarik Taman Safari Bogor
Image Credit: Facebook.com @tamansafaribogor

3. Istana Panda

Tidak hanya Area Baby Zoo, di Taman Safari ini juga bisa ditemukan area lain yang tidak kalah menarik yakni Istana Panda. Di area ini, Anda dapat menyaksikan secara langsung tingkah menggemaskan yang dilakukan oleh hewan lucu khas negara China ini.

Momen-momen tersebut dapat diabadikan dengan kamera sebab hewan yang hampir punah tersebut memiliki keimutan yang begitu luar biasa. Selain itu, Anda juga bisa berinteraksi dengan mereka secara langsung dan menyentuh bulu-bulu mereka yang sangat halus. Namun, tetap berhati-hati dan jangan melakukan tindakan yang berlebihan agar mereka tidak ketakutan.

4. Pemandangan yang Sangat Indah

Bisa dibilang, yang membedakan Taman Safari ini dengan tempat wisata sejenis lainnya adalah pemandangannya yang sangat indah. Bogor memang sudah lama terkenal akan kebersihan lingkungan dan udaranya, sehingga tidak mengherankan apabila pemandangan yang ada di tempat ini tampak sangat menakjubkan.

Dikelilingi oleh pepohonan yang lebat dan terawat, hal tersebut menjadikan tempat ini menjadi sangat rimbun dan sejuk. Tak ayal, tempat ini pun menjadi sangat indah dan tampak seperti habitat asli hewan-hewan yang ada di dalamnya, sehingga hewan tersebut pun bisa hidup dengan nyaman tanpa takut oleh gangguan yang mengancam.

5. Beragam Jenis Satwa

Pada taman safari yang satu ini, terdapat beragam jenis satwa yang dilindungi di dalam kandang. Bahkan, jumlah satwa yang ada di tempat ini bisa mencapai dua ribuan lebih. Satwa tersebut kebanyakan termasuk hewan langka yang kemungkinan tingkat kepunahannya sudah sangat tinggi dan keberadaan mereka di dunia pun tinggal sedikit.

Hewan-hewan langka tersebut memerlukan perlindungan yang intensif agar mereka bisa tetap melestarikan populasi mereka. Dengan perawatan yang penuh perhatian dan nutrisi yang diberikan dengan giat, maka hewan langka yang ada di taman ini pun bisa terlindungi dengan baik dan mampu melakukan proses reproduksi dengan aman.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Taman Safari

Alamat Taman Safari
Image Credit: Google Maps (Alif Babu)

Karena memiliki lokasi yang sangat strategis dan bisa dijangkau dengan mudah, hal ini membuat Taman Safari menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi ketika berada di Bogor. Alamat lengkap dari taman ini adalah di Jalan Kapten Harun Kabir, yang mana juga berdekatan dengan tempat wisata lain yaitu Safari Water Park.

Untuk menuju tempat wisata ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dan berangkat dari Tol Jagorawi. Setelah keluar di daerah Ciawi, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Cisarua dan terus bergerak hingga sampai di Jalan Raya Puncak. Kemudian, Anda dapat belok ke arah ke kanan dan lanjut sampai memasuki pintu masuk taman ini.

Harga Tiket Masuk Taman Safari Bogor

Harga Tiket Taman Safari
Image Credit: Google Maps (Emjet)

Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi Taman Safari ini, Anda perlu memperhatikan harga tiket masuknya terlebih dahulu. Untuk memasuki tempat wisata ini, pengunjung akan dikenai beberapa biaya masuk yang terdiri atas dua jenis. Untuk pengunjung lokal, biaya masuknya yaitu 195 ribu untuk orang dewasa dan 170 ribu untuk anak berusia 1 sampai 5 tahun.

Sementara untuk pengunjung mancanegara akan dikenai biaya yang lebih tinggi yakni 400 ribu untuk orang dewasa di atas 6 tahun dan 350 ribu untuk anak-anak berusia 1 hingga 5 tahun. Apabila ingin menggunakan beberapa wahana yang ada di dalam kawasan taman ini, maka Anda masih harus mengeluarkan uang sebagai tiket masuk. Harga tiket tersebut dapat berubah seiring waktu.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Safari

Aktivitas Menarik di Taman Safari
Image Credit: Google Maps (Jansen Marpaung)

1. Safari Night

Kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan di Taman Safari yang pertama adalah melakukan aktivitas menyenangkan pada saat malam hari yakni Safari Night. Berbeda dengan siang hari, pada saat malam hari suasana yang ada di Safari Night ini sangat seru dan mengasyikkan.

Umumnya, kegiatan ini akan dimulai pada pukul setengah 7 sampai 9 malam. Setelah Anda membayar tiket masuk, Anda akan dijemput oleh bus untuk memulai petualangan.

Kemudian, Anda akan diajak untuk menaiki kereta terbuka yang akan membawa Anda dan penumpang lain dengan kapasitas 60 orang untuk berpetualang pada beberapa area yang cukup menegangkan. Akan tetapi, pada saat melakukan kegiatan ini Anda dilarang menggunakan flash atau membuka kaca.

2. Trekking

Bagi Anda yang menikmati kegiatan hiking atau trekking, maka Anda bisa melakukan kegiatan tersebut di tempat wisata ini. Saat melakukan trekking, Anda akan diajak untuk menyusuri area hutan hujan tropis yang menyelimuti taman ini sekaligus menikmati pemandangan alam sekitar yang sangat indah di sekitar Gunung Gede Pangrango.

