Taman Wisata Matahari, Tempat Rekreasi Favorit di Bogor

Taman Wisata Matahari Bogor

Lokasi: Jl. Raya Puncak Gadog No.KM.77, Leuwimalang, Kec. Cisarua, Kab. Bogor.
MapCek Lokasi

Kota Bogor merupakan salah satu tujuan wisata favorit ketika musim libur telah tiba, banyak wisatawan berbondong-bondong mengunjungi kota Bogor untuk menikmati berbagai destinasi wisata yang ada disana. Ada banyak pilihan wisata yang bisa Anda temukan di kota Bogor misalnya puncak dan sebagainya.

Salah satu tempat wisata yang kini menjadi favorit khususnya bagi para wisatawan yang berlibur bersama keluarga adalah taman wisata matahari yang biasa disingkat TWM, taman wisata matahari menjadi tempat wisata yang menyenangkan bagi wisatawan yang berlibur bersama keluarga karena menyediakan berbagai fasilitas dan wahana menarik.

Mengusung visi “recreatin and education park” taman wisata matahari hadir menawarkan berbagai fasilitas serta wahana yang selain untuk hiburan dan kesenangan juga menjadi sarana edukasi bagi kalangan anak-anak maupun dewasa. Wahana yang ada di taman wisata matahari meliputi wisata air, adventur, permainan dan juga edukasi.

1. Lokasi & Cara Menuju Taman Wisata Matahari

Lokasi & Cara Menuju Taman Wisata Matahari

Image Credit: Cekhargatiket.com

Taman Wisata Matahari Bogor terletak di daerah sekitar Cisarua Bogor. Lokasinya yang berada di jalan cisarua membuat taman wisata matahari bisa diakses dengan mudah. Berbagai kendaraan bisa Anda pilih dengan mudah ketika akan berkunjung.

Anda yang hendak berkunjung ke taman wisata matahari menggunakan kereta api bisa langsung menuju stasiun kemudian setelah turun lanjut naik bus dengan tujuan terminal barang siang. Setelah sampai di stasiun barang siang ikutlah kendaraan L300, kendaraan tersebut akan mengantar Anda sampai puncak.

Jika Anda berasal dari Bandung dan membawa kendaraan pribadi Anda bisa lewat gerbang tol pasteur, dari gerbang tol tersebut lanjutkan ke tol putbaleunyi. Ketika Anda sudah sampai di padalarang, lanjutkan perjalanan menuju cipatat dari sana Anda tinggal terus hingga sampai ke lokasi tujuan.

2. Jam Operasional & Harga Tiket Masuk

Jam Operasional & Harga Tiket Masuk

Image Credit: Pesonawisataindonesia.com

Sama seperti tempat-tempat wisata pada umumnya taman wisata matahari buka sejak pukul 08.00 pagi hingga jam 16.00 sore, jam tersebut berlaku pada hari-hari biasa. Namun, untuk ketika akhir pekan serta Hari libur nasional waktu tutup akan diperpanjang hingga sampai jam 17.00 sore.

Pada hari-hari biasa harga tiket masuk taman wisata matahari sebesar Rp 50.000, sedangkan ketika akhir pekan dan libur nasional naik sedikit menjadi Rp 60.000. Dengan membayar tiket masuk sejumlah yang sudah disebutkan tadi, Anda sudah bisa menikmati fasilitas seperti perahu karet, perahu naga dayung, kereta klasik, serta mobil wara wiri.

Selain yang disebutkan tadi dari uang yang Anda bayarkan di loket masuk Anda juga mendapatkan kupon diskon sebesar 50% untuk masuk ke funtasy land water. Sebenarnya wahana lain masih banyak di taman wisata matahari ini, namun setiap wahana membutuhkan tiket sendiri-sendiri kecuali yang telah disebutkan tadi.

Harga tiket yang disebutkan diatas bisa saja berubah sewaktu-waktu, tergantung situasi serta kebijakan yang dikeluarkan pihak pengelola taman wisata mataharinya. Kenaikan biasanya terjadi ketika pengunjung membeludak, sesuai dengan salah satu prinsip ekonomi yang sudah diketahui ketika permintaan banyak maka harga akan naik.

3. Wahana Air yang Ditawarkan

Wahana Air yang Ditawarkan

Image Credit: Bisniswisata.co.id

Sesuai visi dari taman wisata matahari sendiri wahana yang ditawarkan sangat beragam, untuk wahana air pihak pengelola telah menyediakan sejumlah kolam renang yang bisa dipakai oleh kalangan anak-anak maupun dewasa. Untuk anak-anak kolam renang dibangun tidak terlalu dalam, sementara untuk dewasa kolam renang juga sudah disesuaikan.

Kolam renang tanpa tempat seluncur rasanya kurang lengkap untuk menyikapi hal tersebut pihak pengelola juga menyediakan tempat seluncur dengan panjang dan ketinggian yang bisa dibilang cukup dan sudah lumayan. Fasilitas tersebut tentunya sangat menarik bagi Anda yang menyukai seluncur air.

Selain kolam renang ada juga wisata air lain yang bisa Anda temui di taman wisata matahari ini, salah satunya adalah wahana water ball. Wahana ini di peruntukkan bagi mereka yang ingin merasakan sensasi berjalan diatas air menggunakan bola bening yang sangat besar, satu bola biasanya kan diisi tiga orang.

