23 Wisata Kuliner di Garut yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Garut

Seperti halnya di kabupaten lain, Garut menjadi salah satu daerah yang acapkali menjadi tujuan pemudik. Bahkan, Garut sendiri memiliki julukan Swiss Van Jawa dan telah dikenal menjadi tempat tujuan wisata dari abad ke-20.

Udara yang sejuk dengan wisata alam yang indah dan menarik membuat siapapun yang datang berlibur ke Garut akan mendapatkan pengalaman berkesan. Sembari menikmati keindahan alam yang mempesona, Anda bisa mengajak serta keluarga untuk berwisata kuliner di Garut.

Untuk kuliner Garut sendiri memang bisa ditemui dimana-mana. Tapi jika Anda bisa menikmati makanan Garut di tempatnya tentu jadi lebih menyenangkan. Berikut daftar tempat wisata kuliner di Garut yang enak dan murah.

1. Rumah Makan Cibiuk

Rumah Makan Cibiuk

Lokasi: Jl. Otista No.321, Pananjung, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut. – Image Credit by Genpi.co

Rumah Makan Cibiuk merupakan salah satu rumah makan terkenal di Garut karena sambalnya yang pedas. Jadi, buat Anda yang memang pecinta makanan pedas, sangat wajib datang ke tempat ini.

Di Rumah Makan Cibiuk ada kuliner Khas dari Sunda misalnya nasi timbel, bebek goreng, ayam goreng, sayur asem,urap dan juga sup ikan gurame. Anda bisa datang ke tempat ini dari jam 7 pagi sampai jam 10 malam.

2. Cargo Kitchen & Lounge

Cargo Kitchen & Lounge

Lokasi: Tarogong, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut. – Image Credit by Cargo-kitchen-lounge.business.site

Cargo Kitchen adalah salah satu restoran dengan konsep kekinian yang memiliki beragam makanan enak dan lezat. Menu yang beragam serta ada live music di malam minggu membuat tempat ini jadi tempat nongkrong yang seru.

Di Cargo Kitchen & Lounge, Anda bisa ikut nonton pertandingan sepakbola. Atau buat yang suka kopi juga bisa menikmati rasa kopi yang khas di tempat ini. Untuk jam bukanya sendiri adalah jam 11 pagi sampai jam 00.00 dini hari.

3. Graha Sindang Seret

Graha Sindang Seret

Lokasi: Jl. Raya Cimanuk No.338, Sukagalih, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut. – Image Credit by Mixedupalready.com

Graha Sindang Seret merupakan salah satu restoran populer di Garut. Di tempat ini Anda bisa menemukan berbagai macam kuliner khas Sunda mulai dari sup hingga daging ikan yang enak.

Tempatnya sendiri cukup luas jadi buat Anda yang ingin makan malam bersama teman dan keluarga bisa pergi ke tempat ini. Untuk jam bukanya adalah jam 9 pagi sampai jam 9 malam.

4. Rumah Makan M. Iki

Rumah Makan M. Iki

Lokasi: Jl. Pasar Baru No.84, Ciwalen, Kec. Garut Kota, Kab. Garut. – Image Credit by Kulinerintangarut.blogspot.com

Jika Anda ingin mencoba makanan khas Garut bisa datang ke Rumah Makan M. Iki. Rumah makan ini mengutamakan kepuasan dari para pelanggan serta memberikan pelayanan yang ramah.

BACA:  10 Tempat Kuliner Malam di Solo Yang Enak & Murah

Mulai dari jam 8 pagi Anda bisa datang ke rumah makan ini dan akan tutup pada jam 9 malam. Dengan menu utamanya yakni ayam yang bercita rasa khas.

5. Rumah Makan Sari Cobek Cangkuang

Rumah Makan Sari Cobek Cangkuang

Lokasi: Leles, Cangkuang, Kec. Leles, Kab. Garut. – Image Credit by Saricobek.com

Rumah Makan Sari Cobek Cangkuang menjadi tujuan wisata kuliner bagi wisatawan yang tengah berlibur karena menyajikan nasi liwet yang nikmat. Tempat ini juga sangat dekat dengan Candi Cangkuang yang merupakan salah satu wisata air terkenal di Garut.

