Puncak Bogor merupakan tempat yang terkenal karena lingkungan alamnya yang asri. Selain itu, Bogor juga dijuluki sebagai kota hujan sehingga kota ini memiliki udara yang segar dan pemadangan yang indah.

Bagi Anda yang tinggal di ibukota Jakarta, pastinya Bogor telah menjadi destinasi wisata favorit. Terutama saat musim liburan tiba, kawasan puncak Bogor tentunya ramai oleh pengunjung.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke kota ini, Anda dapat mengunjungi berbagai objek wisata menarik, mulai dari air terjun, taman, outbound hingga wisata buatan. Penasaran? Berikut 21 tempat wisata di Puncak Bogor yang patut Anda kunjungi.

1. Taman Safari

Taman Safari
Image Credit: Trivindo.com

Taman Safari merupakan tempat wisata yang tentunya sangat familiar di telinga banyak orang. Terdapat beberapa Taman Safari yang ada di Indonesia, salah satunya adalah di Puncak Bogor. Disini Anda dapat berekreasi bersama keluarga maupun teman untuk melihat satwa-satwa yang tentunya sangat menarik.

Anda juga dapat menyaksikan hewan-hewan buas seperti singa dan harimau berkeliaran bebas disini. Anda dapat melintasi kawasan ini menggunakan mobil dengan kaca tertutup demi keamanan pengunjung.

Lokasi: Jl. Kapten Harun Kabir No. 724, Cibeureum, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

2. Curug Cilember

Curug Cilember
Image Credit: Merahputih.com

Curug Cilember merupakan tempat yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Bogor. Disini Anda dapat menyaksikan air terjun juga keindahan alam dari tetumbuhan hijau dan pohon pinus yang asri. Terdapat 7 buah air terjun di Curug Cilember. Namun untuk dapat menyaksikannya Anda perlu mendaki terlebih dahulu selama sekitar 3 jam dengan berjalan kaki.

Disini Anda juga dapat melihat penangkaran kupu-kupu. Selain itu, terdapat berbagai fasilitas lain seperti tempat untuk berkemah dan juga penginapan. Harga tiket masuk juga cukup terjangkau, hanya pada kisaran enam ribu rupiah saja.

Lokasi: Jl. Raya Puncak, Cilember, Kec. Megamendung, Kota Bogor.

3. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari
Image Credit: Twitter.com @Toploan_id

Taman Wisata Matahari merupakan destinasi wisata yang cocok bagi Anda yang hobi melakukan outbond. Disini Anda dapat memilih berbagai macam permainan yang telah disediakan seperti ATV, kolam renang, permainan air, arung jeram dan lain-lain yang tentunya akan membuat liburan Anda menyenangkan.

Disini Anda juga dapat menikmati kuliner yang disediakan dari bermacam-macam restoran. Cocok bagi Anda yang ingin bersantai bersama keluarga. Selain itu suasana di Taman Matahari cenderung sejuk sehingga pengunjung akan merasa nyaman singgah disini.

Lokasi: Puncak Rd No.KM.77, Leuwimalang, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

4. Telaga Warna

Telaga Warna
Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Telaga Warna merupakan kawasan wisata yang menyuguhkan keindahan alam yang asri. Disini Anda dapat melepaskan penat sejenak dari kesibukan. Keasrian dan kesejukan yang ditawarkan membuat siapapun akan betah singgah disini. Kawasan Telaga Warna dikelilingi oleh perkebunan teh sehingga pengunjung dapat merasakan suasana yang menenangkan.

Telaga Warna memiliki luas sekitar 1,5 hektar dan keseluruhannya mencapai 5 hektar. Anda dapat mengajak keluarga untuk menikmati keindahan alam sepuasnya di telaga ini.

Lokasi: Jl. Raya Puncak – Cianjur, Tugu Utara, Kec. Cisarua, Bogor.

5. Kebun Wisata Inkarla

Kebun Wisata Inkarla
Image Credit: Wisataagroinkarla.com

Kebun Wisata Inkarla merupakan kawasan wisata yang mengusung konsep kebun tanaman hias. Disini Anda dapat menyaksikan keindahan tanaman hias seperti bermacam-macam bunga yang cantik. Selain itu, Anda dapat menyaksikan keindahan gunung dari kejauhan. Kawasan Kebun Wisata ini tentunya sangat menawarkan kesegaran saat Anda berkunjung.