Dipandu oleh orang yang sudah profesional, Anda akan melangkah menyusuri hutan sejauh 3 sampai 9 kilometer perjalanan. Apabila ingin menikmati kegiatan ini, maka Anda harus mengeluarkan uang sebesar 75 ribu rupiah dan memesan kuota terlebih dahulu beberapa hari sebelum Anda mengunjungi taman ini. Akan tetapi, Anda harus menemukan rombongan minimal 10 orang.

Apabila jumlah rombongan Anda tidak sampai 10 orang, maka Anda kemungkinan akan diminta untuk bergabung bersama dengan kelompok lainnya. Di tengah-tengah perjalanan, Anda pun bisa menikmati arena outbound yang sangat mengasyikkan untuk dicoba. Beberapa di antaranya adalah rope climbing, high rope, flying fox, dan lain-lain.

3. Safari Journey

Kegiatan utama yang seringkali dinikmati oleh mayoritas pengunjung Taman Safari Bogor adalah Safari Journey. Untuk melakukan kegiatan ini, Anda dapat memakai kendaraan pribadi namun bisa juga menggunakan alat transportasi yang sebelumnya telah disediakan oleh pengelola objek wisata.

Dalam waktu selama kurang 45 menit, Anda akan diajak berkeliling melihat satwa liar dari jarak yang dekat. Karena mereka adalah satwa liar, pengunjung pun dianjurkan untuk menutup jendela selama perjalanan karena hewan-hewan tersebut terkadang merasa penasaran dengan mobil manusia.

Selain itu, pengunjung pun diharuskan untuk senantiasa berjalan dan dilarang untuk menghentikan mobilnya ataupun melakukan kegiatan tidak penting sebab kemungkinan mereka akan membuat kemacetan.

Aktivitas di Taman Safari
Image Credit: Google Maps (Mommy Mumemo)

4. Melihat Pertunjukan Edukatif

Tidak hanya melihat satwa-satwa liar yang ada, namun pengunjung juga bisa melihat pertunjukan edukatif yang sangat bermanfaat untuk memperluas wawasan mengenai hewan-hewan yang ada di Taman Safari. Untuk melihat pertunjukan tersebut, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun alias gratis, sehingga akan terasa sangat sayang apabila Anda tidak melakukan kegiatan ini.

Anda dapat melihat beberapa jenis pertunjukkan yang memperlihatkan kecerdasan hewan yang beragam mulai dari singa, lumba-lumba, gajah, dan lain-lain. Pertunjukkan tersebut tidak hanya menghibur, namun juga mengedukasi pengunjung mengenai pentingnya menjaga lingkungan yang ada di sekitar mereka.

5. Menaiki Balon Udara

Di tempat wisata ini, ada salah satu wahana unik yang wajib untuk dicoba oleh pengunjung terutama mereka yang senang menguji adrenalin dan tidak takut akan ketinggian. Wahana tersebut adalah balon udara yang dapat Anda naiki setelah membayar harga tiket sebesar 125 ribu per orang. Balon ini dapat mengangkut 6 orang dewasa dan bisa terbang dalam ketinggian sebesar 40 meter.

Setelah membayar biaya masuk, Anda akan diarahkan untuk menaiki balon udara bersama dengan seorang instruktur. Selama kurang lebih 10 menit, Anda dapat melihat keindahan pemandangan taman yang begitu mempesona dan dipenuhi oleh pepohonan yang hijau. Anda tidak perlu khawatir ketika ingin menaiki wahana ini, asalkan mengikuti instruksi yang ada maka Anda tentu akan aman.

6. Bermain di Water Park

Tidak hanya balon udara, namun di tempat wisata ini ada pula beberapa wahana lain yang tak kalah menarik seperti Water Park. Untuk menikmati wahana ini, Anda harus membayar tiket sebesar 20 ribu per orang terlebih dahulu. Berada di sebelah samping panggung pertunjukan satwa membuat wahana ini begitu mudah untuk ditemui sehingga Anda tidak akan merasa tersesat.

Di wahana ini, nikmatilah sensasi berenang di antara air pegunungan yang sangat segar dan menyejukkan sambil menghirup udara kawasan Puncak yang begitu bersih. Rasakan pula suasana duduk santai di atas pendopo yang sudah dibangun dalam bentuk bangunan khas Afrika, sekaligus melihat akuarium yang terdiri atas ikan hias yang beragam di sekelilingnya.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Safari Bogor

Fasilitas di Taman Safari Bogor
Image Credit: Google Maps (Al Fatih)

Fasilitas yang ada di objek wisata ini sudah termasuk cukup lengkap dan mampu memenuhi kebutuhan pengunjung. Beberapa fasilitas yang ada yaitu tempat ibadah, toilet, transportasi gratis seperti kereta mini, kedai kopi, dan lain-lain.

Selain itu, pengunjung yang merasa kelelahan pun bisa beristirahat sambil mengonsumsi beberapa kuliner yang lezat di restoran yang ada di tempat ini. Ada pula penginapan dan toko untuk membeli beberapa cinderamata khas taman safari yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Begitulah beberapa informasi mengenai Taman Safari Bogor yang dapat Anda jadikan referensi ketika ingin mengunjungi tempat wisata ini. Karena penuh dengan hal-hal menarik yang mampu mengedukasi pengunjungnya, hal itu menjadikan tempat wisata ini senantiasa ramai oleh kunjungan wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan mereka.