Di tempat ini sudah disediakan pilihan untuk tempat makannya yaitu ada gajebo, meja makan yang biasa dan juga lesehan. Jika Anda ingin datang bisa dari jam 9 pagi dan tutup jam setengah 8 malam.

6. Rumah Makan Pananjung

Rumah Makan Pananjung

Lokasi: No. 509 Tanjung, Garut, Jl. Cipanas Baru, Pananjung, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut. – Image Credit by Rumahmakandikotagarut.blogspot.com

Buat Anda yang suka daging domba, wajib menyambangi rumah makan yang ada di Garut ini. Karena menu utama disini adalah daging domba yang dimasak dengan digoreng atau dibakar.

Untuk konsep rumah makannya sendiri adalah saung-saung dengan tempat makan lesehan serta pemandangan alam mempesona. Rumah Makan Pananjung buka 24 jam jadi Anda bisa kapanpun datang kesini.

7. Ramen Gorilla

Ramen Gorilla

Lokasi: Jl. Terusan Pembangunan, Pataruman, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut. – Image Credit by Wisatakuliner09.blogspot.com

Ramen Gorilla merupakan salah satu ramen populer di Garut. Tempatnya yang nyaman, menunya banyak dan harga sudah pasti terjangkau.

Di tempat ini menu utamanya mie ramen pedas dan makanan Jepang lain jadi makannya nanti harus menggunakan sumpit. Untuk jam bukanya mulai dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam.

8. Jemanii Resto

Jemanii Resto

Lokasi: Jl. Raya Cipanas No.88, Cimanganten, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut. – Image Credit by Rumahmakandikotagarut.blogspot.com

Tempat makan yang ada di Garut satu ini menyuguhkan berbagai menu khas Asia dan juga Indonesia. Suasananya yang romantis ditambah udara Garut yang sejuk membuat siapapun akan nyaman saat makan disini.

Jemani Resto memiliki menu populer yakni Gurame bumbu dan tahu jemani. Anda bisa datang jam 10 pagi sampai jam 9 malam jika ingin makan di resto ini.

9. Racik Desa

Racik Desa

Lokasi: Jl. Cipanas Baru No.1, Pananjung, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut. – Image Credit by Vebriyantidewi.wordpress.com

Racik Desa merupakan tempat makan yang sangat khas dengan Sunda karena didukung saung-saung yang menjadi tempat makan. Jadi, saat berada di tempat ini Anda akan merasakan seperti tengah berada di pedesaan sembari melihat keindahan alam yang mempesona.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Paling Populer

Anda bisa mengajak anak atau keluarga ke tempat ini pada jam 9 pagi sampai jam 10 malam. Disini disediakan juga tempat bermain anak-anak jadi pastinya anak Anda akan nyaman nanti.

10. Rumah Makan Matuh

Rumah Makan Matuh

Lokasi: Jl. Raya Cimanuk No.229, Paminggir, Kec. Garut Kota, Kab. Garut. – Image Credit by Netz.id

Para penggemar sate wajib sekali datang ke Rumah Makan Matuh yang ada di Garut ini. Konsep resto satu ini menawarkan menu sate yang gurih dan nikmat.

Sate sendiri memang bisa didapatkan di berbagai daerah di Indonesia. Tapi di Rumah Makan Matuh ini rasanya sangat khas dan jika ingin kesini bisa dari jam 9 pagi sampai jam 6 sore.

11. Rumah Makan Megawati

Rumah Makan Megawati

Lokasi: Jl. Ciceuri Cilawu – Garut Tasik Km. 11, Mekarsari, Kec. Cilawu, Kab. Garut. – Image Credit by Rumahmakanmegawati.blogspot.com

Kuliner khas Sunda dari Rumah Makan Megawati ini pastinya akan sesuai dengan lidah Anda. Menu utama di tempat ini adalah ayam kampung pepes,ayam kampung goreng pepes dan ayam kampung goreng serta sambal dadaknya yang akan membuat siapapun terlena.