Di Kebun Inkarla telah tersedia berbagai macam fasilitas seperti tempat meeting, permainan anak-anak, area outbond, kolam renang hangat, dan lain-lain yang dapat memanjakan Anda saat memutuskan berlibur disini.

Lokasi: Jl. Singabarong, Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

6. Istana Presiden Cipanas

Istana Presiden Cipanas
Image Credit: Indonesia.go.id

Istana Presiden Cipanas merupakan tempat yang dapat Anda kunjungi jika Anda penasaran dengan sejarah yang ada didalamnya. Bangunan dari Istana Cipanas ini sangatlah unik dan kuno karena merupakan bekas dari bangunan jaman kolonial milik Belanda.

Disini Anda dapat berfoto-foto dengan koleksi sejarah yang dimiliki, membeli souvenir, dan menelusuri museum yang ada. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat pemandian air panas yang juga dapat Anda coba.

Lokasi: Jl. Raya Cipanas No.105, Cipanas, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

7. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Image Credit: Tentangnisha.wordpress.com

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan kawasan yang cocok Anda kunjungi bagi Anda yang memiliki hobi mendaki. Disini Anda dapat menikmati suasana hutan hujan tropis yang tentunya menawarkan kesejukan tersendiri. Taman Nasional ini juga merupakan tempat konservasi dari satwa dan tumbuhan.

Anda dapat mengunjunginya sebagai tempat untuk penelitian, wisata alam, ataupun wisata edukasi. Taman Nasional ini kaya akan ekosistem menakjubkan didalamnya, maka jangan ragu untuk mengunjunginya.

Lokasi: Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

8. Kota Bunga

Kota Bunga
Image Credit: Mapio.net

Kawasan Kota Bunga ini sebenarnya adalah kawasan villa yang didesain sangat cantik. Kawasan ini sangat menarik untuk dikunjungi karena keindahan yang ditawarkan. Terdapat beberapa bunga cantik yang menghiasi kawasan ini sehingga cocok untuk dijadikan sebagai spot foto menarik.

Disini juga terdapat beberapa fasilitas seperti taman bermain, kolam renang, dan danau buatan. Menjadikan keindahan kawasan ini semakin menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Lokasi: Batulawang, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

9. Agro Kapol Puncak Bogor

Agro Kapol Puncak Bogor
Image Credit: Trubus.id

Agro Kapol Puncak Bogor merupakan kawasan wisata berkonsep agrowisata. Bagi Anda yang menginginkan liburan dengan suasana perkebunan dan merasakan pengalaman memetik buah yang segar, Anda wajib mengunjungi tempat ini.

Anda dapat memetik buah stroberi disini. Selain itu, Anda juga dapat menikmati sayur-sayuran yang segar. Mengunjunginya bersama keluarga tentunya juga akan sangat berkesan dan memberikan pengalaman berbeda.

Lokasi: Pasir Jaya, Kec. Cijeruk, Kab. Bogor.

10. Desa Kampung Bambu

Desa Kampung Bambu
Image Credit: Ragamtempatwisata.com

Desa Kampung Bambu adalah tempat wisata yang ramah keluarga. Disini terdapat permainan-permainan anak bernuansa pedesaan yang tentunya akan membuat pengalaman berlibur Anda semakin berkesan.

Bagi Anda yang ingin singgah sementara di kawasan pedesaan yang menenangkan ini, Anda juga dapat menginap di penginapan yang disediakan. Di kawasan ini Anda juga dapat sekedar bersantai menikmati suasana yang tenang.

Lokasi: Jl. Selaawi, RT.01/RW.04, Ciburayut, Kec. Cigombong, Kota Bogor.

11. Agrowisata Gunung Mas

Agrowisata Gunung Mas
Image Credit: Liburananak.com

Bagi Anda yang mencintai kesegaran dari perkebunan teh, Anda dapat mengunjungi Agrowisata Gunung Mas sebagai referensi destinasi liburan Anda. Disini Anda dapat menikmati keindahan pegunungan serta kesegaran dari hamparan perkebunan teh.

