Harga Tiket: Rp 25.000, Jam Operasional: 09.00–16.30 WIB, Alamat: Jl. RE. Soemantadiredja No.61, Pamoyanan, Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Destinasi wisata yang mengusung konsep Mini Zoo semakin marak dan mudah ditemui di berbagai daerah. Anda juga bisa menemukannya d kawasan Bogor yang bernama Bogor Mini Zoo. Objek wisata yang satu ini mempunyai koleksi binatang jinak cukup lengkap. Hingga saat ini setidaknya ada 15 jenis hewan dari berbagai habitat, baik darat maupun air.

Dibuat sebagai taman edukasi anak, kebun binatang mini yang berada di lahan seluas 2 hektar ini tidak hanya menyediakan koleksi satwa, melainkan juga permainan ramah anak. Terdapat lokasi penyewaan ATV dan juga menaiki kuda poni yang imut dan menggemaskan. Aktivitas belajar bisa jadi menyenangkan jika dilakukan sambil bermain.

Daya Tarik yang Dimiliki Bogor Mini Zoo

Daya Tarik Bogor Mini Zoo
Image Credit: Google Maps rino raines

Seperti halnya kebun binatang, daya tarik utama Bogor Mini Zoo yaitu banyaknya hewan lucu dan jinak. Boleh dikatakan koleksinya cukup lengkap untuk ukuran kebun binatang mini. Terdapat kerbau bule dengan keindahan warna kulit yang berbeda dengan jenis kerbau lain.

Hewan pemakan sayur yang lucu dan menggemaskan juga ada, yaitu marmut. Balutan bulu warna warni dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk anak-anak. Selain itu juga ada bebek bali dan juga angsa yang selalu menunggu pengunjung untuk memberinya makan.

Jenis burung tidak kalah menarik perhatian karena anak-anak bisa memasuki kandang burung raksasa untuk langsung berinteraksi dengan mereka. Jumlahnya mencapai ratusan dengan kelincahan terbang kesana-kemari yang membuat mata selalu ingin mengikuti.

Tidak lupa juga adanya berbagai jenis ikan hias, kebanyakan dari ikan mas. Dalam satu kolam besar, anak-anak bisa memberi makan langsung. Bagi orang tua juga ada manfaatnya, konon katanya ikan mas bisa dijadikan terapi pikiran agar lebih tenang.

Untuk hewan jenis reptil, anak-anak bisa menyaksikan tingkah laku kura-kura yang sedikit membuat jengkel karena kelambatan geraknya. Sayangnya, salah satu binatang purba tersebut tidak boleh dilihat terlalu dekat, ada pagar kaca sebagai batas. Jadi pengunjung hanya bisa menyaksikannya dari kejauhan, baik ketika berenang di kolam, atau sedang berada di pasir.

Daya tarik lain dari Bogor Mini Zoo yang pastinya membuat anak selalu ingin datang berkali-kali yaitu adanya kuda tunggang. Berbeda dengan objek wisata lain, kuda yang digunakan merupakan jenis kuda poni. Ukurannya yang kecil menjadikan anak tidak terlalu takut menaikinya. Dengan rambut panjang, kuda poni bisa menjadi pusat perhatian tersendiri bagi anak anda.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bogor Mini Zoo
Image Credit: Google Maps fich

Lokasinya berada di Bogor, Jawa Barat, lebih lengkapnya di Jl. Soemanta Diredja No.61, RT.04/RW.05, Pamoyanan, Bogor Selatan.

Mengenai rute yang dapat diambil, anda bisa menggunakan stasiun terdekat sebagai titik pusat. Jika anda berada di jalan Durian Raya 5, perjalanan yang dibutuhkan hanya 10 menit dengan jarak sekitar 700 meter, baik dengan kendaraan umum maupun pribadi. Berbeda lagi jika anda mengambil rute di Jalan Pajajaran Indah yang mempunyai jarak sekitar 500 meter untuk bisa sampai ke lokasi.

Anda bisa datang kapan saja setiap hari dengan ketentuan yang sedikit berbeda. Untuk hari aktif yaitu Senin – Jumat, jam operasionalnya mulai pukul 08.00 – 16.00. Sedangkan ketika Weekend atau hai Sabtu dan Minggu, jam bukanya antara pukul 08.00 – 17.00.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Bogor Mini Zoo
Image Credit: Google Maps rommel aleddin

Jika anda berniat mengunjungi Bogor Mini Zoo, siapkan biaya tiket sebesar 25.000 rupiah untuk satu orang. Anak dibawah usia 2 tahun bebas masuk tanpa menggunakan tiket. Bagi pengunjung yang tercatat sebagai penginap di The Forest Resort Hotel, anda tidak perlu membayar karena kebun binatang mini tersebut masih berada di area hotel tersebut.

Penting diingat, harga diatas belum termasuk wahana atau permainan yang ada di dalamnya. Berbagai permainan tersedia dengan biaya tiket masing-masing. Harga paling murah sekitar 15.000 rupiah, sedangkan paling mahal bisa mencapai 50.000 rupiah. Tarif tersebut berlaku untuk saat ini, kemungkinan besar bisa berubah sesuai kebijakan pengelola.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bogor Mini Zoo

Aktivitasdi Bogor Mini Zoo
Image Credit: Google Maps Indah Lediana

Bagi anak, aktivitas yang menarik dilakukan pastinya bermain. Di sinilah kelebihan dari Bogor Mini Zoo karena menyediakan banyak jenis permainan. Tidak perlu khawatir, karena permainan yang ada tidak berbahaya bagi anak-anak.