Menunya yang bervariasi serta harganya yang pas membuat rumah makan ini selalu ramai pengunjung. Anda bisa datang nanti jam 8 pagi sampai jam 10 jika ingin merasakan makanan khas Sunda yang nikmat.

12. Rumah Makan Leila

Rumah Makan Leila

Lokasi: Jl. Raya Garut – Cikajang No.20, Mekarsari, Kec. Cikajang, Kab. Garut. – Image Credit by Facebook.com (Dalam Rangka Promosi tak henti henti Slalu Berharap)

Di Garut memang ada banyak sekali rumah makan yang menyajikan makanan Sunda salah satunya Rumah Makan Leila ini. Di tempat ini Anda akan mendapatkan makanan yang sehat, hangat dan bersih serta harganya terjangkau.

Jadi nanti Anda bisa pergi ke tempat ini bersama teman atau keluarga. Rumah makan Leila sudah buka mulai jam 8 pagi sampai jam 6 sore.

13. Rumah Makan Kenanga

Rumah Makan Kenanga

Lokasi: Jl. Raya Bandung – Garut ByPass Cicalengka No.4, Nagreg, Kec. Nagreg, Bandung. – Image Credit by Rachman14.wordpress.com

Rumah makan satu ini adalah rumah makan yang sederhana tapi kesannya mewah. Menu makannya sendiri bervariasi mulai dari ayam goreng, bebek goreng, tahu, hati dan lain-lain.

Rumah Makan Kenanga sendiri menjadi salah satu destinasi wisata kuliner yang cukup populer di Garut. Jam bukanya pun 24 jam jadi Anda bisa ke tempat ini kapanpun nanti.

BACA:  15 Tempat Makan Enak di Solo Favorit Wisatawan

14. Rumah Makan Hangat

Rumah Makan Hangat

Lokasi: Jl. Raya Kadungora, Leles, Kec. Leles, Kab. Garu. – Image Credit by Facebook.com (Rumah Makan Hangat Goreng Ayam Kampung Purnarasa Leles Garut)

Rumah Makan Hangat memiliki tempat yang nyaman dan makanannya pun enak serta sambalnya yang pedas. Ada juga sop buntut yang tekstur dagingnya sangat lembut.

Salah satu kuliner di Garut ini wajib untuk dicoba karena pelayanannya pun ramah dan penyajiannya cepat. Anda bisa datang kesini nanti dari jam 7 pagi sampai jam 8 malam.

15. Rumah Makan Mergosari

Rumah Makan Mergosari

Lokasi: Jl. Raya Bandung – Garut ByPass Cicalengka, Talagasari, Kec. Kadungora, Kab. Garut. – Image Credit by Rons-ara.blogspot.com

Buat Anda yang suka makanan khas Sunda, Rumah Makan Mergosari jangan pernah dilewatkan. Karena disini Anda bisa merasakan hidangan yang enak mulai dari nasinya pulen, ayamnya sangat empuk serta sambalnya yang mantap.

Lokasi rumah makan ini bisa Anda temukan dengan mudah. Untuk jam bukanya sendiri 24 jam jadi Anda bisa makan disini jam berapapun nanti.

16. Rumah Makan Dua Saudara

Rumah Makan Dua Saudara

Lokasi: Jl. Otista No.199, Tarogong, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut. – Image Credit by Dilokasi.com

Rumah Makan Dua Saudara menyediakan makanan yang rasanya disesuaikan dengan lidah orang Jawa dan Sunda. Untuk menunya ada sop kaki, ada sop iga, jamur tumis dan lain-lain.

Lokasinya sendiri dekat dengan tempat pariwisata di Garut. Sementara jam bukanya adalah jam 8 pagi sampai jam 10 malam.

17. Pujasega Family Restaurant

Pujasega Family Restaurant

Lokasi: Jl. Otto Iskandardinata No. 64, Tarogong, Pananjung, Cimanganten, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut. – Image Credit by Traveloka.com

Pujasega adalah tempat kuliner di Garut yang berkonsep restoran keluarga kekinian. Menu yang ditawarkan variatif jadi tak hanya menu Sunda saja yang bisa didapatkan.

