Lokasi: Jl. Mariwati No.KM, Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Kab. Cianjur.
MapCek Lokasi

Taman Bunga Nusantara merupakan tempat rekreasi kekinian yang menampilkan hamparan luas segala jenis tanaman bunga. Berlibur ke tempat yang modern sudah menjadi hal yang sangat biasa untuk saat ini. Liburan dengan tema Agrowisata sekarang menjadi tren masa kini. Berlibur ke Taman Bunga Nusantara bisa dinikmati oleh segala kalangan, mulai dari kakek, nenek, ayah, ibu bahkan anak-anak.

Taman yang diresmikan pada tahun 1995 oleh presiden yang ke 2 ini, telah menjadi pelopor bagi Agrowisata lain. Termasuk yang ada di kota Malang, Bogor dan kota lain. Taman yang berada di daerah Cianjur ini banyak sekali menarik wisatawan tidak hanya dari daerah Bogor tetapi juga mereka yang berada di Jabodetabek.

Taman Bunga Nusantara menyuguhkan konsep yang berbeda dengan taman wisata lainnya. Di taman ini akan disuguhkan beragam macam taman yang berkonsep internasional. Dengan penempatan yang tertata dengan sangat menawan. Tentunya taman ini dikelola oleh mereka yang sudah ahli di bidang perbungaan, dan taman ini masuk ke dalam Yayasan Bunga Nusantara.

Sekilas Tentang Taman Bunga Nusantara

Sekilas Tentang Taman Bunga Nusantara
Image Credit: Travellink-indonesia.com

Taman yang memiliki luas kurang lebih 35 hektar ini pasti akan membuat kaki para wisatawan pegal, tetapi rasa pegal itu akan terbayarkan dengan indahnya warna-warni dari bunga dan sejuknya hawa yang ada di sekitar taman. Sebab taman ini sendiri berada di daerah Gunung Gede-Pangrango, makanya tidak heran jika hawanya sangat sejuk dan dingin.

Taman dengan luas 35 hektar ini ditata sangat rapi dan bersih. Agar taman tidak terkesan sangat monoton, pihak pengelola taman membangun berbagai sarana patung seperti patung jerapah, merak, dinosaurus dan masih banyak lainnya. Tentunya patung-patung tersebut selalu dihiasi dengan tanaman agar lebih menarik.

Taman Bunga Nusantara ini juga menyediakan sarana edukasi bagi Anda yang membawa anak-anak. Selain untuk wisata, pihak pengelola juga ingin mengajarkan dan menumbuhkan rasa cinta dan sayang anak terhadap tumbuhan. Agar mereka memahami bahwa tumbuhan itu juga sangat penting bagi manusia sebagi sumber oksigen.

Selain untuk tempat sarana pembelajaran, pihak dari pengelola juga ingin melestarikan kembali tanaman yang hampir punah dan mengenalkannya ke masyarakat luas. Tidak heran jika banyak sekali papan-papan yang bertulisan akan nama dari tanaman, ini bertujuan untuk mempermudah wisatawan untuk mengenali tanaman apa saja yang tumbuh di sana.

Jenis Taman yang Disajikan di Taman Bunga Nusantara

Jenis Taman yang Disajikan di Taman Bunga Nusantara
Image Credit: Sirbtrips.com

Jika ingin berlibur ke Taman Bunga Nusantara, jangan khawatir Anda akan kehabisan bahan untuk berfoto. Karena di Taman Bunga Nusantara ini Anda akan disuguhkan beberapa jenis taman.

1. Menara Padang

Anda bisa menikmati betapa indahnya Taman Bunga Nusantara secara luas dengan menaiki anak tangga Menara Padang. Hamparan taman bunga yang luas dan rapi akan membuat mata kita jadi terasa segar kembali.

2. Taman Perancis

Sesuai dengan namanya, di taman ini banyak sekali tumbuhan yang berasal dari Perancis. Konsep tamannya pun dibuat sedemikian rupa miripnya dengan taman yang berada di negara Perancis. Beberapa hamparan kursi dan air mancur membuat taman ini semakin indah dan menawan.

3. Taman Amerika

Berbeda dengan Taman Perancis, Taman Amerika ini dipenuhi dengan hamparan luas rerumputan yang akan membuat kagum mata kita dan taman ini juga memiliki patung hewan, tentunya patung hewan ini dihiasi dengan tanaman agar terlihat jauh menarik.

4. Taman Labirin

Seperti namanya, taman ini memiliki jalan-jalan buntu dimana hanya ada beberapa jalan keluar. Di taman ini, menggunakan tanaman jenis pucuk merah yang dipotong sedemikian rupa hingga bisa digunakan untuk bersembunyi. Di taman ini Anda bisa bermain balapan menemukan jalan keluar. Apabila Anda takut tersesat, disini juga menjual peta seharga Rp 2.000.

5. Taman Mediterania

Taman ini mengambil tema dengan gaya timur tengah dan kawasan Mediterania. Sehingga dapat memberikan kesan tersendiri. Pohon-pohon dan tanaman yang diambil pun juga berasal dari Kawasan timur tengah.

