15 Tempat Wisata Terbaik di Pasuruan

Tempat Wisata Pasuruan

Pesona wisata Indonesia tidak habis-habisnya untuk ditelusuri. Salah satu destinasi wisata yang tengah hits di Pulau Jawa bagian Timur yaitu Pasuruan. Kabupaten Pasuruan disulap menjadi destinasi wisata kelas dunia oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Berbagai destinasi wisata siap untuk memanjakan setiap mata yang melihat.

Berwisata ke Kabupaten Pasuruan Kamu dapat melihat berbagai destinasi wisata menarik. Disini Kamu bisa melihat keindahan pantai, hijaunya pegunungan, berbagai spot foto yang instagramable, serta kumpulan wisata budaya seperti kumpulan candi. Semua itu dapat ditemukan di Pasuruan

Akses jalan dan infrastruktur untuk menuju tempat wisata di Pasuruan juga cukup baik. Kamu tidak akan kesulitan untuk menelusuri berbagai destinasi wisata yang disediakan. Untuk mempersingkat waktu berikut akan diulas 15 tempat wisata di Pasuruan yang layak Anda kunjungi.

1. Pemandian Banyu Biru

Pemandian Banyu Biru

Lokasi: Jl. Raya Banyubiru Rt/Rw 02/02 Sumber Rejo, Banyubiru Kidul, Kec. Winongan, Kab. Pasuruan. – Image Credit by Wanawisata.com

Jarak pemandian banyu biru ke pusat Kota Pasuruan hanya sekitar 15 km, atau 30 menit perjalanan darat menggunakan mobil. Pemandian Banyu Biru merupakan salah satu pemandian yang cukup tua di Indonesia. Pemandian ini merupakan pemandian alam yang sudah dibuka sejak zaman penjajahan Belanda.

Mandi di pemandian ini sangat unik dan berbeda dari pemandian lainnya. Hal itu karena Kamu akan ditemani berbagai jenis ikan rasaksa. Tidak perlu khawatir ikan di pemandian ini cukup jinak kok. Yang membuat tempat ini makin eksotik yaitu di sekitar kolam pemandian terdapat kumpulan arca peninggalan kerajaan Majapahit.

2. Pantai Lekok

Pantai Lekok

Lokasi: Pengaletan, Jatirejo, Kec. Lekok, Kab. Pasuruan. – Image Credit by Wisatasia.com

Pantai Lekok memiliki pasir yang berwarna putih, suara deburan ombak yang memikat, serta birunya laut akan membuat Kamu betah berlama lama menghabiskan waktu di tempat ini. Pantai Lekok merupakan spot terbaik untuk melihat sunset di Kabupaten Pasuruan.

Kunjungilah Pantai Lekok pada saat lebaran ketupat, yaitu 7 hari setelah hari raya idul fitri. Kamu akan menemukan pertunjukan rakyat yang berjudul ski lot. Kunjungilah Pantai Lekok dan temukan keunikannya.

3. The Pinse Taman Dayu

The Pinse Taman Dayu

Lokasi: Jl. Raya Surabaya – Malang No.Km. 48, Bulukandang, Kec. Pandaan, Kab. Pasuruan. – Image Credit by Peridiri.com

Camping bersama keluarga dan sahabat akan terasa lebih seru dengan mengunjungi the pines taman dayu. Lokasinya terletak di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Kamu dapat memilih tempat camping di rumah pohon, rumah kayu, maupun tenda di hutan pinus.

Beraneka ragam fasilitas yang terdapat di the pinse taman dayu yaitu kamar mandi, tempat ibadah, area outbond, flying fox, paintball, serta berbagai fun games lainnya. Berkunjung ke tempat ini akan membuat Kamu dan keluarga lebih fresh dan happy.

4. Bukit Flora

Bukit Flora

Lokasi: Jl. Raya Tutur, Krajan Satu, Tutur, Kec. Nongkojajar, Kab. Pasuruan. – Image Credit by Eastjava.com

Bukit flora menyajikan pemandangan yang berbeda dan wajib untuk dikunjungi ketika Kamu ke Pasuruan. Di sana dapat ditemukan berbagai jenis bunga dan aneka jenis tumbuhan yang berwarna warni yang sangat menyejukan mata. Udara di destinasi ini juga cukup sejuk dan segar.

