Biaya Wisata: Mulai Rp 850.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pulau Ndaa, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara; Map: Cek Lokasi

Ketika berada di Sulawesi Tenggara, jangan lupa untuk mampir ke Pulau Ndaa yang terletak di Wakatobi. Letak pulau ini tidak terlalu dari Pulau Tomia sehingga sangat menarik untuk disinggahi. Jadi, Anda bisa menggunakan transportasi laut maupun udara untuk menuju kesana.

Pulau ini memang sangat terkenal dengan keeksotisannya, yang tidak dapat dibandingkan dengan pulau-pulau lain yang ada di sana. Bahkan keindahan alam pulau ini menyerupai keindahan alam khas pantai-pantai yang ada di wilayah Karibia. Ukuran pulau ini lebih kecil bila dibandingkan dengan pulau-pulau lain yang berada di wilayah perairan itu.

Tetapi, meskipun pulau ini merupakan pulau yang paling kecil, Pulau Ndaa ini menyimpan keindahan yang tak kalah dengan pulau-pulau lain. Tak hanya keindahan di darat saja, tetapi keindahan di bawah lautnya juga tak kalah indah. Bahkan bagi pecinta snorkeling, pulau ini dijuluki sebagai surganya snorkeling.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Ndaa

Daya Tarik Pulau Ndaa
Image Credit: Google Maps domenico troian

Sangatlah tepat jika Anda meluangkan waktu untuk mengunjungi Pulau Ndaa. Di sana tersimpan banyak keindahan alam yang tentunya jarang Anda temui di daerah lain. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa daya tariknya:

1. Pemandangan Pulau yang Indah

Disini kita akan menjumpai keindahan alam yang sangat indah. Air lautnya berwarna biru jernih sehingga Anda bisa melihat dasarnya. Hingga keindahan pasir putih yang membentang luas, ditambah beberapa pohon yang menambah kesejukan pantai. Keelokannya membuat siapa saja yang kesana berdecak kagum.

2. Keindahan Bawah Laut

Tak hanya di bagian daratannya saja yang indah, bagian dalam laut Pulau Ndaa juga tak kalah indah. Sebab di sana terdapat berbagai macam spesies laut yang dapat memanjakan mata kita. Sehingga kita bisa menyelam atau berenang sambil menikmati pemandangan alam di dalam laut.

Mulai dari ikan-ikan kecil berwarna-warni, terumbu karang, penyu laut hingga biota laut lain seperti scorpion fish dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, jika berencana kesana, jangan lupa membawa kamera underwater agar bisa menangkap keindahan alam yang tersedia di dalam laut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Ndaa
Image Credit: Google Maps domenico troian

Pulau Ndaa masih berada area Taman Nasonal Wakatobi. Letaknya tak jauh dari pulau Tomia. Akses menuju lokasi juga bisa dikatakan cukup mudah, bagi wisatawan yang berasal dari ibukota Jakarta, maka bisa langsung menggunakan penerbangan menuju Bau-Bau atau ke pulau Wakatobi.

Sesampai di Bau-Bau, maka perjalanan bisa dilanjutkan langsung ke pulau Tomia, tentunya dengan perjalanan laut. Setelah sampai di Pulau Tomia, perjalanan kembali dilanjutkan menggunakan speedboat ke Pulau Ndaa. Waktu yang dibutuhkan untuk menuju lokasi hanya sekitar 1 jam saja, kadang bisa lebih bisa juga kurang tergantung keadaan cuaca.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Biaya Wisata ke Pulau Ndaa
Image Credit: Twitter BVoice Radio

Untuk ongkos transportasi untuk mencapai kawasan Pulau Ndaa, kita perlu menyiapkan anggaran biaya terendah kurang lebih sekitar Rp 850.000,- sampai Rp 1.700.000,- dengan moda transportasi laut, itupun tergantung tipe dan kelas angkutan yang dipilih.

Adapun jika kita kesana menggunakan pesawat, anggaran biaya yang harus kita keluarkan sekitar Rp 2.500.000,- sampai Rp 3.500.000,-.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Ndaa

Aktivitas di Pulau Ndaa
Image Credit: Instagram La Ode Ahmad Mardin

1. Snorkeling dan Diving

Kegiatan yang paling ingin dilakukan oleh para wisatawan di sini ialah snorkeling dan diving. Bagaimana tidak, bagi pecinta snorkeling Pulau Ndaa Wakatobi adalah Surganya snorkeling. Sebab banyak keindahan alam yang tersimpan di dalam lautnya. Seperti indahnya terumbu karang, macam-macam biota laut yang mempesona, bisa memanjakan mata kita ketika kita sedang snorkeling dan diving.

2. Berenang

Tak jauh beda dengan snorkeling dan diving, berenang juga menjadi hal yang sebagian besar wisatawan lakuakan ketika berkunjung ke sebuah pulau. Bagi mereka yang tak terlalu jago snorkeling dan diving tetapi tetap ingin menikmati sejuknya air laut bisa juga dengan berenang menggunakan pelampung. Atau bisa sekedar bermain air di bibir pantai.

3. Mengambil foto

Satu kegiatan yang tidak boleh kita lewatkan jika kita berkunjung kesana ialah mengabadikan momen lewat kamera. Tak hanya keindahan di pantainya saja yang sebaiknya kita abadikan, tapi juga keindahan alam yang ada di dalam lautnya. Oleh karena itu, jika kita kesana jangan lupa membawa kamera underwater, sebab sayang rasanya bila keindahan alam di dalam laut tidak kita abadikan.