Suasana tempatnya pun sangat nyaman dan cocok untuk Anda yang ingin makan bersama teman dan keluarga. Restoran ini buka dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam.

18. Rumah Makan Sugema

Rumah Makan Sugema

Lokasi: Situgede, Kec. Karangpawitan, Kab. Garut. – Image Credit by Traveloka.com

Di Rumah Makan Sugema ada berbagai menu yang beragam dengan menu andalannya yaitu gulai sapi,gepu sapi,rendang sapi dan lain-lain. Harga yang terjangkau serta tempatnya pun strategis membuat rumah makan ini tidak pernah sepi pengunjung.

Buat Anda yang ingin mencoba makanan yang nikmat dan menggugah selera di rumah makan ini bisa datang dari jam 9 pagi sampai jam 8 malam.

19. Eatboss

Eatboss

Lokasi: Jl. Raya Cimanuk No.338, Sukagalih, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut. – Image Credit by Twitter.com @EATBOSS

Eatboss adalah cafe kekinian di Garut yang cabangnya sudah ada banyak sekali. Menu yang dihidangkan disini adalah makanan lokal dan juga western.

Tidak hanya menunya saja yang jadi alasan orang-orang datang kesini tapi tempatnya yang memang menarik untuk dijadikan spot foto. Untuk jam bukanya sendiri mulai dari jam 10 pagi sampai jam 9 malam.

20. Our Home

Our Home

Lokasi: Jl. Subyadinata No.442, Jayaraga, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut. – Image Credit by Ourhome-official.business.site

Buat Anda yang ingin mengadakan acara seru seperti bridal shower atau  birthday party, Anda bisa datang ke tempat ini.  Cafe yang ada di Garut ini menjadi tempat kulineran terbaik saat di Garut karena konsepnya yang mewah dan warna putih menjadi warna dominan.

Untuk harga makanan di tempat ini sangat terjangkau dan pas di kantong siapapun. Jadi, buat Anda yang ingin mencoba makan disini bisa datang dari jam 9 pagi sampai jam 11 malam.

21. Roti dan Kopi Gudang Rasa

Roti dan Kopi Gudang Rasa

Lokasi: Jl. Bank No.09, Paminggir, Kec. Garut Kota, Kab. Garut. – Image Credit by Iqbalsidikblog.wordpress.com

Roti dan Kopi Gudang Rasa merupakan salah satu tempat makan yang bernuansa tradisional. Tatanan ruangan serta dekorasi yang dipilih sangat kuno jadi buat Anda pecinta klasik bisa datang kesini.

Sementara untuk jam bukanya sendiri mulai dari jam 11 pagi sampai jam 11 malam pada hari selasa, kamis sampai minggu.

22. Woodrock Pizza & Grill

Woodrock Pizza & Grill

Lokasi: Jl. Patriot No.30, Sukagalih, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut. – Image Credit by Instagram.com @Woodrockpizza

Buat yang suka makanan khas dari Italia tapi punya budget yang minim bisa ke Woodrock Pizza & Grill ini. Disini Anda bisa mencicipi berbagai makanan talia dengan harga yang terjangkau.

Tempat ini memiliki sentuhan alami karena ornamen kayu untuk dekorasinya. Banyak spot foto yang menarik sehingga bisa Anda gunakan untuk berfoto-foto.

23. D’Anclom Bistro

D’Anclom Bistro

Lokasi: Jl. Raya Cimanuk No.38 C, Jayawaras, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut. – Image Credit by Merahputih.com

Cafe satu ini memiliki nuansa yang begitu indah. Buat Anda yang mau lihat pemandangan Garut bisa berkunjungi ke café ini.

Karena suasananya juga, D’Anclom Bistro ini sangat cocok untuk Anda yang ingin relaksasi. Jika ingin mencoba makan khas Nusantara bisa kesini dari jam 9 pagi sampai jam 11 malam.

Itulah tadi beberapa wisata kuliner di Garut yang bisa Anda kunjungi. Semoga bisa jadi referensi nanti saat tengah berlibur atau sekedar berkunjung ke Garut.