6. Air Mancur Musikal

Air Mancur Musikal di Taman Bunga Nusantara ini memiliki konsep yang cukup unik. Dimana pengoperasian dari air mancurnya tergantung dengan alunan musik yang dinyalakan. Sehingga membuat atraksinya semakin indah.

7. Taman Jepang

Taman dengan konsep jepang, dibuat sedemikian miripnya dengan taman asli yang berada di Negara Jepang. Mulai dari tanaman bonsai, jalan setapak, kolam dengan ikan koi, gazebo hingga gerbang yang dibuat pun sangat mirip. Jika Anda ingin menikmati suasana Jepang, tidak perlu jauh-jauh datang ke Jepang. Cukup datang ke Taman Bunga Nusantara.

8. Taman Bali

Di taman ini Anda akan dikejutkan dengan tampilannya yang sangat mirip seperti berada di pulau dewata. Bahkan mulai dari pura dan tanaman hias khas balinya. Jika berada di sini jangan lupa untuk mengabadikan momen seperti di pulau dewata.

9. Taman Air

Untuk taman air ini berisi tanaman yang tumbuh di air. Tanaman yang disediakan merupakan tanaman seperti teratai yang berasal dari berbagai negara. Seperti Brazil, Mesir, Sungai Amazon dan Asia Timur.

10. Taman Mawar

Berada di taman ini sangat menyenangkan. Di sini Anda akan dikelilingi berbagai jenis bunga mawar yang bermekaran. Untuk datang ke taman ini Anda harus mengonfirmasinya terlebih dahulu apakah bunga sedang bermekaran atau tidak.

Di Taman Bunga Nusantara ini masih banyak lagi taman-taman yang bisa Anda kunjungi satu demi satu. Seperti taman palem, rumah kaca, garden tram, danau angsa dan di sini juga terdapat taman bermain untuk anak-anak.

Fasilitas yang ditawarkan di Taman Bunga Nusantara

Fasilitas yang ditawarkan di Taman Bunga Nusantara
Image Credit: Carispot.com

1. Keliling dengan naik Dotto Train

Melihat sangat luasnya lahan taman bunga nusantara ini, kadang membuat pengunjung malas untuk menyusurinya satu per satu. Bagi Anda yang malas untuk berjalan, jangan khawatir karena pihak taman menyediakan penyewaan transportasi yang akan memudahkan Anda yaitu dengan naik kereta dotto train.

Untuk biaya sewanya pun relatif murah. Hanya dengan Rp 50.000 Anda bisa menikmati Taman Bunga Nusantara Bersama keluarga tanpa merasakan capek. Untuk jam operasionalnya mulai dari pukul 09.00-17.00.

2. Mobil Wara-Wiri

Selain menyewakan Dotto Train, di Taman Bunga Nusantara juga menyediakan layanan transportasi lain berupa mobil wara-wiri. Untuk harga sewanya sangat murah Anda cukup merogoh uang sebesar Rp 5.000. Dengan harga tersebut Anda dapat mengelilingi Taman Bunga Nusantara dengan nyaman.

Sebagai informasi tambahan. Untuk harga sewa transportasi ini sewaktu-waktu dapat berubah tergantung dengan kebijakan dan kesepakatan pihak pengelola. Tentunya untuk harganya tidak akan memberatkan kantong Anda.

3. Nany’s Galeria dan Bursa Bunga

Nany’s Galeria merupakan tempat untuk membeli oleh-oleh khas taman ini. Jadi Anda tidak perlu keluar taman untuk membelikan oleh-oleh untuk orang tersayang. Sedangkan bursa bunga adalah tempat untuk membeli tanaman atau biji bunga yang ingin ditanam di rumah.

4. Tempat Wedding dan Meeting

Taman Bunga Nusantara juga menyediakan fasilitas untuk pernikahan atau tempat meeting. Jika Anda ingin mengadakan pernikahan, meeting atau acara lainnya. Anda dapat menghubungi pihak pengelola taman dan dapat menegosiasikan harganya langsung.

Harga Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara

Harga Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara
Image Credit: Wisataasik.web.id

Untuk harga tiket masuknya sendiri sebesar Rp 40.000 per orang, untuk anak-anak dibawah 4 tahun tiket masuknya gratis. Ada beberapa taman yang menggunakan tiket masuk seperti Garden Tram harganya Rp 50.000 dan Rumah Kaca Rp 5.000.

Untuk sarana transportasi mulai dari tiket dotto train Anda hanya mengeluarkan uang sebesar Rp 50.000 dan tiket wara-wiri Anda perlu mengeluarkan uang seberas Rp 5.000. Dan untuk harga parkirnya, mobil Rp 15.000, motor Rp 10.000, mini bus Rp 20.00 dan bus Rp 25.000.

Inilah beberapa hal yang perlu Anda ketahui jika Anda ingin berlibur di Taman Bunga Nusantara. Untuk tambahan informasi, harga tiket masuk, penyewaan dotto train, Sewa Wara-wiri dan harga parkir sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pengelola Taman Bunga Nusantara. Anda harus sering-sering mengecek informasi di internet agar tidak kecewa sesampainya di lokasi.