12 Oleh-Oleh Khas Garut Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Garut

Garut merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang terletak di bagian Tenggara. Kota yang diapit oleh dua gunung ini memiliki hawa yang sejuk serta pemandangan yang indah sehingga tak heran banyak wisatawan yang sering berkunjung.

Meskipun memiliki wilayah yang tidak terlalu besar, namun Garut menghadirkan berbagai daya tarik yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Salah satunya yaitu oleh-oleh khas yang bisa Anda bawa pulang untuk keluarga atau teman.

Jika datang ke Garut, Anda tidak akan kebingungan memilih oleh-oleh karena banyak sekali kuliner yang bisa dijadikan buah tangan. Di bawah ini ada 12 oleh-oleh khas Garut yang bisa Anda pilih untuk dibawa pulang.

1. Chocodot

Chocodot

Image Credit by Ksmtour.com

Chocodot menjadi satu-satunya oleh-oleh khas Garut yang memiliki konsep sedikit modern. Camilan ini terbuat dari kombinasi cokelat dengan bahan lokal lainnya.

Bahan lokal yang digunakan untuk membuat Chocodot yaitu cabai, buah-buahan, kacang, hingga dodol. Anda yang gemar menyantap cokelat wajib membawa pulang kuliner satu ini.

2. Dorokdok & Kerupuk Kulit

Dorokdok & Kerupuk Kulit

Image Credit by Wikan-9a.blogspot.com

Jika Anda bukan penggemar makanan manis, Dorokdok & Kerupuk Kulit bisa menjadi alternatif pilihan lain. Makanan ini memiliki cita rasa gurih yang menagihkan.

Dorodok merupakan kerupuk yang terbuat dari kulit sapi, sedangkan kerupuk kulit terbuat dari kulit kerbau. Keduanya sama-sama lezat jika disantap bersama nasi hangat.

3. Moring Garutan

Moring Garutan

Image Credit by Tentangkaosdistro.blogspot.com

Moring Garutan merupakan oleh-oleh khas Garut berasal dari cimol yang dibuat menjadi keripik. Nama Moring sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari cimol kering jadi tidak heran jika bahan dasarnya adalah cimol.

Ada berbagai macam rasa Moring Garutan yang bisa Anda pilih seperti BBQ, keju, maupun pedas. Camilan ini sangat lezat untuk Anda santap ketika bersantai bersama keluarga atau teman.

BACA:  14 Tempat Wisata di Ponorogo Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

4. Burayot

Burayot

Image Credit by Travel.detik.com

Meski memiliki bentuk yang aneh, namun rasa Burayot begitu lezat dan bisa membuat Anda ketagihan. Makanan ini sering dihidangkan sebagai kue tradisional saat lebaran.

Bahan dasar yang digunakan dalam pembuatannya adalah tepung beras dan gula aren. Selanjutnya bahan tersebut digoreng hingga kering.

5. Dodol Picnic

Dodol Picnic

Image Credit by Jabar.idntimes.com

Dodol Picnic tidak hanya populer di Garut namun juga di luar Garut. Dodol yang mulai dipasarkan sejak tahun 1950 ini memiliki berbagai macam rasa yang bisa Anda pilih.

Selain rasanya yang menawan, Dodol Picnic juga memiliki tekstur lembut saat dimakan. Untuk harganya sendiri terbilang cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 28.000 per kotaknya.

6. Jeruk Garut

Jeruk Garut

Image Credit by Lintaspublik.com

Jika membahas oleh-oleh khas Garut, Jeruk Garut tidak boleh ditinggalkan. Rasanya yang asam menjadi daya tarik tersendiri dari buah khas Garut ini.

Anda bisa menemukan Jeruk Garut dengan mudah di sepanjang jalan kota Garut. Biasanya jeruk ini dijual di truck-truck pinggir jalan.

7. Ladu

Ladu

Image Credit by Cookpad.com

Ladu merupakan camilan berbahan dasar ketan yang memiliki tekstur seperti dodol. Ladu memiliki rasa yang khas sehingga banyak diburu para wisatawan.

Anda bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang karena Ladu mampu bertahan hingga 10 hari. Harganya relatif terjangkau yaitu Rp 1.500 per batang.

8. Opak

Opak

Image Credit by Samalidan.com

Opak merupakan camilan tradisional yang terbuat dari ketan, sari kelapa, dan garam. Opak bungbulang menjadi salah satu jenis opak khas Garut yang paling banyak diburu.