Banyak orang berkunjung untuk berfoto atau sekedar bersantai. Disini Anda bisa mendapatkan spot foto keren dengan background hamparan perkebunan teh yang luas.

Lokasi: Puncak Rd No.KM. 87, Tugu Selatan, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

12. Citamiang Puncak Bogor

Citamiang Puncak Bogor
Image Credit: Kaskus.co.id

Citamiang Puncak Bogor merupakan tempat yang seringkali digunakan untuk aktifitas seperti outbond dan berkemah. Disini Anda dapat menghabiskan waktu bersama sahabat, keluarga, atau orang terdekat untuk menikmati berbagai permainan yang menyenangkan.

Selain itu, Anda juga dapat bersantai menikmati pemandangan yang memukau dan sejuknya alam. Cocok bagi Anda yang ingin melepas penat dari kesibukan pekerjaan.

Lokasi: Jl. Ciliwung, Tugu Utara, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

13. Taman Rekreasi Lido

Taman Rekreasi Lido
Image Credit: Cimanggubogor.com

Taman Rekreasi Lido merupakan kawasan wisata yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga saat musim liburan. Disini Anda dapat bermain-main di danau kecil yang tersedia. Terdapat fasilitas perahu bebek yang juga dapat Anda gunakan untuk menyusuri danau. Berbagai permainan juga disediakan agar menjadikan liburan Anda menyenangkan.

Selain itu juga terdapat kolam renang untuk Anda bersenang-senang. Berbagai fasilitas juga telah tersedia seperti musholla, toilet, restoran, dan panggung pertunjukan. Yang tentunya dapat menunjang kenyamanan wisatawan yang berkunjung.

Lokasi: Watesjaya, Kec. Cigombong, Kota Bogor.

14. Masjid Atta’awun Bogor

Masjid Atta’awun Bogor
Image Credit: Situsbudaya.id

Masjid Atta’awun Bogor merupakan masjid yang memiliki keindahan dan pesona tersendiri. Saat Anda berada di Puncak Bogor, Anda dapat menyempatkan diri beribadah di masjid ini. Desain arsitektur yang megah dan unik tentunya menjadikan pengunjung terpukau.

Terdapat taman indah di sekitar masjid yang membuat suasana di masjid ini sangatlah damai. Masjid Atta’awun Bogor ini juga terletak di kawasan pegunungan yang tentunya menyimpan kesejukan yang luar biasa. Patut Anda kunjungi karena dapat menjadikan pengalaman beribadah Anda yang penuh khidmat.

Lokasi: Jl. Raya Puncak KM.90, Tugu Selatan, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

15. Warso Farm Puncak Bogor

Warso Farm Puncak Bogor
Image Credit: Ksmtour.com

Warso Farm Puncak Bogor merupakan kawasan agrowisata durian yang tentunya sangat menarik untuk dikunjungi. Bagi Anda penggemar buah durian, Anda wajib mengunjungi Warso Farm Puncak Bogor ini. Tempat ini merupakan kawasan agrowisata yang sangat terkenal di Bogor. Maka dari itu jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjunginya.

Disini Anda dapat menikmati durian segar yang baru dipetik. Tentu kelezatan dari durian inilah yang membuat pengunjung tergiur untuk datang kemari. Selain itu, Anda juga dapat membeli dan menikmati berbagai olahan durian unik yang perlu Anda coba.

Lokasi: Jl. K.H. Halimi, Cipelang, Kec. Cijeruk, Kab. Bogor.

16. Curug Panjang

Curug Panjang
Image Credit: Denubay.com

Curug Panjang merupakan tempat wisata yang menawarkan keindahan air terjun juga sungai. Disini Anda dapat menikmati keindahan alam yang asri. Air yang menyegarkan juga tetumbuhan yang asri menambah suasana yang ada di Curug Panjang ini semakin memikat banyak wisatawan untuk berkunjung. Disini Anda dapat bermain air atau sekedar menikmati suasana.

Selain itu bagi Anda yang ingin berpetualang, Anda dapat melakukan aktifitas seperti menyusuri sungai yang tentunya juga akan sangat menyenangkan dan seru. Di Curug Panjang ini Anda juga dapat menyaksikan keindahan air terjun, tidak hanya satu namun terdapat empat air terjun disini. Yang tentunya dapat menjadikan kepuasan Anda saat berkunjung kesini.