4. Jogging

Suasana Pulau Ndaa yang asri, sejuk dan tenang bisa juga kita gunakan untuk jogging. Mengelilingi pantai sambil menikmati pemandangan alam yang ada di sana, ditambah suara deburan ombak dan sepoy-sepoy angin yang mengiringi langkah kaki kita, sunguh sangat menyenangkan hati.

5. Bermain

Selain beberapa kegiatan tadi ada juga kegiatan yang tak kalah seru untuk di lakukan disana yaitu bermain. Pasir pantai yang lembut, pesisir pantai yang luas, tentu cocok digunakan untuk bermain. Macam-macam permainan yang bisa dilakukan di sana, seperti bermain futsal, voly pantai, bermain layangan, bermain kerang atau sekedar berkejaran dengan ombak di bibir pantai.

Aktivitas Menarik di Pulau Ndaa
Image Credit: Google Maps Aldwin Edbert

6. Berjemur

Berjemur nampaknya sudah menjadi hal wajib bagi sebagian wisatawan jika berkunjung ke suatu pulau atau pantai. Karena, sebagian besar wisatawan menyukai suasana pantai untuk berjemur. Lingkungan yang sejuk, asri dan matahari yang mengarah langsung ke pantai nampaknya pas dimanfaatkan untuk berjemur.

7. Surfing

Bagi para pecinta olahraga air, pasti kurang rasanya jika tidak menjajal ombak pantainya. Surfing adalah pilihan terbaik bila kita pergi ke pulau atau pantai. Dengan menggunakan papan selancar, wisatawan dapat merasakan serunya bermain dengan ombak yang meliuk-liuk. Tapi, karena terbatasnya fasilitas yang ada, diharuskan bagi para wisatawan yang ingin surfing untuk membawa peralatan sendiri.

8. Yoga atau Meditasi

Kegiatan menyenangkan selanjutnya yang bisa kita lakukan di Pulau Ndaa adalah yoga atau meditasi. Karena pulau itu kecil dan jarang wisatawan yang berkunjung kesana, cocok sekali digunakan untuk yoga atau sekedar menenangkan pikiran. Di tambah dengan suasana alam yang tenang, angin sepoy-sepoy, deburan ombak dan burung-burung kecil yang berkicauan, sungguh perpaduan yang pas.

9. Bersantai

Pulau atau pantai memang tempat yang paling tepat digunakan untuk bersantai. Suasana yang tenang, damai dan asri serta pemandangan alam yang menyejukkan mata, sangat pas digunakan untuk bersantai atau sekedar melepas penat setelah seharian bekerja.

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau

Penginapan Terdekat Pulau Ndaa
Image Credit: Google Maps Hotel Sinar Harapan Tomia

1. Labore Stay

Banyak tempat penginapan yang bisa kita pilih jika kita hendak liburan ke Pulau Ndaa Wakatobi. Salah satunya Labore Stay, lokasinya tak jauh dari Taman Nasional Wakatobi. Dengan harga mulai dari Rp 500.000,- saja, para tamu sudah mendapatkan pelayanan terbaik. Fasilitas yang disediakan di sana juga banyak antara lain akses WiFi, kamar mandi, area parkir yang luas, hingga layanan kamar 24 jam.

2. Hotel Sinar Harapan Tomia

Hotel Sinar Harapan Tomia ini adalah hotel yang paling terkenal di wilayah Wakatobi. Sehingga tak heran jika hotel ini selalu dipenuhi oleh para wisatawan. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 250.000,- saja. Fasilitas yang disediakan juga banyak, seperti layanan kamar 24 jam, akses WiFi, kamar mandi, restoran dan masih banyak lagi.

3. Green Tetembatu

Setelah melakukan perjalanan jauh untuk sampai ke Pulau Wakatobi, kita pasti lelah. Hal pertama yang dituju pasti tempat beristirahat. Green Tetembatu bisa menjadi pilihan yang tepat, banyak fasilitas yang disediakan disana, seperti ranjang empuk dan bersih, kamar mandi, akses internet, restoran dan masih banyak lagi. Semua fasilitas itu bisa kita nikmati hanya dengan membayar sebesar Rp 300.000,- saja.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pulau Ndaa
Image Credit: Instagram Aris Koswara

Meskipun Pulau Ndaa tergolong tempat wisata yang memukau, tetapi pulau ini termasuk pulau terkecil di kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara. Jadi, jarang para wisatawan yang berkunjung ke Pulau ini.

Oleh karena itu, fasilitas yang di sediakan di sini masih sangat minim. Mungkin hanya ada fasilitas umum saja seperti toilet dan beberapa tempat duduk untuk sekedar melepas lelah. Belum ada fasilitas pendukung yang bisa menunjang kegiatan para wisatawan.

Tak ada warung makan atau restoran di sana, bila kita lapar dan ingin makan, kita bisa mencari makanan ke restoran atau tempat makan di sekitar Pulau Tomia. Sedangkan jika kita ingin snorkeling atau diving di sekitar perairan pulau, kita bisa membawa peralatan sendiri dari rumah. Karena di sana tidak disediakan peralatan itu atau kita bisa juga menghubungi Pusat Konservasi Taman Nasional Wakatobi.

Itulah tadi sedikit ulasan tentang Pulau Ndaa yang menawan di Wakatobi. Meskipun pulaunya paling kecil bila dibandingkan dengan pulau-pulau lain di sana, tapi bisa dipastikan kita tidak akan pernah menyesal sudah berkunjung kesana. Karena semua akan terbayarkan dengan indahnya pemandangan alam di sana, baik di daratan maupun keindahan alam yang ada di dalam lautnya. Jangan lupa juga mengabadikannya lewat kamera.