Seperti namanya, Opak Bungbulang dibuat oleh masyarakat Bungbulang. Makanan ini bisa diberikan kepada keluarga karena aman dari bahan pengawet.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Jember Paling Populer

9. Kue Balok Maranti

Image Credit by Ramahtraveler.com

Kue Balok Maranti sekilas terlihat seperti kue pukis, namun dengan rasa dan isian yang berbeda. Selain rasa dan isian, tekstur dari kedua kue tersebut juga berbeda.

Kue pukis cenderung lebih lembut sedangkan kue balok miranti lebih padat namun tetap empuk saat disantap. Menjadi salah satu oleh-oleh khas Garut yang diminati, Anda bisa dengan mudah menemukan kue ini di berbagai toko oleh-oleh.

10. Emplod

Emplod

Image Credit by Ayobandung.com

Emplod merupakan singkatan dari endog lewo atau telur yang berasal dari daerah Lewo. Karena memiliki banyak peminat, makanan satu ini akhirnya dijadikan komoditas UMKM.

Berbeda dengan namanya, Emplod bukan terbuat dari telur melainkan dari singkong dan bumbu tradisional. Cemilan ini memiliki dua jenis rasa yaitu original dan pedas.

11. Rengginang

Rengginang

Image Credit by Jelajahgarut.com

Rangginang mungkin bisa Anda temukan dengan mudah di daerah lain. Namun, Rangginang khas Garut memiliki rasa gurih yang berbeda sehingga layak Anda jadikan oleh-oleh.

Anda bisa membeli Rangginang yang sudah digoreng dan matang, atau yang masih mentah sehingga harus digoreng sendiri. Variasi Rangginang Garut saat ini juga sudah mulai beragam.

12. Surabi Garut

Surabi Garut

Image Credit by Wisatakulinerdigarut.blogspot.com

Surabi Garut merupakan makanan khas berbahan dasar tepung beras dan kelapa. Kue ini memiliki rasa yang khas karena masih menggunakan arang dalam pengolahannya.

Dengan cetakan khusus, bentuk Surabi akan terlihat semakin menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Tidak hanya dalam keadaan hangat saja, Surabi Garut juga lezat disantap dalam keadaan dingin.

5 Toko atau Pusat Oleh-Oleh Khas Kota Garut

1. Kawasan Oleh-Oleh Tarogong

Kawasan Oleh-Oleh Tarogong memiliki lokasi yang sangat strategis karena berada di jalur utama mudik bagian dalam Garut.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Tulungagung yang Enak & Wajib Anda Coba

Jenis oleh-oleh di kawasan ini terbilang cukup lengkap dengan harga yang bervariasi. Anda bisa memilih sesuka hati berbagai macam oleh-oleh yang ingin dibawa pulang.

2. Sumber Rejeki Garut atau SBR 3

Sumber Rejeki Garut atau yang lebih dikenal dengan SBR 3 merupakan pusat oleh-oleh paling terkenal di kota Garut. Di pusat oleh-oleh ini Anda bisa menemukan oleh-oleh khas Garut dengan harga yang terjangkau.

Segera datang langsung ke Tanjung Kubang untuk berbelanja. Tidak hanya oleh-oleh kuliner saja, Anda juga bisa menemukan oleh-oleh jenis lain.

3. Chocodot Kawasan Swiss Van Java

Chocodot Kawasan Swiss Van Java sangat cocok untuk Anda yang sedang mencari oleh-oleh berupa Chocodot. Pasalnya tempat ini adalah pusat dari makanan tersebut.

Anda bisa mendapatkan chocodot dengan rasa yang lengkap di tempat ini. Selain itu harganya juga murah apalagi jika membeli dalam jumlah yang banyak.

4. Gerai Prima Rasa

Gerai Prima Rasa bisa Anda kunjungi jika sedang mencari oleh-oleh berupa dodol. Dodol di tempat ini sangat lengkap jadi Anda bisa menemukan berbagai varian yang disukai. Tidak hanya dodol, Anda juga bisa menemukan panganan lain di sini.

5. Toko Anisa

Pusat oleh-oleh khas Garut yang terakhir adalah Toko Anisa. Jika Anda ingin oleh-oleh khas Garut maka toko ini bisa Anda kunjungi.

Menjadi salah satu toko oleh-oleh terkenal, Toko Anisa selalu penuh dengan pengunjung setiap harinya. Anda bisa mendapatkan berbagai macam jenis panganan oleh-oleh untuk keluarga.

Itulah 12 macam kuliner khas Garut yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman. Anda bisa mendapatkan oleh-oleh Garut dengan mudah di berbagai toko atau pusat oleh-oleh yang tersedia.