Lokasi: Megamendung, Kec. Megamendung, Kab. Bogor.

17. Taman Riung Gunung

Taman Riung Gunung
Image Credit: Informasiwisatabogor.blogspot.com

Jika Anda mengunjungi Puncak Bogor, sayang untuk melewatkan Taman Riung Gunung ini. Tempat wisata Riung Gunung ini merupakan kawasan yang sangat menenangkan, cocok bagi Anda yang ingin melakukan relaksasi. Selain menawarkan suasana yang sejuk, Anda juga dapat berjalan-jalan menikmati wisata kebun teh.

Di Taman Riung Gunung ini Anda juga dapat mengunjungi villa yang dahulu dimiliki oleh Presiden Soekarno dengan beberapa peninggalannya yang masih ada. Selain itu juga tersedia restoran, taman bermain anak, terapi ikan, penginapan, dan fasilitas lain yang menunjang kenyamanan pengunjung saat berlibur disini.

Lokasi: Puncak Rd, Tugu Selatan, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

18. Curug Kembar

Curug Kembar
Image Credit: Dianjuarsa.com

Curug Kembar merupakan kawasan wisata air terjun yang dapat Anda kunjungi saat berada di Puncak Bogor. Disini Anda dapat menikmati keindahan dua air terjun yang menyegarkan. Air yang mengalir juga masih jernih dan bersih. Keunikan dari air terjun inilah yang menjadikan pengunjung berdatangan.

Sebelum Anda mencapai Curug Kembar, akses yang dilalui terbilang masih sulit. Dikarenakan sepanjang perjalanan terdapat bebatuan licin yang membutuhkan kewaspadaan saat melewatinya.

Lokasi: Central Karang, Kec. Babakan Madang, Kora Bogor.

19. Curug Cibeureum

Curug Cibeureum
Image Credit: Jejakpiknik.com

Curug Cibeureum merupakan air terjun yang memiliki arti air terjun sungai merah. Hal ini dikarenakan konon dahulu air terjun ini berwarna merah karena lumut merah yang ada di sekitar air terjun. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter, menjadikan Anda yang mengunjunginya akan takjub dengan pesonanya.

Sebelum Anda menuju Curug Cibeureum, Anda harus melewati perjalanan sekitar 3 kilometer. Letih ini tentunya akan terbayar saat Anda telah sampai di lokasi air terjun. Selain itu juga terdapat tempat-tempat peristirahatan.

Lokasi: Perbawati, Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Sukabumi.

20. Melrimba Garden

Melrimba Garden
Image Credit: Explorewisata.com

Melrimba Garden merupakan kawasan wisata yang tak kalah menarik. Di tempat inilah banyak bunga hias diproduksi. Anda dapat menyaksikan keindahan dari bunga-bunga yang cantik. Kesegaran dari bunga-bunga inilah menjadikan banyak orang berkunjung.

Selain itu, di Melrimba Garden juga terdapat berbagai fasilitas yang memadai seperti permainan anak-anak, sarana outbond, rumah kaca tanaman hias, lapangan rumput, permainan ATV dan lain-lain. Anda juga tak perlu bingung saat memarkir kendaraan Anda, karena lahan parkir disini cukup luas.

Lokasi: Puncak Rd No.KM 87, Tugu Utara, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

21. Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol

Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol
Image Credit: Tempatwisataunik.com

Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol ini merupakan tempat yang cocok untuk wisata edukasi. Disini Anda dapat mempelajari flora dan fauna yang beragam. Menjadi tempat penangkaran Owa jawa dan habitat hewan endemic seperti Elang Jawa dan Macan Tutul.

Bagi Anda yang ingin mengenalkan anak dengan alam, Anda patut mengunjungi tempat ini. Selain itu suasana yang ditawarkan juga menyegarkan.

Lokasi: Watesjaya, Kec. Cigombong, Kota Bogor.

Itulah 21 tempat wisata di Puncak Bogor yang patut Anda kunjungi saat liburan. Semoga dapat menjadi referensi terbaik Anda dalam menciptakan liburan yang berkualitas.