4. Wahana Bermain dan Edukasi

Wahana Bermain dan Edukasi

Image Credit: Jakartajasautamatravel.wordpress.com

Wahana ini memiliki beberapa macam tempat, orang-orang yang datang dengan tujuan belajar mengenai satwa purba bisa mengunjungi dino park. Pada wahana ini Anda bisa belajar banyak mengenai dinosaurus melalui fosil-fosil dinosaurus yang dibangun oleh pihak pengelola, memang bukan asli namun fosil tersebut di desain sangat mirip dengan aslinya.

Wahana edukasi lain yang bisa Anda temukan adalah taman satwa serta agro sayur dan buah, sesuai dengan namanya wahana ini menyediakan berbagai satwa serta tanaman juga sayur-mayur. Wahana ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan seputar satwa, sayur-sayuran dan cara bercocok tanam hingga memanen.

Bagi Anda yang ingin bersenang-senang khususnya dengan anak, wahana perahu karet dan perahu motor bisa menjadi pilihan, pada wahana ini Anda bisa menyusuri sungai bersama keluarga dan juga anak. Kapasitas dari wahana ini terbilang cukup banyak yakni sepuluh orang penumpang.

Ada juga wahana paddle boat dan sepeda, wahana ini mengajak Anda untuk merasakan sensasi lain daripada bersepeda. Jika biasanya Anda atau anak Anda bersepeda di jalan atau daratan, pada wahana ini Anda akan merasakan sensai bersepeda diatas air, wisata lain yang hampir serupa adalah perahu naga, water play dan bumber boat.

5. Wahana Adventure dan Ekstrim

Wahana Adventure dan Ekstrim

Image Credit: Nativeindonesia.com

Pecinta wahana ekstrim tidak perlu khawatir ketika mengunjungi taman wisata matahari, pihak pengelola sudah menyediakan berbagai wahana yang terbilang esktrim, wahana tersebut meliputi tempat arung jeram, flying fox, serta rumah hantu. Sudah disebutkan diatas bahwasanya ada beberapa wahana yang Anda perlu membeli tiketnya sendiri termasuk tiga wahana ini.

Untuk wahana arung jeram Anda perlu membayar uang sebesar Rp 25.000 uang tersebut sudah mencakup berbagai peralatan yang harus Anda gunakan ketika melakukan arung jeram, utamanya perahu , helm air, dan baju pelampung. Untuk keseruan dan fasilitas yang akan Anda dapatkan harga tersebut bisa dibilang terjangkau.

Selanjutnya adalah wahana Flying fox wahana ini termasuk salah satu yang esktrim karena Anda akan dibawa melayang di atas udara dengan posisi bergantung pada sebuah alat pengaman. Uniknya wahana ini tidak hanya di desain untuk Anda yang mempunyai berat badan ideal saja, dengan kapasitas 10 ton Anda dengan berat badan lebih banyak juga bisa merasakan.

Wahana ekstrim selanjutnya adalah rumah hantu wahana ini di desain sangat horor dengan konsep seperti rumah angker pada umumnya, menurut beberapa keterangan yang paling menakutkan adalah kuntilanak merah. Meski bukan hantu asli Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung, epilepsy dan sebagainya dilarang masuk.

6. Fasilitas Penunjang di Taman Wisata Matahari

Fasilitas Penunjang di Taman Wisata Matahari

Image Credit: Laksani.com

Selain wahana-wahana menarik yang sudah disebutkan diatas, taman wisata matahari Bogor juga menyediakan fasilitas penunjang yang bisa menambah kenyamanan Anda saat berkunjung. Di taman wisata matahari fasilitas digolongkan terhadap dua bagian, ada fasilitas gratis ada juga fasilitas yang harus membayar ketika ingin menikmati.

Untuk fasilitas yang bisa Anda gunakan dengan gratis meliputi tempat ibadah seperti mushola, untuk kebutuhan mengambil uang pihak pengelola menyediakan mesin ATM, fasilitas lainnya yang bisa Anda nikmati tanpa membayar adalah toilet. Jadi untuk keperluan yang sudah disebutkan tadi Anda tidak perlu membayar.

Selanjutnya untuk fasilitas berbayar terdiri dari tempat-tempat yang di desain menarik dan menawarkan kenyamanan lebih baik dari segi tempatnya sendiri atau dari suasana dan pemandangan yang akan Anda rasakan. Fasilitas ini meliputi lapangan, saung, dan juga aula untuk menikmati fasilitas tadi ada sejumlah uang yang harus Anda bayarkan.

7. Pusat Oleh-Oleh dan Souvenir

Pusat Oleh-Oleh dan Souvenir

Image Credit: Catatanbaskoro.wordpress.com

Sebagai bukti bahwa Anda sudah mengunjungi tempat wisata adalah adanya oleh-oleh atau souvenir, di taman wisata matahari Anda bisa menemukan tempat yang menjual barang barang tersebut mulai dari souvenir, cindera mata, atau makanan-makanan khas dari kota Bogor. Letaknya berada di dekat pintu keluar.

Itulah potret serta berbagai fasilitas yang bisa Anda temukan ketika Anda mengunjungi taman wisata matahari Bogor, mungkin saja ada potret atau fasilitas lain yang luput dari pembahasan ini. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.