1. Mengenal Jenis Satwa

Pengenalan jenis hewan beserta karakteristiknya lebih baik dilakukan secara langsung mengenalkan kepada anak. Selain dapat dengan mudah dipahami, kebanyakan anak lebih senang berinteraksi langsung dengan mereka. Apalagi jika jenis satwa yang ada tidak berbahaya, alias hewan dengan kategori jinak.

Selain mengenalkan langsung, beberapa hewan juga boleh diberi makan, sehingga anak-anak pasti menyukainya. Misalnya hewan kerbau bule yang bisa di kasih makan rumput yang bisa didapat dari petugas. Hewan lain yang boleh diberi makan yaitu ikan hias yang ada di kolam.

Keberadaan anak domba dan kambing yang dibiarkan lepas dari kandang bisa menjadi pusat perhatian. Hal ini memang disengaja oleh pihak pengelola sebagai bagian dari tour yang dilakukan. Jangan takut, ada petugas yang menjaga kumpulan hewan ternak tersebut.

Selain dari hewan yang umum ditemui diatas, ada juga hewan yang masih jarang dilihat. Beberapa diantaranya yaitu Merak, Ayam Mutiara, dan juga Bebek Bali yang mempunyai keunikan dari bentuk menyerupai sanggul di kepalanya.

2. Menunggang Kuda Poni

Masih seputar interaksi dengan binatang, kali ini bukan hanya mengenalnya, melainkan bisa menaiki kuda Poni. Setiap kuda terdapat satu petugas yang menemani selama perjalanan, jadi tidak perlu khawatir akan keselamatannya.

Untuk bisa melakukan aktivitas seru yang satu ini, anda harus mengikuti program outing yang bernama Ameng Bareng Sekar. Biasanya ada dalam satu paket tour yang dijadikan satu dengan eksplorasi satwa.

3. Mewarnai dan Membuat Topeng

Aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan anak ketika berada di Bogor Mini Zoo yaitu membuat topeng sekaligus mewarnai. Bukan sekadar topeng, melainkan ada tema yang harus diusung. Dikarenakan sedang berada di kawasan kebun binatang mini, kebanyakan tema yang diambil yakni tentang satwa.

Biarkan anak anda berkreasi dengan imajinasi mereka. Jangan dibantu jika memang tidak perlu. Aktivitas ini mendorong anak lebih kreatif serta dapat mengembangkan kemampuan kognitif.

Aktivitas Menarik di Bogor Mini Zoo
Image Credit: Google Maps Farila Rakhmanika

4. Café Alam dan Kids Zone

Jika anda lelah mengikuti keinginan anak menyusuri semua sudut lokasi, silahkan beristirahat di café alam. Terdapat menu makanan yang tersedia untuk mengisi perut agar stamina cepat pulih. Jika anda membawa makanan sendiri, gunakan Gazebo sebagai fasilitas yang anda dapatkan gratis.

Bagi anak-anak yang masih ingin bermain juga ada Taman bermain cukup lengkap. Trampolin dan ayunan adalah beberapa jenis permainan yang ada di Kids Zone. Sama halnya dengan Gazebo, tidak dikenakan biaya apapun untuk menikmati fasilitas ini.

5. Mengendarai ATV

Bukan aktivitas wajib ketika berada di lokasi Mini Zoo, namun mengendarai ATV bisa mejadi alternatif jika bosan melihat satwa yang tersedia. Area yang disediakan tidak begitu luas, jadi anda bisa memantau anak sambil duduk santai ditempat yang disediakan.

Cukup dengan biaya Rp. 50.000, anak anda bisa merasakan sensasi menaiki kendaraan roda empat dengan roda besar. Selain ATV, ada juga becak mini, mobil remote, becak dan juga sepeda sebagai kendaraan yang wajib dicoba.

6. Aktivitas Fotografi

Aktivitas wajib dari setiap kegiatan rekreasi yaitu mengambil foto maupun video. Banyak spot yang cocok dijadikan sebagai objek foto menarik di sana, salah satunya rumah terbalik. Bukan terbalik dalam artian sesungguhnya tentunya, melainkan hanya sebuah dekorasi.

Selain itu, jenis satwa tertentu juga pas dijadikan background, seperti Merak, Bebek Bali, Kerbau Bule dan masih banyak lagi. Di rumah burung, ada jenis burung jinak yang kadang suka diajak foto bareng, yaitu African Grey Parrot. Cobalah minta bantuan petugas di sana untuk menaikkan burung diatas pundak atau di bagian lengan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Bogor Mini Zoo
Image Credit: Google Maps Dias doank

Beberapa fasilitas yang ada di Bogor Mini Zoo ada yang gratis dan juga berbayar. Untuk yang gratis, anda bisa menggunakan mushola atau kursi dan Gazebo untuk istirahat. Sedangkan fasilitas yang harus dibayar dengan nominal tertentu yaitu tempat parkir, kafe, toilet umum dan juga penginapan di The Forest Resort Hotel.

Persiapan sangat penting dilakukan sebelum anda memulai perjalanan bersama keluarga. Sediakan obat-obatan yang dirasa penting, juga obat gosok tertentu. Gunakan pakaian yang nyaman karena anda berada di Bogor Mini Zoo yang termasuk lokasi outdoor, dimana terik matahari selalu menemani setiap langkah.