Selain melihat beragam jenis bunga di destinasi ini Kamu juga dapat melakukan kegiatan outdoor yang disediakan oleh pihak pengelola. Disediakan sarana outobond dengan berbagai fun games yang dapat membuat Kamu dan keluarga lebih relax dalam menghadapi hari.

5. Danau Ranu Grati

Danau Ranu Grati

Lokasi: Gratitunon, Kec. Grati, Kab. Pasuruan. – Image Credit by Budayajawa.id

Objek wisata Danau Ranu Grati dapat ditempuh dari pusat kota Pasuruan dengan waktu tempuh sekitar 30 menit menggunakan mobil. Di destinasi ini Kamu akan melihat hijaunya danau alami dengan luas 107 hektare. Latar danau ini sangat indah karena Kamu dapat melihat pegunungan tengger secara langsung.

Aktivitas yang dapat dilakukan di danau ini yaitu memancing, naik perahu wisata, bersepeda air, hingga bersantai di pinggir danau menikmati secangkir kopi. Jangan lewatkan objek wisata ini ketika berkunjung ke Pasuruan.

6. Finna Golf and Club Resort

Finna Golf and Club Resort

Lokasi: Jl. Raya Barsari, Grogol, Gambiran, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan. – Image Credit by Golfadvisor.brightspotcdn.com

Finna Golf and Club Resort ini sangat ideal untuk menjadi wisata bersantai bersama keluarga tercinta. suasana di lokasi ini cukup sejuk karena dekat dengan Pegunungan Welirang dan Pegunungan Penanggung.

Objek wisata ini cukup luas dengan luas area lebih dari 6 hektare. Beragam fasilitas juga ditawarkan bagi setiap tamu yang menginap. Resort ini cukup populer karena tersedia area padang golf bagi Kamu yang memiliki hobi bermain golf.

7. Candi Gunung Gangsir

Candi Gunung Gangsir

Lokasi: Kebon Candi, RT.02/RW.10, Gununggangsir, Kec. Beji, Kab. Pasuruan. – Image Credit by Indonesia-tourism.com

Candi Gunung Gangsir terletak di Desa Kebon Candi, Gunung Gangsir, Pasuruan. Candi ini biasa disebut sebagai Candi Kebon Candi karena letaknya yang berada di desa kebon candi. Destinasi ini cukup padat dikunjungi ketika weekend tiba.

Gangsir dalam bahasa Jawa berarti menggali. Hal itu karena konon pada zaman dahulu kalau candi gunung gangsir ini merupakan sebuah gunung. Lalu terdapat sekelompok orang yang menggalinya untuk mencari benda berharga namun justru ditemukan sebuah candi.

8. Air Terjun Coban Baung

Air Terjun Coban Baung

Lokasi: Cowek, Kec. Purwodadi, Kab. Pasuruan. – Image Credit by Dakatour.com

Air terjun Coban Baung terletak di Taman Wisata Alam Gunung Baung Pasuruan. Di lokasi ini Kamu dapat melakukan aktivitas berenang, mandi, maupun hanya menikmati keindahan air terjun ini. ketinggian air terjun ini kurang lebih 100 m. Air di sini sangat jernih bahkan Kamu bisa melihat dasarnya.

Fasilitas yang disediakan juga cukup banyak lho. Kamu dapat melakukan camping, hiking, river board, outbond, hingga menguji adrenaline dengan naik flying fox. Pokoknya seru dan harus dicoba apabila ke Pasuruan.

9. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno

Lokasi: Pecalukan Barat, Pecalukan, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan. – Image Credit by Wikipedia.org

Bagi Kamu pencinta alam yang gemar untuk mendaki gunung perlu nih berkunjung ke Pasuruan. Pasalnya di sana terdapat gunung harus harus ditaklukan yaitu Gunung Arjuno. Gunung ini merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur lho.

Pendakian Gunung Arjuno dapat dilakukan melalui beberapa point. Pendakian utara melalui Tretes, pendakian timur dari Lawang, dari barat melalui Batu, dan dari selatan melalui Karang Ploso. Ketinggian dari Gunung Arjuno yaitu 3.339 MDPL.

10. Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen

Lokasi: Jatiarjo RT.12/RW.06, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan. – Image Credit by Cektiket.id

Taman Safari Prigen Pasuruan merupakan salah satu taman safari yang terluas di kawasan Asia. Lokasinya berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Arjuna. Hal itu membuat lokasi ini sangat sejuk dan wajib untuk dikunjungi.

Di destinasi ini Kamu bisa melihat beberapa koleksi satwa seperti, harimau, singa, gajah, zebra, banteng, macan tutul, orang utan, beruang, lumba-lumba, buaya, dan aneka jenis reptil dan burung. Disini juga tersedia fasilitas berenang bersama lumba-lumba lho pasti seru dan menyenangkan.

11. Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno

Lokasi: Tretes-Prigen, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan. – Image Credit by Sureplus.id

Berbeda dengan Air Terjun Coban Baung, Air Terjun Putuk Truno memiliki ketinggian yang lebih rendah yaitu 45 m. Namun, pemandanganya tidak kalah eksotis. Air terjun ini dikelilingi oleh rimbunya pepohonan yang hijau dengan suasana yang sejuk.

Menuju ke lokasi Air Terjun Truno ini cukup mudah. Kamu tinggal datang ke kawasan Prigen dan dapat dengan mudah menemukan lokasinya.

12. Pantai Penunggul

Pantai Penunggul

Lokasi: Penunggul, Kec. Nguling, Kab. Pasuruan. – Image Credit by Traveloka.com

Pesona Pantai Penunggul ini karena hutan bakaunya yang sangat menawan. Di sana Kamu dapat berfoto karena menyimpan banyak spot yang menarik. Dijamin akun instagram Kamu akan kebanjiran banyak like.

Lokasi pantai penunggul terletak di Desa Penunggul, Nguling, Kabupaten Pasuruan. Akses lokasinya mudah dijangkau dan cukup strategis.

13. Candi Jawi

Candi Jawi

Lokasi: Jl. Raya Candiwates, Jawi, Candi Wates, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan. – Image Credit by Wisatacandipasuruan.com

Salah satu wisata budaya yang terletak di Pasuruan yaitu Candi Jawi. Lokasinya terletak di Desa Tretes, Pandaan, Prigen, Pasuruan. Candi ini cukup strategis karena hanya membutuhkan waktu 40 menit perjalanan dari Kota Surabaya.

Candi ini dibangun pada abad ke 13 yaitu pada masa kerajaan kertanegara. Destinasi ini harus dikunjungi untuk memperkaya khasanah ilmu pengetahuan Kamu.

14. Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi

Lokasi: Jl. Raya Surabaya – Malang No.KM. 65, Sembung Lor, Kec. Purwodadi, Kab. Pasuruan. – Image Credit by Dakatour.com

Kebun Raya Purwodadi memiliki luas hingga 85 hektare. Di tempat ini terdapat koleksi flora yang beragam dengan varietas hingga 10 ribu jenis tumbuhan. Kebun raya ini dahulu didirikan oleh Dr. Lourens Gehard Marinus Baas Becking.

Destinasi ini merupakan pusat observasi dari LIPI. Jadi, Kamu dapat berwisata sekaligus untuk belajar mengenai kekayaan flora dan fauna nusantara.

15. Masjid Cheng Hoo

Masjid Cheng Hoo

Lokasi: Jl. Raya Kasri No.18, Petung Sari, Petungasri, Kec. Pandaan, Kab. Pasuruan. – Image Credit by Edorusyanto.wordpress.com

Masjid Cheng Hoo merupakan destinasi yang harus Kamu kunjungi ketika ke Pasuruan. Pasalnya mesjid ini memiliki arsitektur yang unik dan menarik. Perpaduan desain arsitektur Tiongkok dan dikombinasikan dengan budaya setempat membuatnya sangat khas.

Mesjid ini didirikan oleh Muhammad Cheng Hoo yang merupakan tokoh Tionghoa beragama islam pada abad ke 14. Setelah Cheng Hoo wafat maka namanya diabadikan menjadi nama mesjid hingga kini.

Itulah daftar objek wisata di Pasuruan paling hits yang dapat menjadi referensi Kamu dalam berlibur. Siapkanlah perbekalan serta peralatan pribadi agar liburan makin menyenangkan.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak